CPNS Kota Sorong 2024/2025 : Pendaftaran CASN ibukota Papua Barat Daya


CPNS Kota Sorong 2024/2025 : Pendaftaran CASN Ibukota Ibukota Papua Barat Daya - Kota Sorong merupakan salah satu ibukota provinsi Papua Barat Daya yang memiliki segudang kekayaan alam bahkan dijuluki sebagai kota minyak sejak jaman penjajahan sampai saat ini, jika dibandingkan dengan jumlah populasi yang mencapai lebih dari 250 ribu jiwa menjadikan daerah yang potensial berkembang kedepan.

Tahun ini akan menjadi awal perubahan besar yang akan terjadi di kota Sorong karena sebagai salah satu ibukota provinsi baru, ada banyak sekali kebutuhan SDM yang harus dipenuhi, dukungan pemerintah pusat akan fokus pada alokasi formasi CPNS yang cukup banyak dari mulai ASN teknis, pendidikan dan kesehatan akan terus ditingkatkan.


Seiring berjalan waktu juga pembangunan infrastruktur juga akan semakin berkembang tidak menutup kemungkian beberapa tahun kedepan perkembangan kota Sorong akan menyalip daerah lain bahkan akan lebih dahulu maju karena didukung SDA yang memadai. Diarapkan kedepan pembangunan dan perkembangan papua akan semakin merata.

Kita sebagai masyarakat Indonesia harus dapat memanfaatkan pelaung, karena akan banyak dibuka formasi jauh lebih baik jika berkontribusi secara lansung dalam perkembangan Papua Barat Daya terutama untuk masyarakat asli papua baik lulusan baru maupun lama. Tidak akan ada yang bisa memajukan suatu daerah jika tidak putra putri asli papua. 

Selama periode persiapan untuk menjadi Ibukota provinsi akan ada banyak tenaga ASN dibutuhkan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, tidak hanya Kota sorong beberapa daerah hasil pemekaran juga membutuhkan banyak CASN baru, namun lebih fokus pada kota Sorong sebagai daerah adminstrasitif provinsi baru.

Terdapat 5 daerah kabupaten provinsi Papua Barat Daya yang banyak membuka penerimaan CPNS tahun ini :

  1. Ibukota Provinsi Kota Sorong
  2. Kabupaten Sorong
  3. Kabupaten Sorong Selatan
  4. Kabupaten Raja Ampat
  5. Kabupaten Tambrauw
  6. Kabupaten Mamberamo

Letak demografis dengan kekayaan alam lain yang Indah menjadi salah satu kekayaan potensial Papua Barat Daya dimana terdapat wisata pantai dan bawah laut yang Indah dan menjadi salah satu warisan kekayaan alam yang diakui dunia seperti daerah wisata raja ampat, menjadikan potensi terbesar yang dapat memajukan provinsi Papua Barat Daya.

Jika sebelumnya kita hanya mengenal daerah ini sebagai wisata yang belum maksimal karena tergabung dalam provinsi lama, bahkan banyak ahli yang memprediksi bahwa Papua Barat Daya akan menjadi salah satu provinsi kaya yang ada di Indonesia. Dampak positif yang timbul dari pemekaran ini akan banyak tercipta lapangan kerja baru.

Salah satunya seperti penerimaan CPNS baik dari kota adminstratif maupun sektor pariwisata, bahkan tidak berlebihan jika raja ampat akan seperti Bali dan bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi dibali selain karena kekayaan alam pariwisata juga memiliki hasil alam yang melimpah. Investor dari pihak swasata akan berbondong-bondong masuk ke Papua Barat Daya.

Surga yang jatuh kebumi salah satunya ada di Papua Barat Daya, tahun ini menjadi awal untuk kemajuan provinsi karena akan banyak sekali formasi yang dibuka, dan mengundang banyak pendatang untuk berpartisipasi untuk memajukan Papua. Meski kuota formasi CPNS di daerah lain sangat sedit, daerah pemekaran menjadi pengecualian.

Bagi yang berminat mengikuti CPNS tahun ini dapat memilih Kota Sorong atau kabupaten lain yang ada di Papua Barat Daya sebagai pilihan formasi pendaftaran CPNS tahun ini, proses pendaftaran juga dilaksanakan secara online sampai dengan seleksi tidak perlu langsung datang ke kota sorong.

Adapun tahapan pendaftaran bagi yang berminat mengikuti seleksi CPNS tahuin ini dapat mengikuti pendaftaran melalui aluir berikut :

  1. Buka https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCASN
  3. Mendaftar hingga selesai
  4. Isi form biodata 
  5. Isi Form pendidikan
  6. Pilih formasi Kota sorong
  7. Untuk lokasi tes pilih yang terdekat dengan tempat tinggal saat ini
  8. Setelah semua selesai tinggal ikuti tes CAT

Untuk proses lanjutan seperti SKB juga dapat memilih lokasi terdekat, semua proses dapat dilakukan dari kota asal, itu menjadi keuntungan yang bisa dimanfaatkan bagi pelamar CPNS tahun ini yang mau melamar di kota Soroang. Mengingat tidak ada penerimaan pada daerah lain kemungkinan pelamar akan fokus mendaftar ke daerah provinsi baru.

Banyak bonus yang didapat jika kita memilih formasi yang ada di Papua Barat Daya, tempat healing tidak jauh dan peluang untuk lulus juga besar. Tujuan pemerintah pusat tidak memuka formasi CPNS umum untuk daerah lain untuk fokus mengisi formasi daerah pemekaran baru. Jika tertarik dapat mengecek formasi yang ada di website SSCASN pastikan melamar sesuai dengan persyaratan dan jenjang pendidikan terakhir.

Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat dan dapat menjadikan referensi untuk memantapkan pilihan ikut seleksi CPNS tahun ini di Kota Sorong.Bagi yang masih ragu dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk memantapkan pilihan. Dimanapun tempatnya asalkan bisa menjadi ASN tidak jadi masalah.