Cara Pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi Login Siswa 2017-2018

Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id - Cara Pendaftaran untuk Beasiswa Bidik Misi tahun 2017-2018 simak Pendaftaran untuk Beasiswa Bidik Misi Login Siswa untuk Pendaftaran dilaksanakan melalui Online sesuai pendaftaran khusus Bidik Misi dan Seleksi, SNMPTN, SBMPTN, PMDK PN, UMPN, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi Mandiri PTS. Bidik Misi merupakan salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah untuk calon mahasiswa kurang mampu dari RistekDikti, bantuan Biaya ini berupa beasiswa tidak hanya biaya kuliah saja tetapi beberapa biaya seperti biaya Hidup hampir 100 persen yang dapat dipergunakan untuk keperluan pendidikan selama kuliah, Beasiswa ini disesuaikan dengan jenjang pendidikan terutama fokus pada jenjang Strata 1 dan Diploma.

Beasiswa Pendidikan Bidik Misi ini sudah banyak sekali menghantarkan Mahasiswa yang ada di Indonesia terutama berasal dari keluarga kurang mampu mendapatkan gelar pendidikan tinggi, memang siapa saja tentu tidak akan menolak mendapatkan beasiswa terutama beasiswa bidik misi tetapi pemerintah melalui RistekDikti memberikan persyaratan ketat untuk seleksi ini.

Tujuan dari pemerintah memberikan beasiswa ini adalah untuk yang kurang mampu, tetapi sayangnya masih banyak kasus mereka yang tidak berhak mendapatkan beasiswa ini malah mendapatkan Beasiswa, seperti kita ketahui ada beberapa kasus mereka yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi bukan yang berhak, bahkan tergolong memiliki ekonomi menengah.

Cara Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Login Siswa 2017-2018

Biasanya siswa melakukan serangkain manipulasi data untuk bisa lulus, namun kecurang seperti ini tidak akan berdapampak baik bagi masa depan, yang dilakukan oknum siswa untuk mendapatkan beasiswa bidik misi, melalui informasi ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Login Siswa dimana sebelumnya sudah memberikan Cara Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Login Sekolah.

Untuk lebih jelas disini admin akan memberikan informasi terkait dengan Pendaftaran Bidik Misi oleh siswa, setelah mendapatkan login siswa dapat mengecek informasi dan mengisi biotada pendaftaran melalui situs resmi rangkaian pendaftaran yang dimaksud meliputi informasi seperti dibawah ini sesuai dengan yang telah dikutip dari situs resmi Beasiswa Bidik Misi.

Bagi siswa yang sudah atau ingin melakukan proses pendaftaran disini admin akan memberikan informasi mengenai Beaisiswa Bidik Misi Login Siswa pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id setelah itu peserta harus memilih siswa/alumni kemudian anada akan diarahkan menuju situs http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/default/login

Pada situs tersebut ada 3 panel yaitu Login Siswa, dipergunakan untuk login bagi siswa yang sudah mendapatkan Login dan melakukan pendaftaran sebelumnya dengan masukan No Pendaftaran dan Kode akses klik Masuk untuk login. Sedangkan Pembaruan Akun digunakan untuk mengaupdate data fitur yang diberikan kepada para siswa bagi yang mendapatkan rekomendasi sekolah namu belum diterima oleh perguruan tinggi pada tahun sebelumnya yang ingin mendaftar kembali di tahun ini berisi data No Peserta tahun lalu, Kode Akses tahun lalu dan NISN siswa.

Terakhir Daftar Pribadi digunakan fitur yang diberikan kepada para siswa yang tidak direkomendasikan oleh sekolah dan merupakan penyandang bantuan kemiskinan dari pemerintah seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Perlindungan Sosial, dan bantuan kemiskinan lainnya. digunakan untuk mendaftar secara mandiri klik proses selanjutnya.

Pendaftaran siswa dapat dilakukan melalui beberapa metode yakni : Melalui rekomendasi dari pihak sekolah Jika pernah direkomendasikan oleh sekolah pada tahun sebelumnya, dapat melakukan pembaruan akun Jika belum pernah direkomendasikan oleh sekolah, dapat mengajukan permohonan akun dengan menyertakan berbagai persyaratan yang telah ditentukan.


Dashboard

Sesaat setelah melakukan pendaftaran siswa akan akan tampil semua informasi yang harus seperti Menu Pendaftaran Siswa, Langkah Pengisian Berkas, Jadwal Penting, adapun beberapa langkah yang harus dilakukan melalui situs resmi ini seperti Biodata, Kondisi Ekonomi, Data Keluarga, Data Perstasi, Kondisi Rumah, Aset Keluarga, Rencana Hidup, Jalur Seleksi untuk lebih jelas berikut fingsi dari panel tersebut untuk lebih jelas simak selengkapnya.


Perlengkapan Data "Biodata".

Siswa akan diminat untuk mengisi NISSN, Nama Siswa, Jenis Kelamin, Agama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Alamt, Email, Kode Post, No Telpon, No HP, Jika semua berkas telah terisi jangan lupa untuk Simpan data, setelah itu siswa diminat untuk mengunggah foto pada bagian kanan situs foto yang diuload harus memiliki ukuran tidak boleh melebihi 300kb khusus foto pribadi ukuran harus 400x600 pixel untuk kalian yang ingin edit foto dapat melalui online situs http://resizepic.com/ sedangkan untuk mengubah format foto dapat melalui http://convertpic.com/.


Kondisi Ekonomi.

Kondisi ekonomi merupakan data yang harus diisi berdasarkan data Pekerjaan Ayah/Wal, Penghasilan Orang Tua berisi penghasilan kotor orang tua 4 bulan terakhir yang dapat disi melalui kolom tersebut, selanjutnya mengisi Bantuan Pemerintah (Jika Ada) untuk yang tidak ada silahkan kosongkan saja, lanjut mengisi pekerjaan Ibu, dan Penghasilan Ibu bagi yang turut sumi.

Total hutang kepada pihak lain bagi keluarga yang memiliki sangkutan, termasuk cicilan hutang dibayar per bulan, serta data tabungan keluarga yang dimiliki, setelah data disimpan secara otomatis siswa akan masuk kedalam halaman ekonomi langkah selanjutnya adalah mengunggah Foto SKTM pada bagian kanan jika diperlukan dapat diedit melui situs http://resizepic.com/ dan
http://convertpic.com/ foto yang di upload lebih dari 300kb lalu tekan tombol simpan.


Data Keluarga.

Peserta diharuskan mengisi biodata keluarga meliputi Nama Ayah, Status Ayah, Hubungan Wali bagi peserta yang sudah tidak memiliki orang tua atau tinggal dirumah saudara atau wakil, pendidikan ayah, kerja ayah, detail ayah, nama ibu, status ibu, pendidikan ibu, kerja Ibu untuk ibu yang turut suami silahkan diisi sesuai dengan keadaan sesungguhnya, Jumlah Tanggungan, No telpon Ortu, setelah selesai jangan luap untuk menyimpan data. Jangan lupa untuk upload foto keluarga dengan ukuran tidak boleh melebihi 300 kb.


Prestasi.

Untuk pengisian data ini digunakan untuk peserta yang pernah mendapatkan prestasi baik akademik maupun non akademik selama sekolah pada panel data prestasi klik tambahkan, seperti menggungah sertifikat bukti dan upload file seperti biasa besar scan foto sertifikat tidak boleh melebihi ukuran 300 kb setelah data terisi dengan benar jangan lupa untuk simpan data peserta dapat melanjutkan proses berikutnya.


Rumah.

Setelah pengisian data prestasi maka akan masuk ke pengisian data rumah disana ada beberapa berkas yang harus diisi berupa kepemilikan rumah, tahun perolehan pendirian dan kepemilikan tanah, sumber listrik sesuai dengan listrik yang dimiliki, daya listrik dan luas tanah sesuai NJOP/Meter serta luas bangunan, bahan atap, Bahan Lantai, bahan tembik, Mandi Cuci Kakus, Sumber Air Utama, jarak dari pusat kota, jumlah orang tinggi dirumah. setelah selesai harus disimpan. Jangan lupa untuk upload gambar foto rumah tampak depan, ruang foto keluarga setelah itu klik simpan. File foto tidak boleh melebihi 300 kb.


Aset.

Apabila keluarga maupun peserta memiliki aset atau simpanan dapat menggunakan panel ini untuk
cara tambahkan aset pada halaman form aset terdapat Nama Barang/Aset, Merk/Tipe, Jenis Barang, Tahun Perolehan aset, Metode Perolehan, Kondisi Barang/Aset, Serta Harga bara berdasarkan estimasi nilai barang saat ini setelah itu klik simpan, bagi yang tidak memiliki aset dapat mengkosongkan form ini.


Rencana Hidup/Tinggal.

Terdapat beberapa data siswa saat pertama kali masuk ke menu ini kalian akan dihadapkan pada beberapa pengisian pendaftaran melalui Rencana Tinggal, Dukungan Keluarga, Transportasi Asal, Transportasi Harian, Biaya Transportasi, yang akan dipersiapkan pada saat kalian kuliah berupa rancangan rencana hidup dan tinggal saat kost bagi mereka yang tidak tinggal tempat yang sama.


Seleksi.

Pada proses ini menu seleksi hanya bisa diakses apabila peserta sudah mengisi semua proses pendaftaran sebelumnya pada proses ini peserta harus mengisi seleksi meliputi beberapa data yang harus diisi dengan benar seperti Penghasilan Orang tua, dampak pemalsuan data ketentuan siswa mendaftar Perguruan Tinggi ceklis semua kolom dan klik proses selanjutnya dengan memahami semua syarat dan ketentuan pendaftaran.

Selanjutnya mengikuti seleksi peserta harus mengakses dapatkan pada panel yang sama kemudian klik Dapatkan Pin dan Kap adapaun seleksi yang tersedia adalah PMDK-PN, SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi Mandiri PTS, dan UMPN, apabila peserta dapat memilih salah satu seleksi salah satu jalur masuk untuk lebih jelas sebelum melanjutkan berikut kita akan jelaskan satu persatu seleksi yang ada untuk lebih jelas seperti berikut ini.

SNMPTN adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri merupakan salah satu jalur seleksi yang dilaksanakan dengan ujian undangan ketentuan pendaftaran berdasarkan rekomendasi sekolah dengan pilihan PTN yang dilaksanakn serentak berdasarkan nilai rapot dan verifikasi data, kemudian selain jalur undangan terdapat pula jalur SBMPTN merupakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri merupakan jalur tertulis serentak yang dilaksanakan untuk masuk ke PTN.

Seleksi dilaksanakan serentak seluruh Indonesia dengan menggunakan ujian tertulis tanpa harus memerlukan rekomendasi sebab seleksi ini dapat dilakukan secara mandiri, kemudian ada seleksi khusus untuk PMDK PN dimana jalur masuk khusus undangan untuk Politeknik Negeri se Indonesia untuk bisa mengikuti jalur masuk ini ketentuan hampir sama dengan SNMPTN, sementara untuk UMPN hampir mirip dengan SBMPTN hanya saja dikhususkan untuk Politeknik Negeri.

Terakhir adalah Seleksi Mandiri PTN merupakan seleksi lokal yang dilaksanakan melalui masing-masing perguruan tinggi dengan kebijakan otonomi kampus, begitu juga untuk Seleksi Mandiri PTS yang dilaksanakn oleh perguruan tinggi swasta mekanisme pendaftaran ada yang menggunakan undangan lokal dan tertulis lokal. 

Semua jalur masuk tersebut dapat diikuti selain itu dari beberapa jalur masuk yang tersedia peserta dapat memilih Perguruan Tinggi dan Jurusan atau program studi yang tersedia khusus untuk beasiswa Bidik Misi, hanya saja tidak semua jalur masuk secara umum diperuntukan untuk mahasiswa yang ingin mendaftar Beasiswa Bidik Misi, setelah memilih salah satu jalur seleksi yang tersedia silahkan klik proses selanjutnya, pada tahap terkhir peserta yang sudah memilih seleksi dapat menyimpan berkas, apabila proses ini sudah selesai peserta dapat melanjutkan tahap terakhir.


Cetak Kartu Peserta.

Bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran maka proses terkahir yang bisa dilakukan adalah mencetak bukti pendaftaran yang akan digunakan untuk proses selanjutnya hanya saja pendaftaran kkhusus Bidik Misi saat sudah mencetak kartu peserta proses pendaftaran sudah selesai. Dengan catatan siswa sudah memilih minimal satu jalur seleksi dengan 1 jurusan/ program studi pilihan.


Cetak Formulir.

Siswa bisa mencetak formulir apabila sudah memilih dan menyelesaikan proses pendaftaran dengan ketentuan pemilihan minimal satu program studi formulir biasanya hanya digunakan untuk arsip saja apabila dibutuhkan pada saat melakukan pendaftaran ulang pada jalur seleksi yang diminati sesuai dengan ketentuan pendaftaran.

Jangan lupa peserta yang telah menyelesaikan proses pendaftaran Beasiswa Bidik Misi agar sekitaranya dapat mendaftar jalur masuk yang sudah dipilih kemudian pada kolom verifikasi peserta harus memasukan PIN dan Kap yang sudah didapat dari proses pendaftaran Beasiswa Bidik Misi terutama oleh siswa, pendaftaran beasiswa ini bisa dilakukan dengan mandiri, selain itu juga melalui rekomendasi sekolah.

Semoga apa yang telah admin berikan dapat membantu anda dalam proses pendaftaran terutma ini merupakan salah satu mekanisme pendaftaran yang dapat dilakukan oleh siswa, baik secara perorangan maupun wakil sekolah, apabil terdapat beberapa informasi yang tidak jelas dapat mengecek melalui situs resmi Beasiswa Bidik Misi Login Siswa.

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan Pendaftaran beasiswa Bidik Misi dapat disimpulkan sistem Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi dapat diikuti oleh beberapa jalur seleksi yang dipersiapkan melalui SNMPTN, SBMPTN, UMPN, PMDK PN, sampai dengen Seleksi Mandiri PTN dan PTS semoga bisa membantu anda dalam proses pendaftaran terima kasih selamat mencoba.