Cara Pendaftaran Online STMKG 2020/2021

Cara Pendaftaran Online STMKG - Persiapkan diri anda untuk mengikuti proses pendaftaran seleksi PTB STMKG yang akan dilaksanakan secara online, pendaftaran dibuka serentak diseluruh Indonesia melalui mekanisme SSCASN atau dikenal dengan DIKDIN BKN khusus sekolah kedinasan.

Hanya saja peserta diizinkan memilih satu sekolah kedinasan dengan satu formasi saja tidak boleh lebih, apabila anda sudah memutuskan untuk memilih STMKG maka fokuslah pada prosedur dari awal hingga akhir,  sebab hanya bisa mengikuti satu seleksi saja, hal yang paling diperhatikan pada saat berminat langkah awal adalah melengkapi persyaratan.


Setelah dicek ternyatan memenuhi kriteria maka baru bisa mempersiapkan proses pendaftaran, untuk prosedurnya sama saja dengan pendaftaran sekolah kedinasan lainnya, bersumber pada satu portal dikdin, untuk lebih jelas berikut informasi mengenai persyaratan hingga alur pendaftaran PTB STMKG.

    Persyaratan Umum
    1. Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia
    2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-) 2, spheris dan tidak silinder.     
    3. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal yang sudah ditetapkan.
    4. Belum menikah dan  bersedia  tidak  menikah selama pendidikan.
    5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
    6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
    7. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
    8. Bersedia  bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Persyaratan Akademik
    1. Lulus / akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, serta jurusan yang sesuai dengan kompetensi Program Studi Instrumentasi-MKG.
    2. Lulus / akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (a) tersebut hanya dapat  mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG. Kompetensi keahlian selain pada butir (a) tersebut tidak dapat  diterima.
    3. Nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
    4. Bagi yang sudah lulus SMA/MA/SMK nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 4, 5, dan 6) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).

    Jika anda sudah dinyatakan lulus pemberkasan melalui telah dinyatakan lulus persyaratan atau bahasa populernya adalah dianggap memenuhi semua ketentuan persyaratan yang ada maka langkah lanjutan yang bisa anda ikuti adalah mengikuti ketentuan lain seperti mengetahui pembiayaan selama kuliah sampai dengan selesai untuk itu kalian harus memperhatikan beberapa hal yang akan kami rangkum seperti dibawah ini simak selengkapnya.

    Jika semua hal diatas sudah dilaksanakan dengan benar dan dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku nah bagi kalian yang sudah mengikuti semua persyaratan dapat mengikuti proses pendaftaran, untuk yang belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pendaftaran untuk lebih jelas kita simak seperti informasi berikut ini apa saja dan seperti apa berikut ketentuan yang bisa anda ikuti.

    ALUR  PENDAFTARAN   :

    Buat Akun 

    1. Pembuatan akun dilaksanakn melalui situs https://dikdin.bkn.go.id siapkan KTP dan KK untuk mengisi data.
    2. Pilih menu Registrasi
    3. Apabila sudah silahkan cek email untuk verifikasi.
    4. Setelah selesai calon peserta bisa lanjut login

    Login
    1. Data yang sudah diisi akan menyesuaikan dengan data KTP yang ada di Capil, proses login menggunakan user dan password yang sudah dibuat.
    2. Login melalui situs https://dikdin.bkn.go.id.
    3. Mengisi data diri selanjutnya upload dokumen (KTP, Foto, Ijasah, Transkrip Nilai, scan rapot, surat keterangan dan surat pernyataan).
    4. Pastikan semua sudah diisi dan di upload dengan benar kirim data.

    Pembayaran.
    1. Panitia akan melakukan verifikasi, kemudian peserta akan menerima notifikasi dan dua kode biling, pertama CAT BKN dan kedua PTB STMKG besaran biaya akan tertera pada mesin atm atau teler akan membantu menyebutan jumlah yang harus dibayar.
    2. Setelah pembayaran terverifikasi oleh sistem yang harus dilakukan selanjunya cetak kartu peserta.

    Cetak Kartu.
    1. Proses cetak kartu peserta dapat dilakukan dengan login kembali ke situs dikdin.bkn.go.id selanjutnya cari file kartu peserta akan muncul setelah melakukan pembayaran minimal 1 hari setelah pembayaran.
    2. Simpan bukti pendaftaran dan persiapkan diri untuk mengikuti tes.

    Mengikuti Tes

    1. Mengikuti Tes SKD di BKN.
    2. Mengikuti tes SKB.
    3. Tes Kebugaran
    4. Tes Kesehatan (dokumen harus dikirim ke alamat pantia penerima taruna baru STMKG) yang tertera pada situs resmi.

    Pengumuman Hasil Akhir 


    1. Pengumuman hasil akhir dimuat melalui situs resmi STMKG dan Dikdin.
    2. Peserta yang dinyatakan lulus tes sampai akhir akan mengikuti wawancara dan daftar ulang di kampus STMKG.

    Terima kasih demikianlah apabila terdapat beberapa perbedaan informasi dari situs asilanya maka yang digunakan adalah situs pendaftaran resmi sesuaiketentuan yang berlaku. Selamat mencoba semoga bisa memberikan manfaat.