Tutorial Panduan Pendaftaran SNBP Tahun ini Terbaru 2025/2026


Tutorial Panduan Pendaftaran SNBP Tahun ini Terbaru 2025/2026 - Setelah ada kebijakan terbaru terkait dengan aturan siswa/i yang lulus SNBP tidak bisa mengikuti jalur SNBT banyak siswa yang mengurungkan niat untuk ikut SNBP hal ini disebabkan karena mayoritas siswa/i tidak hanya memiliki satu rencana tetapi ada rencana lain yang ingin dicapai.
 
Seperti contoh jika kita ikuti SNBT nilai dari sertifikat dapat digunakan untuk seleksi Sekolah Kedinasan PKN STAN dan bahkan dapat digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan, sebagian besar siswa/i menginginkan langsung kerja setelah lulus sekolah. Beda cerita kalau ikut SNBP sudah pasti harus kuliah sesuai dengan jurusan yang dipilih.
 

Bahkan sampai tahun depan tidak bisa mengikuti seleksi jalur SNBT atau Mandiri PTN, artinya jika lulus SNBP sudah pasti kita harus kuliah sesuai jurusan masing-masing terlebih banyak siswa/i menginginkan pilihan jurusan yang berbeda dari pelajaran disekolah pada pilihan ke dua, dari data tersebut tahun ini pelamar SNBP mengalami penurunan yang siginfikan.

Jika nanti setelah penutupan pendaftaran terbukti mengalami peningkatan maka dipastikan kenaikan tidak akan siginfikan dari tahun sebelumnya. Ini menjadi salah satu indikator penting bahwa SNBP akan disiapkan untuk mereka yang benar-benar ingin kuliah bukan sekedar iseng ikut tes saja, ini akan berdampak positif pada sistem seleksi tertulis.

Karena mereka yang memiliki kesempatan lulus SNBP tidak bisa lagi mengambil lapak siswa yang ingin ikut SNBT, disisi lain berdasarkan hasil survei di beberapa sekolah banyak siswa/i yang mendapatkan kesempatan ikut SNBP tidak ikut ambil bagian karena ingin fokus mengikuti seleksi SNBT dengan harapan bisa digunakan untuk keperluan lain.

Namun terlepas dari kebijakan dan aturan baru tersebut maka sudah dipastikan iklim seleksi untuk kuliah ke jenjang perguruan tinggi negeri akan semakin baik, karena mereka yang mendaftar sudah pasti berkomitmen penuh untuk kuliah. Bagi yang sudah menyiapkan akun dan akan segera melakukan pendaftaran namun masih merasa ragu karena takut salah berikut admin berikan beberapa tutorial pendaftaran SNBP :

Login

Semua siswa yang sudah memiliki akun SNPMB terlebih dahulu mengakses link untuk login ke snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan catatan pelamar harus memenuhi semua persyaratan sebagai berikut :
  1. Memiliki akun SNPMB yang sudah permanen.
  2. Bagian dari siswa yang eligible yang sudah terpilih dari sekolah secara lengkap dan dilakukan finalisasi.
  3. Siswa lulusan tahun ini.
  4. Masukan email dan password akun SNPMB untuk login

Validasi Data Profil

  1. Apa tanda siswa memenuhi syarat ikuti SNBP setelah berhasil Login ? mereka yang dinyatakan memenuhi syarat ketika berhasil login akan muncul halaman profil.
  2. Harap berhati-hati dalam melakukan edit profil pastikan tidak ada kesalahan terutama pada data selain jumlah tanggungan tidak bisa diperbaiki.
  3. Isikan jumlah tanggungan ornag tua.

Pemilihan Prodi

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pemilihan program studi pada tahap ini silahkan :

  1. Tekan menu Pilihan
  2. Pilih PTN/Politeknik Negeri dan pilih salah satu program studi dari masing-masing pilihan.
  3. Pemilihan prodi harus mengacu pada aturan 1 prodi harus satu provinsi yang sama dengan tempat tinggal.
  4. Untuk pilihan kedua bebas memilih.
  5. Pastikan untuk menyimpan semua pilihan jika dirasa sudah benar.
  6. Perikasa kembali data yang sudah diisi dan lanjutkan pengisian data lainnya.
     

Pengisian Portopolio

  1. Tidak semua siswa wajib mengisi portopolio hanya siswa/i yang memilih program studi olahraga dan seni yang wajib mengisi portofolio.
  2. Membuat portofolio sesuai dengan intruksi termasuk templet maupun format.
  3. File yang dibuat tidak boleh melebihi ukuran 100 mb.
  4. Cek terlebih dahulu setelah berhasil di unggah.
  5. Wajib menggunakan komputer atau laptop saat unggah portofolio.
  6. Kondisikan semua upload tidak pada waktu yang mepet penutupan pendaftaran SNBP.
     

Pengisian Prestasi 

Karena sistem seleksi berbasis prestasi maka pengisian bukti prestasi ini sangat penting karena akan menjadi pertimbangan untuk kelulusan pastikan upload bukti prestasi terbaik yang pernah diperoleh sebanyak 3 prestasi terbaik yang kalian miliki :

  1. Meski bersifat opsional menurut admin bukti prestasi sangat penting pada jalur SNBP.
  2. Maksimal 3 sertifikat yang bisa diupload.
  3. Sertakan dengan keterangan prestasi yang diperoleh.
  4. Format sertifikat atau bukti menggunakan format PDF/JPG/PNG
  5. Batas makasimal berkas harus dibawah 100 mb.
     

Finalisasi

  1. Lakukan pengeceka data yang telah terisi berulang kali agar tidak terjadi kesalahan semua data yang sudah disimpan final tidak akan bisa diedit lagi.
  2. Hanya siswa/i yang sudah 100% menyelesaikan pengisian data yang dapat melakukan finalisasi.
  3. Setelah berhasil melakukan finalisasi bukti registrasi berupa kartu pendaftaran dapat diundah.
     

Semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat, tidak lupa admin doakan semoga lulus 100% tahun ini.