Cara Pendaftaran Online CPNS Rekrutmen.kemendag.go.id 2024/2025


Rekrutmen.kemendag.go.idCara Pendaftaran Online CPNS Kemendag.go.id 2024/2025 - Kementerian Perdagangan Setiap Tahunnya PNS atau Pegawai Negeri Sipil merupakan suatu pekerjaan yang sangat di minati oleh sebagian masyarakat Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa menjadi PNS berarti dapat hidup tentram, karena dengan menjadi PNS maka akan diberikan tunjangan hidup sampai hari tua nanti. Kebanyakan masyarakat Indonesia memang menilai bahwa PNS merupakan pekerjaan dengan gaji yang kecil namun masih cukup untuk menghidupi keluarga.

Tetapi dibalik gaji tersebut tersimpan tunjangan yang masih akan terus diberikan oleh pemerintah sampai nanti pensiun. Oleh sebab itu PNS dianggap sebagai pekerjaan yang paling banyak diminati. Salah satu contoh PNS adalah ditempatkannya di pemerintahan sebagai kementrian. Jika itu menyangkut pemerintahan, pasti kebanyakan orang akan berpikir tentang politik, partai dan bahkan calon pencalonan.




Namun tidak seperti itu saja, salah satunya adalah kementerian perdagangan merupakan salah satu pekerjaan yang termasuk PNS dan bekerja di pemerintahan. Banyak yang berpikir mengapa perdagangan dapat dibuat menjadi suatu kementerian, sebab dengan kementerian perdagangan ini adanya kebijakan, pengawasan, dan pelaopran hasil mengenai perindustrian, dan juga mengurusi bagian komersil negara.

Selain itu kementerian ini juga berfokus pada urusan perdagangan baik itu lokal maupun internasional. Maka dari itu bagi Anda yang berminat menjadi CPNS di kementrian perdagangan ini Anda bisa mencoba mencari tahu bagaimana cara pendaftaran CPNS Kementerian Perdagangan, baik lewat website resminya maupun lewat website cpns online.

Persyaratan Umum

Untuk menjadi seorang CPNS di kemendag ini ada beberapa syarat umum yang harus dipenuhi diantaranya:
  1. seorang WNI,
  2. usia 18 sampai 25,
  3. tidak menjadi CPNS,
  4. tidak pdiberhentikan dengan hormat,
  5. tidak berurusan dengan politik,
  6. tidak pernah dihukum atau dipenjara, memenuhi syarat pendidikan, dan sehat jasmani rohani.
  7. Lulusan perguruan tinggi negeri atau swasta dengan akreditasi 
  8. IPK min 3.00 dengan transkip nilai sebagai bukti


Untuk cara pendaftaran CPNS Kementerian Perdagangan Anda dapat melakukan pendaftaran awal langsung di website kemendag, kemudian melakukan pendaftaran secara online di rekruitmen.kemendag.go.id lalu masukan username dan password, adapun beberapa formasi yang ada di kemndag ini, dan pelamar dapat memilih maksimal 3 lowongan formasi.

Kemudian setelahmelakukan pendaftaran secara online, maka pelamar juga harus mengirimkan beberapa berkas atau dokumen persyaratan dalam bentuk softcopy melalui website kemendag. Beberapa dokumen yang dikirimkan adalah:
  1. Ijazah pendidikan terakhir
  2. Transkpi nilai
  3. Sertifikat TOEFL
  4. Pasfoto

Kemudian untuk cara pendaftaran CPNS Kementerian Perdagangan selanjutnya adalah tes kompetensi dasar atau TKD setelah pelamar dinyatakan lolos dalam tes administrasi. TKD ini dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test atau CAT, yang kemudian dilanjutkan pada tes kemampuan bidang atau TKB yang meliputi Psikotest dan juga tes wawancara. Setelah itu maka pelamar tinggal menunggu hasil dari keputusan para penilai.

Adapun beberapa ketentuan lain dari ketika pendaftaran CPNS yaitu pelamar harus mencantumkan email yang masih berlaku, kemudian pelamar hanya diperbolehkan untuk mendaftar satu kali, karena jika pelamar mencoba untuk mendaftar lebih dari sekali maka akan dinyatakan gugur oleh pihak penilai, pelamar dan pihak penilai juga tidak diperbolehkan untuk melakukan komunikasi baik itu mengenai masalah pendaftaran ataupun mengenai rekruitmen anggota kemendag.

Pelamar yang tidak memberikan berkas dengan benar atau palsu maka akan  di gugurkan, keputusan para penilai sudah paten dan tidak dapat diganggu gugat, dan pelamar juga tidak dipungut biaya apapun ketika proses pendaftaran sampai penerimaan CPNS.

Dalam pemilihan pekerjaan PNS di kemendag ini, setelah Anda mengetahui bagaimana cara pendaftaran CPNS Kementerian Perdagangan  Anda juga harus mengetahui jabatan apa saja dan bagaimana alokasi penempatannya. Sehingga hal tersebut dapat memantapkan niat Anda untuk masuk menjadi anggota PNS dari kemendag, karena salah satu syarat untuk masuk kemendag adalah bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan alokasi tempat tersebut.

Bagi Anda yang berminat untuk menjadi anggota dari CPNS Kementerian Perdagangan Anda bisa langsung mendaftarkan diri Anda. Sebab, seperti pendaftaran CPNS lainnya bahwa waktu pendaftaran tidak begitu panjang, sehingga Anda harus cepat menyiapkan data atau dokumen apa saja yang akan dibutuhkan nantinya. Tidak lupa juga untuk mempersiapkan diri untuk melakukan tes TKD dan TKD terutama saat proses wawancara, karena biasanya prosentase terbesar wawancara dan CAT.