PENGUMUMAN HASIL SELEKSI SNBT SNPMB 2024 Solusi Error Lemot


PENGUMUMAN HASIL SELEKSI SNBT SNPMB 2024 Solusi Error Lemot - Hari ini admin sedikit berbagi cerita dan pengalaman seputar SNBT, dimulai dari awal lulus sekolah memutuskan untuk langsung bekerja dalam pikiran akan sangat mudah untuk mencari pekerjaan idaman seperti ikut tes BUMN. Dari keluarga menyarankan untuk ikut SNBT tapi admin sendiri agak sedikit malas untuk kuliah, intinya kurang termotivasi untuk kuliah dan lebih memilih untuk ikut melamar pekerjaan.
 
Saat ini proses pendaftaran baik tes kuliah dan bekerja hampir seluruhnya melalui online, betapa terkejutnya admin ketika melihat salah satu kolom nilai UTBK, padahal mau ikut melamar BUMN tetapi kenapa ada kolom nilai UTBK, meski tidak wajib diisi tetapi dari ribuan pelamar tentu akan memiliki nilai tambah jika seseorang memiliki nilai UTBK dibandingkan dengan yang tidak memiliki.
 
Seketika gejolak semangat dalam diri tiba-tiba bangkit, dalam hati ini mulai mengatakan "Kayaknya harus ikut UTBK deh" apalagi proses seleksi UTBK hanya dapat diikuti maksimal 3 kali setelah lulus, jika banyak menunda maka akan kehabisan waktu, selain itu untuk mendapatkan pekerjaan juga tidak mudah, paling tidak jika gagal melamar ada cadangan bisa kuliah.
 
Urusan kuliah memang tidak sesimpel hanya ikut tes, semua dari awal tes harus siap dana sekitar 200 rb sampai 300 rb belum isi bensin atau biaya jalan, semua itu memang terlihat sedikit tetapi bagi yang baru lulus Sekolah uang itu tidak sedikit untuk meminta ke orang tua saja rasanya tidak mudah, terlebih tidak ada jaminan kepastian lulus maka akan terasa semakin berat untuk ikut seleksi UTBK.
 
Belum lagi ditambah dengan segudang biaya seperti perjalanan tes ke kota jika kita berdomisili di desa atau luar kota, tidak cukup satu hari selesai butuh uang transport uang kost selama tes paling tidak 2 hari, mereka yang berasal dari keluarga yang bukan orang kuliahan pasti akan berfikir dua kali untuk ikut seleksi UTBK.
 
Selain itu perlu dukungan keluarga yang sudah lebih dahulu kuliah semua yang sebutkan itu memakan biaya yang tidak sedikit paling tidak 500 rb hanya untuk mendaftar hingga seleksi, setelah nanti lulus ada banyak biaya yang dibayar seperti uang UKT sebesar 2.5 sampai 4 juta bervariasi tergantung individu, Kontrakan 4,8 juta - 7 juta pertahun, dan biaya hidup satu bulan 800 rb sampai 1 juta tentunya harus dibayar.
 
Jika tidak berasal dari keluarga sekolahan, maka biaya yang akan dikeluarkan sangat tidak mungkin dipenuhi, belum lagi biaya tidak terduga seperti bayar, air, token listrik, print tugas kuliah beli laptop dan lainnya, bagi seorang anak yang berasal dari keluarga kurang mampu rasanya sulit untuk dijalani, apakah semua biaya itu memungkinkan dibayar ?
 
Berdasarkan pengalaman admin tentu bisa, saat ini ada program KIP Kuliah dimana siswa/i yang berasal dari keluarga kurang mampu pemengang PIP dapat melanjutkan sekolah gratis 100 persen semua dicover mulai dari biaya hidup sampai dengan biaya untuk bayar kontrakan selama kuliah, untuk lebih jelas wajib baca ketentuan KIP seperti dibawah ini :
 

Skema 1 KIP Kuliah

Pemegang PIP selama sekolah dapat mendaftar SNBT UTBK melalui link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ pada skema 1 ini hanya mereka yang memikiki kartu PIP yang akan dibahas, keunggulan mereka yang sudah memiliki kartu pemerintah pusat seperti PIP, Kartu Bansos dan lainnya akan digratiskan mulai dari pendaftaran tidak perlu bayar 200 rb gratis 100 %.

Untuk memuluskan hal tersebut memang perlu dukungan keluarga yang ada di dekat kampus supaya saat tes tidak perlu mengeluarkan uang lagi karena bisa menumpang keluarga sementara, yakinlah siapapun keluarga nya pasti akan sangat mendukung proses tes UTBK karena untuk sekolah akan pasti mendapatkan dukungan keluarga.

Skema 2 KIP Kuliah 

Pada proses pengajuan KIP skema 2 ini pelamar yang dapat mengajukan KIP mereka yang tidak memiliki kartu PIP bisa mengajukan dengan membuat surat keterangan tidak mampu/miskin dari kelurahan atau desa, baru kemudian melamar melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, untuk pendaftaran KIP melalui surat keterangan tidak mampu harus membayar uang pendaftaran UTBK SNBT tidak gratis.

Selama proses pengajuan Kemdikbud dan LPTK/PTN akan meminta persyaratan seperti bukti pembayaran selama sekolah, mereka yang bersekolah di sekolah unggulan biasanya dengan ekonomi keluarga menengah tetap membayar uang SPP selama sekolah mulai dari 100 rb hinga dibawah 1 juta biasanya akan diminta oleh kampus untuk menunjukan bukti bebas biaya SPP, jika ternyata ditemukan selama sekolah SMA/SMK tidak gratis maka akan tetap mendapatkan KIP apabila dinyatakan lulus hanya gratis uang UKT sementara uang biaya hidup tidak gratis.

Namun bagi yang bisa membutkan bahwa selama SMA/SMK sekolah mereka tidak dipungut biaya alias gratis maka tetap akan mendapatkan gratis UKT dan uang bulanan yang juga dibayar setiap 6 bulan sekali diakhir semetar. Dengan catatan menuhi syarat gaji kotor orang tua dibawah 4 juta dan tempat tinggal atau rumah tidak berada di lokasi strategis yang rata-rata NJOP sudah tinggi.

Seperti pada beberapa kasus yang telah lalu terjadi dengan teman saya, dimana sampai kuliah dia tinggal ruma nenek yang masih papan, namun karena lokasi tempat tinggal berada pada kawasan strategis dan tanah permeternya sudah tinggi maka seharusnya layak menerima jadi tidak lulus KIP Kuliah, hal semacam ini sering pada calon mahasiswa yang tinggal di perkotaan tetapi tidak ada masalah pada mereka yang berada tinggal di pedesaan.

Perlu diingat bahwa terdapat dua skema jadi jangan sampai salah paham, setelah mengetahui rincian tersebut bagaimana KIP Kuliah dapat Mencover Biaya Selama Kuliah ? itu pertanyaannya karena hampir sebagain besar informasi dari website tidak ada yang memberikan secara rinci tentang hal tersebut maka dari itu agar orang tua tidak takut untuk ikut seleksi SNBT melalui KIP Kuliah berikut kami berikan rincian mengapa KIP Kuliah bisa 100% untuk kuliah gratis berikut informasinya :

  1. Diawal perkuliahan penerima KIP Kuliah akan sangat membutuhkan dukungan keluarga yang ada di lingkungan kampus meski tidak terlalu dekat minimal bisa pulang pergi dengan kendaraan umum alasanya untuk bertahan di semester 1.
  2. Sistem KIP Kuliah setelah lulus kuliah 3 bulan baru cair rata-rata untuk UKT akan otomatis langsung gratis sementara untuk biaya hidup 800 rb -1,3 juta perbulan tergantung lingkungan kampus.
  3. Anggaplah 800 rb perbulan dan dibayar selama 1 semester sekali, bagaimana seorang mahasiswa mengatur uang untuk bisa memenuhi kebutuhan tidak hanya tempat tinggal tetapi untuk biaya hidup juga.
  4. Setelah diteliti dengan cermat ternyata periode perkuliahan reguler mahasiswa itu hanya berlangsung 3 bulan dan paling lama 3,5 bulan setiap semetarnya maka dari sisa bulan itu bisa dialokasikan untuk membayar kontrakan dan biaya tugas lainnya.
  5. Cari kampus yang menyediakan fasilitas asrama khusus untuk mahasiswa KIP Kuliah karena akan sangat membantu karena mahasiswa hanya membayar 150 ribu-180 rb perbulan bersih termasuk air, listrik, internet dan lainnya.
  6. Asrama di PTN akan diprioritaskan untuk mahasiswa KIP Kuliah untuk awal orang tua harus membayar biaya selama 1,3,6 bulan atau bisa meminta bantuan keluarga yang lebih mampu untuk membayar uang asrama.
  7. Lebih ekstrimnya biasanya mahasiswa KIP Kuliah bisa ambil 6 bulan dengan sistem bayarnya nanti setelah cair pada semester ke 2.
  8. Setelah berjalan kuliah 3 bulan maka KIP Kuliah akan langsung masuk ke rekening masing-masing, mahasiswa dapat langsung membayar 6 bulan asrama dengan harapan saat habis asrama sudah cair lagi.
  9. Perkuliahan semester genap libur 3 bulan, itu  akan lebih banyak menghemat uang KIP yang didapat selama periode tersebut kita bisa menabung uang tersebut untuk membeli laptop bekas Thinkpada seharga 1,5 juta sudah dapat untuk kebutuhan kuliah pada semester 2.

Semua biaya KIP Kuliah sudah dihitung dengan cermat oleh pemerintah, yang paling penting mahasiswa yang bersangkutan harus pandai-pandai memilih kampus, carilah kampus yang terkenal murah jangan memaksakan diri untuk kuliah dengan biaya yang lebih tinggi meski tercover dengan KIP Kuliah biasanya akan sangat sulit dijalani karena biaya lain yang mahal.

Pemilihan program studi juga harus benar-benar dipikirkan, pelajari jurusan yang akan dipilih karena selain kuliah ada banyak jurusan yang mengharuskan untuk praktek di laboratorium atau praktek lainnya yang menguras kantong karena banyaknya laporan yang harus dibuat, bukan hanya semata-mata banyak tetapi juga harus berulang kali revisi dan jilid yang semuanya memerlukan biaya tambahan.

Masalah terbesar mahasiswa KIP Kuliah bukan hanya sekedar kuliah tetapi banyak yang kaget selama ini tidak pernah pegang uang banyak tiba-tiba dapat banyak akibat hal tersebut banyak keinginan yang muncul seperti mau beli gedget baru, beli baju, atau belanja diluar dari kebutuhan kuliah yang membuat uang KIP akan habis sebelum waktunya.

Karena mayoritas anak penerima KIP berasal dari keluarga kurang mampu biasanya orang tua tidak segan untuk meminjam uang KIP untuk kebutuhan mendesak dirumah atau sekedar bayar hutang, hal semacam ini harus dihindari, kegagalan mengelola uang KIP Kuliah menjadi salah satu faktor tertinggi mahasiswa drop out walaupun sudah dapat KIP Kuliah.

Seandainya memaksakan diri untuk berhemat agar dapat membeli sesuatu dengan uang KIP yang dimiliki pada akhirnya akan berakhir di rumah sakit karena asupan makan dengan kegiatan kuliah tidak sesuai. Maka penerima KIP harus bijak mengelolah uang selain itu orang tua harus benar-benar mendukung dan prihatin ketehadap anaknya, bentuk dari dukungan terbesar orang tua adalah tidak memakai uang KIP kuliah anak apapun alasanya.

Kapan Pengumuman SNBT ?

Setelah membahas secara mendalam kini tiba saat yang dinantikan oleh sebagian orang Kapan Pengumuman SNBT UTBK ? pengumuman akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh Kemdikbud paling lambat puku 15.00 berikut beberapa link Pengumuman UTBK SNBT yang dapat diakses untuk mengecek hasil apakah lulus atau tidak :

  1. https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

    https://⁠snbt.ipb.ac.id

  2. https://⁠snbt.unair.ac.id 

  3. https://⁠snbt.unnes.ac.id 

  4. https://⁠snbt.untan.ac.id 

  5. https://⁠snbt.untirta.ac.id 

  6. https://⁠snbt.upnjatim.ac.id 

  7. https://⁠snbt.its.ac.id 

  8. https://⁠snbt.unej.ac.id 

  9. https://⁠snbt.unhas.ac.id

  10. https://⁠snbt.uho.ac.id 

  11. https://⁠snbt.unm.ac.id 

  12. https://⁠snbt.uns.ac.id

  13. https://⁠snbt.unesa.ac.id

  14. https://⁠snbt.ung.ac.id⁠

  15. https://⁠snbt.ulm.ac.id

  16. https://⁠snbt.itb.ac.id

  17. https://⁠snbt.ugm.ac.id 

  18. https://⁠snbt.unib.ac.id 

  19. https://⁠snbt.unpad.ac.id

  20. https://⁠snbt.unp.ac.id 

  21. https://⁠snbt.isbi.ac.id 

  22. https://⁠snbt.unud.ac.id 

  23. https://⁠snbt.unimal.ac.id

  24. https://⁠snbt.undiksha.ac.id

  25. https://⁠⁠snbt.usk.ac.id

  26. https://⁠snbt.ut.ac.id

  27. https://⁠snbt.unimed.ac.id

  28. https://⁠snbt.undip.ac.id 

  29. https://⁠snbt.uny.ac.id 

  30. https://⁠snbt.utu.ac.id

  31. https://⁠snbt.upnvj.ac.id 

  32. https://⁠⁠snbt.unja.ac.id

  33. https://⁠snbt.unand.ac.id

  34. https://⁠snbt.itk.ac.id 

  35. https://⁠snbt.unram.ac.id

  36. https://snbt.unsri.ac.id 

  37. https://snbt.unsika.ac.id 

  38. https://snbt.usu.ac.id

  39. https://snbt.ui.ac.id

  40. https://snbt.unsrat.ac.id

 

Bagaiman Jika Pengumuman SNBT Error Tidak Bisa Diakses Apakah di Tunda ? Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Ada banyak sekali kendala yang akan dihadapi menjelang pengumuman UTKB maupun saat pengumuman berlansung hal  ini dikarenakan pengunjung yang membludak, seringkali website resmi akan mengalami kendala seperti error bahkan sama sekali tidak bisa dibuka, semua itu sudah di antisipasi panitia dengan membagi pengumuman SNBT ke berbagai link mirror diberbagai LPTK.

Dengan harapan bisa meminimalisir terjadinya error, namun tidak menutup kemungkinan hal lebih buruk terjadi, seperti serangan ddos yang membanjiri server membuat data tidak bisa tampil sering terjadi, jika memang terjadi biasanya hal tidak akan lama, jika kendala yang terjadi hanya hitungan menit maka tidak akan ada perubahan jadwal pengumuman dari yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Namun jika terjadi lebih parah akan ada kemungkinan terjadi perubahan, berdasarkan data dua tahun terakhir infrastruktur digital pemerintah saat ini sudah sangat berkembang, dan tidak pernah terjadi lagi error berlebihan saat pengumuman SNBT, paling hanya beberapa menita diawal pengumuman, untuk mengatasinya berikut tips yang harus dilakukan :

  1. Buka link alternatif mirror salah satu dari 41 link yang tersedia pasti ada yang bisa dibuka.
  2. Pastikan untuk mengecek secara berkala bila terjadi error sampai normal.
  3. Hindari mengecek pengumuman diawal pembukaan.
  4. Akses beberapa jam kemudian jika error masih berlanjut.
  5. Untuk memastikan data yang dimasukan dan ditampilkan sudah benar ulangi saat kondisi server sudah tidak ramai seperti malam hari setelah pengumuman seringkali pengumuman diawal berubah saat sudah tidak terjadi kendala.
  6. Banyak peserta SNBT diawal yang tidak lulus karena kendala error setelah dicek ulang pada malam harinya ternyata lulus hal itu dikarenakan error data tidak bisa ditemukan karena terlalu banyak diakses oleh peserta.
  7. Jika memang ingin buru-buru cek tetapi error gunakan VPN yang terpercaya saat mengakses.
  8. Jika dibutuhkan gunakan Lapotop atau komputer untuk saat cek pengumuman SNBT.
  9. Gunakan gedget yang berbeda saat menemukan website tidak bisa diases.
  10. Pastikan mengecek berulangkali sampai keadaan sudah normal.

 Kendala yang terjadi saat pengumuman SNBT terjadi peserta yang ingin mengetahui hasilnya secepat mungkin dan dilakukan secara bersamaan membuat server kelebihan muatan dan membuat website error atau lemot saat dibuka, lebih parahnya hasil yang ditampilkan tidak sesuai atau berkendala. Untuk mengantisipasinya gunakan link mirror yang ada atau cek kembali pada malam hari. Rata-rata pengumuman dilakukan sore hari jangan terburu-buru ulangi untuk memastikan hasil yang sudah ditampilkan benar.

Jangan sampai seperti saya dulu sekali cek error dan menampikan tidak lulus, setelah itu buru-buru ikut jalur Mandiri PTN, setelah berhasil bayar dan sukses mendaftar, saat cek pengumuman dihari berikutnya ternyata lulus, sudah kadung keluar biaya ternyata lulus, untuk memastikan hasil ulangi saat mengecek pengumuman UTBK.