Cara Pendaftaran Online Hingga Pengumuman SNMPTN Sekolah & Siswa 2018/2019

SNMPTN.ac.id - Cara Pendaftaran Online SNMPTN.ac.id Sekolah dan Siswa, info Pendaftaran khusu Prosedur Pendaftaran sampai dengan Pengumuman SNMPTN sesuai Pendaftaran simak Pendaftaran SNMPTN. Hai teman-teman kembali lagi dengan admin pada kesempatan kali ini kita aakn membahas mengenai proses pendaftaran khusus SNMPTN, sebagai salah satu jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang menggukana sistem undangan, hal ini menjadi penting untuk dibahas karena jalur masuk ini hanya diprioritaskan untuk siswa/i berprestasi.

Setiap jalur masuk memiliki keunggulan dan kekurangan hal itu sudah pasti menjadi salah satu ciri khas dari seleksi masuk, karena biasanya seleksi masuk dipriortitaskan hanya kepada kelompok tertentu oleh karena itu PTN memiliki banyak sekali jalur masuk agar saringan masuk semakin beragam sehingga dapat menyaring mahasiswa terbaik dengan kemampuan khusus.

Sistem SNMPTN menuntut untuk sekolah menetapkan mahasiswa berprestasi jadi mereka yang dinggap berprestasi disekolah versi pihak sekolah akan berkesempatan mengikuti seleksi masuk ini, hanya saja tidak semuanya, nah kecuali bagi sekolah yang berakreditasi A, hampir semua siswa mendapatkan kesempatan seleksi karena dari jumlah total siswa pendaftar SNMPTN ada sekitar 75% yang mamapu terjaring seleksi SNMPTN.

Cara Pendaftaran Hingga Pengumuman SNMPTN Sekolah & Siswa

Untuk bisa melakukan pendaftaran jalur ini diperlukan sekolah karena tahap awal pendaftaran merupakan rekomendasi sekolah harus mengisi Pusat Pangkalan Data Sekolah dan Siswa sesuai dengan rapot dan data siswa serta data prestasi sebelum sekolah selesai melakukan pendaftaran siswa tidak akan bisa melakukan pendaftaran SNMPTN.

Setelah mendapatkan login dari sekolah barulah siswa dapat melakukan login melalui situs resmi PDSS.SNMPTN.ac.id ikuti pendaftaran sampai dengan selesai, SNMPTN dari tahun ke tahun dinilai semakin mudah dilakukan karena menggunakan sistem online dengan bantuan jaringan kita bisa melakukan pendaftaran meski hanya dirumah saja.

Kekurangan dari sistem SNMPTN adalah tidak memberikan kesempatan kepada setiap peserta yang berminat, hanya khusus yang mendapatkan rekomendasi saja, disisi lain sistem seleksi ini memberikan peluang besar kepada siswa/i agar dapat seleksi tanpa tes, selain itu tidak ada biaya pendaftaran apabila peserta mengikuti seleksi melalui jalur ini.

Tentu ini akan menjadi sebuah dilema, tentang bagaimana mereka yang belum memiliki kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN, memang semua itu harus disikapi dengan bijak, beruntunglah kalian yang sekolah di SMA memiliki akreditasi A karena kesempatan mengikuti seleksi akan lebih besar jika dibandingkan dengan sekolah yang dibawah akreditasi tersebut.

Ibarat dua sisi mata uang yang memiliki memiliki kelebihan dan kekuranga, terlepas dari itu semua disini admin akan memberikan review pendaftaran SNMPTN tentang situs yang digunakan terdapat 4 situs yang memiliki induk domain sama, seperti kita ketahui terdapat situs SNMPTN.ac.id, PDSS.SNMPTN.ac.id, Web.SNMPTN.ac.id dan yang terakhir adalah Pengumuman.SNMPTN.ac.id semua hal tersebut digunakan untuk keperluan SNMPTN.

Tentu tidak sedikit dari kita yang belum mengetahui fungsi dari masing-masing situs tersebut maka dari itu disini admin akan memberikan informasi lengkapnya melalui beberapa informasi mengenai Pendaftaran SNMPTN dapat dilihat seperti berikut ini mengenai Situs yang ada pada situs resmi SNMPTN untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


SNMPTN.ac.id

Domain ini merupakan induk dari semua domain dalam pelaksanaan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, melalui situs inilah pendaftaran dan informasi lainnya diumumkan, selain domain resmi SNMPTN satu ini tidak ada situs lainnya, situs www.snmptn.ac.id berisi mengenai informasi pendaftaran, pengisian pdss, login web SNMPTN sampai dengan Pengumuman semua hal tersebut diinformasikan melalui situs utama.

Selain itu situs ini juga memberikan beberapa daftar PTN, Jadwal, dan semua informasi yang berkaitan dengan pendaftaran, sebagai tahap awal situs ini digunakan untuk pendaftaran baik oleh sekolah maupun siswa, pendaftaran SNMPTN dilaksanakan dengan menggunakan sistem undangan yang melibatkan berbagai komponen mulai dari sekolah sampai dengan siswa, itulah fungsi dari domain SNMPTN.ac.id lebih rinci situs ini adalah situs utama SNMPTN.


PDSS.SNMPTN.ac.id

Tahukah anda saat mengakses situs utama SNMPTN.ac.id tentu kalian akan melihat Pengisian PDSS dimana saat diakses akan menuju situs PDSS.SNMPTN.ac.id nah portal ini digunakan untuk proses lebih lanjutka Pangkalan Data Sekolah dan Siswa dimaksudkan untuk mengentri data sekolah maupun data siswa yang mendapatkan rekmondasi, biasanya tahap ini dilakukan awal pendaftaran.

Mekanisme Pendaftaran PDSS SNMPTN dilakukan oleh sekolah nantinya bagi sekolah yang belum terdaftar atau ingin mengupdate informasi Pendaftaran dapat melalui situs resmi ini, setelah sekolah terdaftar akan memberikan data rapot, prestasi ekstrakulikuler, data pribadi siswa dengan ketentuan yang telah ditetapkan sampai selesai.

Nantinya sekolah akan mendapatkan username NISN terdaftar dan Password dari hasil Rekomendasi yang dilakukan sekolah, setelah itu sekolah akan menyerahkan Login kepada siswa agar dapat melakukan verifikasi Nilai rapot dan data lain yang diisi memastikan sudah terisi dengan benar PDSS harus diisi dengan benar sesuai data siswa yang bersangkutan apabila siswa sudah mendapatkan Login dari Sekolah maka pendaftaran dapat dilakukan.


Web.SNMPTN.ac.id

Setelah siswa melakukan verifikasi PDSS saat data sudah benar maka siswa harus melakukan Login melalui situs web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran dan melakukan proses tersebut sampai selesai, situs ini terdiri dari 2 login pertama Login Sekolah, diperuntukan untuk memonitor dan melihat data Pendaftaran yang telah dilakukan dan mengenai informasi berkaitan dengan SNMPTN.

Kemudian untuk Login Siswa, Pendaftaran dilakukan oleh siswa melalui situs ini, biasanya setelah proses PDSS selesai siswa akan mendominasi web ini untuk melakukan pendaftaran, intinya adalah situs ini digunakan untuk melakukan pengisian Formulir Pendaftaran SNMPTN, baik sekolah maupun siswa, apabila peserta mengakses situs utama SNMPTN maka saat diminta login akan mengarah kepada situs tersebut, lebih kurang fungsi situs ini seperti itu untuk lebih jelas kalian dapat menuju situs web.snmptn.ac.id.


Pengumuman.SNMPTN.ac.id

Semua informasi terkait dengan proses pendaftaran hanya akan fokus pada 3 domain yaitu snmptn.ac.id, pdss.snmptn.ac.id dan yang terkahir adalah web.snmptn.ac.id apabila proses pendaftaran sudah selesai kini tiba saat yang paling tepat untuk mengetahui hasil siswa utusan sekolah apakah berhasil lulus atau tidak, setidaknya ada dua situs utama yang akan mengumumkan Pengumuman, yaitu situs snmptn.ac.id kemudian situs Pengumuman.SNMPTN.ac.id situs ini bisa diakses apabila pengumuman SNMPTN sudah resmi dibuka.

Jika pengumuman belum dibuka maka situs ini belum bisa dibuka, selain dari induk domain SNMPTN juga terdapat subdomain yang menyediakan informasi Pengumuman hanya saja pembahasan kita akan fokus pada situs SNMPTN.ac.id saja, semua situs yang dapat memproses pendaftaran dan Pengumuan SNMPTN sudah dijelaskan seperti yang tertera diatas.


Ada 4 domain yang bisa diikuti untuk melakukan pendaftaran peserta terlebih dahulu harus mengakses SNMPTN.ac.id untuk mencari Informasi Umum Pendaftaran setelah memahami maka proses selajutnya menunggu pihak sekolah melakukan pengisian PDSS.SNMPTN.ac.id hasil dari PDSS berupa Login untuk Siswa, nantinya siswa yang bersangkutan harus melakukan verifikasi PDSS melalui login siswa.

Setelah proses tersebut selesai Siswa dapat melakukan Login Melalui Web.SNMPTN.ac.id untuk mengisi Formulir Pendaftaran SNMPTN pada proses ini semua informasi dan proses Pendaftaran dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan sampai dengan cetak kartu peserta, pada tahap ini Pendaftaran dapat diselesaikan, apabila semua sudah selesai maka proses selanjutnya Sekolah dapat melihat melalui portal yang sama.

Jika Pendaftaran sudah dilakukan dengan benar maka proses selanjutnya adalah menunggu dan mengakses Pengumuman SNMPTN yang sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan melalui situs resmi Pengumuman.SNMPTN.ac.id atau melalui situs resmi www.snmptn.ac.id, itulah prosedur pendaftaran SNMPTN yang sudah dijelaskan semoga dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

Selain dari situs yangt elah disebutkan tidak ada situs induk SNMPTN, hanya saja situs masing-masing PTN merupakan salah satu situs resmi pembantu yang bisa digunakan untuk mencari referensi Pendaftaran, demikianlah informasi yang dapat admin berikan semoga bisa memberikan manfaat, sedikit himbuan harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi Pendaftaran SNMPTN terima kasih.
GET IT ON Google Play