Portal SNPMB dan Pengisian Data SNBP 2024/2025


Cara Daftar Portal SNPMB dan Cara Pengisian Data SNBP 2024/2025 - Makasih udah nyempetin waktunya, Bro, Sis, dan temen-temen yang lagi berjuang di dunia seleksi masuk perguruan tinggi! Nah, kali ini kita bakal bahas tentang pembuatan akun di Portal SNPMB yang emang bikin kepala agak mumet tapi tenang aja, gue bakal jelasin cara bikinnya tanpa pusing! Jadi, pertama-tama, buka laptop atau handphone kalian, bebas sih yang penting bisa internetan. Nah, kita mau bikin akun di Portal SNPMB, alias Sarana Penerimaan Mahasiswa Baru. 
 
Portal ini jadi pintu gerbang bagi kita buat ikutan seleksi masuk perguruan tinggi, apakah itu untuk Program Diploma Tiga, Diploma Empat (Sarjana Terapan), atau Sarjana. Poinnya, akun di sini jadi kunci buat pintu masuk cita-cita kalian! Oke, berikut langkah-langkah simpelnya. Pertama, buka browser, gak penting pake Google Chrome atau Firefox, yang penting bisa browsing. Nah, setelah itu, ketik aja di kolom pencarian 'Portal SNPMB'. Nanti bakal keluar tuh linknya, klik aja langsung. 
 

Jangan takut salah, karena ini awal banget, ga ada yang bisa salah. Ketika udah masuk ke Portal SNPMB, cari menu registrasi atau buat akun, biasanya mereka kasih tahu di halaman depan. Gak usah bingung, soalnya disusun sedemikian rupa kok, biar kita yang awam ini juga bisa ngikutin. Setelah itu, kalian bakal disuruh mengisi data diri, kayak nama, alamat, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Gak perlu pake bahasa alay atau formal, santai aja. Asal bener dan sesuai KTP atau KK, udah mantap! Nah, yang penting nih, jangan lupa isi alamat email yang masih aktif. Email ini bakal jadi temen setia kalian buat ngirim notifikasi dan informasi penting seputar seleksi masuk perguruan tinggi. 
 
Jadi, pastikan alamat email kalian bener dan kaga ada typo. Nggak lucu kan kalo kabar gembira masuk spam? Setelah berhasil daftar, nanti biasanya mereka bakal minta verifikasi lewat email. Cek email kalian, cari yang dari SNPMB, trus klik link verifikasinya. Jangan lupa cek spam juga, siapa tahu emailnya nyasar. Selanjutnya, kalian tinggal log in pakai akun yang baru aja kalian bikin. Ini bisa pakai email atau username yang udah kalian daftarin tadi. Enaknya, kalo lupa, tinggal klik 'Lupa Password', gak bakal susah-susah amat deh. Setelah login, baru deh kalian bisa akses semua fitur SNPMB. 
 
Mulai dari ngecek kuota sekolah, ngisi data diri, sampe daftarin diri buat ikutan ujian. Santai aja, bro, sis, ga perlu panik, semuanya dijelasin dengan gamblang. Nah, itulah tadi cara bikin akun di Portal SNPMB yang simpel dan santai. Ingat, ga perlu tegang, karena ini langkah pertama menuju cita-cita! Good luck, dan semangat terus, guys! 
 

Gimana, Bro? Gampang Banget Daftar Akun di Portal SNPMB!

Bro, buat kalian yang lagi ngejar jurusan idaman lewat SNPMB 2024, penting banget nih buat bikin akun di Portal SNPMB. Biar ga ketinggalan, yuk ikutin langkah gue yang santai abis!
 

1. Cek Situs Resmi SNPMB

Nih, buka browser, terus ketik https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Pastiin situs yang bener ya, biar ga kejebak yang palsu.
 

2. Daftar Akun SNPMB Sekolah

Kalo lo siswa, nungguin sekolah lo dulu deh buat daftar akun. Gampang, tinggal masukin NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), trus ikutin langkahnya.
 

3. Daftar Akun SNPMB Siswa

Nah, kalo udah dari sekolah, sekarang waktunya lo buat akun sendiri. Isi biodata lo dengan jujur, no bohong-bohong ya!
 

4. PDSS diisi Sekolah

Sekolah bakal ngisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) buat pastiin data lo udah lengkap. Biar hasilnya akurat, ya!
 

5. Daftar SNBP dan UTBK–SNBT

Jangan lupa daftar buat SNBP dan UTBK–SNBT sesuai periode yang udah ditentuin. Ga mau kan kelewatan kesempatan emas?
 

6. Single Sign On (SSO)

Biar lebih nyaman, gunain fitur Single Sign On (SSO) di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Mudah kan?
 

7. Kelola Akunmu!

Setelah akun jadi, lo bisa atur-in data lo, ikutin proses seleksi, sampe ngecek hasilnya. Semua serba gampang di akun SNPMB lo!
 

8. Ada Masalah? Hubungi Mereka!

Kalo bingung ato ada masalah, langsung aja kontak call center di 0804 1 450 450. Atau bisa juga ke helpdesk online di https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.


Khusus Pelamar KIP Kuliah

Bagi yang memiliki kartu KIP/PIP terlebih dahulu mendaftar melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ setela membuat akun, namun bagi yang tidak memiliki KIP tetapi merasa tidak mampu dengan ketentuan penghasilan orang tua kotor perbulan orang tua dibawah 4 juta maka bisa membuat surat keterangan kurang mampu dari kades atau lurah setempat. Terdapat dua skema KIP Kuliah yaitu :
  • Skema 1 pemegang kartu KIP/PIP yang mendaftar KIP Kuliah akan full gratis beasiswa 100% dengan rincian gratis UKT dan Biaya Hidup sebesar 800 rb - 1 juta dibayar 6 bulan sekali diakhir setiap semester.
  • Skema 2 pendaftar KIP dari surat keterangan tidak mampu kades/lurah setempat dan dianggap mampu berdasarkan data analis dari kemensos, maka akan mendapatkan skema gratis UKT selama kuliah dan tidak mendapatkan biaya hidup.
  • Skema 2 pendaftaran dari surat keterangan tidak mampu full 100%
  • Beasiswa KIP Kuliah ini bisa ditumpuk dengan beasiswa lain artinya pemerintah mengjizinkan dobel besasiswa.
     
Bagi yang orang tua memiliki penghasilan diatas 4 juta kotor setiap bulan skip saja langsung lanjut untuk melakukan pengisian data SNBP.

Pengisian Data SNBP : Dari Bikin Akun Sampai Akhirnya Nyampein Cita-Cita! 

Yo, temen-temen pemberani yang udah sukses bikin akun di Portal SNPMB! Sekarang, gue bakal ngajak kalian melangkah lebih jauh, dari proses pendaftaran sampe akhirnya kita bisa bener-bener nyampein cita-cita kita. Stay tuned, karena kita bakal kupas satu per satu, dengan bahasa yang tetep santai dan gak bikin puyeng kepala! Login ke https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Pendaftaran SNBP: Langkah Awal Menuju Impian 

Setelah berhasil bikin akun di SNPMB, langkah pertama yang kalian harus lakuin adalah masuk ke dalam portal. Gampang, cukup login dengan akun yang udah kalian buat tadi. Jangan lupa, bawa suasana hati yang positif dan semangat yang menggebu-gebu! 

Pengisian Data Profil

Pas udah masuk, kalian bakal nemuin bagian Data Profil. Nah, di sini, kalian diminta untuk mengisi data diri dengan jujur dan akurat. Kalo ada perubahan data, update aja langsung. Nggak perlu khawatir, karena ini buat kepentingan kalian sendiri, biar gak ada kendala di kemudian hari. Jangan lupa, masukin data alamat, tanggal lahir, dan segala informasi yang diperlukan dengan hati-hati. Gue saranin, siapin KTP atau Kartu Keluarga biar data yang kalian masukin beneran sesuai. Biar smooth prosesnya, ga ada hambatan. 

Pilihan Perguruan Tinggi: Bisa Pilih Lebih dari satu sampai 2 pilihan

Meski melalui jalur SNBP tahun ini peserta diberikan kebebasan untuk memilih program studi jadi ngak ada lagi cerita salah pilih jurusan karena sudah sesuai keinginan, SNBP tahun ini menjadi tahun pertama yang memberikan keleluasaan pilihan baru kemudian sisanya pilihan berdasarkan prestasi sekolah.

Pengisian Portfolio   

Khusus memilih jurusan rumpun olahraga dan seni wajib upload portpolio yang sudah ditentukan, agar dapat mengisinya dengan benar selain membaca ketentuan dari SNBP dari mulai format, ukuran dan templet juga bisa meminta guru olahraga dan seni yang ada disekolah untuk membantu mempersiapkan portfolio agar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.
 
Jika guru PJOK maupun Seni tidak mengerti sebaiknya berkonsultasi dengan wak kurikulum yang ada disekolah untuk membuatkan portfolio yang sesesui adapun jurusan yang mewajibkan mengupload portfolio adalah : Olahraga, Senirupa, Desain dan Kriya Seni Tari Seni Musik Seni Karawitan Etnomusikologi Teater Fotografi Film Televisi Seni Pedalangan Sendratasik. Diluar dari program studi yang sudah disebutkan tidak perlu mengisi portfolio.

Upload Bukti Prestasi

Hanya ada 3 jenis sertifikat yang bisa menambah bobot kelulusan SNBP diantaranya Sertifikat tingkat kabupaten kota, sertifikat tingkat provinsi dan sertifikat tingkat nasional dan internasional dibawah dari rayon tersebut sertifikat yang didapat dari lembaga terafiliasi oleh pemerintah seperti memenangkan lomba tertentu yang diselenggarakan PTN, PTKIN atau Politeknik Negeri selama sekolah. Beberapa sertifikat lain yang ada afiliasi dengan pemerintah dan lembaga negara juga dapat menambah bobot. Namun jika semua sertifikat yang dimiliki dari sekolah pilih sertifikat yang sesuai dengan program studi atau jurusan di sekolah.

Finalisasi Data: Selamat, Kalian Udah Nyampein Tahap Akhir! 

Last but not least, setelah ngecek dan pastiin semuanya udah bener, tinggal finalisasi data aja. Klik tombol atau menu yang biasanya bertuliskan "Finalisasi" atau "Submit". Ini kayak ngasih tandatangan digital, loh. Jangan sampai ketinggalan, biar semua proses pendaftaran kalian dianggap sah. Jangan lupa buat nyimpen bukti atau screenshot setiap tahap pendaftaran, siapa tau nanti butuh. Udah selesai? Selamat, temen-temen! Kalian udah ngerjain sesuatu yang gak semua orang bisa lakuin. Semoga aja langkah selanjutnya menuju perguruan tinggi impian kalian bakal lebih menyenangkan