Kapan CPNS 2024 Dibuka ? Puncaknya 5 Tahun Sekali, Normal 1-2 Tahun Sekali Ada Wacana CPNS dibuka Setiap Saat


Kapan CPNS 2024 Dibuka ? Puncaknya 5 Tahun Sekali, Normal 1-2 Tahun Sekali Ada Wacana CPNS dibuka Setiap Saat Jawabnya adalah sesuai dengan data pensiun ASN jika ada banyak tahun ini ASN yang akan pensiun serentak di seluruh Indonesia maka dipastikan akan ada bukaan CPNS hanya saja yang tau data pensiun adalah pemerintah dan seringkali tidak membuka secara publik terkait informasi tersebut.

Bahkan di beberapa kasus meski ada banyak yang pensiun rekrutmen CPNS tetap ditunda dengan alasan usulan formasi belum selesai 100% dari instansi dan daerah, namun sepanjang perjalanan admin sebagai penulis dan analisis data dari 20 tahun lalu terdapat pola pendaftaran CPNS yang terjadi secara rutin.
 


Sebelumnya proses rekrutmen CPNS terjadi 1 tahun sekali, namun semua itu berubah setelah Naruto menjadi Hokage di Negeri Konoha yang berubah menjadi 2 tahun sekali, meski memiliki pola yang sama hal ini tentu ada pertimbangan seperti efisiensi anggaran karena semakin sering merekrut CPNS maka akan semakin memberatkan keuangan negera dalam memenuhi kebutuhan SDM.

Tetapi yang tidak kalah menarik ternyata dari semua rektumen CPNS ada puncak bukaan CPNS secara besar-besaran yaitu periode 5 tahun karena proses pembukaaan CPNS sudah terjadi secara rutin artinya di periode 5 tahun juga secara bersamaan akan banyak pensiun ASN. Namun ada juga yang beranggapan hal ini menjadi kebijakan politik yang dapat mendukung kepentingan kampanye pasangan calon Hokage yang didukung oleh pemerintahan saat ini.

Terlepas dari apapun kepentingan dibalik aturan yang dibuat admin tidak terlalu peduli karena fokus kita pencari kerja ya bisa ikut pendaftaran CPNS sesering mungkin agar bisa meningkatkan peluang lulus, semakin sering mendaftar maka kesempatan lulus akan semakin tinggi. Pertanyaan adalah apakah tahuun ini akan ada bukaan CPNS semua itu dapat dijawab oleh data jika tahun ini merupakan tahun politik itu artinya akan ada bukaan CPNS secara besar-besaran.

Polemik PPPK dari Honorer juga masih menjadi polimek di instansi daerah bupati dan walikota masih menginginkan CPNS untuk memenuhi kebutuhan kwalitas layanan dan SDM terutama untuk kabupaten baru berkembang masih banyak mengajukan dari formasi CPNS, pengajuan ini memakan waktu yang tidak sebentar dari mulai pendataan berapa formasi yang dibutuhkan hingga berapa yang pensiun dan baru serahkan ke pusat untuk dilakukan proses rekrutmen.

Berdasarkan pengalaman admin sebagai data analis dari data 10-20 tahun yang lalu pembukaan CPNS memiliki pola yang sudah tersturktur hampir sama setiap 5 tahun sekali, pertama pemerintah akan membuka 1 tahun sekali, namun jika tidak terlalu membutuhkan akan dibuka 2 tahun sekali, dan puncaknya akan ada besar-besaran 5 tahun sekali berdasarkan hasil analisis data admin memberikan kesimpulan Kapan CPNS dibuka ? seperti terlampir dibawah ini :

 

Pendafaftaran CPNS 1dibuka 1 Tahun Sekali

Pendaftaran CPNS awalnya dibuka 1 tahun sekali minimal, dan bahkan pernah mencapai rekor 2 kali dalam setahun, namun seiring dengan terpenuhinya kebutuhan formasi yang ada disetiap instansi hal ini berkurang sayangnya saat ini periode bukaan CPNS 1 tahun sekali sudah berubah menjadi 2 tahun sekali.

 

Periode Pendaftaran CPNS dibuka 2 Tahun Sekali

Saat ini yang berlaku adalah sistem rekrutmen CPNS yaitu 2 tahun sekali, untuk mengatasi kekurangan tenaga ASN karena banyak pensiun pemerintah membuka rekrutmen PPPK dari Honorer maupun lulusan pendidikan profesi karena basis dari PPPK merupakan ASN yang memiliki kompetensi maka harus memiliki pengalaman kerja atau lulusan sari sekolah profesi.

Kebutuhan akan ASN yang cukup tinggi memang tidak memungkinkan jika harus menunggu 2 tahun sekali, namun persiapan pengajuan ASN memang tidak sebentar bahkan perlu waktu satu tahun dalam pengajuan formasi oleh sebab itu proses pendaftaran CPNS memakan waktu cukup lama. Kedepan pemerintah tengah melakukan revisi untuk rekrutmen CPNS diharapkan kedepan tidak ada waktu rekrutmen CPNS jika dibutuhkan langsung ada bukaan.

 

Puncak Pendaftaran CPNS 5 Tahun Sekali

Pola pendaftaran CPNS memiliki fase yang sama dengan ASN yang pensiun puncaknya kebutuhan ASN paling tinggi jika masuk periode 5 tahun sekali, biasanya bertepatan dengan sebelum pemilihan presiden, hal ini bukan karena tujuan politik ya, karena memang masa rekrutmen CPNS terjadi paling tinggi pada periode 5 tahun jadi yang pensiun juga sama setiap 5 tahun sekali pemerintah akan ada puluhan ribu ASN juga yang pensiun.

Kita bisa menghitung periode pembukaan CPNS dimulai dari tahun pemilihan presiden, karena mekanisme pendaftaran CPNS memiliki pola yang sama dengan pensiun ASN maka hal itu cukup beralasan mengapa puncak dari pendaftara CPNS terjadi 5 tahun sekali, itu artinya formasi yang akan dibuka secara besar-besaran terjadi pada periode 5 tahun sekali.

Hal ini bisa menjadi moment yang baik terutama untuk lulusan baru, persiapkan diri kalian untuk mengikuti seleksi dan pendaftaran ya.

 

Aturan Baru Periode Pembukaan CPNS Setiap Bulan

Kedepan pembukaan CPNS akan mengalami perubahan drastis jadi tidak akan ada periode pendaftaran ASN seperti sebelumnya 2 tahun sekali atau 5 tahun sekali, kedepan pemerintah akan membuka pendaftaran setiap kali ada pensiun ASN maka akan langsung dilakukan rekrutmen pada bulan yang sama, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan rekrutmen 2 kali dalam satu bulan atau setiap bulan selama periode 1 tahun penuh.

Setiap kebijakan yang dibuat tentu ada kelebihan dan kekurangan setengahnya sudah kita rasakan saat ini karena rekrutmen dalam 10 tahun terakhir hanya dibuka 2 tahun sekali, berbeda dari 15-20 tahun lalu yang dibuka setiap 1 tahun sekali. Dampaknya pada lulusan baru maupun mereka yang usianya sudah mendekati 35 tahun tentu akan sangat terasa dirugikan adapun kentungan dan kekurangan dalam pola pembukaan CPNS sebagai berikut :

 

Keutungan Jika Pendaftaran CPNS dibuka Poriode Tahunan 

  1. Akan ada banyak formasi yang akan dibuka secara bersamaan karena proses rekrutmen CPNS hanya dilakukan dalam periode tahunan seperti 2 tahun sekali atau 5 tahun sekali.
  2. Peluang lulus CAT dan SKB lebih tinggi karena kuota penerimaan bisa dikalikan 2-3 kali saat perangkingan.
  3. Dapat memperispakan diri lebih matang karena ada banyak waktu untuk belajar.
  4. Bisa bekerja lain terutama bagi seorang kepala keluarga sembari menunggu bukaan CPNS.
  5. Persiapan pemerintah dalam mengajukan usulan formasi dari instansi akan lebih maksimal.

Kekurangan Jika Periode CPNS dibuka Tahunan

  1. Terlalu lama menunggu membuat otak menjadi tidak produktif
  2. Lulusan baru akan menganggur lebih lama karena menunggu bukaan CPNS yang lama.
  3. Usia sudah habis namun pembukaan CPNS belum dibuka.
  4. Sudah tidak memiliki semangat karena lama sekali.
  5. Materi yang dipelajari menjadi tidak berguna karena saat bukaan CPNS harus belajar lagi.
  6. Sudah terikat dengan pekerjaan lain menyebabkan tidak lagi bisa mendaftar karena kelamaan menunggu.
  7. Ketidakpastian menjadi salah satu yang membuat kita merasa lelah menunggu rekrutmen CPNS.
     

Berdasarkan apa yang sampaikan Menpan kedepan rekrutmen CPNS tidak harus menunggu 1 tahun sekali atau 2 tahun sekali bisa dilakukan setiap saat jika pemerintah membutuhkan langsung dibuka namun tidak lepas dari kelebihan maupun kekurangan yang akan dirasakan jika hal tersebut benar-benar di realisasikan oleh pemerintah.

 

Bagaimana Jika Pendaftaran CPNS dibuka Setiap Saat Apa Saja Kelebihannya :

  1. Kita bisa mengingat bentuk soal dan mempersiapkan untuk tes berikutnya.
  2. Peluang untuk memahami soal lebih baik karena waktu tes dari tes lainnya tidak terlalu jauh.
  3. Lulusan baru bisa langsung mendaftar tanpa harus menunggu lama.
  4. Bagi yang usianya sudah 35 tahun bisa memaksimalkan kesempatan yang ada.
  5. Persiapan lebih semangat karena rekrutmen CPNS sering dibuka.

Dibalik itu ada kekurangan yang dirasakan nantinya jika dibuka setiap saat  seperti :

  1. Akan seperti seleksi BUMN yang memperebutkan 1 formasi dengan jumlah puluhan ribu orang.
  2. Tingkat persaingan dengan kuota yang dibuka semakin tinggi.
  3. Persaingan semakin ketat.
  4. Perlu banyak biaya yang harus disiapkan untuk mendaftar.
  5. Susah untuk fokus karena banyak jadwal tes yang tabrakan dengan jadwal kerja.
  6. Tidak bisa izin dan bolos kerja setiap tesnya.
  7. Tidak akan ada bukaan CPNS secara besar-besaran karena rekrutmen sudah dibuka dicicil.
     

Namun penghambat lain dari sistem rekrutmen CPNS ini bukan pada kapan dibuka pendaftaran tetapi pemerintah banyak melakukan rekrutmen PPPK untuk memenuhi kebutuhan ASN, jutaan pelamar dari honorer harus diselesaikan dalam waktu singkat, namun ini tidak akan berlangsung lama karena setelah semua honorer diangkat menjadi PPPK tidak akan ada lagi honorer karena semua sudah ditutup.

Tersisa mereka dari jalur sekolah profesi yang dapat mengikut PPPK dan tidak sebesar porsinya pada pengangkatan honorer. Semua kebijakan terkait dengan penerimaan CPNS dan kapan dibuka bergantung pada presiden yang akan menjabat, namun pola pembukaan yang sudah admin tulis berdasarkan analisis daa 20 tahun yang lalu sampai saat ini.

Tahun ini persiapkan diri anda untuk mengikuti CPNS karena akan ada pembukaan besar-besaran yang akan diumukan pemerintah dalam waktu dekat, semoga tahun ini kita bisa menjadi ASN amin.