Persyaratan SNMPTN 2018/2019

SNMPTN.ac.id - Persyaratan khusus SNMPTN tahun 2018-2019 melalui Persyaratan Pendaftaran berikut sesuai Penerimaan SNMPTN.ac.id. Untuk bisa mendaftar pasti kita semua bertanya apa saja yang menjadi persyaratan untuk bisa mendaftar jalur SNMPTN sebagai salah satu prioritas yang bisa dilakukan penerimaan pendaftaran jalur ini dilaksankan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia seleksi, maka dari itu admin rasa informasi terkait dengan Persyaratan Pendaftaran penting di informasikan.

SNMPTN merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dimana sistem ini menggunakan sistem ujian tertulis agar bisa melakukan pendaftaran secara online kita perlu mengetahui apa saja yang harus dilengkapi, ada banyak sekali peserta yang bertanya kepada saya apa saja persyaratan untuk bisa mendaftar SNMPTN yang dilakukan secara online.

Sebelum kita masuk dalam pembahasan tersebut disini kami akan memberikan ulasan terkait dengan SNMPTN tahun ini, ada yang berbeda dari tahun ini karena seperti yang kita ketahui SNMPTN akan terpengaruh pada kebijakan pemerintah yang menetapkan Moratorium sebagai salah satu kebijakan atas ujian nasional yang ada di Indonesia.

Persyaratan SNMPTN 2018-2019

Tentu hal ini akan mempengaruhi SNMPTN sebagai salah satu jalur seleksi lanjutan yang bisa kalian ikuti karena dengan berbagai alasan seperti karena hal itu juga akan mempengaruhi persyaratan yang akan ditetapkan oleh panitia seleksi maka dari itu kalian sebagai peserta penting untuk menyimak beberapa hal yang kami maksud.

Pada kesempatan kali ini kita sudah mengetahui poin dari postingan yang akan kami berikan seperti persyaratan pendaftaran SNMPTN secara lengkap mencakup semuanya karena ini menjadi penting apabila salah satu peserta dinyatakan tidak memenuhi persyaratan maka dipastikan tidak akan bisa mengikuti seleksi masuk karena dari awal tidak memenuhi ketentuan.

Terdapat dua persyaratan atau lebih dikenal dengan istilah Ketentuan Umum maupun ketentuan khusus secara keseluruhan penerimaan ini sesuai dengan ketentuan yang ada dalam informasi yang akan anda lihat kami mengutipnya langsung melalui situs resmi www.snmptn.ac.id secara online untuk itu berikut kami langsung saja akan memberikan informasinya.


Persyaratan Umum.
  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Persyaratan Khusus.
  1. Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah: SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN. 
  2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 
  3. Siswa SMA/MA, SMK kelas terakhir pada tahun ini yang: memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
  4. akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
  5. akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
  6. akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
  7. akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
  8. memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  9. memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  10. memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Persyaratan Kelulusan.
  1. Peserta diterima di PTN, jika: 
  2. lulus satuan pendidikan; 
  3. lulus SNMPTN ini; 
  4. dan lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima. 

Persyaratan Lainnya.
  1. Peserta yang dinyatakan dapat mengikuti seleksi adalah siswa/i yang terpilih langsung direkomendasikan oleh sekolah anda.
  2. SNMPTN dibuka hanya untuk calon mahasiswa berprestasi diluar dari ikuti tidak akan bisa melakukan pendaftaran.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan pendaftaran SNMPTN memerlukan persyaratan yang tentunya wajib dipenuhi oleh peserta karena jika terbukti tidak terpenuhi maka dipastikan tidak akan bisa mengikuti seleksi khusus SNMPTN, selain itu sistem ini mengharuskan mereka yang mendaftar memiliki prestasi baik akademik, olahraga seni dan lainnya.

Nah sudah jelas bukan apa yang menajdi periortas persyaratan SNMPTN karena untuk bisa melakukan pendaftaran kita harus memperhatikan beberapa hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara keseluruhan jika dilihat maka tentu kalian akan mengetahui secara pasti itulah yang menjadi ketentuan Persyaratan SNMPTN.

Demkilianlah informasi yang dapat kami berikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua hal berkaitan dengan Persyaratan Pendaftaran SNMPTN, harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi pendaftaran terima kasih salam sukses untuk kita semua selamat mencoba.
GET IT ON Google Play