Kapan Pendaftaran AKPOL BINTARA POLISI 2024 Dibuka ? Penerimaan.Polri.go.id


Kapan Pendaftaran AKPOL BINTARA POLISI 2024 Dibuka ? Penerimaan.Polri.go.id Tidak terasa saat ini kita sudah sampai pada tahap lulus sekolah, pada kondisi seperti saat ini tentu akan dihadapkan banyak pilihan terutama ingin bekerja dimana, namun tidak untuk di lingkungan keluarga sebagai anggota Polisi atau mereka yang memiliki cita-cita sejak kecil ingin menjadi Polisi, karena sudah pasti setelah lulus sekolah tidak perlu ditanya pasti melanjutkan ikut tes Polisi.
 
Berbagai persiapan yang akan dihadapi seperti rajin joging latihan bahkan banyak yang ikut fitnes untuk persiapan, selain itu yang tidak dilewatkan adalah latihan renang, banyak yang melakukan sendiri dan tidak sedikit yang ikut kursus privat renang hanya untuk mencapai nilai terbaik. Selain itu cek kesehatan sebelum tes harus dilakukan untuk memastikan tidak ada masalah pada fisik.
 

 
 
Seperti farises atau lainnya, selain itu apabila ditemukan hal seperti kurang sehat dapat langsung mengantisipasi sebelum tes berjalan, jangan sampai setelah kesehatan awal kita sudah dinyatakan tidak layak menjadi calon anggota polis, beragam kegiatan ini rutin disiapkan paling tidak 6 bulan hingga satu tahun terakhir.
 
Untuk yang memiliki masalah tinggi badan seperti kurang 1-2 cm dari syarat dan ketentuan ikut seleksi Polisi jangan hanya berenang, penuhi kebutuhan kalsium dengan banyak minum susu dan makan protein, bukan hanya bergantung tiap hari tapi makannya cuma mie instan, waktu satu tahun merupakan waktu yang ideal untuk mengejar kurang tinggi badan.
 
Jangan hanya mendengarkan saran berenang atau bergantung tiap hari, selain itu otot tangan juga harus sering dilatih karena mayoritas kekuatan yang dibutuhkan untuk ikut tes adalah kegiatan tangan seperti push up, pull up renang dan lainnya. Bahkan banyak orang tua yang salah jalan jual kebun atau aset dan tidak sedikit ambil hutang untuk persiapan masuk polisi.

Padalah semua proses tes murni tidak dipungut biaya namun karena kuota yang diterima sedikit namun yang daftar banyak akan sangat sengit persaingan dilakukan, oleh sebab itu untuk bisa lulus harus menjadi yang terbaik, saat ini ada dua pilihan yang paling sering diikuti oleh masyarakat diantaranya Akpol dan Bintara Polisi.

Biasanya mereka yang berasal dari keluarga yang mengerti tentang kepangkatan Polisi pasti merekomendasikan untuk ikut Akpol, namun karena cakupan Akpol provinsi jadi kuota yang diterima sangat sedikit jika dibandingkan dengan Bintara, biasanya para lulusan sekolah/pelajar lebih memilih Bintara karena jumlah kuota penerimaan lebih banyak.

Terus kenapa tidak Pilih keduanya biasanya AKPOL akan dibuka lebih dahulu dan selanjutnya baru Bintara, saat ini institusi Polri tidak memperbolehkan seseorang melamar lebih dari satu pilihan jika sudah ikut AKPOL ditahun ini maka tidak akan bisa ikut Bintara jadi jangan sampai salah pilih karena jika tidak lulus harus menunggu satu tahun lagi.

Tidak seperti jaman dulu mereka yang mau melamar Polisi bisa ikut dari AKPOL, Bintara, sampai dengan Tamtama, semua bisa diikuti sayangnya saat ini aturan sudah berubah dan tidak boleh lagi, banyak calon pelamar yang menargetkan ditahun pertama ikut tes mereka akan coba AKPOL setelah beberapa kali tidak lulus baru kemudian yang ikut Bintara biasanya jika kita sudah terlatih ikut standar tes AKPOL akan lebih mudah ikut tes Bintara.

Apabila berulangkali dan sudah mendekati batas usia maksimal biasanya orang cenderung akan tes ke yang lebih mudah sebagai jalan terakhir sebagai tamtama, Namun tidak sedikit yang hanya fokus pada Bintara saja lulus tidak lulus akan setia pada seleksi ini, sembari menunggu tes lebih baik bagi yang memiliki cukup uang sambil kuliah.

Jadi sembari tes kita yang hanya bisa diikuti satu tahun sekali, sambil kuliah agar tidak rugi waktu karena usia terus berjalan, sementara bagi yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mencari kerja sembari tes Polisi, mulai dari persiapan hingga pendaftaran perlu dipikirkan, jangan sampai menghabiskan uang sia-sia.

Semua proses pendaftaran Polisi gratis tidak ada biaya apapun, jadi usahakan untuk menggunakan uang hanya melengkapi berkas, selain itu hanya satu kali jika ditahun berikutnya tidak lulus berkas yang sama dapat digunakan kembali dengan catatan jika masa berlaku berkas belum berakhir. Terus setelah siap kapan kira-kira pendaftaran AKPOL dan Bintara Polisi dibuka ?

Berdasarkan laman resmi penerimaan Polri rekrutmen Polisi tahun ini akan dibuka sesuai timeline yang ada berikut rincian :

Kapan Pendaftaran AKPOL POLISI dibuka ?

Institusi Polri telah mengumumkan pembukaan Taruna AKPOL pada tanggal 26 Maret - 21 April kira-kira satu bulan dengan rincian lengkap di minggu pertama pendaftaran, dilanjutkan pada tahapan lanjutkan hingga selesai sementara untuk proses seleksi lainnnya akan menyusul. Proses seleksi dilaksankan di Polda yang ada di Provinsi masing-masing sesuai domisili identitas.

Kapan Pendaftaran Bintara POLISI dibuka ?

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya akan ada jarak beberapa minggu atau bulan setelah pendaftaran Taruna ditutup baru kemudian dibuka untuk Bintara, meski dibuka berurutan namun kita hanya bisa memilih satu jenis seleksi saja setelah itu tidak bisa dobel pilihan pastikan memilih yang mejadi target saja karena setiap tahun anggran rekrutmen Polisi calon pelamar hanya bisa mengikuti satu jenis seleksi. Proses seleksi dilaksanakan pada Polres atau Poltabes yang ada di kota dan kabupaten sesuai alamat domisili.

Kapan Pendaftaran Tamtama Brimob dibuka ?

Untuk yang mau seleksi Polisi tapi tidak mau jadi polisi cocok ikut tamtama karena tugas nya berbeda dengan Polisi, jika pada Polisi bertugas sebagai sipil maka pada Brimob akan lebih mengarah pada semi militer, hanya saja penugasan nya saja yang akan berbeda, banyak yang tugas pada 5 tahun pertama di Papua dan daerah perbatasan negara. Terlepas dari apapun resiko yang akan dijalani untuk bisa hidup sukses perlu pengorbanan, untuk pembukaan biasanya tidak jauh berbeda dengan Bintara hanya selisih beberapa minggu.

Proses pendaftaran memang dilaksakan secara online namun sebelum mendaftar setiap pelamar harus mempersiapkan berkas pendaftaran terlebih dahulu adapun berkas yang harus disiapkan guna untuk syarat sebagai berikut :

Berkas Adminstrasi Yang Akan di Periksa

  1. ijazah sd asli
  2. ijazah smp asli 
  3. ijazah sma/sederajat asli 
  4. akte kelahiran lahir asli 
  5. kartu tanda penduduk asli 
  6. kartu keluarga asli
  7. surat permohonan menjadi anggota polri - asli, bermaterai - tulisan tangan dg huruf balok, tanpa coretan/dihapus - ditulis dg tinta warna hitam di atas kertas folio bergaris 
  8. surat keterangan berbadan sehat - asli - dari institusi kesehatan 
  9. surat keterangan catatan kepolisian (skck) - asli - dari polres setempat (sesuai ktp/kk) 
  10. surat persetujuan orang tua/wali - asli - sesuai format yang telah ditetapkan - diketahui oleh lurah/kades setempat (sesuai domisili orang tua/wali) 
  11. surat pernyataan belum pernah menikah - asli, bermaterai - sesuai format yang telah ditetapkan - diketahui oleh lurah/kades setempat (sesuai ktp/kk) 
  12. daftar riwayat hidup - asli - sesuai format yang telah ditetapkan - diketahui oleh lurah/kades setempat (sesuai ktp/kk) 
  13. surat perjanjian ikatan dinas pertama - asli, bermaterai - sesuai format yang telah ditetapkan - di ttd oleh pihak ke-1 & pihak ke-2
  14. surat pernyataan tidak terikat oleh suatu perjanjian ikatan dinas - asli, bermaterai - sesuai format yang telah ditetapkan - diketahui oleh lurah/kades setempat (sesuai ktp/kk) 
  15. surat pernyataan orang tua/wali - asli, bermaterai - sesuai format yang telah ditetapkan 
  16. surat penyataan tidak melakukan kkn - asli, bermaterai - sesuai format yang telah ditetapkan 
  17. surat pernyataan tidak mendukung atau ikut serta dalam organisasi atau paham yang bertentangan dengan pancasila, undang-undang dasar 1945, nkri dan bhinneka tunggal ika - asli, bermaterai - sesuai format yang telah ditetapkan 
  18. tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma agama, norma kesusilaan, norma sosial dan norma hukum; - asli, bermaterai - sesuai format yang telah ditetapkan 
  19. surat tidak akan mengundurkan diri - asli, bermaterai - sesuai format yang telah ditetapkan 

Setelah semua berkas yang disiapkan harus dibawa saat penyerahan dan pemeriksaan untuk contoh dan format berkas dapat di donwload di https://penerimaan.polri.go.id/ klik pada seleksi yang akan diikuti seperti AKPOL, BINTARA, atau Tamtama. Selanjutnya jangan lupa untuk mendaftar secara online, apa saja data yang harus diisi saat pendaftaran online berikut informasinya : 

Registrasi Peserta

Data Diri Peserta

  1. Mengisi NIK
  2. Waktu Penerbitan E-KTP.
  3. File ketarangan disdukcapil atau file KTP.
  4. Nama Lengkap harus diisi tanpa gelar.
  5. Jenis kelamin
  6. Tempat Lahir
  7. Tanggal Lahir
  8. Isi Golongan Darah.
  9. Isi Agama
  10. Alama lengkap sesuai identitas dari kelurahan/desa, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi.
  11. Isi Juga jenis pekerjaan.
  12. Status kawin
  13. Tinggi
  14. Berat badan dalam KG
  15. Suku
  16. Khusus untuk orang asli papua diisi namun jika tidak klik tidak.
  17. No HP yang masih aktif kalau bisa yang ada wa nya.
  18. Email
  19. Prestasi tertinggi yang pernah diperoleh.
  20. Bahasa Ibu atau daerah yang dikuasai.
  21. Basa Inggris dalam Aktif atau Pasif.
  22. Foto 4x6 sesuai format JPG, JPEG.

Data Pendidikan Peserta

  1. Pendidikan sekolah dasar (SD) dari nama, kota, provinsi, tahun dan rata-rata nilai rapot.
  2. Pendidikan sekolah menengah pertama, juga sama nama, kota, provinsi tahun dan rata-rata nilai rapot.
  3. Pendidikan SMA isi juga nama, pendidikan umum pesantren, atau SMA lainnya, jurusan, kota, provinsi tahun dan nilai rata-rata.
  4. Khusus untuk nilai rata-rata ijasah tahun sebelumnya nilai akumulasi sedangkan lulusan tahun ini nilai rapot semester V kelas XII.
  5. Bagi yang ikut UTBK silahkan klik Ya. 

Data Ayah

  1. Isi Nama Ayah
  2. Tanggal lahir beliau
  3. Agama
  4. Nomor HP
  5. Kelompok Pekerjaan.
  6. Jenis Pekerjaan
  7. Jabatan
  8. Nama Kantor
  9. Alamat kantor
  10. Status
  11. Jika sudah meninggal silahkan isi.

Data Ibu

  1. Isi Nama 
  2. Tanggal Lahir
  3. Agama
  4. Nomor HP
  5. Kelompok Pekerjaan
  6. Jenis Pekerjaan
  7. Golongan Pekerjaan
  8. Jabatan
  9. Nama Kantor
  10. Alamat Kantor
  11. Status Keterangan Meninggal jika sudah tidak ada

Data Wali

  1. Nama
  2. Tanggal Lahir
  3. Agama
  4. Nomor HP
  5. Pekerjaan
  6. Nama Kantor
  7. Alamat 
  8. Status 
  9. keterangan meninggal jika sudah tidak ada.

Data Pendaftaran

  1. Pilih Polda sesuai domisili
  2. Polres
  3. Akun facebook
  4. Akun Twitter
  5. Akun Instagram
  6. Atau Media sosial lainnya apabila ada.
  7. Klik Daftar Jika semua sudah diisi.

Pastikan menyelesaikan proses pendaftaran hingga akhir. Jika sudah jadi satu bukti form registrasi online bersama dengan berkas yang akan diperiksa bawa ke kantor sesuai pilihan pendaftaran, pada proses penyerahan dan pemeriksaan berkas dapat dilengkapi jika masih kurang dan format map dan lainnya dapat ditanyakan saat dikantor.

Setelah proses berkas diterima jangan lupa bawa juga yang asli untuk dicek baru kemudian dicek berat dan tinggi badan awal, jika sudah akan mendapatkan kartu ujian sesuai tanggal semua informasi tes akan muat melalui papan pengumuman, pada tahap awal akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dihari berikutnya pastikan kalian sehat jasmani dan rohani.

Bagi yang memiliki masalah seperti kurang tinggi atau lebih berat badan segera buat fisik ideal dengan memperhatikan pola makan dan latihan rutin, demikian informasi yang bisa admin berikan semoga bermanfaat. Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan Institusi Polri, semua proses pendaftaran hingga selesai gratis tidak dipungut biaya apapun, jika ada oktnum yang mengaku dapat meloloskan dengan memberi uang itu hanya tipuan dan tidak benar.