Kapan Sekolah Kedinasan 2024 Dibuka ?


Kapan Sekolah Kedinasan 2024 Dibuka ? - Saya kelas 12 saat ini ingin ikut seleksi Sekolah Kedinasan Pak, tetapi dari sekolah menyarankan untuk ikut SNBP, apakah saya bisa memilih kedua tes tersebu tahun tersebut mengingat SNBP akan dilaksanakan terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan ikut tes Sekolah Kedinasan ?.
 
Pertanyaan itu muncul baru-baru ini setelah aturan seleksi jalur prestasi diumumkan, jika mengacu pada peraturan terbaru seleksi prestasi maka siswa/i yang bersangkutan harus memilih salah satu dari seleksi apabila mau ikut tes sekolah kedinasan maka disarankan agar tidak usah mengikuti SNBP karena jika lulus maka dipastikan tidak akan bisa ikut jalur sekolah kedinasan.
 

 
Kenapa hal itu bisa terjadi ? karena beberapa jalur kedinasan mengharuskan kita untuk terlebih dahulu memenuhi kriteria nilai UTBK yang digunakan sebagai seleksi tahap 1 tetapi jika lulus SNBP maka dipastikan tidak bisa ikut SNBT itu artinya kalian tidak akan bisa selamanya ikut sekolah kedinasan, harap berhati-hati dalam menentukan pilihan.
 
Jika tidak ada perubahan aturan seleksi sekolah kedinasan akan sama dengan tahun sebelumnya, beda cerita kalau kita tidak lulus SNBP maka tidak akan jadi masalah. Meski tawaran yang diberikan cukup menarik sebaiknya dari awal tahun ini diputuskan, jangan lupa untuk mendiskusikan bersama orang tua keputusan yang diambil.
 
Jangan sampai ikuti jalur prestasi setelah lulus menyesal karena tidak bisa ikut UTBK sementara seleksi awal tes harus memenuhi ambang batas nilai SNBT terlebih dahulu. Banyak yang masih ragu karena takut tidak lulus sekolah kedinasan mengingat seleksi nya ketat dan kemungkinan lulus. Sudah lewatkan SNBP tapi tidak lulus sekolah kedinasan kan akan terasa sayang dan nyesel.
 
Jika memiliki alternatif untuk kuliah setelah tidak lulus sekolah kedinasan maka jawaban yang tepat kan pasti lulus SNBT otomatis bisa lanjut kuliah kalau gagal. Apakah ada alternatif pilihan tetap bisa ikut SNBP tapi masih bisa ikuti sekolah kedinasan. 
 
Berdasarkan pengalaman tahun lalu tidak semua sekolah kedinasan mengharuskan memiliki nilai UTBK, jadi bisa memilih sekolah kedinasan lain, tetapi jika tidak ada perubahan artinya mengharuskan untuk ikut seleksi SNBT, untuk mengetahui apa saja sekolah kedinasan yang dibuka berikut list sekolah kedinasan tahun ini yang akan dibuka pemerintah.
  1. Politeknik Statistika STIS 
  2. Politeknik Keuangan Negara STAN 
  3. Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM Politeknik Imigrasi (Poltekim) - Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) 
  4. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) 
  5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 
  6. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 
  7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 
  8. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan: - Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) STTD, Bekasi - Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal - Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun - Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltektans SDP) Palembang 
  9. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali 
  10. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta 
  11. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang 
  12. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar 
  13. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya 
  14. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat 
  15. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh 
  16. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten 
  17. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara 
  18. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong 
  19. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong, Sulawesi Selatan 
  20. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug 
  21. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya 
  22. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar 
  23. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan 
  24. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang 
  25. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura 
  26. Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi

 

Kapan Sekolah Kedinasan 2024 Dibuka ?

Persiapkan dari awal tahun Januari pembuatan akun SNPMB untuk digunakan mendaftar SNBT adapun rincian pendaftaran Sekolah kedinasan seperti dibawah ini :

  • Pembuatan Akun SNPMB 08 Januari – 15 Februari 2024 
  • Pendaftaran UTBK-SNBT 21 Maret – 05 April 2024

Beberapa sekolah kedinasan menggunakan seleksi SNBT seperti PKN STAN namun tidak semua beberapa sekolah lain menyelenggarakan tes sekolah kedinasan sendiri pada periode pendaftaran seperti berikut :

  • Pendaftaran Mei-Juni 2024
     

Diperlukan untuk mengecek semua ketentuan yang berlaku, tetapi untuk meminimalisir kemungkinan gagal ikut tes dari awal harus buat akun SNBT terlebih dahulu. Intinya baik seleksi kuliah atau sekolah kedinasan hanya diizinkan mengikuti satu kali setiap tahun. Tetapi jika tidak lulus bisa ikut tahun depan lagi.

Hanya saja untuk peserta yang yang lulus SNBP maka dipastikan tidak akan bisa ikut selamanya sesuai aturan jadi harap untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan dimulai dari tahun ini, karena penyesalan akan selalu terjadi dibelakang. Semoga informasi yang admin berikan dapat membantu mempersiapkan diri untuk ikut tes sekolah kedinasan tahun ini.