Kuota Pendaftaran Online SNMPTN 2017-2018

SNMPTN.ac.id - Info Kuota khusus Pendaftaran Jalur SNMPTN tahun 2017-2018 melalui Kuota SNMPTN 2017-2018 dapat dilihat Kota Pendaftaran SNMPTN. Berbicara pendaftaran sudah pasti kita akan membahas pula kuota yang akan diberikan oleh panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk bisa melaksanakan semua kegiatan yang berkaitan dengan Kuota kita harus membaca dan mencari karena strategi dalam memilih Kuota penerimaan besar akan akan memberikan peluang lebih besar dalam lulus SNMPTN. Seperti kita ketahui bahwa sistem ketetapan Kuota suda diatur oleh Panitia kendati demikian perlu diperhatikan beberapa hal.

Seperti jika kita membahas kuota sudah pasti kita  akan mengarah pada jumlah daya tampung yang disediakan oleh masing-masing PTN yang tergabung secara keseluruhan. Hanya saja yang ditentukan dalam setiap penerimaan SNMPTN hanya pada pesentasi dari jumlah total yang akan diterima melalui jalur SNMPTN Sebagai ujian undangan.

SNMPTN merupakan menjadi yang paling diprioritaskan jalur masuk ini memberikan kuota Pendaftaran yang lebih besar jika dibandingkan dengan jalur lainnya terdapat beberapa angka seperti dikutip dari situs resmi SNMPTN bahwa ketentuan Kuota Pendaftaran SNMPTN ditentukan berdasarkan persentase, sekitar 40% disiapkan untuk jalur seleksi SNMPTN.

Kuota Pendaftaran SNMPTN 2017-2018


Dihitung dari jumlah Peserta yang akan diterima oleh jalur setiap jalur seleksi kemudian untuk SBMPTN sekitar 30% dan sisanya dari jalur Mandiri sebesar 30% sudah menjadi ketentuan yang ditetapkan oleh panitia sebagai analogi jika salah satu perguruan tinggi negeri tahun ini memiliki kuota kursi yang akan diterima sebesar 5000 orang maka dari jalur masuk SNMPTN yaitu 40% dari total kuota akan diambil dari jalur SNMPTN.

Bisa kalian hitung maka dari itu terpenting adalah daya tampung dari PTN yang kalian tuju supaya lebih pasti berapa peserta yang akan diterima, sebagai salah satu strategi yang bisa dipilih adalah memilih PTN atau program studi yang lebih banyak menyediakan kuota tetapi memiliki sedikit jumlah pendaftar agar kesempatan lulus lebih besar jika dibandingkan dengan yang kuota sedikit tetapi peserta banyak sekali mendaftar.

Lalu muncul sebuah pertanyaan dari mana didapat 40% total kuota tersebut, apakah setiap sekolah memiliki jatah lebih yang sama atau tidak, untuk menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh SNMPTN daya serap SNMPTN yang dilakukan melalui jalur undangan juga dipengaruhi oleh Akreditasi Sekolah.

Sebagai contoh menurut situs resmi SNMPTN dikatakan sekolah yang memiliki akreditasi A akan diberikan kesempatan menyelurkan peserta 75% dari jumlah keseluruhan disatu sekolah jadi kalian yang memiliki akreditasi sekolah A cukup beruntung karena pesentasi siswa dianggap berprestasi lebih banyak kemungkinan sekitar 75% lulusan tahun ini dapat didaftarkan melalui jalur SNMPTN.

Kemudian untuk mereka yang bersekolah dan memiliki akreditasi B berkesempatan mendaftarkan sekitar 50% dari total siswa yang ada, cukup besar pula meski tidak sebesar yang akreditasi A, patut disyukuri masih bisa mengikuti pendaftaran dengan jumlah kuota yang cukup besar, maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan yang baik ini apabila anda terdaftar sebagai peserta SNMPTN.

Untuk sekolah yang memiliki akreditasi C masih akan mendapatkan kuota pendaftar sekitar 20% dari jumlah siswa yang ada disekolah tersebut meski hanya sebagian kecil tentu hal ini perlu dimanfaatkan tidak menutup kemungkinan kecil menurut jumlah bisa jadi menjadi yang terbaik dari jumlah tersebut yang mampu menenmbus tingkat Nasional.

Terakhir bagi sekolah yang baru mungkin atau masih menunggu proses akreditasi tetap bisa menyalurkan siswa terbaiknya sekitar 10% dari total siswa yang ada, ataupun sekolah yang belum terkareditasi berkesempatan mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN, jadi kalian harus pintar dalam membaca peluang agar bisa lulus jalur SNMPTN karena bersaing dengan sekolah ternama yang memiliki brend baik.

Semua total tersebut bukan jumlah peserta yang akan diterima tetapi dari segi pendaftaran untuk memenuhi 40% dari setiap jumlah mahasiswa baru yang disiapkan oleh PTN tujuan kita sebelumnya sudah menjelaskan mengenai analoginya, saat ini jika dirata-rata dari jumlah keseluruhan kampus PTN yang tergabung dalam SNMPTN setiap siswa akan bersaing 1 banding 5 dengan ketentuan kuota yang bervariasi jika diperkirakan.

Jadi bisa dibilang persaingan siswa pendaftar dari jumlah peserta yang ada seperti dari total peserta yang mendaftar jika tidak sampai 1 juta peserta SNMPTN akan berlaku sama rata-rata 1 orang pendaftar akan bersaing dengan 5 orang untuk mengisi 1 kuota, bisa dibayangkan jika jumlah salah satu PTN hanya menerima 5000 mahasiswa baru dibagi dari jumlah pendaftaran pesentasi setiap kampus dalam persaingan akan diketahui.

Cukup terbuka, meski begitu setiap tahun angka pendaftar selalu bertambah maupun berkurang hal ini mengakibatkan kuota dan jumlah persaingan akan berbeda pula semakin banyak pendaftar akan semakin selektif dalam hal persaingain masuk perguruan tinggi, SNMPTN sekali lagi menjadi yang terbanyak dalam urusan penerimaan jika dibandingkan dengan jalur masuk lainnya.

Semoga apa yang telah kami berikan dapat memberikan manfaat terima kasih, jika terdapat beberapa kekurangan mohon dimaafkan, informasi daya tampung setiap progam studi dari masing-masing PTN dapat kalian lihat melalui situs resmi www.snmptn.ac.id secara online sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Demikian semoga bisa bermanfaat selamat mencoba.
GET IT ON Google Play