Pedoman Pendaftaran Online Beasiswa KIP Kuliah 2021-2022

Info Penting CPNS

Pedoman Pendaftaran Online Beasiswa KIP Kuliah 2021-2022 - Program Beasiswa Kurang mampu merupakan salah satu amat undang-undang dimana telah mengamanatkan untuk mewujudkan keterjangkauan pemerataan pendidikan di perguruan tinggi seluruh Indonesia. Program beasiswa ini merupakan salah satu bantuan pendidikan dan sekaligus program strategis pemerintah dalam dunia pendidikan.

Bagi siapa saja yang merasa tidak memiliki biaya untuk kuliah karena ekonomi orang tua tidak sanggup menyekolahkan sampai jenjang perguruan tinggi, jangan kwatir pemerintah melalui program KIP Kuliah telah menyediakan beasiswa bagi siswa/i kurang mampu dengan catatan memiliki potensi akademik dilihat dari hasil nilai rapot yang baik.


 

Selain progres akademik bagi yang memiliki prestasi non akademik dapat mengikuti program ini, terutama mereka yang sudah memiliki kartu KIP, PKH, KKS bisa langsung mengunjungi website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id untuk melakukan pendaftaran secara online untuk lebih jelas berikut simak beberapa syarat, keunggulan, jangka waktu tahapan pendaftaran untuk lebih jelas seperti dibawah ini :

 

Persyaratan

  1. Merupakan lulusan SMA/SMK sederajat tahun ini.
  2. Memiliki potensi akademik baik atau memiliki prestasi non akademik.
  3. Lulus jalur seleksi yang dipilih.
  4. Berasal dari keluarga kurang mampu memiliki kartu KIP, PKH, KKS.
  5. Pendapatan kotor gabungan 4 juta atau 750 rb perbulan setiap anggota keluarga.

 

Keunggulan

  1. Bebas biaya pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi
  2. Bebas biaya kuliah dan biaya hidup
  3. Bantuan biaya hidup 700 rb perbulan.

 

Jangka Waktu

  1. Sarjana Maksimal 8 Semester. 
  2. Diploma 2 Semester - 6 Semester. 
  3. Program Profesi Dokter Maksimal 4 Semester.
  4. Program Profesi Doketer Gigi 4 Semester. 
  5. Program Profesi Dokter Hewan 4 Semester. 
  6. Porgram Profesi Ners 2 Semester. 
  7. Program Profesi Apoteker 2 Semester. 
  8. Program Profesi Guru 2 Semester.

 

Tahap Pendaftaran

  1. Setiap siswa dapat melakukan pendaftaran secara online melalui situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id bisa juga melalui Play Store donwload aplikasinya.
  2. Silahkan pilih menu Login, klik belum punya akun dan Daftar.
  3. Isi form NISN, NIK, NPSN, alamat email.
  4. Nantinya sistem akan melakukan validasi dan akan mengirim nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email terdaftar.
  5. Menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih salah satu jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Jalur Mandiri PTN, Jalur Mandiri PTS.
  6. Selesaikan proses pendaftaran.
  7. Lakukan pendaftaran Jalur Masuk yang dipilih.
  8. Pada kolom verifikasi sebagai calon penerima KIP Kuliah lakukan verifikasi dengan memasukan kode yang sudah didapat dari pendaftaran KIP Kuliah.

 

Berdasarkan informasi yang sudah kami berikan diatas maka dapat ditarik kesimpulan proses pendaftaran KIP Kuliah dapat dilaksanakan secara pribadi, langkah awal mendaftar melalui situs KIP Kuliah, setelah selesai baru kemudian mendaftar Jalur Masuk yang di pilih, pada kolom verifikasi isi kode verifikasi yang sudah diterima, baru kemudian mengikuti seleksi, tinggal tunggu hasil jika lulus salah satu jalur masuk yang dipilih dipastikan lulus KIP Kuliah. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.