CPNS Jayawijaya 2024/2025 : Buka Pendaftaran CASN Formasi Besar-Besaran


CPNS Jayawijaya 2024/2025: Buka Pendaftaran CASN Formasi Besar-Besaran - Kabar baiknya saat ini pemerintah telah menetapkan formasi CPNS dengan jumlah yang cukup banyak sebagai salah satu pelamar yang sudah menunggu lama pasti sangant dinanti, tetapi setelah MenpanRB memberikan penjelasan secara lengkap melalui salah satu saluran mendia, beliau menjeleaskan beberapa poin penting dan dikompirmasi tahun ini dibuka formasi CPNS seluruh Indonesia.
 
Namun kita tidak tau harus sedih atau bahagia karena berdasarkan persentase hanya akan dibuka 20% formasi CPNS khusus untuk umum dan lulusan baru dan 80% dari ASN PPPK pengangkatan honorer maupun dari program PPG prajabatan dan dalam jabatan. Nantinya pembukaan CPNS akan fokus banyak diberikan dari kota, kabupaten, dan provinsi baru.
 

 
 
Bahkan untuk tahun depan jika CPNS kembali dibuka hanya sekitar 30% umum sisanya sekitar 70% pengangkatan dari PPPK. Kita sebangai pelamar harus cerdas dalam memiliih formasi karena tidak sebanyak dulu, lupakan untuk bertahan di domisi apabila formasi sedikit dan beralih ke daerah lain yang masih banyak membuka formasi.
 
Salah satunya adalah daerah pemekaran baru Ibukota Provinsi Papua Pegunungan, kota Jayawijaya, daerah ini merupakan salah satu daerah penungunangan yang masih sangat sepi serta banyak terjadi beberapa konflik namun jika kita memutuskan untuk ikut seleksi CPNS tahun ini di Kota ini maka akan terbuka luas karena formasi yang dibuka banyak.
 
Biasanya isu yang beredar diluar terlau dibesar-besarkan berdasarkan pengalaman beberapa rekan di jayawijaya enak masyarakat menerima terbuka pendatang. Terlebih Jayawijaya akan menjadi Ibukota provinsi dan dalam waktu 5 tahun kedepan perkembangan akan pesat bahkan setara dengan kot-kota yang ada di Indonesia lainnya. Kesempatan tidak akan datang dua kali, berdasarkan dara jayawijaya merupakan daerah pegunungan yang dihuni sekitar lebih dari 270 ribu jika dan pertumbuhan ini akan berkali-kali lipat bertambah dalam beberapa tahun kedepan.
 
Banyak yang belum menyadari bahwa jayawijaya merupakan salah satu daerah dengan keindahan alam yang luar biasa karena dikelilingi gunung dan bukit menjadi keuntungan terutama yang sudah lelah hidup di kota penuh dengan polusi atau keramaian kota yang tidak habisnya, dari sini kita akan mendapatkan ketenangan dengan udah yang sejuk.

Namun ada untung rugi mengisi formasi yang ada di Kota maupun kabupaten baru diantaranya akam kami uraikan seperti berikut :

Kekurangan Ikut Seleksi CPNS Jayawijaya
  1. Masih relatif sepi jika dibandingkan daerah yang sudah lama.
  2. Pendatang biasanya akan terasa asing ditengah masyarakat asli.
  3. Jauh dari akses tempat domisili.
  4. Menjadi percobaan selama 5 tahun kedepan biasanya fasilitan perkantoran, sekolah maupun rumah sakit masih belum lengkap dan apa adanya,

Kelebihan ikut Seleksi CPNS Kota Jayawijaya

  1. Formasi yang dibuka sangat banyak
  2. Peluang lulus sangat besar
  3. Jika kita menjadi orang pertama yang masuk ke kota tersebut bisa menjadapatkan lokasi tempat tinggal ditengah kota.
  4. Beberapa aset seperti tanah juga masih murah.
  5. Hanya 5 tahun perkembangan kabupatan maupun kota baru akan sangat pesat.
  6. Gaji yang ditawarkan besar beserta tunjangan khusus.
  7. Mendapatkan keuntungan lain seperti kenaikan golongan dan pangkat lebih cepat dibandingkan dengan ASN di tempat lian.
  8. Berpeluang mendapatkan jabatan strategis.
  9. Perkembangan jauh lebih cepat 5 tahun sudah sangat ramai.
  10. Meski jauh pembangunan infrastruktur akan sangat capat.

Kepastian hidup lebih makmur akan didapatkan namun kita harus siap menunggu dan bertahan sekitar 5 tahun dengan keadaan seadanya sampai semua dibangun secara bertahap, yang masih menjadi pertanyaan adalah kita yang dari luar pulau untuk kesana jauh dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit itupun belum tentu lulus.

Apakah kita Harus ke Papua Untuk ikut Seleksi CPNS ?

Pertanyaan ini yang seringkali menghantui kita karena hampir tidak mungkin dilakukan mengingat biaya maupun waktu yang serba terbata. Sistem seleksi CPNS saat ini memungkinkan kita untuk mempersiapkan semuanya dari daerah asal tidak perlu pergi kesana langsung. Jika kita memutuskan pergi kesana artinya kita lulus, mengapa demikian ? berikut alasannya

  1.  Sistem pendaftaran CPNS dibuka secara online melalui situs https://sscasn.bkn.go.id
  2. Untuk pemilihan lokasi teCAT bisa dilakukan di daerah sesuai domisili KTP.
  3. Termasuk tes SKB juga tidak perlu datang kesana.
  4. Apabila ada tambahan tes wawancara biasanya pemerintah pusat menjadwalkanya melalui Online.
  5. Apabila kita memutuskan untuk pergi ke Jayawijaya sudah pasti lulus CPNS.
Semua proses dari awal daftar hingga tes bisa memilih sesuai dengan lokasi tempat tinggal saat ini, jadi kita tidak perlu biaya untuk ikut CPNS. Bagaimana menarik bnkan, bagi yang berminat bisa ikut karena pemerintah akan membuka banyak formasi pada kabupaten atau kota pemekaran baru ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.
 
Selain itu biasanya khusus untuk kota baru banyak pendatang lain yang akan memilih formasi disana itu artinya kita bukan satu-satunya orang yang akan menjadi warga baru dan membangun papua terutama untuk yang usia tidak mudah menjadi CPNS ada batasan usia setelah itu tidak akan bisa lagi mendaftar.
 
Sisanya semua formasi lain akan diisi oleh formasi yang mayoritas dari PPPK. Jangan sampai kesempatan untuk berkarir terhenti karena formasi dan kuota dibuka kecil. Semoga informasi yang admin berikan bermamfaat dam semoga tahun ini bisa lulus CPNS amin.