Cara Pendaftaran PEM AKAMIGAS 2019/2020

Cara Pendaftaran PEM AKAMIGAS 2019/2020 - seperti kita ketahui bahwa PEM Akamigas  merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan dimana bagi yang ingin kuliah dikampus ini nantinya akan langsung bekerja dibawah Kementerian ESDM. Siapa yang tidak mau setelah kuliah langsung bekerja apalagi bekerja di Pertamina atau Akamigas, tetapi untuk mendapatkan itu semua ada mahar yang harus dibayar tentu tidak sedikit bahkan dalam katagori ini terbilang cukup fanstastis. Tidak hanya bayarannya saja yang mahal tetapi untuk bisa masuk dan lulus seleksi harus memiliki otak encer karena harus mengalahkan para pesaing.


Nah bagi kalian yang berminat mengikuti seleksi PEM Akamigas dapat melihat beberapa ketentuan yang ada pada situs resmi dari beberapa seleksi masuk, seperti kita ketahui ada beberapa jalur masuk yang bisa diikuti dalam sistem seleksi masuk sesuai dengan katagori dalam setiap jenis penerimaaan, tetapi sebelum sampai pada tahap itu kita akan terus mengulas beberapa hal mengenai cara untuk Mendaftar PEM Akamigas.

Berdasarkan jalur penerimaan ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa anda ikuti sesuai ketentuan yang berlaku untuk bisa mengikuti seleksi masuk dan penerimaan pendaftaran anda harus menentukan apakah semua itu bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau tidak maka dari itu kalian semua yang ingin mendaftar harus membaca beberapa jalur masuk yang tersedia khusus PEM AKAMIGAS.

Selain jalur ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan pendaftaran secara keseluruhan karena ini merupakan modal awal yang harus diikuti sesuai ketentuan yang berlaku maka dari itu untuk lebih jelas simak selengkapnya mengenai beberapa hal yang berkaitan pendaftaran dari  simak selengkapnya dibawah ini.


Jalur Seleksi PMB PEM AKAMIGAS.

1. Jalur Umum.

Peserta lulusan tiga tahun terkahir bisa mengikuti tes terhitung tahun kelulusan saat ini dengan melengkapi berkas dan mendaftar secara online, seperti kita ketahui jalur ini akan dibuka dalam beberapa gelombang dan bisa diikuti siapa saja yang memenuhi persyaratan.

2. Jalur Kerjasama.

Jalur seleksi kerjsama dari instansi terkait, hanya orang-orang yang sudah mendapatkan MoU kerjsama tidak bisa diikuti sembarang orang.

3. Alih Jenjang.

Jika sebelumnya memiliki latar belakang pendidikan sejenis dapat ikut seleksi bagi yang ingin alih jenjang 


Persyaratan
  1. Pendidikan terakhir SMA/SMK/MA sederajat jurusan IPA atau SMK Teknik. 
  2. Tahun Kelulusan 3 tahun terakhir terhitung dari tahun ini. 
  3. Menyertakan NISN. 
  4. Belum menikah, berusia maks 21 Tahun saat mendaftar. 
  5. Untuk kelulusan dua tahun yang lalu wajib mencantumkan nilai ujian sekolah dengan mata pelajaran B Inggris dan matematika. 
  6. Khusus lulusan tahun ini mencantumkan nilai rapot mata belajaran B Inggris dan Matematika semester 1-5 dengan minimal nilai 70. 
  7. Prioritas utama adalah mereka lulusan peringkat 1-10 selama 2 semester terakhir di kelas dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah. 
  8. Menyertakan sertifikat Kejuaraan bagi yang punya. 
  9. berbadan sehat tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari RS perintah/swasta. 
  10. memiliki tinggi badan minila pria 165 cm dan wanita 160 cm. 
  11. Surat bebas narkoba bagi yang sudah lulus ujian tertulis. 
  12. melampirkan KK dan Surat keterangan peghasilan orang tua saat mendaftar.

Persyaratan Alih Jenjang.
  1. Pendidikan terakhir Diploma dari perguruan tinggi lain atau PEM AKAMIGAS. 
  2. Akreditasi Perguruan tinggi asal minimal B. 
  3. IPK minimal 2,75. 
  4. Berusia maksimal 40 tahun saat mendaftar. 
  5. Melampirkan surat rekomendasi/surat tugas dari pemimpin instansi perusahaan atau sertifikat kompetensi kalau ada. 
  6. Berbadan sehat tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterang dari dokter. 
  7. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm laki-laki dan perempuan minimal 160 cm. 
  8. Surat keterangan bebas narkoba apabila sudah lulus tes. 
  9. Melampirkan kartu keluarga pada saat pendaftaran. 

Prosedur Pendaftaran PMB
  1. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi pmb.akamigas.ac.id untuk mendapatkan nomor booking pendaftaran, pastikan email yang kalian daftarkan adalah email aktif.
  2. Melakukan pengisian data yang ada pada situs resmi sampai dengan selesai.
  3. Jika sudah selesai silahkan melakukan pembayaran bisa melalui teller BNI.
  4. Selanjutnya login melalui situs pmb.akamigas.ac.id dengan menggunakan nomor booking sebagai nomor ujian dan no registrasi atau pin yang ada pada bukti pembayaran, kemudian password menggunakan 10 digit gabungan huruf dan angka. 
  5. Isi biodata dengan lengkap kemudian apabila sudah selesai tinggal undah dan cetak kartu ujian. 
  6. Mengikuti ujian tertulis sesuai dengan lokasi dan jadwal yang sudah ada. 
  7. Peserta yang mendapatkan nilai ujian tes terbaik berkesempatan mendapatkan beasiswa dari PEM AKAMIGAS.
  8. Bagi yang sudah dinyatakan lulus dapat melakukan pendaftaran ulang melalui kampus PEM Akamigas JL. Gajahmada No. 38 Kec Cepu, Kab. Blora, Jawa Tengah.


Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran secara Online untuk PEM Akamigas Cepu memiliki beberapa jenis penerimaan  yang bisa diikuti oleh peserta Pendaftaran PEM Akamigas semoga bisa memberikan petunjuk pendaftaran untuk anda, perlu diingat bahwa informasi yang kami berikan mengacu pada situs resmi akamigas.ac.id sesuai ketentuan yanng ada pada situs tersebut.

Demukianlah semoga bisa memberikan pentunjuk pendaftaran untuk informasi penerimaan dan login pendaftaran dilaksanakan melalui online portal pmb.akamigas.ac.id jika anda ingin melakuan pendaftaran silahkan akses situs tersebut dan lengkapi semua persyaratan yang sampai selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil sesuai apa yang telah direncanakan.