CPNS Merauke 2024/2025 : Pendaftaran CASN Ibukota Papua Selatan


CPNS Merauke 2024/2025 : Pendaftaran CASN Ibukota Papua Selatan - Ibukota Merauke merupakan daerah terluar dibagian timur Indonesia, sekaligus menjadi batas wilayah Indonesia setelah melalui proses panjang akhirnya Papua mengalami perubahan drastis setelah pemekaran, Merauke menjadi pusat adminstrasi dan Ibukota provinsi Papua Selatan. Hal ini menjadi sangat menarik setelah puluhan tahun merdeka akhirnya Papua mengalami pekermbangan sangat pesat.
 
Jika sebelumnya tidak ada yang menarik dari Merauke bahkan hanya ada sebagian kecil masyarakat asli papua yang bertahan sedangkan mereka yang memiliki sumber daya cukup pindah ke kota yang lebih besar. Namun beda cerita saat ini Merauke akan mengalami lonjakan ekonomi karena sudah ditetapkan menjadi Ibukota provinsi.
 
 

 
Diperkirakan sepuluh tahun kedepan Merauke akan menjadi kota maju, perintah pusat akan mengalokasikan dana khusus untuk membantu pemekaran daerah Merauke, bahkan akan ada cukup anggran karena perkembangan dan pembangunan akan difokuskan pada Ibukota provinsi baru. Sumber daya manusia akan ditingkatkan melalui berbagai rekremen CASN dari pusat guna mempercepat pertumbuhan ekonomi.
 
Sebagai ibukota provinsi baru akan banyak sekali membutuhkan sdm mau tidak mau perintah pusat akan fokus mengalokasikan formasi CPNS di kota Merauke karena pemerintahan baru harus segera jalan dan membutuhkan banyak SDM. Selain itu kebijakan khsus diberlakukan untuk menarik minat pendatang untuk memajukan merauke.

Dari masyarakat adat Merauke juga mendukung program tersebut, bahkan Papua menjadi daerah dengan pendatang terbanyak dan terbuka hal itu akan semakin mempercepat kemajuan, saat ini penerimaan CPNS dibuka sedikit tetapi tidak berlaku untuk daerah pemekaran, mayoritas alokasi formasi akan berpusat untuk provinsi baru di Papua dan sekitarnya.

Banyak yang tidak mengetahui sebelum menjadi ibukota provinsi Merauke sudah menjadi salah satu kabupaten dengan penduduk yang cukup padat apalagi kedepan berkembang menjadi ibukota provinsi akan semakin pesat, banyak yang tidak mengetahui dan beranggapan bahwa disana masih hutan dan sepi, kenyataannya semua wilayah sudah padat penduduk.

Lantas apa saja keuntungan bagi pelamar CPNS yang memiliki Merauke sebagai formasi pilihan pada seleksi CASN tahun ini berikut penjelasanya :

 

Peluang Formasi Provinsi dan Ibukota Sekaligus

  1. Kita bisa memilih formasi CPNS yang dibuka untuk Kota Merauke dan juga Provinsi Papua Selatan, tinggal tunggu mana yang lebih banyak membuka formasi.
  2. Kebijakan kenaikan pangkat dua kali lebih cepat dari formasi ditempat lain sudah diatur oleh Menpanrb
  3. Dapat menempati jabatan strategis meski bertatus sebagai CASN baru.
  4. Sistem seleksi dapat diikuti dari masing-masing tempat domisili tanpa harus datang langsung ke Merauke.
  5. Selama lima tahun pertama formasi CPNS akan difokuskan untuk mengisi kekurang daerah pemekaran seperti Kota Merauke.
  6. Masyarakat asli yang menerima dengan terbuka pendatang.

Sepanjang Papua berdiri tidak ada kasus konflik pendatang dengan masyarakat asli Papua itu artinya memang Provinsi yang ada di papua menjadi daerah yang paling terbuka, hal ini akan menjadi keunggulan bagi untuk Papua Selatan maju dengan cepat. 

Perintah pusat telah mengumumkan formasi yang akan dibuka melalui CPNS Umum hanya berasal dari daerah pusat itu artinya daerah lain tidak akan membuka formasi dari CPNS jika ada berarti dari daerah pemekaran baru seperti di Merauke, dan provinsi Papua Selatan. Kesempatan untuk ikut seleksi hanya akan datang jika memilih mendaftar salah satu daerah tersebut.

Apabila kita melihat beberapa daerah pemekaran sudah jelas bahwa pembangunan infrastruktur akan menjadi fokus utama, maka selama kurun waktu 5-10 tahun kedepan Merauke akan menjadi salah satu kota dengan kemajuan sangat pesat, tidak akan ada lagi daerah sepi, banyak masyarakat yang ingin datang ke Merauke merasa takut karena sepi. Pada kenyataannya kedepan Merauke akan mengalahkan daerah lain dari segi kemaujuan infrastruktur dan SDM.

Selain masyarakat diluar Papua Selatan pemerintah juga membuka kuota besar-besaran untuk masyarakat asli papua dengan memudahkan persyaratan pendaftaran dan dengan menggunakan ijasah SD paling rendah bisa mengikuti seleksi CPNS. Ini akan terbuka luas untuk masyakarat adat setempat, proses pendaftaran akan dilaksanakan sesuai jadwal dengan ketentuan melalui online.

Bagi yang berminat dapat mengikuti seleksi CPNS Kota Merauke melalui link pendaftaran berikut untuk lebih jelas simak alur pendaftaran :

  1. Mengunjungi situs resmi https://sscasn.bkn.go.id
  2. Jangan lupa cek formasi yang dibuka sesuaikan dengan pendidikan terakhir.
  3. Pesiapkan dokumen NIK,KK, Ijasah, Transkrip nilai 
  4. Buat akun SSCASN
  5. Login ke https://sscasn.bkn.go.id
  6. Isi form biodata
  7. Isi Data Pendidikan
  8. Pilih Formasi kota Merauke
  9. Pilih lokasi ujian yang paling dekat dengan tempat tinggal
  10. Cetak Kartu Peserta
  11. ikuti Ujian CAT

 

Kententuan Seleksi SKD

  1. Pelamar yang mencapai ambang batas nilai 325 dapat mengikuti SKB
  2. Ketentuan SKB sesuai dengan formasi yang dibuka dikali dua 
  3. Jika masuk pemeringkatan bisa lanjut untuk ikut seleksi SKB
  4. SKB juga dapat diikuti sesuai dengan lokasi yang dipilih.
  5. Jika lulus SKB maka akan ditempatkan sesuai formasi yang dipilih
  6. Pastikan memilih formasi yang sedikit peminat supaya bisa lulus dengan mudah.

Untuk meningkatkan nilai dapat mengejar pada nilai TIU, sedangkan nilai lain cukup memenuhi ambang batas minimal. Selain keuntungan ikut seleksi tentu setiap pilihan pasti ada kekurangan, semua itu bentuk pengorbanan untuk mengabdi kepada negara.

 

Kekurangan Ikut Seleksi Kota Merauke

  1. Biaya perjalanan ditanggung pribadi.
  2. Jauh dari tempat tinggal dan keluarga
  3. Diawal bertugas pasti masih sedikit sepi tetapi itu tidak akan lama.
  4. Jika lulus harus pindah permanen menjadi warga Kota Merauke.
  5. Mereka yang tinggal di kabupaten saat ini jika bertugas akan meningkat tinggal di Kota.
  6. Perlu biaya jika lulus.

Saat ini tidak banyak pilihan untuk bisa lulus CPNS karena pemerintah membuka formasi terbatas dari pada tidak ikut seleksi akan jauh lebih baik memilih daerah yang banyak membutuhkan tenaga ASN, dengan menerima semua kekurangan dari pada tidak ikut sama sekali, terlebih usia yang sudah mendekati 35 tahun harus bisa memanfaatkan kempatan seperti saat ini. Kesempatan tidak akan datang dua kali.