Apa Saja Persiapan Mengikuti PPDB SD 2024/2025 ?


Apa Saja Persiapan Mengikuti PPDB SD 2024/2025 ? - Untuk pertama kali orang tua akan merasa sedikit gelisah karena tahun ini anak pertamanya akan segera masuk sekolah, hal itu menjadi pengalaman pertama bagi orang tua dengan bercampur aduk, perbedaan yang sangat terasa adalah ketika perasaan takut anak kita tidak lulus PPDB, terlebih pada saat TK masih banyak kekurangan.

Belum lagi jika kita browing ada banyak sekali artikel yang menyesatkan seperti anak saat masuk SD harus sudah bisa calistung, selain itu orang tua akan merasa dilema yang luar biasa karena pertimbangan memilih sekolah yang dekat atau sekolah favorite tetapi jauh, belum lagi biaya yang tidak sedikit harus dikeluarkan orang tua.

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengelaman beberapa hal yang harus dipersiapkan PPDB khususnya untuk orang tua yang pertama kali menyekolahkan anaknya, biasanya dimulai dari bertanya kepada tetangga yang anaknya sudah terlebih dahulu sekolah, biasanya kita akan mendapatkan banyak informasi penting.


 

Mulai dari sekolah yang bagus tapi dekat rumah, biaya yang harus disiapkan serta dokumen persyaratan yang harus dilengkapi, dari semua persiapan tersebut tidak ada yang aneh atau perlu persiapan khusus tetapi ternyata berdasarkan pengalaman admin dulu, semua berkas dan persiapan tersebut tidak bisa dilakukan secara mendadak.

Paling tidak kita harus mempersiapkan berkas maupun kelengkapan lainnya minimal 1 tahun terakhir jangan sampai beberapa kesalahan yang pernah dilakukan admin terulang kembali, seperti kelabakan untuk mempersiapkan berkas maupun kelengkapan lainnya, informasi yang bisa didapatkan dari tetangga biasa bersiafat umum.

Biasanya mereka memberikan arahan atau masukan dan menganggap semua dokumen untuk mendaftar sudah lengkap, beda cerita seperti admin yang hidup di perantuan semua lingkungan baru dan belum ada pengalaman untuk bertanya ke tetangga saja masih segan, terutama untuk mereka yang hidup di kota besar akan sangat merepotkan.

Maka dari itu sebagai orang tua yang belum berpengalaman mengikuti PPDB, atau bahkan ini merupakan pengalaman pertama, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti PPDB diantaranya sebagai berikut :

Dokumen Persyaratan Harus disiapkan minimal 1 Tahun sebelum Anak Masuk Sekolah.

Akta Kelahiran Anak

Beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftar PPDB adalah Akta Kelahiran, pada umumnya masyarakat saat ini setelah kelahiran dapat langsung mengurus akta kelahiran langsung bagi rumah sakit tertentu pelayanan akta kelahiran satu paket dengan biaya persalinan, namun masih banyak orang tua yang sampai anaknya mau masuk sekolah belum mengurus akta kelahiran dengan berbagai alasan seperti belum ada uang, ngurusnya ribet, belum sempat dan lainnya, maka dari itu agar PPDB yang akan diikuti berjalan lancar pastikan anak memiliki akta kelahiran, untuk membuat jangan sampai berdekatan dengan penerimaan siswa baru karena bakal antri panjang dan kemungkinan tidak bisa selesai tepat waktu.

Kartu Keluarga Sendiri

Banyak orang tua yang belum memiliki kartu keluarga yang terpisah setelah memutuskan hidup mandiri seperti kontrak, merantau maupun pasca hidup pisah dengan orang tua setelah menikah, biasanya berkas seperti ini sudah diurus oleh orang tua kita setelah menikah hanya saja belum di update setelah memiliki tempat tinggal sendiri, kartu keluarga ini memiliki peran penting dalam proses seleksi PPDB khususnya jalur zonasi, dengan minimal tinggal 1 tahun. Pastkan membuat kartu keluarga sebelum anak ikut PPDB. Pengalaman admin membuat KK menjelang masuk PPDB pihak Capil hanya lempar sana sini dan akhirnya tidak selesai tepat waktu.

Surat Keterangan Domisili Bagi Yang Belum Menetap atau Kontrak

Proses pembuatan domisili ini akan lebih ribet karena mereka yang tidak melaporkan diri saat pertama mengontrak atau kost dan lainnya atau pindah rumah baru, biasanya RT setempat tidak mau mengeluarkannya, beda cerita jika kita dari awal melapor ke RT, selain itu mereka yang tinggal di satu tempat kurang dari 6 bulan tidak akan bisa meminta surat domisili, jika tahun ini anak anda mulai akan sekolah maka pastikan tidak pindah selama paling tidak 6 bulan, dilokasi sekolah yang kita incar. Selain itu pengantar RT juga harus diurus ke Kelurahan setempat, belum lagi ditambah dengan muka jutek para pegawai keluarahan yang membuat kita sering mengurungkan niat mengurus surat keterangan domisili.

Ijasah TK/Paud Sederajat 

Berdasarkan pengalaman admin beberapa sekolah mengharuskan melampirkan ijasah TK, walaupun status anak belum lulus dapat menyusul, tetapi biasanya wajib ada untuk memastikan anak sudah mengenal calistung biasanya sekolah tidak mau ambil pusing orang tua wajib melampirkan, bagaimana jika belum ada, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke sekolah apakah wajib dilampirkan atau tidak karena ada sekolah yang tidak mewajibkan.

Kartu KIA Anak Tidak Wajib

Admin sempat kelabakan dulu saat awal mendaftar PPDB karena banyak tetangga yang bilang kalau KIA wajib dilampirkan saat mendaftar, karena belum punya dan waktu itu sudah bulan Juni dan PPDB mulai dibuka,akhirnya admin banyak menghabiskan uang untuk membuat setelah mendaftar ternyata disekolah kami tidak wajib melampirkan, untuk KIA biasanya tidak terlalu wajib tetapi bagi sekolah unggulan biasanya diwajibkan tergantung sekolah masing-masing.

Khsusus Untuk Orang Tua Yang Bekerja

Ada jalur khusus untuk orang tua yang pindah tempat tinggal sementara karena alasan kerja, harus melampirkan surat keterangan kerja, dan anak wajib sekolah dekat tempat kerja orang tua, sedangkan bagi masyarakat umum tidak perlu dilengkapi hanya untuk orang tua dengan alasan bekerja diluar domisili.

Afirmasi Kartu Sakti

Bagi pemegang kartu sakti BLT, Bansos, dan lainnya atau orang tua yang kurang mampu, atau anak yatim maupun piatu dapat mengikuti jalur khusus dengan melampirkan kartu yang dimiliki atau membuat surat keterangan khusus dari kelurahan setempat. Sedangkan yang tidak memiliki silahkan ikut jalur umum.

Pada intinya berkas yang disebutukan diatas wajib ada sebelum mendaftar, namun untuk memastikan kelancaran PPDB sekaligus menjadi pengalaman pertama kita sebagai orang tua, berdasarkan pengalaman admin dulu untuk mengindari kesalahan pada bulan maret admin sudah mulai bertanya kepada guru di sekolah TK terkait dengan persyan dan lainnya seringkali juga guru TK menyarankan untuk bertanya langsung ke sekolah adapun persiapan yang harus dilakukan selain persyaratan yaitu :

  1. Bertanya ke Guru TK apa saja persyaratan yang harus disiapkan.
  2. Datang ke sekolah langsung pada bulan Maret karena PPDB resmi akan dibuka bulan Juni apa saja syarat yang harus disiapkan, bisa bertanya ke satpan maupun TU sekolah.
  3. Untuk kepastikan jadwal pembukaan PPDB biasanya akan ditempal spanduk di depan pagar sekolah kita bisa melihat jadwal PPDB dilingkungan  sekolah.
  4. Ada dua cara pendaftaran PPDB yaitu melalui Online biasanya dikordinir oleh dinas setempat untuk link bisa tanya kesekolah.
  5. Cara selanjutnya kita datang kesekolah tanya ke operator untuk ikut gabung ke group WA PPDB dari sana kita akan lebih mudah berkordinasi dan arahan dari sekolah.
  6. Menyerahkan berkas pendaftaran PPDB langsung ke sekolah bagi orang tua yang tidak mengerti daftar online nantinya sekolah akan mendaftarkan secara online.
  7. Semua dokumen berkas pendaftaran PPDB difoto copy berwarna untuk menghindari kesalahan cari tukang fotocopy yang dekat sekolah biasanya mereka sudah tau format fotocopy maupun map yang harus digunakan dalam proses pengumpulan berkas.
  8. Proses seleksi zonasi akan ditetapkan berdasarkan dua kriteria pertama anak dengan usia sekolah 6-8 tahun menjadi prioritas utama, setelah itu pertimbangan lokasi tempat tinggal dengan sekolah.
  9. Sedangkan anak yang berusia 5 tahun tetap diterima setelah pendaftar dengan usia kriteria lulus terlebih dahulu.
  10. Pastikan memilih sekolah yang dekat dengan tempat tinggal kita saat ini.
  11. Bagi anak yang berusia 9 tahun baru masuk sekolah akan dipertimbangkan oleh sekolah apakah lulus atau tidak tergantung sekolah masing-masing.

Setelah melakukan pendaftaran PPDB langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah seragam sekolah apa saja yang harus dibeli dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk lebih jelas rincianya sebagai berikut :

  1. Estimasi biaya yang harus ditabung dan dipersiapkan saat membeli seragam paling tidak 700 rb sampai 1,5 juta biasanya kita bisa membeli secara bertahap tidak harus langsung lengkap adapun rincian pakaian sebagai berikut.
  2. Baju seragam putih merah, batik, jika ada rompi atau almameter, baju pramuka, dan baju olahraga.
  3. Ada sekolah yang mengharuskan anak untuk membeli seragam dari sekolah langsung.
  4. Ada juga sekolah yang hanya mewajibkan membeli seragam olahraga saja beli disekolah sisanya orang tua cari sendiri.
  5. Selain itu kelengkapan seperti nama logo dan kelas harus dipasang, untuk menghindari kesalahan cari tukang jahit yang tidak jauh dari sekolah mereka mengerti akan kelengkapan yang dimaksud.
  6. Sebelum membeli seragam sebaiknya tanya kesekolah terlebih dahulu jangan sampai sudah beli ternyata harus dari sekolah.
     

Diluar dari seragam ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti kelengkapan sepatu, tas, buku, dan alat tulis bagi orang tua yang tidak memiliki kendaraan dapat mencari ojek untuk langganan mengantar anak, selain itu terutama untuk Ibu-Ibu anak saat pertama sekolah harus sudah bisa dilepas tidak boleh ditunggu seperti pada TK.

Orang tua harus sejak awal menanamkan sikap mandiri pada anak agar nantinya setelah sekolah di SD sudah tidak merepotkan, seperti tidak harus ditunggu orang tua, sudah mampu buang air besar dan air kecil sendiri tanpa bantuan orang tua, paling tidak sudah bisa makan sendiri, faktor ini perlu diperhatikan terutama untuk anak pertama biasanya orang tua cenderung memanjakannya ketika masuk SD masih banyak anak yang karena ketakutan tidak berani bilang mau kemamar mandiri dan drama lainnya sering terjadi.

Sejak awal kita harus mengajarkan secara mandiri anak-anak agar setelah sekolah sudah tidak merepotkan banyak orang, dan sebagai orang tua juga jika terdapat anak yang memiliki kendala terkait kemandirian agar cepat dilatih dirumah tujuannya agar kita sebagai orang tua tidak malu kepada guru maupun sekolah karena anak sudah bisa semua sendiri.