CPNS Nabire 2024/2025 : Pendaftaran CASN Kota Pemekaran Baru


CPNS Nabire  2024/2025 : Pendaftaran CASN Daerah Pemekaran Baru - Kota Nabire adalah salah satu kota yang terletak di salah satu distrik yang cukup jauh, bahkan jika dibandingkan dengan kota lain yang ada di Papua, daerah ini cukup kecil dan tidak terlalu padat. Setelah papua melakukan pemekaran Nabire ditunjuk sebagai salah satu Ibukota dari provinsi Papua Tengah.
 
Jika sebelumnya Nabire hanya kabupaten yang tidak terlalu pada dan di pimpin bupati memiliki jumlah penduduk sekitar 127 ribu, hal ini akan berbeda jauh jika dibandingkan dengan beberapa tahun kedepan sebagai salah satu kota baru yang akan menjadi kota dengan pertumbuhan cepat baik dari pembangunan maupun SDM.
 

 
Bisa dibayngkan betapa besar potensi yang ada di sana, jika kita memilih untuk pindah dan bekerja di Nabire selama 10 tahun kedepan maka akan menjadi daerah strategis. Hal itu juga berlaku pada sistem seleksi tahun ini dimana pemerintah akan menaruh lebih banyak kuota formasi pembukaan CPNS dan dipastikan untuk kabupaten atau kota baru tidak akan terdampak pada morarium atau pembatasan penerimaan CASN.
 
Bisa bayangkan jika kita saat ini tinggal di kabupaten kecil, dengan mengikuti CPNS di Nabire sama halnya kita memutukan untuk pindah di Ibukota Provinsi, ini akan jauh lebih baik dari pada bertahan untuk ikut CPNS di daerah asal, atau misalnya orang yang tinggal di kota memutuskan untuk ikut seleksi CPNS di Nabire hanya akan pindah kota saja.
 
Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi hitung-hitungan jika kita ikut mendaftar CPNS di Nabire, apa untung dan ruginya. Mengingat beberapa tahun kedepan tidak pemerintah tidak akan menerima banyak pembukaan CPNS, rdalam dua sampai 3 tahun kedepan penerimaan CPNS hanya akan dibuka sekitar 20%-30% dari total kebutuhan.
 
Ini akan sangat kecil bisa lulus, jika dibandingkan dengan dulu, sementara peminat CPNS setiap tahun makin tinggi, mau tidak mau kita harus pintar memilih formasi yang membuka pendaftaran CPNS banyak tapi peminat sedkit. Dalam perhitungan sederhana proses kelulusan CPNS ditentukan dua tahapan pertama CAT kita diwajibkan untuk mencapai batas minimal nilai.
 
Sekitar 325 poin sudah cukup, dan akan dilanjutkan dengan tes SKB perhitungan kelulusan 2-3 kali total formasi contoh formasi 7 orang maka akan dikali 2-3. Ini akan memberikan peluang bagi kita untuk lulus jauh lebih besar jika dibandingkan kuota 1. Ini akan menyadarkan kita pentingnya memanfaatkan peluang.
 
Jika peserta lulus SKB namun kalah pemeringkatan maka dipastikan akan otomatis mengisi formasi lain yang masih kosong. Jadi manfaatkan peluang jangan memaksa ikut tes ditempat yang hanya buka formasi CPNS 1-2 orang. Setelah lulus keuntungan apa yang akan didapat jika memilih di Papua Tengah tepatnya Kota Nabire :
 
Keuntungan Ikut CPNS Nabire
  1. Kemenpan sudah memastikan bahwa akan kenaikan pangkat jauh lebih cepat dibandingkan dengan ASN biasa.
  2. Mendapatkan jabatan strategis.
  3. Berpeluang memililki aset seperti tanah murah karena masih awal.
  4. Lingkungan nayaman dan dijamin  oleh pemerintah provinsi.
  5. Tunjangan Besar
  6. Kuota Penerimaan Banyak
  7. Peluang Lulus lebih besar
  8. Setiap tahun akan ada banyak formasi yang dibuka.
  9. Perkembangan daerah khusus dan baru biasanya akan sangat cepat.
  10. Jauh dari daerah konflik.
  11. Nabire menjadi daerah dengan penduduk pendatang terbanyak.
     

Kekurangan Ikut CPNS Nabire 

  1. Diawal baru berdiri pasti masih belum ramai seperti kota pada umumnya
  2. Jika lulus perlu ongkos pergi ke Papua.
  3. Satu-satunya transportasi pergi ke papua menggunakan pasawat ini akan memiliki kendala bagi yang memiliki fobia ketinggian.
  4. Sebagai pendatang tentu harus bisa beradaptasi.
  5. Siap menetap dan tidak akan pindah tugas selama 10 tahun.

Apakah Ikut Tes CPNS Nabire Harus Pergi ke Papua Tengah ?

 Hampir semua proses dapat dilakukan dari daerah asal tanpa harus pergi ke Nabire ini akan memungkinkan karena pemerintah menyadari betul kendala dan keterbatasan ini dengan menghadirkan sistem seperti saat ini :

  1. Pendaftaran dilaksanakan full online termasuk pemberkasan dan seleksi adminstrasi.
  2. Tes CAT bisa memilih lokasi tes sesuai domisili KTP atau domisli tempat tiggal.
  3. Tes SKB akan di fasilitasi melalui BKSDM atau BKD daerah sesuai pendaftaran.
  4. Jika ada tes wawancara maka dipastikan bisa diikuti melalui online.
  5. Sekali berangkan artinya kita lulus CPNS.
  6. Beberapa daerah juga akan mengganti biaya tiket perjalanan.

Rasanya tidak ada alasan untuk menolak karena semua tahapan bisa diikuti tanpa harus pergi jauh-jauh. Semoga informasi yang admin dapat memberikan pengaruh untuk menjadi bagian memajukan Nabire dengan ikut seleksi di Nabire.

Tahapan pendaftaran dan Seleksi 

  1. Pendaftan akan dibuka melalui website https://sscasn.bkn.go.id
  2. Semua berkas seperti NIK, KK, Ijasa, transkrip nilai, akreditasi prodi, universitas, sertifikat prestasi, surat lamaran diupload online.
  3. Hingga selesai semua online.
  4. Tes CAT dan SKB juga bisa dipilih bebas saat mendaftar sesuai dengan lokasi terdek 
Papua tidak kekurangan orang pintar untuk memajukan Nabire, tidak juga meminta-minta kita datang kesana, semua ini berdasarkan pilihan masing-masing, dan harus jeli memanfaatkan peluang apabila ingin ikut seleksi CPNS ditempat formasi yang banyak dan memiliki kesempatan lulus besar jawabanya bisa memilih Nabire.