Cara Pendaftaran Online CPNS Rekrutmen.Kejaksaan.go.id 2024/2025


Rekrutmen.Kejaksaan.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Rekrutmen.Kejaksaan.go.id 2024/2025 - Kejaksaan Agung atau Kejagung merupakan lembaga kejaksaan Negara Indonesia dengan meliputi kekuasaan Negara Indonesia. Dalam Kejaksaan Agung memiliki struktur pimpinan, yakni Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung. Jaksa Agung merupakan pimpinan, pejabat Negara, dan sekaligus penanggung jawab tertinggi dalam kejaksaan yang dipimpin untuk mengontrol pelaksanaan wewenang dan pelaksanaan tugas Kejaksaan Indonesia.

Adapula unsur-unsur pembantu pimpinan, yakni Jaksa Agung Muda dan Badan Pendidikan dan Pelatihan. Total dari Jaksa Muda Agung adalah 6 formasi dengan 1 Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan yang bekerjasama dalam membantu Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung. Tertarik untuk bergabung dalam Kejaksaan Agung? Kini cara pendaftaran CPNS Kejaksaan Agung telah dibuka. Apa saja persyaratannya? Berikut ulasan singkatnya.



Setelah penerimaan CPNS periode pertama telah dilaksanakan, kini kembali dibuka pendaftaran CPNS dengan menyertakan 61 Kementerian dan Lembaga Indonesia. Dari keenam puluh satu daftar, Kejaksaan Agung termasuk di dalamnya. Jadi, bagi Anda yang ingin bergabung inilah kesempatan untuk melaksanakan cita-cita Anda. Tepat , Jadwal Pendaftaran CPNS Kejaksaan Agung sendiri telah dapat diunduh serentak dengan keenam puluh Kementerian dan Lembaga.

Untuk kriteria mengikuti seleksi CPNS Kejaksaan Agung, terdiri dari tiga jenis kriteria. Pertama adalah untuk
  1. Lulusan Cumladu : lulusan terbaik (cumlaude) yang berasal dari Perguruan Tinggi berakreditasi A dan Program Studi berakreditasi A.
  2. Putra Putri Asli Papua  : Kriteria kedua ditunjukan kepada Putra/Putri Papua dan Papua Barat yang telah menamatkan pendidikan SD, SMP/SLTA, hingga SMU/SLTA di wilayah tersebut atau berdasarkan garis keturunan sebagai orang asli Papua.
  3. Pelamar Umum : Kriteria ketiga adalah umum, yakni bagi pelamar yang tidak masuk ke dalam kriteria satu dan dua masih diberi kesempatan untuk bergabung. Untuk persyaratan umum dari pendaftaran di Kejaksaan Agung pada periode kedua tahun ini sama dengan persyaratan umum CPNS di bidang lainnya. Anda bisa mengakses langsung ke portal resmi Kemeneterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yakni menpan.go.id.

Setelah mengetahui persyaratan umum dan persyaratan khusus untuk pendaftaran CPNS Kejaksaan Agung, Anda bisa langsung mendaftarkan diri sebagai pelamar CPNS di Kejaksaan Agung pada periode kedua ini. Bagaimana caranya? Untuk alur seleksi Kejaksaan Agung dibagi menjadi 4 tahap seleksi, yakni 
  1. Seleksi Administrasi; 
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD); 
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan 
  4. Tes Keterampilan Komputer; dan Tes Wawancara, Kesehatan, dan Psikotes. 
 
Untuk Seleksi Administrasi dilakukan dengan pendaftaran secara online dan pengiriman berkas atau dokumen asli. Setelah memberikan pengumuman lengkap, pendaftaran online CPNS Kejaksaan Agung baru bisa dimulai. Karena masih ada beberapa waktu, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa dokumen persyaratan.
  1. Pertama, Anda harus menyiapkan Surat Lamaran bermaterai Rp 6000,- yang ditujukan langsung kepada Jaksa Agung Muda Pembina U.p Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung RI. Surat lamaran ini harus ditulis tangan dan ditanda tangani dengan tinta hitam pada lembar kertas folio bergaris. 
  2. Kedua, Anda juga harus menyiapakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau menyertakan keterangan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). 
  3. Ketiga, bagi Anda yang memiliki KTP berbeda dengan domisili Anda saat ini maka Anda harus menyertakan surat keterangan dari Kelurahan yang menyatakan bahwa Anda telah bertempat tinggal minimal 1 tahun pada wilayah tersebut. 
  4. Keempat, sertakan Daftar Riwayat Hidup Anda dengan tulis tangan.
  5. Kelima, sertakan beberapa berkas fotokopi, diantaranya Ijazah dan transkrip nilai; sertifikat/ ijazah computer untuk S1/DIII/SLTA; Sertifikat Pelatihan Satuan Pegamanan/Bela Diri yang telah dilegalisir; sertifikat TOEFL yang telah dilegalisir bagi pelamar S1 dan DIII; dan akta kelahiran yang telah dilegalisir. 
  6. Keenam, Anda juga harus menyertakan fotokopi dan asli Surat Keterangan Belum Menikah yang dikeluarkan dari Keluharan. 
  7. Ketujuh, menyertakan Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh kantor Kejaksaan Agung di Indonesia dan Surat Pernyataan tidak sedang terlibat atau tidak pernah pidana dan kasus narkoba yang masing –masing diberi materai Rp 6000,-. 
  8. Terakhir, sertakan surat pernyataan kesiapan atau jaminan hukuman jika Anda terbukti memberikan surat keterangan yang tidak benar.

Cara Pendaftaran CPNS

  1. Setelah seluruh dokumen persyaratan siap, nanti Anda sudah bisa mengakses laman pendaftaran CPNS untuk melakukan cara pendaftaran CPNS Kejaksaan Agung. 
  2. Anda bisa mendaftarkan diri secara online melalui http://sscasn.bkn.go.id dan login menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP Anda dan NIK pada Kartu Keluarga (KK) Anda. Setelah itu, Anda bisa langsung mengakes http://rekrutmen.kejaksaan.go.id. 
  3. Lalu, Anda bisa mencetak langsung formulir pendaftaran yang sudah disediakan. 
  4. Setelah itu, Anda bisa langsung datang dengan menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan dan formulir pendaftaran untuk diverifikasi.

Sekian cara pendaftaran CPNS Kejaksaan Agung untuk seleksi tahap pertama, Seleksi Administrasi. Berkas akan diterima selambat-lambatnya. Pengumuman dari Seleksi Adminitasi ini akan diumumkan. Demkianlah infromasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.