Tips Persiapan SNBT Trik Menjawab Soal UTBK yang Tidak Tau 2024/2025


Tips Persiapan SNBT dan Trik Menjawab Soal SNBT UTBK yang tidak Tau 2024/2025 - Dalam setiap tes kita selalu dihadapkan dengan situasi yang sulit terketan dan grogi, jangan sampai hal tersebut terjadi karena seberapa keras anda mempersiapkan diri untuk mengikuti tes jika sudah gugup berlebihan maka apa yang akan dipelajari akan hilang tidak berguna. Kunci agar tidak gugup secara berlebihan dalam mengikuti tes adalah persiapan terutama dalam penguasaan teknologi seperti penggunaan komputer atau laptop harus dibiasakan.

Pastkan melakukan pembiasaan 1 bulan paling minimal, selain itu memahami format soal juga penting agar saat tes tidak kebingungan secara berlebihan dengan cara mengikuti simulasi tes yang ada. Terkadang meski sudah dipersiapkan secara matang dengan banyak belajar materi tes dan menguasai semua teknologi dan mengerti bentuk tes yang akan dikerjakan tidak jarang kita akan menemukan situasi yang membuat kita merasa ragu-ragu dalam menjawan soal tes.


Lebih parahnya setelah dibaca berulang kali ternyata kita tidak tau jawabannya, nah opsi yang umumnya diambil dengan menebak jawaban secara acak, bahkan tidak sedikit siswa/i memutuskan tidak menjawab. Jika itu terjadi maka yang akan rugi kita sendiri karena seharusnya soal tersebut dapat menambah poin karena tidak menjawab akan kosong.

Pada dasarnya setiap lembaga atau instansi apapun dalam membauat soal memiliki formula khusus yang jarang disadari, mereka tidak menyadi bahwa semua bentuk tes memiliki rumusan dalam penyusunan, mengapa admin tau karena berdasarkan pengalaman tes sendiri dan menjadi tim menyusun tes pola utama seperti pada soal pilihan ganda jawaban harus memiliki persentase dimana jawaban A, B,C,D,E memiliki persentasi 20%.

Contoh peserta A, merasa setiap kali menjawab pilihan ganda yang tidak tau memilih jawaban pada opsi acak maka kesempatan untuk tebakan benar akan tidak valid namun jika memutuskan untuk menjawab semua soal pilihan ganda yang tidak diketahui dengan jawaban B misalnya maka pesentase benar dalam tebakan akan mencapai 1%-5% lumayan untuk tambahan poin.

Masalahanya saat ini soal tes UTBK SNBT tidak diprogram dengan 100% pilihan ganda tetapi setiap peserta akan menemukan banyak sekali opsi yang bisa dijawab dan bahkan mengizinkan kita untuk memilih jawaban lebih dari 1. Secara umum mirip seperti kita tes ANBK disekolah, atau jika pernah ikut ABM pola soalnya mirip.

Namun tidak semua orang terbiasa mengerjakan soal tersebut terkadang banyak bingung. Oleh sebab itu untuk mengikuti tes yang sukses diperlukan persiapan dengan banyak mengikuti latihan maupun simulasi, jika tahun ini kalian memutuskan untuk ikut tes SNBT sebaiknya persiapkan diri secara matang.

Bagi yang belum mengetahui harus dimulai dari mana persiapan yang harus dilakukan admin akan memberkan sedikit tips untuk persiapan Tes SNBT dan Trik Menjawab Soal apabila kita tidak mengetahui, agar tebakan dalam menjawab bisa berkontribusi menambah nilai tes dari pada tidak menjawab ini akan sangat membantu karena sudah berulangkali admin praktekan dan berhasil lulus diberbagai tes seperti tes perguruan tinggi negeri, baik ujian tulis nasional maupun jalur mandiri, tes di pekerjaan seperti kedinasan dan CASN, dan di program profesi sangat membantu berikut informasi lengkap :

Tips Persiapan

Persiapan Pembuatan Akun Mulai Januari

  1. Segera lakukan pendaftaran akun SNPMB pada bulan Januari kalau mau ikut SNBT.
  2. Meski pendaftaran SNBT masih lama untuk pembuatan akun dilaksanakan serentak.
  3. Menyelesaikan pembuatan akun hingga finalisasi akun.
  4. Tunggu pembukaan SNBT tetapi akun sudah siap.

Persiapan Latihan Soal

  1. Ikuti simulasi SNBT https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Bentuk soal SNBT mirip dengan ANBK dan Ujian ABM tidak hanya soal pilihan ganda tetapi banyak bentuk tes seperti literasi membaca, literasi numerasi, mencocokan, benar salah yang mengharuskan untuk menjawab tidak hanya satu jawaban tunggal tetapi beberapa seperti 2 hingga 3 jawaban yang benar bahkan ada yang seluruh jawaban adalah benar.
  3. Tidak sedikit yang memutuskan untuk mengikuti kursus online hanya saja bagaimana jika kita tidak memiliki uang apa rekomendasi kursus yang bagus dan murah.
  4. Berdasarkan pengalaman admin yang paling rekomendasi adalah kursus tryout SNBT setiap minggu cukup membeli satu kali setiap minggu untuk ikuti tryout dengan 1 jenis tes seperti IPA atau IPS saja, karena keduanya sama.
  5. Ikuti paling tidak satu bulan hingga sampai menjelang tes SNBT.
  6. Bagi sekolah unggulan biasanya dapat mengikuti program dari sekolah yang sudah dijadwalkan.
  7. Biasakan diri untuk mengerjakan soal menggunakan laptop atau komputer jangan menggunakan HP agar saat tes sudah terbiasa.
  8. Rajin ikuti simulasi SNBT menggunakan laptop, bagaimana jika tidak memiliki laptop pinjam atau ke tempat sewa seperti warnet yang masih ada atau komputer yang ada di perpustakaan di daerah atau kota anda.
     

Persiapan Tes 

  1. Tes SNBT tidak hanya pertarungan mengerjakan soal saja jauh lebih penting mempersiapkan diri yaitu masalah mental kita harus tenang dalam mengerjakan soal, untuk bisa tenang harus terlatih mengerjakan soal.
  2. Jika kalian merasa bahwa belum terbiasa menggunakan PC atau Laptop dan Mouse segera latihan rutin.
  3. Kerjakan soal apapun menggunakan PC atau lapotop paling tidak satu bulan sebelum tes sudah terbiasa.
  4. Termasuk mengikuti kursus online gunakan laptop dan komputer.
  5. Pinjam ke keluarga yang sudah kuliah atau orang terdekat jika tidak memiliki.
  6. Rutin mengerjakan soal dan ikut simulasi menggunakan Lapotop atau Komputer.
  7. Latihan mengerjakan soal dengan benar tidak hanya itu saja tetapi juga harus cepat usahakan untuk menghitung berapa estimasi pengerjaan setiap sial, rata-rata setiap soal dibawah 1 menit pengerjaan jika tidak bisa wajib lanjut agar waktu tidak terbuang sia-sia.
     

Trik Menjawab Soal SNBT

Menjawab Soal Teks Panjang

  1. Peserta SNBT akan menemukan bentuk soal yang sangat panjang dengan jawaban sedikit, bagaimana cara mengerjakan soal karena jika dibaca ternyata menghabiskan waktu hampir dua menit bahkan lebih.
  2. Untuk mengerjakan soal yang sangat panjang, silahkan untuk menyempatkan satu kali membaca full, usahakan untuk benar-benar mengingat bacaan karena tidak akan ada waktu untuk mengulangi bacaan tersebut.
  3. Soal yang panjang biasanya menguji kemampuan literasi membaca keuntungan dari soal panjang satu teks panjang biasanya untuk 3-5 soal, pada soal pertama kita akan menghabiskan 2-3 menit membaca tetapi selanjutkan kita bisa mengerjakan dibawah 30 detik karena tidak membaca soal lagi.
  4. Pahami bacaan, ada beberapa tipe soal yang tidak perlu dibaca kita cukup membaca judul sudah mengetahui isi dari teks tersebut.
  5. Inti kalimat berada di dua tempat di paragraf awal atau di paragraf akhir jadi sebenarnya kita bisa melakukan trik tersebut. 

Menjawab Soal Hitungan Sulit

  1. Peserta SNBT juga akan menemukan soal hitung-hitungan sulit, triknya jika ada penyajian data berupa tebel, soal cerita, grafik, diagram tidak perlu dihitung kita dapat membaca berdasarkan data dan menarik kesimpulan.
  2. Jika setelah dihitung ternyata jawaban soalnya tidak ada maka sebaiknya pilih yang paling mendekati.
  3. Menggunakan pola mengerjakan soal King sesuai dengan prinsip matematika dasar.
  4. Jika menguasai hitung-hitungan kerjakan lebih dahulu soal hitungan karena akan menghemat waktu lebih banyak
  5. Jika tidak menguasai hitungan urutkan pada terakhir dalam mengerjakan.
     

Menjawab Soal Bahasa Inggris

  1. Banyak yang merasa kesulitan mengerjakan soal ini karena tidak familiar dengan bahasa, namun kita bisa menggunakan soal bentuk reading untuk menjawab soal lainnya, biasanya soal memiliki kaitan jawaban pada soal ada di teks.
  2. Perbanyak menghafal kata-kata bahasa inggris.
  3. Pahami kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris sederhana
  4. Analisis setiap kata karena dari kata bahasa inggris akan menunjukan secara spesifik konteks yang ditanyakan dalam soal, contoh jika berkaitan dengan waktu seperti apa, jika berkaitan dengan tempat akan berbeda dan lainnya.
  5. Namun jika tidak banyak bisa menjawab jangan habiskan waktu untuk mengerjakan soal yang kita tidak ketahui segera beralih ke soal lain.

Trik Menjawab Soal yang tidak Tau

  1. Jika kita menemukan soal yang panjang dan tidak mengetahui maka jawaban dipastikan ada dalam soal atau teks panjang cari saja didalam nya dengan teliti.
  2. Jika jawaban A,B, C,D,E maka akan ada 3 jawaban yang mirip itu menandakan jawaban benar karena setiap soal memiliki pengecoh.
  3. Terdapat 4 jawaban mirip masing-masing dua artinya dari 4 kemungkinan tersebut ada yang benar.
  4. Dipastikan jawaban yang paling beda merupakan jawaban yang salah tidak usah dipilih jika menemukan jawaban paling beda.
  5. Semakin mirip jawaban kemungkinan benarnya akan semakin tinggi.
  6. Dalam soal SNBT selain pilihan ganda ada juga opsi menjawab lebih dari satu jawaban jika kita menemukan jawaban seperti ini kita dapat memilih 2 sampai 3 jawaban jangan dipilih semua karena akan rugi sebab dipilih semua jauh lebih banyak jawaban yang salah dari pada yang benar intinya lebih banyak minus.
  7. Contoh jika ada 5 opsi jawaban paling sesuai dengan teks maka dipastikan ada 2 jawaban sampai 3 jawaban yang benar.
  8. Berbeda cerita jika kita mengerjakan soal dari soal teks memilih kolom sesuai dan tidak sesuai kita bisa memilih seluruh opsi dari satu kolom jika tidak mengetahui jawabannya.
  9. Apabila yang tidak bisa dijawab soal hitungan anda tidak perlu menghitung karena semua soal hitungan bisa dilogika dengan membaca data dan membuat simulasi sederhana dalam otak.
  10. Pilih jawaban hitungan jika bisa dihitung yang paling mendekati apabila yang dihitung tidak ada dalam jawaban pastikan menjawab hitungan yang lebih rendah dari yang kita temukan atau sedikit lebih tinggi.
  11. Ada hitungan soal misal minus pasti jawaban plus atau sebaliknya pola seperti ini biasanya ada.
  12. Jika ditemukan soal hitungan dalam bentuk cerita atau data seperti diagram, tabel, infografis, peta konsep cukup dilogika saja.
  13. Paling parah jika tidak tau tetapi jawaban bisa dipilih, pilih semua jawaban yang bisa dipilih tetapi ini untuk yang benar-benar tidak tau.
  14. Jika soal yang tidak tau adalah soal literasi membaca yang panjang coba untuk baca judul biasanya judul itulah isi dari jawaban, sedangkan untuk jika tidak ketemua baca di paragraf awal dan akhir inti kalimat atau dapat ditarik kesimpulan dari trik tersebut.
  15. Setelah memahami teori diatas jangan lupa untuk latihan pada simulasi SNBT atau latihan Tryout gunakan semua trik, simpulkan mana yang lebih efektif digunakan.