Cara Pendaftaran AKPOL POLISI-POLRI 2020/2021

Cara Pendaftaran AKPOL POLISI-POLRI - Akademi Kepolisian Republik Indonesia merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan dibawah Kepolisian, hal ini menjadi sangat ditunggu bagi peserta terutama yang ingin mengikuti Pendaftaran tahun ini, sekaligus menjadi seleksi yang paling bergengsi.

Ada banyak artikel yang membahas mengenai penerimaan AKPOL secara online, kadang informasi seperti itu sering membuat bingung, apakah benar penerimaan dilakukan secara online, padahal yang dilaksanakan secara online hanya pendaftaran meliputi pengisian biodata, data pendidikan dan lain-lain.


Sedangkan proses penyerahan harus tetap dilakukan secara online setelah peserta melakukan pendaftaran kemudian melengkapi berkas secara keseluruhan untuk persyaratan yang harus dilengkapi dapat dicek melalui situs resmi https://penerimaan.polri.go.id kemudian pilih "info Pendaftaran & Kegiatan" selanjutnya pilih "Akpol" klik ke kanan "Syarat Pendaftaran" semua persyaratan harus dilengkapi. Apabila kalian belum paham cara pendaftaran dan Pengisian form secara online :


Alur Pendaftaran Polisi

Buka Website
  1. Silahkan buka situs https://penerimaan.polri.go.id selanjutnya anda dapat membaca beberapa syarat pendaftaran terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya baru memilih salah satu jenis pendaftaran.

Pilih Jenis Pendaftaran
  1. Pada saat memilih silahkan pilih AKPOL, perlu diingit pemilihan jenis pendaftaran hanya bisa dilakukan pada saat proses pendaftaran dibuka.
  2. Selanjutnya mengisi biodata, data pendidikan, data wali atau orang tua dan lain-lain.
  3. Setelah selesai calon taruna/i diharapkan mengirim berkas secara online.
  4. Setelah itu tinggal cetak bukti form pendaftaran bersamaan dengan itu lengkapi syarat pendaftaran, tidak boleh kurang satupun.

Datang Ke Polda
  1. Setelah semua berkas lengkap harap bawa semua dan datang ke polda untuk diserahkan panitia.
  2. Nantinya ikuti semua arahan panitia sampai dengan selesai.
  3. Biasanya langsung dilakukan tes fisik awal. 
  4. Pastikan semua berkas dan prosedur pendaftaran sudah dilakukan dengan benar tinggal menunggu hasil verifikasi.

Verifikasi
  1. Untuk verifikasi pendaftaran biasanya bisa langsung diumukan atau beberapa hari setelah penyerahan berkas tergantung situasi dan kondisi.
  2. Apabila peserta dinyatakan lulus verifikasi berkas maka tinggal mengikuti tes.

Tes
  1. Tesnya pun sama seperti biasa dilaksanakan sistem gugur.

Pengumuman
  1. Proses pengumuman dilaksanakan pasca tes apabila peserta dinyatakan tidak lulus maka tidak bisa melanjutkan tes berikutnya.
  2. Pengumuman tes akan dibagi menjadi dua yaitu penguman tes daerah dan pengumuman pusat untuk jadwal dan lainnya dapat dilihat melalui polda terdekat.

Apabila informasi yang anda baca memiliki perbedaan dengan situs asli maka yang digunakan adalah informasi pada situs resmi, semoga apa yang telah kami berikan bisa memberikan manfaaat terutama bagi anda selaku peserta dan selamat mencoba dan semoga lulus, bagi yang mengaminkan doa ini semoga kalian diberikan kelulusan dan diutamakan dari pada mereka yang tidak mengaminkan doa ini amin.