Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Pemegang KIP 2020/2021

Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Pemegang KIP - Berminat mendaftar Beasiswa Bidik Misi ? apakah saat ini memiliki Kartu Indonesia Pintar, apabila anda memilikinya berarti bisa mendaftar secara pribadi tanpa harus merepotkan sekolah, proses pendaftaran Beasiswa Bidik Misi memang terbilang cukup mudah.

Peserta tinggal mengakses situs resmi https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id selanjutnya melakukan pendaftaran dengan memilih "Daftar Pribadi" tahapan pendaftaran akan kami jelaskan secara rinci namun apabila ingin mendaftar harap mempersiapkan beberapa berkas terlebih dahulu adapun beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan sebagai berikut :




Persyaran Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun ini dan lulusan satu tahun yang lalu.
  2. Tidak mampu secara ekonomi 
  3. Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  4. Peserta bukan pemegang KIP juga bisa ikut mendaftar melalui rekomendasi sekolah.
  5. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
  6. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  7. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah.
  8. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan: PTN dengan pilihan seleksi masuk: Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN), Seleksi mandiri PTN, Politeknik, UT, dan ISI, PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

File Tambahan Yang Harus disiapkan untuk proses pendaftaran seperti berikut ini :

  1. Surat keterangan tidak mampu dibuat oleh pemerintah setempat.
  2. Foto Tampak depan rumah dan ruang tengah keluarga.
  3. Pasfoto resmi berlatar merah
  4. Nomor KIP
  5. Nilai rapot 3 semester terakhir.
  6. KTP
  7. KK
  8. Foto Rapot bagian biota

Berdasarkan pengalaman admin tahun sebelumnya, proses pendaftaran beasiswa bidik misi secara mandiri hanya untuk SNMPTN, SBMPTN, PMDK, saja diluar dari jalur ini jangan pilih dari pada nantinya daftar sia-sia, sementara untuk PTS proses pendaftaran Bidik Misi dilaksanakan secara offline melalui biro kemahasiswaan dengan melakukan pendaftaran.

Selanjutnya peserta calon penerima beasiswa bidik misi harus mengikuti tes apabila dinyatakan lulus baru bisa menerima beasiswa, hanya saja pembahasan kita kali ini fokus pada pendaftaran beasiswa BIdik Misi Pemegang KIP saja berikut tahapan pendaftarannya :

    Tahapan Pendaftaran
    1. Peserta pemegang KIP dapat melakukan pendaftaran secara pribadi melalui https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/default/login
    2. Pilih login siswa dan pilih "Daftar Pribadi"
    3. Mengisi sekolah asal, NISN dan nomor induk sekolah.
    4. Pengisian data akun awal harus dilakukan salah satu masukan nomor KIP apabila sudah selesai agar dapat mengisi biodata peserta yang sudah mendaftar secara pribadi harus menunggu verifikasi admin 2x24 pemberitahuan akan masuk ke email jika sudah di verifikasi bisa melanjutkan tahap berikutnya.
    5. Isi biodata, nilai, pendidikan, data orang tua,sampai dengan selesai.
    6. Apabila sudah selesai maka tahap selanjutnya setiap bagian data dibawahnya harus upload berkas ikuti sesuai format hingga semua berkas sudah terupload secara keseluruhan. 
    7. Selanjutnya melakukan pendaftaran sesuai jalur masuk yang dipilih.
    8. Peserta yang sudah memilih jalur seleksi Bidik Misi akan menerima PIN dan KAP kemudian lakukan verifikasi sebagai peserta bidik misi pada saat mendaftar jalur masuk tersebut.

      Selanjutnya peserta yang sudah berhasil mendaftar bidik misi juga harus melakukan pendaftaran jalur masuk yang dipilih, jangan lupa baca keterangan penting yang harus diikuti agar proses pendaftaran bidik misi tidak sia-sia


      Penting Wajib Baca

      Peserta Bidik Misi Yang Memilih Jalur SNMPTN.

      Pastikan kalian sudah lulus verifikasi dan bisa login SNMPTN baru melakukan pendaftaran Bidik Misi, jangan sampai sebelum dinyatakan bisa mendaftar SNMPTN sudah mendaftar takutnya tidak lulus verifikasi, PIN dan KAP akan terbuang sia-sia.


      Peserta Bidik Misi Yang memilih Jalur SBMPTN

      Bagi peserta yang memilih jalur SBMPTN anda harus ikut tes UTBK ya, kalau tidak ikut dipastikan tidak akan bisa mendaftar SBMPTN hal ini yang harus diperhatikan karena ada banyak peserta tahun lalu yang tidak bisa melanjutkan pendaftaran bidik misi karena tidak ikut tes UTBK. Nilai UTBK menjadi persyaratan untuk mendaftar SBMPTN.


      Peserta Bidik Misi Yang Memilih Jalur PMDK

      Bagi yang ingin ikut bidik misi PMDK pastikan kalian di daftarkan PMDK oleh sekolah ya, kalau ngak di daftarkan sekolah maka tidak bisa ikut jalur ini meskipun sudah mendaftar Bidik Misi.


      Peserta Bidik Misi yang Memilih Jalur Mandiri PTN.

      Ini yang sering membuat peserta tertipu karena saat mendaftar di Situs Beasiswa Bidik Misi semua PTN yang mau kita pilih ada, bahkan jika kita memilih jalur Mandiri PTN ke salah satu kampus dipastikan ada, namun pada saat mau melakukan verifikasi di situs pendaftaran Mandiri PTN tidak ada verifikasi PIN dan KAP, bagi peserta yang ingin mendaftar jalur ini sebaiknya tanyakan langsung ke pihak kampus apakah mendukung untuk bidik misi pada jalur mandiri.


      Peserta Bidik Misi Yang memilih jalur Mandiri PTS.

      Untuk PTS sendiri meski ada di Online proses pendaftaranya, sebaiknya kalian tanyakan langsung ke kampus setalah berhasil masuk, karena biasanya pendaftaran Bidik Misi di PTS dibuka setelah masuk dan akan melalui proses tes tertulis lagi dan kadang tidak bisa melalui online.

      Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang.
      1. Membawa semua persyaratan sesuai dengan intruksi yang diberikan.
      2. Melakukan verfikasi kelayakan penerima beasiswa bidik misi yang akan dilakukan pengecekan dan wawancara kepada siswa maupun orang tua, jika dinyatakan lulus berhak menerima bidik misi.

      Dari beberapa jenis seleksi Bidik Misi diatas maka dapat disimpulakan bahwa anda bisa melakukan pendaftaran secara Online atau Semi Online ataupun Offline dari semua ketentuan yang ada mengenai jenis seleksi yang ada baik itu PTN, PTS, Politeknik Negeri dapat bermanfaat bagi yang ingin mendaftar Bisik Misi.

      Demikianlah informasi yang bisa diberikan semoga bisa membantu anda dalam proses pendaftaran, paling tidak bisa menjadi petunjuk pendaftaran untuk bisa dijadikan sebagai salah satu priortias pendaftaran. Jangan lupa untuk terus update semua ketentuan pendaftaran yang lainnya juga, karena untuk melakukan Pendaftaran Beasiswa Bidik misi membutuhkan informasi tambahan lainnya juga terima kasih salam sukses dan selamat mencoba.