Pendaftaran Online SNMPTN 2017-2018

SNMPTN.ac.id - Info Pendaftaran untuk SNMPTN tahun 2017-2018 melalui Pendaftaran informasi SNMTPN.ac.id 2017-2018 simak Pendaftaran SNMPTN memang selalu menjadi perhatian sebagian besar siswa/i yang ingin mengikuti seleksi khusus untuk masuk perguruan tinggi negeri bahkan menurut dapat disebutkan jumlah pendaftar jalur SNMPTN setiap tahun mengalami peningkatan yang luar biasa meski tidak selalu ada naik turun peminat.

Jalur SNMPTN sampai saat ini menjadi yang terbanyak dari jalur masuk khusus perguruan tinggi diseluruh Indonesia meski basis dari penerimaan yang dilakukan melalui ujian undangan tetap saja antusias peserta terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Setiap tahun penerimaan jalur seleksi ini dibuka secara khusus bagi mereka yang mendapatkan undangan saja.

Meski jalur SNMPTN merupakan seleksi yang sudah lama ada tetapi tidak sedikit yang belum mengetahui secara rinci mengenai jalur masuk ini, oleh sebab itu selain dari pada situs resmi www.snmptn.ac.id kami disini juga memberikan informasi kepada Sekolah maupun Siswa agar dapat melakukan pendaftaran SNMPTN tanpa bingung lagi.

Pendaftaran SNMPTN 2017-2018
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi yang bisa diikuti dengan mekanisme pendaftaran biasanya dari mulai akhir tahun tepatnya bulan awal tahun sekolah harus mulai mempersiapkan calon siswa yang ingin diusulkan atau dianggap layak mengikuti seleksi SNMPTN sesuai dengan ketentuan yang ada.

Untuk itu kami disini akan memberikan mekanisme pendaftaran sesuai dengan ketentuan situs resmi mekanisme pendaftaran ini melibatkan Sekolah maupun peserta yang berwenang mengikuti pendaftaran SNMPTN, perlu diingat bahwa siapa saja yang ingin mendaftar melalui seleksi ini diharuskan mengikuti ketentuan sebaai berikut.



Melalui Login Sekolah biasanya Guru atau operator pada sekolah yang ingin mendaftarkan siswanya jalur SNMPTN harus mengusulkan terlebih dahulu siapa saja peserta disekolah tersebut yang layak dalam arti memiliki prestasi selama sekolah, seberapa banyak siswa yang bisa melakukan pendaftaran tergantung pada akreditasi sekolah tersebut seperti untuk Akreditasi A bisa mendaftarkan siswanya sekitar 75 % kemudian untuk Akreditasi Sekolah B bisa sekitar 50 % kemudian untuk Akreditasi C 30 % dan untuk sekolah yang belum terakreditasi juga bisa mendaftarkan peserta sebesar 5 %. Pendaftaran Login Sekolah dapat dilakukan melalui situs https://web.snmptn.ac.id/school/login.


Beruntunglah kalian yang sekolahnya memiliki akreditasi A karena peluang untuk bisa mendaftaran SNMPTN sangat besar, untuk bisa melakukan pendaftaran tahap awal dilakukan oleh sekolah kita hanya membahas mengenai sekolah yang sudah terdaftar kemudian melakukan login sekolah sesuai dengan petunjuk yang ada pada buku panduan SNMPTN Sekolah. Kemudian mengisi data PDSS Siswa berisi nilai rapot siswa yang ingin didaftarkan SNMPTN melalui https://pdss.snmptn.ac.id/sekolah

Kemudian hal-hal berkaitan dengan prestasi maupun Bidik Misi misalkan melengkapi semua pendaftaran yang ada dan ini dilakukan oleh sekolah admin kira sekolah sudah memahami hal tersebut tanpa harus dijelaskan lebih lanjut. Setelah sekolah mengisi PDSS kemudian siswa yang sudah lengkap akan mendapatkan login biasanya sekolah akan membagikan login tersebut agar siswa yang bersangkutan bisa melakukan pendaftaran SNMPTN langsung.



Beruntunglah kalian yang memiliki prestasi baik itu akademik, Seni, maupun Prestasi Olahraga karena dengan modal tersebut kalian akan dipilih oleh sekolah agar bisa mengikuti pendaftaran SNMPTN, siswa yang bisa melakukan pendaftaran SNMPTN adalah siswa yang telah mendapatkan Login dari sekolah setelah proses pendaftaran SNMPTN PDSS Siswa melalui https://pdss.snmptn.ac.id/siswa selanjutnya username dan password dari sekolah tersebut dapat langsung digunakan mendaftar.

Login siswa dapat dilakukan melalui situs resmi https://web.snmptn.ac.id/siswa/login dengan mengisi NISN dan Password terdaftar, kemudian peserta dapat langsung mengikuti petunjuk pendaftaran yang bisa dilakukan bagi yang belum begitu paham bisa menanyakan kepada sekolah atau jika sekolah sibuk bisa membaca mekanisme pengisian Formulir Pendaftaran dan lain-lain pada saat setelah melakukan login melalui situs ini berikut kami berikan rinciannya sebagai berikut.


Kita membahas proses pendaftaran SNMPTN untuk Siswa setelah siswa melakukan Login masuk, pada bagian atas situs resmi tersebut terdaftar "formulir pendaftaran" silahkan klik nantinya akan diarahkan pada formulir tersebut tentunya harus diisi dengan benar sesuai identitas pendaftaran yang anda miliki. Terdapat 4 bagian yang bisa anda isi mulai dari bagian 1 adalah pilihan PTN satu dan untuk berikutnya Pilihan PTN dua, Unggah Foto dan Formulir.


Memilih PTN dan Program Studi.

Pemilihan PTN dan Program studi biasanya ditentukan oleh sekolah sesusai dengan jurusan biasanya pula penentuan PTN dan Program studi berdasarkan jurusan Sekolah jika IPA boleh memilih Saintek dan untuk IPS bisa memilih Soshum, memang juga ada beberapa sekolah mereka yang IPA bisa memilih Soshum tetapi tidak banyak. Biasanya seperti yang telah admin sebuatkan sesuai dengan jurusan pada saat sekolah, dari jurusan tersebut siswa/i dapat memilih program studi maksimal 3 perguruan tinggi dan 3 program studi boleh sama Universitas boleh juga berbeda. Berikut sebagai tambahan daftar PTN yang bisa kalian pilih beserta situs resmi untuk melihat program studi yang tersedia.

Daftar PTN SNMPTN
  1. Pendaftaran http://pmb.unimal.ac.id/
  2. Pendaftaran http://pmb.unsam.ac.id/
  3. Pendaftaran http://www.pmb.unsyiah.ac.id/
  4. Pendaftaran http://www.utu.ac.id/    
  5. Pendaftaran http://spmb.unimed.ac.id/    
  6. Pendaftaran http://www.usu.ac.id/    
  7. Pendaftaran http://pmb.unand.ac.id/
  8. Pendaftaran http://spmb.unp.ac.id/    
  9. Pendaftaran http://www.uin-suska.ac.id
  10. Pendaftaran http://admisi.unri.ac.id/
  11. Pendaftaran http://pmb.umrah.ac.id/
  12. Pendaftaran http://pmb.unja.ac.id/    
  13. Pendaftaran http://admisi.unib.ac.id/
  14. Pendaftaran http://radenfatah.ac.id/    
  15. Pendaftaran http://www.reg.unsri.ac.id/
  16. Pendaftaran http://www.ubb.ac.id/    
  17. Pendaftaran http://usm.itera.ac.id    
  18. Pendaftaran http://simanila.unila.ac.id/
  19. Pendaftaran https://penerimaan.ui.ac.id/
  20. Pendaftaran http://spmb.uinjkt.ac.id/
  21. Pendaftaran http://penmaba.unj.ac.id/    
  22. Pendaftaran https://penmaru.upnvj.ac.id/    
  23. Pendaftaran http://admisi.ipb.ac.id/    
  24. Pendaftaran http://usm.itb.ac.id/    
  25. Pendaftaran http://www.uinsgd.ac.id    
  26. Pendaftaran http://smup.unpad.ac.id/
  27. Pendaftaran http://pmb.upi.edu    
  28. Pendaftaran http://unsil.ac.id/
  29. Pendaftaran http://snmptn.unsika.ac.id
  30. Pendaftaran http://www.undip.ac.id/v2/fakultas/    
  31. Pendaftaran http://pmb.walisongo.ac.id/    
  32. Pendaftaran http://www.unsoed.ac.id/    
  33. Pendaftaran http://penerimaan.unnes.ac.id/    
  34. Pendaftaran http://spmb.uns.ac.id/    
  35. Pendaftaran http://untidar.ac.id/    
  36. Pendaftaran http://um.ugm.ac.id/    
  37. Pendaftaran http://admisi.uin-suka.ac.id/    
  38. Pendaftaran http://pmb.uny.ac.id/    
  39. Pendaftaran http://pmb.upnyk.ac.id/    
  40. Pendaftaran http://smits.its.ac.id/    
  41. Pendaftaran http://ppmb.unair.ac.id/    
  42. Pendaftaran http://selma.ub.ac.id/    
  43. Pendaftaran http://pmb.uin-malang.ac.id/    
  44. Pendaftaran http://www.uinsby.ac.id/    
  45. Pendaftaran http://www.unej.ac.id/    
  46. Pendaftaran http://seleksi.um.ac.id/    
  47. Pendaftaran http://www.unesa.ac.id/    
  48. Pendaftaran http://pmb.trunojoyo.ac.id/    
  49. Pendaftaran http://simaba.upnjatim.ac.id/    
  50. Pendaftaran http://www.maba.untirta.ac.id/    
  51. Pendaftaran http://undiksha.ac.id/id    
  52. Pendaftaran https://infoseleksi.unud.ac.id/        
  53. Pendaftaran http://pmb.unram.ac.id/    
  54. Pendaftaran http://www.undana.ac.id/    
  55. Pendaftaran http://www.unimor.ac.id/    
  56. Pendaftaran http://scmb.untan.ac.id/    
  57. Pendaftaran http://www.upr.ac.id/    
  58. Pendaftaran http://unlam.ac.id/
  59. Pendaftaran http://www.itk.ac.id/    
  60. Pendaftaran http://www.unmul.ac.id/    
  61. Pendaftaran http://pmb.borneo.ac.id/    
  62. Pendaftaran http://www.unima.ac.id/    
  63. Pendaftaran http://www.unsrat.ac.id/    
  64. Pendaftaran http://www.untad.ac.id/    
  65. Pendaftaran http://www.unhas.ac.id/pmb    
  66. Pendaftaran http://siadin.uin-alauddin.ac.id/    
  67. Pendaftaran http://www.unm.ac.id/    
  68. Pendaftaran http://www.uho.ac.id/    
  69. Pendaftaran http://pmb.usn.ac.id/    
  70. Pendaftaran http://www.ung.ac.id/    
  71. Pendaftaran https://unsulbar.ac.id    
  72. Pendaftaran http://www.unpatti.ac.id/    
  73. Pendaftaran http://www.unkhair.ac.id/    
  74. Pendaftaran http://www.unicen.ac.id/    
  75. Pendaftaran http://www.unmus.ac.id/    
  76. Pendaftaran http://unipa.ac.id/   

Disarankan peserta yang ingin mendaftar pilihan satu haruslah prioritas atau target yang diinginkan barulah pilihan berikutnya cadangan, tentu kalian juga harus pandai memilih Program Studi ataupun PTN yang memiliki Passing Graide yang tercapai dengan prestasi yang anda miliki, karena hal itu menjadi sensitif jika tidak sesuai banyak kegagalan pendaftaran terjadi karena hal semacam itu Jika sudah selesai memilih PTN dan Progra Studi klik "Selanjutnya".


Mengungah Foto 

Nah ini memang sepele tetapi penting karena kasus yang sudah banyak terjadi peserta yang tidak bisa edit ukuran foto banyak mengganti foto dengan foto lain seperti foto kucing, naruto dan lain-lain dari hasil searcing google karen frustasi tidak bisa edit ukuran foto. Tenang bagi yang merasa demikian kami akan memberikan solusi mudah kalian bisa menggunakan secara online pula melalui http://resizepic.com/ kemudian upload foto yang ingin dirubah dengan ketentuan foto resmi berpakaian rapi seperti layaknya foto resmi kemudian upload pada situs tersebut pilih ukuran Width atau lebar  400 kemudian untuk Height atau tinggi 600 file format .jpg fotonya yang belum memiliki format JPG dapat diubah melalui online http://convertpic.com/

Kemudian setelah itu silahkan klik "Resize Image" download hasil foto anda kemudian upload pada bagian Unggah Foto yang terdapat pada situs resmi SNMPTN yang sudah anda rubah kemudian upload jika foto anda sudah ada silahkan klik "Selanjutnya".


Mengisi Formulir Pendaftaran.

Kalian akan dihadapkan pada Data siswa berupa NIK, Tempat lahir, jenis kelamin, NISN, Agama, Alamat lengkap, no telepon, no HP, email, biaya pendidikan, data orang tua/wali setelah mengisi semua formulir semua data yang berbintang harus diisi dengan benar sesuai dengan identitas kompirmasi data siswa data yang diberikan ceklist jika semua peserta sudah benar maka harus klik "Selesai dan Simpan".


Mengisi Prestasi

Pada bagian ini kalian bisa mengisi prestasi sebesar 3 sertifikat/piagam atau bukti prestasi lain disarankan upload data prestasi yang paling tinggi atau bisa dibilang 3 prestasi terbaik yang telah didapat selama ini, isi Bidang Prestasi, Tingkat Prestasi, Bukti Prestasi dan tambahkan berkas apabila dibutukan.


Mengisi Portopolio.

Pada pengisian ini pengecualian karena Portopolio merupakan salah satu bukti yang diupload apabila peserta memiliki keterampilan/skill berupa Olahraga ataupun Seni pada saat memilih program studi, beberapa PPT portopolio tidak boleh lebih dari 10 mb sedangkan untuk ketentuan video yang akan diupload tidak boleh lebih dari 15 mb disarankan upload data dimasa pendaftaran awal untuk mencegah gagal upload. Peserta bisa melakukan edit/ubah portopolio atau video yang sudah diupload. Isilah sesuai dengan keahlian anda seperti olahraga ataupun seni.


Verifikasi Peserta Bidik Misi.

Pada bagian ini kalian tidak harus mengisi bagi yang bukan peserta bidik misi tidak perlu diisi lewaktan saja, karena verifikasi bidik misi diperuntukan untuk peserta yang sudah melakukan pendaftaran Bidik Misi dengan verifikasi PIN dan KAP peserta beasiswa Bidik Misi untuk itu klik "Verifikasi". Bagi yang bukan peserta bidik misi lewatkan saja. Peserta bidik misi tidak bisa memilih UIN dan IAIN untuk pilihan PTN ataupun Program studi.


Finalisasi Pendaftaran

Setelah semua proses dari awal sudah terisi dengan benar atau sebelum finalisasi pendaftaran kalian harus cek terlebih dahulu karena setelah di finalisasi berkas atau data yang diisi tidak akan bisa dirubah kembali, bagi yang ingin finalisasi disarakan untuk cek terlebih dahulu. Setelah yakin silahkan ceklist kompirmasi siswa semua klik "Finalisasi Pendaftaran" hanya saja peserta tidak bisa langsung cetak kartu peserta. Anda bisa log out sambil menunggu jadwal cetak kartu peserta. Data tidak akan bisa diedit setelah proses ini dilakukan.


Cetak Kartu Peserta 

Tahap terakhir adalah proses cetak kartu peserta, SNMPTN menetapkan jadwal yang sama untuk jadwal cetak kartu peserta jadi kalian harus mencetak kartu SNMPTN pada waktu yang telah ditentukan silahkan lakukan login melalui situs resmi https://web.snmptn.ac.id/siswa/login kemudian untuk bisa cetak kartu peserta harus mengisi nomor peserta ujian sekolah ataupun tahun ujian sekolah karena untuk sementara Ujian Nasional ditunda. Setelah itu undah kartu peserta atau simpan nantinya akan muncul kartu peserta yang tercetak.

Jangan lupa untuk print out dan disimpan sambil menunggu proses verifikasi pendaftaran untuk proses pengumuman snmptn dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan,  jika kalian lupa password bisa melakukan pemulihan melalui situs resmi SNMPTN untuk mengkliks lupa Password.

Proses selanjutnya adalah menunggu hasil seleksi Apabila pengumuman sudah dilakukan maka peserta bisa mengecek melalui situs resmi pengumuman seperti pada beberapa situs Pengumuman SNMPTN dilaksanakan melalui situs resmi http://pengumuman.snmptn.ac.id dan 11 laman mirror berikut:
  • http://snmptn.unand.ac.id
  • http://snmptn.unsri.ac.id
  • http://snmptn.ui.ac.id
  • http://snmptn.ipb.ac.id
  • http://snmptn.itb.ac.id
  • http://snmptn.undip.ac.id
  • http://snmptn.ugm.ac.id
  • http://snmptn.its.ac.id
  • http://snmptn.unair.ac.id
  • http://snmptn.untan.ac.id
  • http://snmptn.unhas.ac.id

Untuk bisa mengakses pengumuman silahkan masukan nomor peserta SNMPTN dan tanggal lahir sesuai dengan ketentuan, setelah itu klik Hasil untuk keterangan lulus akan bertuliskan warna hijau dengan berisi kelulusan, apabila belum lulus maka akan berwarna merah dengan ketentuan gagal, bagi yang belum lulus jangan bersedih bisa ikuti seleksi khusus untuk SBMPTN ataupun ujian mendiri di masing-masing perguruan tinggi negeri.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan proses pendaftaran SNMPTN dapat diikuti sesuai dengan yang telah diinformasikan seperti diatas untuk itu kalian yang ingin mendaftar dapat mengikuti ketentuan tersebut karena kami mengutip hal tersebut dari situs www.snmptn.ac.id secara lengkap seperti pada Pandauan Manual SNMPTN.