Pendaftaran Online PKNSTAN 2020/2021

PKNSTAN.AC.ID - Informasi mengenai pendaftaran PKN STAN akan dibahas secara rinci disini, setiap tahun pemerintah melalui Kementerian Keuangan membuka beberapa program khusus di PKN STAN, paling populer adalah sekolah kedinasan dimana dijamin menjadi CPNS setelah lulus dibawah kementerian keuangan.

Tentu kita sama-sama tau bahwa jurusan ini mematok pekerjaan paling tinggi, siapa yang tidak mau sudah kuliah gratis, dapet gaji terus lulus langsung kerja sebagai CPNS, sebenarnya PKN STAN merupakan salah satu Politeknik Kedinasan yang menyediakan beberapa jalur masuk seperti Reguler, Kedinasan, Swadaya, dan program kerjasama.


Hanya saja yang paling banyak diburu adalah jalur ikatan dinas, dimana proses seleksinya dilaksanakan sama dengan tes CPNS, lantas apa perbedaan program studi yang ada di PKN STAN dengan program studi yang sama ada di kampus lain. Salah satu upaya pemerintah untuk merekrut putra putri terbaik dilakukan oleh PKN STAN setiap tahun.

Karena lembaga keuangan dianggap sebagai lembaga vital untuk menopang ekonomi Indonesia, penyusuan kurikulum langsung disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja yang akan bertugas setelah lulus nanti.

Lebih sederhananya adalah apabila kita ingin mengikuti tes ini sama seperti tes CPNS bedanya apabila lulus kita akan mendapatkan pendidikan terlebih dahulu baru kemudian setelah lulus menjadi CPNS. Untuk mendaftar calon peserta tidak perlu bingung karena dilaksanakan secara online tinggal mengikuti langkah pendaftaran PKN STAN seperti dibawah ini :

Sebelum mendaftar calon peserta diharapkan untuk mempersiapkan beberapa persyaratan agar tidak lagi nyari-nyari berikut beberapa berkas yang harus disiapkan :


Persyaratan
  1. KK
  2. KTP
  3. Ijasah
  4. Rapot SMA/Sederajat.
  5. Pas foto.
  6. Dokumen sesuai formasi PKN STAN beberapa berkas bisa di donwload.

Program Studi dan Formasi PKN STAN

  • Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  • Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai
  • Program Studi Diploma I Pajak;
  • Program Studi Diploma III Akuntansi;
  • Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  • Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  • Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  • Program Studi Diploma III Pajak;
  • Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  • Program Studi Diploma IV Akuntansi.



Proses pendaftaran dilaksanakan melalui portal https://SSASN.BKN.go.id tahap selanjutnya pelamar akan diarahkan ke https://dikdin.bkn.go.id untuk lebih rinci berikut cara pendaftaran PKN STAN :


Pendaftaran

  1. Calon peserta harus membuat akun terlebih dahulu sampai dilakukan verifikasi ke email baru proses selesai.
  2. Selanjutnya melakukan login ke situs https://dikdin.bkn.go.id menggunakan NIK dan password yang telah di daftarkan
  3. Pelamar melakukan swafoto sesuai form dan hanya boleh memilih satu formasi saja.
  4. Selanjutnya peserta melakukan entry nilai jangan sampai salah.
  5. Apabila sudah selesai lanjut untuk melengkapi biodata pastikan semua data sudah diisi dan cek agar tidak terjadi kesalahan jika sudah bisa melanjutkan proses berikutnya.
  6. Lanjut pada proses berikutnya pelamar harus mengupload dukumen persyaratan sesuai instansi yang dipilih bisa dilihat sesuai dengan yang tertera.
  7. Resume atau data yang sudah diisi dilengkapi dan cek kembali pastikan sudah benar, klik kirim, proses pengisian data sudah selesai tinggal tunggu verifikasi.

Verifikasi Berkas

Peserta yang sudah melakukan pengisian data dan mendaftar harus menunggu hasil verifikasi yang akan diumumkan melalui situs dikdin.bkn.go.id dan pknstan.ac.id pada tanggal yang sudah ditentukan untuk mengek apakah lulus verifikasi atau tidak berikut caranya :

  1. login ke situs dikdin.bkn.go.id selanjutnya cek pada bagian verifikasi, peserta yang sudah dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode biling jika tidak ditemukan silahkan login ke situs pknstan.ac.id.
  2. Setelah peserta melakukan pembayaran silahkan lakukan verifikasi pembayaran apabila sudah berhasil peserta akan mendapatkan kartu ujian tinggal ikut tes.
Proses Tes

Proses tes akan dibagi dalam beberapa tahapan dimana sistem tes dan pengumuman hasil dilakukan menggunakan pola sistem gugur, peserta yang sudah dinyatakan tidak lulus tidak akan bisa melanjutkan ke tahapan tes berikutnya untuk mekanisme cek pengumuman dapat dilihat melalui ketentuan dibawah.

Pengumuman Hasil

Hasil ujian akan diumumkan sebagai berikut:
  • Tahap I (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris);
  • Tahap II (Tes Kesehatan dan Kebugaran)
  • Tahap III (Tes Kompetensi Dasar).
  • Pengumuman hasil tes dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id.

Peserta yang sudah dinyatakan semua tahapan tes dapat langsung menghubungi PKN STAN untuk follow up intruksi selanjutnya apa yang harus dilakukan semoga bisa membantu. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update seputar sekolah kedinasan karena informasi perubahan jadwal dapat sewaktu-waktu dilakukan tanpa pemberitahuna terlebih dahulu, pastikan kalian mengakses situs resmi PKNSTAN secara berkala agar tidak ketinggalan informasi.