Cara Pendaftaran Online POLTEK AKAMIGAS CEPU 2024/2025


Cara Pendaftaran Online POLTEK AKAMIGAS CEPU 2024/2025 -Kalau udah bahas tentang PEM Akamigas Cepu pasti dalam pikiran ikatan dinas, padahal jalur masuk yang ada di kampus ini tidak hanya ikatan dinas ada beberapa jalur lain seperti umum swadaya, bagi yang ingin mendaftar sebaiknya simak mengenai informasi seputar PEM AKAMIGAS.

Tujuannya agar tidak terjadi gagal paham,  PEM Sendiri merupakan Politeknik negeri dan Mineral akamigas yang ada di CEPU, dimana kalau orang awam bilang kampus karyawan pertamina, padahal tidak seperti itu ada banyak perusahaan energi dan mineral lainnya yang dapat berkuliah di kampus ini.


Bahkan sistem pendaftaran terbuka secara online bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan bisa langsung mendaftar, hanya saja apabila lulus jalur umum swadaya biaya kuliah akan ditanggung oleh mahasiswa, dan lumayan besar, namun hal ini akan setara dengan apa yang akan di dapatkan setelah lulus nanti.

Meski tidak semua jalur masuk mengikuti mekanisme ikatan dinas, tentu akan sangat dipertimbangkan jika lulusan dari kampus PEM AKAMIGAS apabila ingin bekerja di bidang energi dan mineral yang ada di Indonesia, bahkan bisa dibilang kampus ini yang terbaik di bidang Energi dan Mineral khusus jenjang pendidikan Diploma.

Tidak perlu banyak basa-basi bagi yang berminat dapat mengikuti proses pendaftaran dengan memilih salah satu jalur untuk lebih jelas berikut informasinya :


Jalur Seleksi
  1. Jalur Umum : Peserta lulusan tiga tahun terkahir bisa mengikuti tes terhitung tahun kelulusan saat ini dengan melengkapi berkas dan mendaftar secara online, seperti kita ketahui jalur ini akan dibuka dalam beberapa gelombang dan bisa diikuti siapa saja yang memenuhi persyaratan. 
  2. Jalur Kerjasama : Jalur seleksi kerjsama dari instansi terkait, hanya orang-orang yang sudah mendapatkan MoU kerjsama tidak bisa diikuti sembarang orang. 
  3. Alih Jenjang : Jika sebelumnya memiliki latar belakang pendidikan sejenis dapat ikut seleksi bagi yang ingin alih jenjang 


Persyaratan
  1. Pendidikan terakhir SMA/SMK/MA sederajat jurusan IPA atau SMK Teknik. 
  2. Tahun Kelulusan 3 tahun terakhir terhitung dari tahun ini. 
  3. Menyertakan NISN. 
  4. Belum menikah, berusia maks 21 Tahun saat mendaftar. 
  5. Untuk kelulusan dua tahun yang lalu wajib mencantumkan nilai ujian sekolah dengan mata pelajaran B Inggris dan matematika. 
  6. Khusus lulusan tahun ini mencantumkan nilai rapot mata belajaran B Inggris dan Matematika semester 1-5 dengan minimal nilai 70. 
  7. Prioritas utama adalah mereka lulusan peringkat 1-10 selama 2 semester terakhir di kelas dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah. 
  8. Menyertakan sertifikat Kejuaraan bagi yang punya. 
  9. berbadan sehat tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari RS perintah/swasta. 
  10. memiliki tinggi badan minila pria 165 cm dan wanita 160 cm. 
  11. Surat bebas narkoba bagi yang sudah lulus ujian tertulis. 
  12. melampirkan KK dan Surat keterangan peghasilan orang tua saat mendaftar.

Persyaratan Alih Jenjang.
  1. Pendidikan terakhir Diploma dari perguruan tinggi lain atau PEM AKAMIGAS. 
  2. Akreditasi Perguruan tinggi asal minimal B. 
  3. IPK minimal 2,75. 
  4. Berusia maksimal 40 tahun saat mendaftar. 
  5. Melampirkan surat rekomendasi/surat tugas dari pemimpin instansi perusahaan atau sertifikat kompetensi kalau ada. 
  6. Berbadan sehat tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterang dari dokter. 
  7. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm laki-laki dan perempuan minimal 160 cm. 
  8. Surat keterangan bebas narkoba apabila sudah lulus tes. 
  9. Melampirkan kartu keluarga pada saat pendaftaran. 


Pendaftaran Online
  1. Calon mahasiswa memilih salah satu jalur yang tersedia kemudian melakukan Pendaftaran melalui situs resmi pmb.akamigas.ac.id untuk mendapatkan nomor booking pendaftaran, pastikan email yang kalian daftarkan adalah email aktif.
  2. Lakukan verifikasi pendaftaran
  3. Peserta yang sudah melakukan pendaftaran akan mendapatkan nomor booking.
  4. diharapkan peserta dapat melakukan pembayaran ke bank yang telah ditunjuk.

Pembayaran 
  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui atm atau teler salah satu bank pemerintah BNI dengan membawa nomor booking pendaftaran.
  2. Setelah berhasil melakukan pembayaran username dan password untuk login akan dikirim ke email.

Isi Data dan Cetak Kartu
  1. Peserta dapat melakukan login melalui situs http://pmb.akamigas.ac.id/ selanjutnya isi data sesuai form yang ada dengan menggunakan data sesuai identitas.
  2. Pastikan semua data diisi dengan benar dan kirim data.
  3. Setelah melakukan pengisian data peserta dapat melakukan cetak kartu bukti pendaftaran.

Tes Ujian
  1.  Proses selanjutnya peserta mengikuti tes tertulis sesuai jadwal yang telah diintruksikan.
  2. Hasil tes tertulis akan diumumkan tahapan 1 melalui situs resmi http://pmb.akamigas.ac.id/
  3. Peserta yang dinyatakan lulus mengikuti tes wawancara dan hasil akan diumumkan kembali.

Daftar Ulang dan Verifikasi Kesehatan
  1. Peserta yang sudah dinyatakan lulus tes tertulis maupun wawancara dapat melakukan daftar ulang dan verifikasi kesehatan sesuai dengan lokasi dan waktu yang sudah ditentukan.
  2. Pastikan semua berkas yang dibutuhkan dipenuhi jangan sampai ada yang kurang.

Pengumuman
  1. Pengumuman verifikasi berkas akan dimuat melalui situs resmi pmb.akamigas.ac.id bagi yang dinyatakan sudah resmi menjadi mahasiswa PEM AKAMIGAS dan mendapatkan NIM.


    Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran secara Online untuk PEM Akamigas Cepu memiliki beberapa jenis penerimaan  yang bisa diikuti oleh peserta Pendaftaran PEM Akamigas semoga bisa memberikan petunjuk pendaftaran untuk anda, perlu diingat bahwa informasi yang kami berikan mengacu pada situs resmi akamigas.ac.id sesuai ketentuan yanng ada pada situs tersebut.

    Demukianlah semoga bisa memberikan pentunjuk pendaftaran untuk informasi penerimaan dan login pendaftaran dilaksanakan melalui online portal pmb.akamigas.ac.id jika anda ingin melakuan pendaftaran silahkan akses situs tersebut dan lengkapi semua persyaratan yang sampai selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil sesuai apa yang telah direncanakan.