Cara Pendaftran Online POLTEKIP/POLTEKIM 2020/2021

Cara Pendaftaran Online POLTEKIP/POLTEKIM - Seperti biasa admin akan membahas mengenai proses pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM, mengapa kedua Sekolah kedinasan ini dibahas secara bersamaan, seperti kita ketahui bersama bahwa kampus POLTEKIP dan POLTEKIM berada dalam pengawasan dan tanggung jawab Kemenkumham.

Untuk proses pendaftaran anda bisa mengakses situs penerimaan sekolah kedinasan di dikdin.bkn.go.id, proses pendaftaran kampus ini dilakasanakan serentak dengan PTK lainnya, hanya saja anda hanya bisa memilih salah satu kampus dengan satu jurusan saja tidak boleh memilih lebih dari satu.



Apabila sudah menetukan pilihan proses pendaftaran dilaksanakan sesuai dengan persyaratan, paling utama untuk bisa mendaftar calon peserta harus melengkapi berkas terutama pada persyaratan jasmani seperti tinggi badan dan lainnya, untuk persyaratan dapat di cek melalui situs resmi http://catar.kemenkumham.go.id/

Proses pendaftaran akan dibagi menjadi dua katagori katagori pertama peserta reguler dengan latar belakang pendidikan SMA/SMK/MA sederajat dan belum bekerja sebagai PNS, sementara jalur kedua dibuka untuk PNS yang sudah bekerja dibawah kemenkumham terdapat perbedaan dari segi pendaftaran seperti berikut :


Pelamar Umum

Pilih Sekolah
  1. Silahkan menentukan pilihan sekolah kedinasan, dari beberapa Politeknik Tinggi Kedinasan dibawah Kemenkumham calon peserta hanya boleh mendaftar 1 sekolah dengan 1 formasi saja, apabila melanggar maka tidak akan lulus proses verifikasi.


Membuat Akun,
  1. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat akun melalui situs resmi https://sscasn.bkn.go.id/ kemudian pilih SSCN DIKDIN.
  2. Selanjutnya klik menu registrasi dengan mengisi beberapa data yang tertera pada kolom tersebut dan verifikasi email apabila sudah selesai bisa langsung login.

Login.
  1. Login dengan akun yang sudah dibuat kemudian langkah selanjutnya adalah mengisi data diri, data keluarga, data pendidikan, formasi yang dipilih hingga selesai.
  2. Jangan lupa untuk mengupload persyaratan sesuai yang tertera pada situs resmi.
  3. Klik kirim pabila sudah selesai tinggal menunggu hasil verifikasi.


Verifikasi.
  1. Untuk mengecek verifikasi yang harus dilakukan kembali login melalui situs https://dikdin.bkn.go.id jika sudah lulus maka akan keluar kode biling Pembayaran. 
  2. Lakukan pembayaran melalui bank yang sudah ditentukan.
  3. Setelah proses pembayaran di verifikasi oleh sistem peserta dapat melakukan cetak kartu ujian.
Kartu Ujian Tes Seleksi Pengumuman.
  1. Selanjutnya cetak buktu kartu ujian.
  2. Ikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, dimana sistem tes menggunakan sistem gugur.
  3. Peserta yang sudah gagal tidak akan bisa melanjutkan proses tes.
  4. Pengumuman dari masing-masing tes akan diumumkan melalui situs http://catar.kemenkumham.go.id/ sampai dengan Pantukhir.

Pelamar PNS Kemenkum

Sementara untuk mereka yang sudah berkeja sebagai PNS dibawah kemenkumham dapat melakukan proses pendaftaran seperti berikut :

  1. Melakukan registrasi dengan memasukan NIP melalui portal http://catar.kemenkumham.go.id/. Setelah proses selesai selanjutnya tinggal login.
  2. Mengisi form dan melakukan unggah dokumen sesuai persyaratan sampai dengan selesai.
  3. Apabila sudah selesai tinggal menuggu verifikasi.
  4. Peserta dapat melakukan pengecekan verifikasi dengan login kembali pada situs pendaftaran apaila lulus tinggal cetak kartu ujian.
  5. Selanjutnya tinggal mengikuti tes dan untuk cek pengumuman silahkan melalui situs http://catar.kemenkumham.go.id/.


Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran dan Cara Daftar POLTEKIN dan AIM dapat disimpulkan pendaftaran dilaksanakan secara online dengan beberapa tahap sebagai induk dari penerimaan sekolah kedinasan kemenkumham ayo ikut turut ambil bagian dalam proses pendaftaran siapa tau rejeki anda bisa lulus.