3 Cara Pendaftaran Online Rekrutmen PLN 2024/2025


3 Cara Pendaftaran Online Rekrutmen PLN 2024/2025 - Saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan mengingat angka pengangguran yang ada di Indonesia cukup tinggi hal ini perlu mendapat perhatian pemerintah dan pihak penyedia lowongan kerja, bahkan ada banyak sekali tenaga kerja asing kerja membuat semakin kecil lowongan kerja dibuka untuk masyarakat Indonesia.

Hampir sebagian besar mengharapkan dapat bekerja ditempat yang lebih baik, entah itu lulusa SMA sampai dengan Sarjana namun apa daya jika hal itu tidak bisa terealisasi dengan baik, tentuk menjadi problematika yang cukup serius, sudah menjadi rahasia umum angka pengagguran yang ada di Indonesia semakin tinggi, tidak heran jika masyarakat desa bermondong-bondong ke Kota untuk mencari pekerjaan.

Siapa yang tidak mau bisa bekerja dan mendapatkan pekerjaan yang layak seperti perusahaan Badan Usaha Milik Negera, apalagi saat ini pembangunan di Indonesia semakin gencar dibangun, pertumbuhan pembangunan nasional mengalami peningkatan, seharusnya dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak, meski kenyataan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan mau bagaimana lagi.



Bahkan untuk sistem seleksi dan penerimaan dari Lowongan Kerja yang ada terkesan ditutup-tutupi hanya mereka yang memiliki relasi kepada satu lembaga tertentu saja yang banyak mendapatkan info rekrutmen kerja, selain kemampuan yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah informasi untuk bisa bekerja. 

Pernahkah anda terbayang bisa mengikuti rekrutmen dislaah satu Perusahaan ternama seperti PLN, tidak menutup kemungkinan semua orang bisa bekerja yang dibutuhkan adalah informasi, nah sebagian besar masyarakat belum begitu banyak mengetahui ternyata ada banyak sekali peluang Lowongan kerja PLN yang dibuka setiap tahun, melalui beberapa lembaga.

Informasi Lowongan Kerja PLN saat kalian brosing di Google pasti hanya menemukan beberapa info rekrumen tetapi saat diakses ternyata tidak ada, tidak sedikit mereka yang sedang mencari kerja tertipu saat online mencari kerja, jika kalian ingin mendapatkan informasi yang dimaksud disini kami akan memberikan beberapa ulasan singkat mengai sistem pendaftaran dan rekrutmen yang dibuka setiap tahun oleh PLN, melalui informasi 3 Cara Pendaftaran Lowongan Kerja Rekrutmen PT PLN (Persero) untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkapnya.


#1. Ikatan Dinas STT PLN.

Salah satu rekrutmen PLN yang terbuka untuk umum diutaman lulusan SMA/SMK/MA sederajat melalui program ikatan dinas Sekolah Tinggi Teknik PLN ada beberapa jenjang program ikatan dinas yang dibuka secara umum kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk info Rekrutmen dapat diakses melalui situs resmi http://sttpln.ac.id/ berikut Cara Pendaftaran STT PLN, jika sudah lulus kalian akan kuliah sesuai jenjang pilihan, setelah lulus dari kampus ini barulah langsung mendapatkan jaminan kerja dari PLN. 
 
Registrasi Online
  1. Registrasi online melalui situs Pmb.sttpln.ac.id
  2. Mengisi form biodata pribadi, data orang tua dan form asal sekolah.
  3. Isi data sesuai dengan KTP/Ijasah
  4. Upload foto
  5. Kirim form
  6. Nantinya kompirmasi akan masuk ke email.
Bayar Registrasi
  1. Melakukan pembayaan pendaftaran di Bank
  2. Sistem akan otomatis melakukan kompirmasi setelah pembayaran.
  3. Pihak STT PLN akan mengirim notifikasi email.
  4. Setelah membayar dibank akan mendapatkan kode PIN sebagai password.
  5. Pemilihan periode tanggal lokasi ujian
  6. Mencetak kartu peserta USM 
  7. Mencetak Surat lulus

Daftar Peserta USM
  1. Masuk menu jadwal USM isi form sesuai dengan peride tanggal dan lokasi USM
  2. Nomor Registrasi dan kode Pin hasrus sesuai serta lokasi dan kota pelaksanaan tes
  3. Nomor registrasi tidak akan bisa digunakan kembali setelah melakukan registrasi.

Cetak Kartu
  1. Silahkan akses menu Kartu dan Selesai isi no registrasi dan Kode PIN klik Cetak Kartu
  2. Nantinya akan terdownlaod
  3. Print Out

Hadir
  1. Mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  2. Tes tidak bisa diwakilkan.

Hasil Seleksi.
  1. Kunjungi situs resmi sttpln.ac.id masuk ke menu pengumuman isi nomor registrasi dan pin
  2. Klik tombol Catak Hasil Seleksi.

 

Untuk bisa bekerja melalui seleksi STT PLN siswa/i harus mengikuti jalur seleksi ikatan dinas dimana setelah lulus akan langsung mendapatkan penempatan, sementara bagi yang memilih seleksi umum harus mengikuti tes rekrutmen kembali, namun lulusan dari kampus ini lebih di prioritaskan jika mendaftar di PLN.


 
#2. Kerjasama Politeknik Negeri.

Selain dari kampus ikatan dinas PLN juga menjalin kerjasama dengan Politeknik Negeri seindonesia dengan harapan dapat mencari bibit-bibit unggul yang akan difasilitasi selama kuliah akan menerima beasiswa dan setelah lulus akan mendapatkan jaminan kerja berdasarkan informasi yang telah kami cara beberapa Politeknik Negeri yang menjalin kerjasama jaminan kerja dengan PLN adalah Politeknik negeri info pendaftaran dapat dilihat melalui Cara Pendaftaran Jalur Kerjasama Jaminan Kerja PLN.
  1. Beberapa politeknik negeri yang ada di Indonesia membuka jalur kerjasama dengan PLN melalui jalur seleksi yang tersedia untuk mendaftar silahkan kunjungi situs resmi Politeknik Negeri.
  2. Proses pendaftaran dilaksanakan oleh masing-maisng Politekink Negeri 
  3. Memilih jalur seleksi kerjasama.
  4. Jalur Kerjasama berbeda dengan jalur seleksi biasanya dimana setelah lulus nanti langsung bekerja di PLN.
  5. Jalur bekerja PLN lewat kerjasama PN wajib kuliah dulu setelah lulus baru mendapatkan penempatan.


#3. Rekrutmen.PLN.co.id.

Tahun lalu melalui situs resmi Rekrumen PLN membuka Lowongan Kerja untuk lulusan Sarjana dan Diploma berbasis Teknik dan Ekonomi serta Komputer sarjana ini bisa mengikuti rekrutmen apalagi selama dua tahun kedepan PLN tengah membuka besar-besaran lowongan kerja, sumber rekrutmen ini langsung dibuka oleh PLN tanpa perantara pihak lain, berikut Cara Pendaftaran Rekrutmen PLN.
  1. PLN melalui situs resmi rekrutmen.pln.co.id membuka lowongan kerja baru setiap tahun.
  2. Untuk mendaftar bisa secara online langkah pertama membuat akun.
  3. Langkah selanjutnya mengisi form online sesuai dengan identitas.
  4. Melakukan upload persyaratan.
  5. Memilih Jenis rekrutmen.
  6. Melakukan kirim form.
  7. Tunggu hasil verifikasi berkas.
  8. Apabila lulus dapat melakukan tes datang ke lokasi kantor PLN sesuai rayon wilayah yang dipilih.
  9. Apabila lulus tes langsung mengikuti pelatihan dan bekerja di PLN.


Senarnya masih banyak lagi sumber Rekrutmen PLN yang bisa diikuti, seperti melalui Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta namun untuk beberapa lowongan kerja PLN sumber lain tidak begitu pasti, sedangkan dari ketiga sumber Rekrutmen PLN diatas sudah pasti dibuka dan setiap tahun juga dibuka secara umum termasuk untuk SMA/SMK/MA sederajat sampai dengan lulusan Sarjana.

Untuk 3 jenis Rekrutmen PLN diatas informasinya valid dan dapat dipercaya, untuk poin 1 dan 2 melalui kuliah Diploma dan setelah lulus akan langsung bisa bekerja namun untuk STT PLN hanya khusus Program Beasiswa ikatan dinas saja yang mendapatkan jaminan kerja dari PLN sementara untuk jenjang Politeknik Negeri tidak semua kampus hanya beberapa seperti PENS, POLSRI, POLINES, dan POLINEMA.

Untuk dapat mengikuti Rekrutmen tersebut silahkan mendaftar melalui situs resmi masing-masing sumber rekrutmen, kemudian selesaikan pendaftaran dan penuhi semua persyaratan pendaftaran yang ditetapkan oleh panitia seleksi pendaftaran, semoga informasi yang telah admin berikan dapat bermanfaat untuk anda terima kasih salam sukses untuk kita semua selamat mencoba.