Pembukaan Registrasi Online Rekrutmen Bersama BUMN 2024/2025


Pembukaan Registrasi Online Rekrutmen Bersama BUMN 2024/2025 - Tahun ini kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) bekerjasama dengan forum capital Indonesia (FHCI) mengumumkan membuka program rekrutmen berkomitmen membuka peluang sebesar-besarnya bagi putra-putri terbaik Indonesia. Khususnya untuk lulusan fresh graduet lulusan baru maupun lulusan lama dengan batas usia 29 tahun. Para lulusan baru ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi nasional.
 
Selain itu tahun ini menjadi tahun yang spesial pasca pandemi dimana sebelumnya telah melakukan pengurangan karyawan secara besar-besaran seiring dengan bangkitnya ekonomi global, BUMN juga kembali membutuhkan banyak karyawan baru. Jika dulu kita mengikuti seleksi BUMN dari masing-masing perusahaan secara terpisah pada kali ini kita bisa mendaftar secara serentak.
 

Bedanya dari segi kuota yang jauh lebih besar hanya saja dari pengabungan rekrutmen BUMN bersama ini kita hanya bisa memilih satu jenis pekerjaan yang bisa dilamar berbeda dengan rekrutmen BUMN dari perusahaan masing-masing kita bisa mengikuti seluruh seleksi secara terpisah. Semua kebijakan pasti ada kelebihan dan kekurangan.
 
Namun jika dibandingkan dengan kekurangan akan lebih banyak kelebihan yang akan didapat dari proses rekrutmen BUMN bersama tahun ini. Untuk jenjang pendidikan yang akan dibuka juga beragam mulai dari lulusan SMA/SMK, D3, D4, S1 hingga S2 tidak hanya perusahaan holding BUMN dari mulai anak sampai cucu BUMN secara serentak membuka lowongan kerja.
 
Bagi pelamar yang ingin mengikuti rekrutmen BUMN bersama dapat mempersiapkan persyaratan sejak jauh-jauh hari mengingat pelaksanaan BUMN ini skalanya nasional jadi kalau dekat pembukaan maka akan ramai pelamar yang mengurus berkas seperti membuat surat keterangan sehat atau SKCK, sebaiknya diurus dari jauh-jauh hari.
 
Adapun beberapa berkas yang harus disiapkan agar dapat mengikuti rekrutmen BUMN tahun ini seperti beriku ini :

Persyaratan

  1. WNI
  2. Memiliki minimal IPK 2.75 dari skala 4.00 untuk S1, 3.00 untuk DIII/DIV, dan S2 minimal 3.25.
  3. Sehat Jasmani dan Rohani
  4. Bebas dari Nafsah
  5. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia.
  6. Batas usia Maksimal untuk pelamar jenjang pelamar SMA/SMK sederajat maksimal 25 tahun, D3: 27 tahun, untuk D4/S1 maksimal 30 tahun dan S2 maksimal 35 tahun.
  7. Memiliki SKCK 
  8. Jika ada lampirkan sertifikat penunjang seperti pengalaman kerja atau lainnya.
  9. Persiapkan file foto
  10. KTP
  11. Scan Ijasah atau surat keterangan lulus
  12. Transkip nilai atau hasil ujian sekolah.
  13. Dokumen pendukung seperti sertifikat kompetensi, prestasi, kemampuan bahasa inggris.
  14. Beberapa berkas perlu digabungkan dalam satu file.
  15. Doumen pendukung seperti prestasi dalam bidang olahraga, seni, digital creator, atau start up

Jadwal Perkiraan 

  • Pendaftaran Online 1 Maret - 15 Maret
  • Seleksi Adminstrasi 16 Maret - 31 Maret
  • Seleksi Kompetensi : 1 April -15 April
  • Wawancara 16 April - 30 April
  • Pengumuman Hasil 1 Mei

Mekanisme Pendaftaran Rekrutmen BUMN

  1. Akses situs resmi rekrutmen bersama https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/ 
  2. Pada halaman utama silahkan cari menu "Registrasi" 
  3. Isi formulir pendaftaran seperti nama lengkap, alamat, email password, dan nomor KTP, lalu ceklist kontal saya bukan robot, setelah itu klik "Daftar"
  4. Konformasi pendaftaran melalui email yang telah terdaftar.
  5. Jangan lupa untukmembuat Curiculum Vitae (CV) sesuai dengan contoh yang ada.
  6. Lengkapi dengan mengisi semua data seperti informasi lainnya keluarga, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, serta pengalaman berorganisasi dan link media sosial.
  7. Setelah semua terisi dengan benar pastikan semua lengkap jangan lupa untuk klik "Simpan"
  8. Pada proses akhir pendaftaran anda akan diarahkan untuk "Applicant Journery" untuk memantau proses lamaran.
  9. Untuk memilih jobs yang akan dilamar pastikan memilih sesuai dengan kriteria syarat yang harus dipenuhi bagi setiap pelamar.
  10. Pelamar dapat mengecek "Lamara Saya" 
  11. Pastikan mengecek timeline rekrutmen BUMN yang ada di website resmi BUMN.

Proses seleksi tahap awal akan berlangsung secara online yang dapat diikuti tanpa harus meninggalkan pekerjaan saat ini, hanya saja ada banyak kendala saat mengakses tes online rekomendasi untuk memilih perangkat komputer atau lapotop untuk mengerjakan tes online tersebut. Apabila mengacu pada pengalaman tahun lalu ada banyak pelamar tidak bisa mengerjakan tes menggunakan hp atau smartphone.

Karena ada tampilan yang tidak mendukung pada mode perangkat hp sebaiknya gunakan laptop atau komputer, untuk memastikan tes berjalan dengan baik persiapkan diri satu jam sebelum tes dilaksanakan, jangan lewatkan untuk mengikuti seleksi rekrutmen BUMN tahun ini karena ada banyak sekali lowongan kerja yang akan dibuka terima kasih selamat mencoba.