5 Jalur Pendaftaran Online IPB 2021/2022

IPB.ac.id - 5 Jalur Pendaftaran Online IPB 2021/2022. Institut Pertanian Bogor siapa yang tidak kenal unggul bidang botani yaitu pertanian tidak diragukan lagi mahasiswa dari IPB memang sangat mahir dan memiliki keunggulan dari berbagai bidang kajian ilmu seperti pada umumnya yang menjadi priortias adalah pertanian dan kedokteran setiap tahun tercatat ada ribuan mahasiswa yang ingin masuk dan kuliah dikampus ini dengan berbagai alasan.

Hal itu berbanding terbalik dengan jumlah kuota yang disiapkan sangat kecil jika dibandingkan dengan peminat, siapa sih yang ngak mau kuliah di IPB, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai pendaftaran secara online khusus Institut Pertanian Bogor, seperti apa dan bagaimana mekanisme pendaftaran dikampus ini.

Disini kami hadir untuk memberikan beberapa informasi yang akan disampaikan melalui online sesuai dengan apa yang telah admin dapat ada banyak sekali jalur masuk yang disiapkan untuk mahassiwa baru mulai dari jalur masuk Nasional, Bersama dan beberapa informasi jalur masuk lainnya dapat diikuti hanya saja ada beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dilakukan untuk bisa mendaftar melalui online kampus ini.



Sebagai salah satu calon mahasiswa yang akan mendaftar dikampus IPB peserta harus mengikuti segala ketentuan pendaftaran yang berkaitan secara rinci maka dari itu kalian harus simak informasi lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara keseluruhan bagi yang ingin mendaftar IPB berikut jalur masuk yang bisa anda ikuti terdapat bermacam informasi pendaftaran seperti dibawah ini.

 
1. Jalur SNMPTN IPB.

Bagi kalian yang berminat mengikuti pendaftaran jalur undangan kalian bisa mengikutinya nah untuk IPB sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki semua ketentuan pendaftaran jika dilihat dari bentuk dan jenis pendaftaran yang tersedia jalur undangan merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau lebih dikenal dengan istilah SNMPTN jika kalian ingin mengikuti pendaftaran jalur undangan ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Seperti mendapatkan rekomendasi sekolah ditandai dengan mendapatkan login berupa NISN yang telah terdaftar dan password untuk digunakan melakukan pendaftaran melalui situs www.snmptn.ac.id kemudian mengisis formulir pendaftaran yang ada pada situs tersebut sampai dengan selesai ditandai dengan kartu peserta yang akan dicetak sesuai dengan tanggal yang akan ditentapkan. Untuk mekanisme pendaftaran dapat diakses melalui Cara Pendaftaran SNMPTN.
  • Buat akun SNMPTN melalui Portal.Ltmpt.ac.id
  • Isi form online 
  • Validasi dan Finalisasi.
  • Selesai.
  • Login kembali untuk mendaftar SNMPTN
  • Isi form, Biodata, Data Keluarga, Data Keuangan, Data Pendidkan dan Data Prestasi.
  • Upload file foto, persyararatan, bukti prestasi, dan bagi yang memilih jurusan Seni dan olahraga wajib upload Portopolio.
  • Kirim form, review, dan finalisasi.
  • Cetak kartu Peserta SNMPTN.
  • Hasil diumumkan melalui Pengumuman.SNMPTN.ac.id


2. Jalur SBMPTN IPB

Nah jika kalian merasa bahwa belum berkesempatan lulus atau mengikuti seleksi sebelumnya jangan kwatir disini kami akan memberikan informasi terkait dengan pendaftaran pada situs ini hal ini dianggap penting apabila kalian semua ingin mendaftar jalur umum karena IPB membuka jalur masuk UMUM, seperti yang kita ketahui Jalur tertulis IPB adalah Seleksi Bersama Masuk perguruan tinggi atau lebih dikenal dengan istilah SBMPTN.

Proses pendaftaran jalur masuk ini sedikit berbeda dengan seleksi masuk sebelumnya karena melalui informasi ini kalian bisa mengikuti pendaftaran secara online sesuai dengan ketentuan yang berlaku tanpa harus mendapatkan rekomendasi sekolah. Bagi yang berminat silahkan ikuti pendaftaran karena cukup mengakses situs www.sbmptn.ac.id dapat langsung mendaftar dengan ketentuan melakukan login 1 untuk mendaftar kemudian melakukan pembayaran dan melanjutkan pendaftaran setelah melakukan pembayaran melalui login 2 ikuti prosedur pendaftaran sampai dengan selesai. Untuk Tata Cara Pendaftaran dapat diakses melalui Cara Pendaftaran SBMPTN.
  • Registasi akun UTBK di Portal.Ltmpt.ac.id
  • Isi, validasi dan finalisasi akun.
  • Login untuk mulai mendaftar UTBK.
  • Isi form biodata, data pendidikan, data penghasilan dan data lainnya.
  • Setelah selesai jangan lupa untuk kirim, proses awal pendaftaran akan selesai jika sudah muncul kode bayar.
  • Lakukan pembayaran melalui Bank BUMN terdekat
  • Login ke Portal.Ltmpt.ac.id atau SBMPTN.ac.id
  • Pilih PTN dan Prodi IPB
  • Lengkapi data termasuk sesi tes yang akan diikuti
  • Kirim form online, review resume, finalisasi.
  • Cetak Kartu Ujian UTBK
  • Ikuti tes
  • Cek Pengumuman melalui Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  • Sertifikat Nilai UTBK dapat di download satu hari setelah pengumuman SBMPTN melalui link pengumuman yang sama.



BUD adalah suatu cara penerimaan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta, yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah. adapun persyaratan pendaftaran yang bisa ikuti sebagai berikut.

Persyaratan BUD IPB.
  1. Lulusan SMA, MA atau SMK berbasis IPA yang berpotensi, direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta dengan kriteria sbb:
  2. Berumur tidak lebih dari 25 tahun
  3. Memiliki nilai rapor SMA yang baik (minimal 7.00 (rentang 0.00 - 10.00) untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi selama 5 semester pertama)
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Bebas narkoba
  6. Bersedia tinggal di Asrama TPB-IPB pada tahun pertama
Prosedur Pendaftaran
  1. Informasi dari IPB kepada pemerintah pusat, pemda, perusahaan atau lembaga swasta.
  2. Komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemda, perusahaan atau lembaga swasta (penyandang dana).
  3. Penjaringan dan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.
  4. Pengiriman berkas calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana ke IPB (paling lambat Mei).
  5. Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa BUD oleh IPB (Mei-Juli).
  6. Penyelesaian Naskah Kesepahaman (MoU) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara IPB dan penyandang dana (Agustus).
  7. Penyelesaian administrasi keuangan oleh penyandang dana (Agustus).
  8. Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD (Agustus).
  9. Mulai kuliah di IPB (Agustus/September).
Cara Mendaftar.
  1. Dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah/Instansi Sponsor.
  2. Membayar uang pendaftaran.
  3. Melengkapi berkas formulir pendaftaran
  4. Berkas diterima paling lambat bulan Mei

Untuk lebih lengka kalian bisa mengakses situs http://admisi.ipb.ac.id/ sebagai situs resmi yang digunakan untuk mendaftar beasiswa utusan daerah ini jangan sia-siakan kesempatan yang baik ini karena kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya.
 
 

4. Jalur Mandiri S1 IPB 

Secara umum, pendaftaran ketiga Jalur Mandiri tersebut dilakukan secara daring (online) melalui laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id. Tata cara pendaftaran ketiga jalur tersebut adalah sebagai berikut.
  • Peserta wajib membaca persyaratan pendaftaran terlebih dahulu di laman resmi admisi IPB
  • Wajib membuat akun IPB terlebih dahulu di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id 
  • Pastikan bahwa peserta memasukkan email aktif yang masih digunakan
  • Cek email sesegera mungkin agar bisa dengan cepat mengetahui akun peserta serta nominal biaya pendaftaran yang harus dibayar
  • Lakukan transaksi pembayaran pendaftaran di bank-bank seperti BNI, BRI, BTN, Mandiri, BNI Syariah atau Mandiri Syariah. Bila masih bingung, lihat tata cara pembayarannya di laman http://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/ 
  • Lanjutkan proses pendaftaran dengan mengakses akun secara daring
  •  Isi biodata peserta dan orang tua/wali secara lengkap, informasi sekolah, informasi akademik, pilihan prodi yang diminati, informasi prestasi ekstrakurikuler bagi pelamar jalur PIN atau informasi Bagi pelamar jalur Ketua OSIS di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.
  • Jangan lupa masukkan Nomor Pendaftaran yang sudah dimiliki
  • Unggah pas foto terbaru dan berwarna peserta.
  • Unggah sertifikat prestasi seperti sertifikat pemenang Olimpiade nasional ataupun internasional, lomba atau juga kejuaraan seperti Lomba Karya Ilmiah atau juga prestasi jalur Pramuka dan Hafizh bagi peserta yang memilih jalur PIN. Bagi peserta yang mengikuti Jalur Mandiri Ketua OSIS, maka pastikan bahwa Anda pernah menjadi Ketua OSIS sekurang-kurangnya satu periode di sekolah serta berkomitmen dan bersedia bila nanti Anda akan mendapatkan pelatihan leadership (kepemimpinan), kewirausahaan dan beragam pelatihan lainnya.
  • Khusus untuk Jalur Mandiri, maka wajib menyertakan Surat Pengantar dari sekolah.
  • Bagi peserta yang khusus jalur Pramuka maka wajib menyertakan surat pengantar dari Kwarda Jawa Barat. Sementara bagi yang berprestasi melalui jalur Hafizh, wajib melampirkan sertifikatnya.
  • Pastikan untuk mengisi semua data dengan lengkap tanpa terlewat satu pun sesuai dengan apa yang ditentukan tiap-tiap jalur.
  •  Bila sudah selesai, Anda akan mendapatkan link unduhan kartu peserta.
  • Silahkan mengunduh kartu peserta Anda dan pendaftaran Anda pun berstatus selesai. Perlu diingat bahwa seluruh data yang sudah Anda masukkan selama proses pendaftaran tidak dapat diubah-ubah lagi.
Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, pastikan untuk mengingat tanggal-tanggal penting terkait proses registrasi Anda, misalnya tanggal seleksi berkas, pengumuman, kapan melakukan pendaftaran online, waktu unduh tagihan Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta periode waktu pembayaran UKT. Cek pengumuman hasil Seleksi Mandiri masing-masing jalur bisa langsung Anda lihat pada laman registrasi akun IPB Anda yaitu https://registrasi.admisi.ipb.ac.id.



5. Jalur PMB Diploma IPB.

Bagi kalian yang ingin melakukan pendaftaran dan memilih jenjang Diploma dengan berbagai alasan seperti efisiensi waktu karena jenjang diploma lebih cepat dibandingkan S1 untuk itu kami disini memberikan beberapa ulasan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru jalur Diploma IPB untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs http://pmb.diploma.ipb.ac.id, mulai tanggal yang sudah ditetapkan.
  2. Calon Peserta mengisi Formulir pendaftaran secara online di alamat http://pmb.diploma.ipb.ac.id pada menu [Daftar]
  3. Buka email yang digunakan untuk mendaftar. Akan ditampilkan informasi data yang diisikan berserta nomor pendaftaran (10 digit angka)
  4. Calon Peserta akan mendapatkan 10 digit nomor pendaftaran dan 16 digit nomor pembayaran sebagai nomor tagihan ke Bank
  5. Pembayaran dapat dilakukan pada waktu yang telah ditentukan melalui Cabang Bank BNI (pada hari dan jam kerja), ATM BNI, BNI Internet, maupun ATM Bersama (jika menggunakan antar bank)
  6. Tata Cara pembayaran dapat diunduh disini
  7. Calon Peserta mengkases kembali http://pmb.diploma.ipb.ac.id, lalu klik menu [Login]. Lengkapi data pada form yang disediakan dan cetak kartu ujian
  8. Calon peserta akan dikatakan resmi menjadi peserta jika sudah melengkapi data dan memiliki Kartu Peserta Ujian

Semua jalur masuk yang sudah dijelaskan diatas tentu masing-masing memiliki ketentuan yang bisa diikuti karena setiap Jalur Pendaftaran akan memiliki persyaratan yang berbeda untuk sekedar saran sebelum mendaftar ada baiknya terlebuh dahulu memastikan apakah jalur masuk tersebut dapat diikuti atau tidak, karena seperti kita ketahui tidak semua terbuka untuk umum ada yang khusus berprestasi dan ada juga yang umum.

Secara keseluruhan Cara Pendaftaran IPB dapat dirangkum seperti pada mekanisme diatas lebih sederhanannya berikut mekanisme cara pendaftaran IPB secara keseluruhan dapat dirangkum seperti yang telah disampaikan diatas untuk memudahkan kalian dalam proses pendaftaran secara online, sampai pada proses ini pendaftaran semua jalur sudah kami berikan semoga dapat bermanfaat.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan apabila terdapat perbedaan informasi maka yang digunakan adalah informasi mengacu pada situs resmi IPB hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi pendaftaran IPB, selain dari pada info pada situs resmi tidak dibenarkan info tersebut kecuali mengutip dari situs yang sama terima kasih.