9 Masalah Adminstrasi Fresh Graduate Gagal Daftar Akun https://sscasn.bkn.go.id 2024/2025


9 Masalah Adminstrasi Fresh Graduate Gagal Daftar Akun https://sscasn.bkn.go.id 2024/2025 - Tidak terasa tahun ini aku sudah lulus sekolah maupun sarjana ? itu yang aku rasakan saat dulu setelah lulus sekolah. Meski merasa senang satu fase sudah terlewati sebagai lulusan baru (Fresh Graduate) tidak bisa bersantai harus segera mencari pekerjaan yang ideal untuk masa depan.
 
Seperti pekerjaan idaman mertua saat ini CASN maupun PPPK, bagi lulusan lain juga pasti akan mengincar tes tersebut, biasanya setelah lulus pendidikan kita sejenak ingin refresh atau tidak melakukan aktivitas belajar dan bekerja paling tidak 3 bulan sampai 1 tahun untuk dengan alasan perjalanan sekolah sudah melelahkan setelah lulus saatnya untuk bersantai.
 

 
Namun disisi lain satu tahun pertama merupakan usia emas bagi lulusan baru dimana toleransi kekurangan dalam melamar pekerjaan dan skill yang seadanya akan dimaklumi dan dapat diterima oleh pemberi kerja, berbeda cerita jika sudah melewati satu tahun, maka dari itu satu tahun pertama setelah lulus kuliah maupun sekolah bukanlah waktu untuk bersantai melainkan waktu memburu kerja dan war job fair.
 
Belum lagi bagi laki-laki akan dipaksa untuk dengan segera sukses karena ada orang yang sedang menunggu untuk dilamar, biasanya pembicaraan mengarah ke serius akan terdengar ketika kita memasuki fase lulus kuliah maupun sekolah. Tidak ada lagi pacaran yang main kerumah hanya sekedar kangen, tetapi sudah mengarah pada pertanyaan serius Kapan ? satu kata yang sulit untuk dijawab ketika kita mengganggur.
 
Usia 22-25 adalah usia emas seorang laki-laki untuk berkarir tetapi tidak dengan perempuan mereka akan merasa sudah tua dan waktunya untuk segera menikah, ketika kita belum siap maka dipastikan akan gagal dalam hubungan. Faktor penentu dari sebuah hubungan adalah kemapanan. Tidak hanya terbatas pada satu masalah saja tetapi ada banyak tekanan yang datang bukan hanya dari orang tua tetapi dari lingungan sekitar.
 
Akan ada banyak mulut-mulut tetangga yang terdengar sayup-sayup berbicara di belakang hingga sampai ke telinga keluarga kita, Kok Si A lulus kuliah masih ngganggur aja di rumah ? pertanyaan yang akan merobek reputasi kita sebagai orang terpelajar. Maka dari itu persiapan sedini mungkin dalam hal mencari pekerjaan.
 
Pasca lulus kuliah maupun sekolah kita harus mempersiapkan diri seperti mengecek data-data yang dimiliki agar bisa mendaftar, sebut saja seperti melamar CASN dan PPPK ada banyak hal yang membuat seseorang gagal mendaftar karena alasan adminstrasi seperti data belum tersingkron secara online maka dari itu sebisa mungkin menghindari dengan cara sebelum pembukaan pendaftaran CPNS harus dicek.
 
Berikut beberapa hal yang akan membuat seseorang gagal mendaftar CPNS tahun ini ini umum terjadi bagi mereka yang baru lulus, jika sudah tau bagaimana cara mengurusnya ? untuk lebih jelas simak informasi berikut ini :
 

Khusus Untuk Lulusan Sarjana dan Diploma

Beberapa Masalah Membuat Fresh Graduate Gagal Daftar Akun & Mengisi Data https://sscasn.bkn.go.id 2024/2025

NIK KTP Belum Online

Data NIK tidak valid hal seperti ini sering muncul saat mendaftar padahal kita sudah memiliki KTP ternyata setelah data di input tidak ditemukan, biasanya terjadi karena data NIK kita belum dapat digunakan untuk layanan finansial atau bahasa sederhananya data NIK KTP belum di onlinekan, umumnya layanan ini digunakan untuk transaksi finansial tetapi berlaku untuk pendaftaran yang menggunakan singkronisasi data dukcapil. Untuk mengonlinkena Data KTP dapat melalui layanan telpon dukcapil atau datang langsung ke kantor Capil sesuai alamat KTP.

KTP Yang Belum Diperbaiki Setelah Pindah Tempat Tinggal

Biasanya terjadi bagi mereka yang baru memutuskan untuk hidup mandiri seperti memiliki rumah atau kontrak dan pindah dari alamat orang tua ke alamat baru, namun karena proses yang ribet kita belum sempat mengurus ke capil saat data di singkronkan akan terjadi kesalahan. Untuk memastikan kelancaran setelah pindah alamat KTP harus segera mengurus jangan tunda.

Sedang Proses Mengurus KTP Baru Karena Alasan Pindah Domisili

Pengalaman admin dulu saat pertama pindah daru salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Selatan dan pindah ke Kota Palembang memakan waktu pembuatan KTP yang kita urus sendiri selama 2 tahun, baru selesai dan jadi, proses ini akan memakan waktu yang sangat lama pada kondisi tertentu, maka dari itu jika dirasa mendekati pendaftaran CPNS dibuka sebaiknya jangan pindah rumah atau domisili dulu agar bisa mendaftar.

Kartu Keluarga Setelah Menikah

Pasangan baru setelah menikah seharusnya segera mengurus kartu keluarga sendiri karena jika ditemukan data kita tidak lagi berada dalam satu KK orang tua namun belum memilki KK sendiri akan menyebabkan data yang kita masukan tidak valid oleh sebab itu jika merasa sebagai pasangan baru menikah segera urus surat menyurat pada dokumen termasuk KK.

Status Pada KTP Setelah Menikah

Karena mengurus perbaikan KTP itu sangat sulit dan melelahkan tidak jarang masyarakat tidak mau mengurus hanya karena perubahan status dari pelajar/mahasiswa ke bekerja, atau dari lajang ke sudah menikah, dengan alasan itu banyak pasangan muda tidak mengurus status tersebut dan membiarkannya, di satu sisi data pernikahan kita sudah singkron hal hasil data tidak valid. Untuk menghindari kegagalan sebaiknya segera di urus ke capil.

Verval Ijasah Belum diurus

Setelah lulus S1 sebaiknya lulusan baru cek data di Verval Ijasah Online apakah status kita sudah benar-benar lulus atau belum jika ditemukan belum lulus maka harus segera melapor ke bagian Dikti admin kampus untuk melaporkan bahwa kita sudah lulus pastikan mengurus sesegera mungkin hal ini juga untuk mengindari kesalahan data lainnya. Ada beberapa kasus karena proses verval ijasah yang sudah lama lulus semakin lama diproses. beberapa kampus bisa langsung selesai jika diurus, sementara untuk beberapa kampus harus menunggu 3 hari, 1 minggu bahkan ada yang satu bulan pastikan untuk mengurus verval ijasah dengan segera.

Kesalahan Data Diri Pada Ijasah

Paling umum yang sering salah di ijasah adalah nama, jumlah IPK dan Tanggal Lahir seringkali membuat seseorang tidak bisa mendaftar karena kesalahan pada ijasah, ini biasanya disadari setelah saat mendaftar, padahal proses mengurus kesalahan ke kampus tidak sebentar jika baru anda ketahui data ijasah salah maka dipastikan akan gagal paling fatal kesalahan pada tanggal lahir dan nama lengkap. Untuk memperbaiki data Ijasah bisa langsung datang ke kampus masing-masing temui admin yang bertugas sebagai dikti di kampus untuk memperbaiki dengan melengkapi dokumen pengajuan perbaikan. Beberapa kampus negeri bisa dilakukan melalui online via email ICT maupun tidak IT kampus. Hanya saja tidak bisa cepat harus antri dan cukup lama.

Kesalahan Typo saat Mengisi Email

Banyak yang salah ketik email saat mendaftar, disisi lain nomor KK dan KTP kita sudah terdaftar setelah ingin melakukan verifikasi pendaftaran melalui email setelah dicek salah tulis menyebabkan email kompirmasi tidak terkirim ke alamat yang benar. Maka dari itu cek spell kata pada email yang akan di daftarkan agar tidak terjadi kesalahan. Kalau sudah seperti ini yang bisa dilakukan harus menunggu tahun depan dan dipastikan tidak bisa daftar tahun ini karena data sudah terlajut masuk ke sistem dan tidak bisa mendaftar dua kali dengan data yang sama.

Kelamaan Menguru Verval Ijasah

Beberapa bulan yang lalu admin menguru adik yang setelah 9 tahun menjadi ibu rumah tangga tergerak hati untuk ikut seleksi PPPK umum, namun setelah mendaftar di SSCASN ternyata data ijasah belum verval, hal hasil karena jauh admin sendiri yang datang ke kampus untuk mengurus karena sudah lama jadi setelah diurus banyak drama belum kena marah, dan beberap data salah, kampus tidak mau lagi membuka data karena sudah kelamaan proses pengurusan memakan waktu 1 bulan sementara pembukaan CPNS hanya 1 minggu auto lewat tidak bisa ikut. Dari pengalaman admin bagi lulusan baru segera untuk mengurus verval ijasah jangan kelamaan.

 

Khusus Untuk Lulusan SMA/SMK/MA

Mayoritas kegagalan seseorang dalam mendaftar akun SSCASN pada dokumen dan data diri, untuk memastkan kelancaran sejak sekarang cek data kalian apakah sudah benar dan bisa digunakan untuk mendaftar online atau belum jika dirasa menemukan data yang salah segera perbaiki sebelum pendaftaran CPNS dibuka karena proses perbaikan data di negara kita tidak bisa sebentar maka harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Bagi lulus Sekolah juga berkalu untuk mendaftar Dikdin seperti SMA/SMK/MA harus mengecek terlebih dahulu data berikut :

Verval Ijasah SMA/SMK/MA

Status kelulusan agak lambat karena banyaknya alumni yang lulus tahun ini biasanya sering terjadi terutama untuk kulusan SMK karena ada banyak data yang harus dilaporkan oleh sekolah, untuk memastikan kelancaran kalian harus melapor mau ikut tes Dikdin agar data kelulusan yang di entri ke sistem di dahulukan.

Cek Data Ijasah 

Pastikan untuk mengecek data identitas yang ada di ijasah atau surat keterangan lulus yang akan digunakan pastikan semua data sudah benar yang menjadi patokan data yang digunakan seperti akta kelahiran maupun KK.

Belum Memiliki KTP

Banyak siswa lulusan SMA/SMK/MA sudah melakukan perekaman KTP namun setelah lulus tidak diurus karena untuk mendaftar semacam SSCASN untuk ikut sekolah kedinasan harus memiki KTP usaia 17 tahun seringkali gagal karena KTP belum jadi atau belum diurus pasca sekolah segera urus eKTP masing-masing. Karena kadang mendaftar harus butuh NIK tidak lagi bisa menggunakan Kartu pelajar.

Dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti CASN terutama untuk lulusan baru harus mempersiapkan dokumen agar pada saat pembukana pendaftaran sudah siap tidak ada kendala yang ditemukan, seringkali pelamar menyadari kesalahan saat sudah terlanjut mendaftar kendala semacam inilah yang membuat seseorang gagal saat mendaftar akun maupun mngisi data.