Cara Pendaftaran Online POLITEKNIK AKA 2023-2024

Info Penting CPNS

Cara Pendaftaran Online POLITEKNIK AKA 2023-2024 -  Mungkin dari kita belum banyak mengetahui dari POLTEK AKA sendiri, atau mungkin udah pada ngincer bisa lulus di kampus ini, perlu diingat bahwa POLITEKNIK AKA merupakan salah satu kampus dibawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Untuk biaya kuliah dan biaya pendaftaran terbilang cukup terjangkau, kriteria pemilihan kampus pun udah sesuai salah satu kampus negeri, jadi tinggal disiapkan dari anda mendaftar terus ikut tes, ditambah dengan proses pendaftaran secara online semakin memudahkan calon peserta untuk bisa mendaftar dimana saja dan kapan saja.

Bagi yang berminat dapat melakukan pendaftaran online, perlu diketahui bahwa tidak semua jalur masuk POLTEK AKA bisa langsung bekerja karena rata-rata kampus ini membuka jalur reguler mekanisme kuliah sama seperti kuliah umum biasa, kecuali bagi mereka yang mengikuti program Ikatan Dinas atau jalur Kerjasama.



Keunggulann kampus ini adalah dikelola langsung dibawah kementerian perindustrian, dengan harapan kurikulum yang disusun di kampus ini dapat menyesuaikan kebutuhan kerja perindustrian di lapangan, harapannya kedepan lulusan dari kampus ini tidak susah untuk mencari kerja, Bagaimana berminat untuk proses pendaftaran dapat dicek seperti dibawah :


Program Studi POLITEKNIK AKA.
  • D3 Analisis Kimia Akreditsasi A
  • D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan Akreditasi B
  • D3 Pengolahan Limbah Industri Akreditasi Baik Sekali
  • D-IV Nanoteknologi Pangan

Jalur Pendaftaran
  1. Jalur Undangan  : diperuntukan bagi lulusan SMK dibawah kementerian perindustrian atau alumni siswa yang berprestasi selama menemuh pendidikan di Politekinik AKA.
  2. Jalur Seleksi Rapot : Diperuntukan bagi Jurusan IPA yang saat ini kelas 3 memiliki nilai rapot cukup baik bisa mengikuti tes ini.
  3. Jalur Seleksi Bersama : Jalur khusus penerimaan vokasi Industri
  4. Jalur Seleksi Mandiri : Pelaksanaan jalur mandiri dibuka sesuai jadwal yang sudah ditentukan dibuka untuk umum lulusan SMA/SMK sederajat.

Biaya Kuliah

Meski dibawah kementerian perindustrian sistem perkuliahan kampus ini dipungut biaya adapun rincian besaran biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa adalah sebagai berikut :
  • Biaya Pendaftaran 200 rb 
  • Biaya Per Semester 5.9 Juta. 
  • Biaya Penguatan Pendidikan 2 Juta dibayarkan hanya 1 kali semester pertama.

Alur Pendaftaran
  1. Pelajar lulusan 3 tahun terakhir
  2. Buka situs resmi PMB.aka.ac.id 
  3. Login melalui pmb.aka.ac.id 
  4. Pilih jalur pendaftaran
  5. Input Biodata
  6. Upload Foto & Rapot semester 
  7. Ijasalah
  8. Simpan dan tunggu penerbitan nomor VA
  9. Lakukan pembayaran

Biaya Pendaftaran

  1. Biaya pendaftaran sebesar 200 rb 
  2. Membayar melalui virtual akun
  3. Proses pembayaran akan diverifikasi maksimal 1x24 jam
  4. Cetak Form Pendaftaran setelah validasi selesai.

Cetak Kartu Ujian

  1. Cetak kartu
  2. Ujian dilaksanakan secara ofline
  3. Materi ujian TPA, Bahasa Inggris, Kimia.

Ada beberapa jalur masuk yang bisa diikuti oleh peserta  anda dapat melihat pada situs resmi POLTEK AKA sesuai ketentuan yang berlaku secara keseluruhan Pendaftaran dilaksanakan secara onine, kemudian setelah proses selesai peserta harus mengirimkan berkas via pos seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran POLTEK AKA maka dapat disimpulan pendaftaran dialaksanakan secara online melalui beberapa ketentuan pendaftaran seperti yang kita ketahui pendaftaran dibagi dalam dua gelombang awal untuk itu pastikan pada seleksi awal peserta sudah dinyatakan lulus kemudian bisa melanjutkan ke gelombang berikutinya.

Demikianlah informasi Pendaftaran POLTEK AKA semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update semua ketentuan pendaftaran yang dimaksud. Bagi yang belum jelas dapat memahami semua informasi yang telah diberikan. Semoga informasi yang kami berikan sekali lagi dapat membantu anda dalam proses pendaftaran selamat mencoba.