Cara Pendaftaran AKMIL TNI AD 2020/2021

Cara Pendaftaran AKMIL TNI AD  - AKAMIL adalah salah satu akademi militer TNI AD dimana menghasilkan calon taruna terbaik yang akan bertugas di TNI AD, perwira-perwira muda ini akan diberikan pendidikan dan pendalaman materi terkait dengan tugas dan tanggung jawabnya nanti apabil bertugas sebagai taruna TNI AD.

Hanya saja untuk bisa lulus AKMIL perlu perjuangan keras dan paling tidak harus menjadi yang terbaik di Indonesia baru bisa lulus, proses penerimaan AKMIL dilaksanakan di Kodam, Korem, Kodim yang ada di wilayah seluruh Indonesia, penerimaan AKMIL dilaksanakan manual dengan datang ke Maktas besar TNI AD kemudian melengkapi persyaratan.



Nantinya peserta yang lulus akan mendapatkan pendidikan selama 4 tahun dan menjadi perwira TNI dengan pangkat letnan dua dengan gelar S.T.Han, beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan untuk mengikuti pendaftaran akmil dapat dilihat melalui https://www.akmil.ac.id/pendaftaran

Cara Mendaftar
Calon peserta harus datang sendiri ke kodam, korem, atau kodim terdekat dengan membawa beberapa berkas seperti berikut :
  1. Akta kelahiran
  2. KTP yang bersangkutan bersama dengan KTP Orang tua.
  3. Kartu Keluarga
  4. STTB/IJasah dari mulai SD, SMP, SMA
  5. Bagi calon yang masih kelas 12 melampirkan nilai rapot kelas 10 sampai kelas 12 semester 1
  6. Melampirkan surat keterangan dari sekolah terdaftar sebagai peserta UN/UNBK hanya khusu bagi pelamar yang masih kelas 12.
Bagi yang ingin melakukan pendaftaran TNI AD secara online dapat membaca petunjuk seperti berikut ini :

Pendaftaran Online AKMIL
  1. Calon mendaftar melalui ad.rekrutmen-tni.mil.id
  2. Isi data dengan lengkap dan benar lalu cetak
  3. Membawa Print Out ke Ajendam/Rem terdekat untuk proses pendaftaran ulang
  4. Calon akan menerima nomor peserta untuk mengikuti seleksi 
  5. Ikuti petunjuk dan arahan panitia serta patuhi jadwal seleksi yang sudah diatur
  6. Minta bantuan kepada petugas panitia pendaftaran di Ajendam/Rem apabila menemui kendala dalam proses pendaftaran
  7. Jangan tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab
  8. Selama proses kegiatan penerimaan TIDAK DIPUNGUT BIAYA

Informasi mengenai lokasi pendaftaran silahkan akses situs resmi atau silahkan dapatng langsu ke markas TNI AD untuk lokasi berikut kami berikan informasi dikutip dari situs resmi http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/berita/lokasi-penerimaan/taruna-akmil.

Jika semua verifikasi berkas sudah dinyatakan lulus seleksi langkah yang harus dilakukan adalah menunggu dan mengikuti semua tes, dengan catatan bahwa semua pendaftaran dilaksanakan melalui beberapa tahapan diatas. Nah bagi kalian yang sudah sukses melakukan pendaftaran ada beberapa hal yang harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, berikut kami berikan beberapa ketentuan mengenai Materi tes yang akan dilaksanakan untuk AKMIL.


Tahapan Tes

Pengecekan awal 
  1. Administrasi
  2. Kesehatan I
  3. Jasmani (Postur)
  4. Parade (menentukan calon untuk mengikuti Rik Psikologi)
  5. Psikologi 
Rik/Uji Panda
  1. Administrasi
  2. Kesehatan II
  3. Rik/Uji Jasmani (Garjas A, B, renang & postur)
  4. Mental Ideologi
  5. Sidang Panda 
Rik/Uji Pusat
  1. Administrasi
  2. Kesehatan III
  3. Jasmani 
  4. Mental Ideologi 
  5. Psikologi II (Psi Lapangan) 
  6. Akademik 
  7. Sidang Panpus 

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran diatas semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update semua ketentuan pendaftaran lainnya. Sedikit himbauan harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi AKMIL. Pendaftaran dan proses seleksi AKMIL tidak dipungut biaya apapun. Demikianlah selamat mencoba.