Cara Pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi Login Sekolah 2017-2018

Bidikmisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id - Info Cara khusus Pendaftaran secara Online untuk Beasiswa Bidik Misi Login Sekolah tahun 2017-2018 simak Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Oleh Sekolah khusus beasiswa Bidik Misi Kurang Mampu Melalui Artikel Cara Pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi Login Sekolah 2017-2018.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Cara Pendaftaran Besiswa Bidik Misi Login Sekolah, ada beberapa Beasiswa Bidik misi yang diprioritaskan untuk undangan salah satunya adalah SNMPTN dan PMDK PN, sedangkan untuk SPAN PTKIN tidak termasuk dalam seleksi mereka memiliki sistem seleksi sendiri, berdasarkan keputusan SPAN PTKIN merupakan salah satu jalur masuk undangan yang dibawah kementerian Agama dan bukan dari bagian KemenristekDikti.

Sementara Bidik Misi dikelolah oleh RisetekDikti, tentu yang menjadi prioritas adalah PTN dan Poltek adapun beberapa beasiswa yang diperuntukan untuk Swasta tetapi pada kesempatan kali ini kita akan fokus pada Pendaftaran beasiswa Bidik Misi Sekolah, sebagai salah satu seleksi khusus yang diprioritaskan untuk jalur Undangan perlu melibatkan sekolah.

Sebagai contoh sekolah harus melakukan login situs resmi Beasiswa Bidik Misi baru kemudian setelah proses selesai siswa dapat melakukan login, nah disini admin akan memberikan petunjuk pendaftaran untul Login Sekolah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat sekolah ingin mengusulkan siswa agar mendapatkan Beasiswa Bidik Misi.

Seleksi Undangan memang membutuhkan sekolah untuk mengelolah data sesuai dengan ketentuan yang berlaku, jika dilihat secara rinci Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi memang merupakan beasiswa Full dimana bagi siapa saja yang lulus seleksi akan mendapatkan beasiswa langsung, mekanisme penerimaan beasiswa diproses apabila peserta lulus salah satu jalur masuk, seperti SNMPTN atau Politeknik Negeri.

Kemudian siswa yang bersangkutan akan langsung mendapatkan Beasiswa langsung dari rekening, hanya saja transaksi yang bisa dilakukan tidak lebih dari 1 juta dalam sehari, seperti contoh jika peserta penerima beasiswa bidik misi mendapatkan beasiswa sebanyak 8 juta dalam satu semester maka tidak bisa diambil langsung.

Maksimal dibawah satu juta untuk sehari, jadi apabila kalian ingin mengambil semua dana tersebut harus 9 hari lamanya, bagi peserta yang melanggar aturan akan dikenakan sangsi pemblokiran rekening penerima beasiswa, mekanisme ini menag dinilai efektif meski begitu tidak semua PTN memiliki mekanisme yang sama, masih ada PTN yang memberikan keleluasaan untuk menarik dana Beasiswa Bidik Misi tanpa limit tertentu.

Melalui informasi ini admin akan memberikan mekanisme pendaftaran yang bisa digunakan untuk sekolah melakukan login sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk lebih jelas berikut informasi terkait login Sekolah Beasiswa Bidik Misi untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Login Sekolah dilakanakan melalui situs resmi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah kemudian pada situs akan tampil dua fitur, "Sudah Terdaftar fitur ini untuk login sekolah yang sudah terdaftar, sementaran untuk sekolah yang belum terdaftar dapat mengklik "Belum Terdaftar" situs ini digunakan untuk sekolah yang belum terdaftar sebelumnya seperti pada gambar berikut.

Login Beasiswa Bidik Misi Sekolah


Belum Terdaftar.

Ini merupakan panduan pendaftaran beasiswa Bidik Misi untuk mendaftarkan sekolah melalui http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/daftar setelah mengases situs resmi Pendaftaran maka selanjutnya memilih Belum Terdaftar nantinya pada halaman tersebut akan tampil cari nama sekolah dan masukan atau NPSN untuk pandudan data NPSN dapat dilihat melalui http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php.

Belum Terdaftar


Ini merupakan salah satu informasi yang hanya diberikan untuk sekolah yang belum terdaftar Beasiswa Bidik Misi melalui informasi ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ada saat ingin mendaftar Beasiswa Bidik Misi khusus untuk mendaftarkan Sekolah situs Referensi Data Kemdikbud dapat menjadi salah satu akses ketentuan untuk cek NPSN bagi sekolah yang belum mengetahui adapun beberapa informasi yang secara rinci seperti berikut ini.

Saat mendaftarkan ada bebarapa data yang harus diisi pada saat ingin mendaftarkan sekolah maka pengisian data meliputi NPSN, Nama Sekolah, Alamat Sekolah, Provinsi, Provinsi Tempat Sekolah, Kota, Email Sekolah, Nomor Telpon Sekolah, Nama Kepala Sekolah, Email Kepala Sekolah, No Telp Kepala Sekolah, Status Sekolah, Akreditasi, Nilai Akreditasi, Jenis Sekolah, Lampiran Lembar F Persetujuan dan Tanda tangan tentang kebenaran data yang telah diisi, Kode Verifikasi. Setelah melakukan pendaftaran akan tertera keteranga sukses mendaftar pada proses ini dapat melanjutkan melakukan login.


Sudah Terdaftar.

Bagi Sekolah yang sudah melakukan pendaftaran dapat melakukan login melalui situs http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/default/login kemudian akan tampil seperti pada gambar berikut ini.

Login Sudah Terdaftar


Silahkan masukan NPSN dan Kode Akses klik Masuk ketika proses login dapat dilakukan maka akan masuk pada halaman dasbor Sekolah, sekolah dapat mengedit data apabila tidak sesuai jika sesuai dapat melamilih informasi yang telah tersedia, edit data akan meliputi perubahan NIPSN Baru dan nama Sekolah baru apabila dibutukan jika tidak silahkan lanjut pada proses berikutnya.


Proses Perekomendasian Siswa.

Pada proses ini sekolah akan masuk pada halaman perekomendasian Siswa biasanya rekomendasi dibutuhkan untuk jalur seleksi Beasiswa Bidik Misi khusus Undangan seperti SNMPTN dan PMDK PN, langkah yang harus dilakukan oleh sekolah adalah mengisi Data UNAS, kemudian mengsisi data prestasi siswa selama sekolah, biasanya berisi mengenai Nama Kegiatan, Tahun, Jenis, Tingkat, Pencapaian.


Rekomendasi Siswa

Setelah melakukan pengisian data tersebut sekolah akan malakukan proses Impor data rekomendasi Siswa siswa harus menuju halaman ini kemudian melakukan proses Impor dan klik, jika sudah selesai maka sekolah dapat mulai proses perbaharuan data, biasanya disesuaikan dengan tahun pada saat merekomendasikan siswa, sselanjutkan akan tampil informasi lengkap siswa yang akan direkomendasikan.

Setelah Pengisian data tersebut yang ada pada situs resmi maka proses selanjutnya adlah merekomendasikan dengan mengklik Rekomendasikan, jika semua sudah berhasil maka siswa yang telah direkomendasikan akan tampil informasi mengenai data pribadi siswa, Nomor Peserta dan Kode Akses yang dapat digunakan oleh siswa untuk login ke menu siswa dan melengkapi proses pendaftaran. Sampai pada proses ini tugas sekolah dalam merekomendasikan sudah selesai tingal siswa yang bersangkutan saja melakukan login yang sudah diberikan oleh sekolah.


Admin mencoba membuat ringkasan pendaftaran yang sudah disusun melalui situs resmi Bidik Misi tentang Panduan Manual pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Sekolah, Pihak sekolah juga dapat membaca informasi yang ada melalui buku panduan yang ada di Sekolah, proses ini hanya secara singkat agar Pihak Sekolah tidak pusing membaca karena terlalu panjang.

Sampai pada proses ini sekoah sudah selesai melakukan rekomendasi, untuk selanjutnya diserahkan seluruhnya kepada siswa, apabila terdapat beberapa informasi yang kurang jelas dapat langsung dicek melalui situs resmi Beasiswa Bidik Misi semoga apa yang telah diberikan dapat bermnafaat, hati-hati terhadapa segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan panitia seleksi Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka sampai pada proses Login Siswa dapat dilakukan tugas dari sekolah adalah memberikan rekomendasi kepada Siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, tetapi memiliki prestasi selama sekolah. Bagi yang mampu Beasiswa Bidik Misi tidak bisa diusulkan, semoga Murid Sekolah Bapak dapat lulus Beasiswa Bidik Misi sesuai dengan yang diharapkan amin.
GET IT ON Google Play