Pendaftaran CPNS CASN Daerah Buka Formasi Terbanyak 2024/2025


Pendaftaran CPNS CASN Buka Formasi Terbanyak 2024/2025 - Pendaftaran CPNS/CASN sangat bergantung pada kebijakan pemerintah dalam hal ini presiden yang akan memutuskan apakah pendaftaran CASN akan dibuka atau tidak sama sekali, selain itu muncul beberapa aturan baru seperti PPPK yang membuat perintah mengurangi jumlah rekrutmen CPNS setiap tahun, hammpir sekitar 10 tahun pembatasan penerimaan CPNS dilakukan.

Semua ini untuk menghemat anggran pusat, sebagai masyarakat biasa kita kadang tidak terlalu peduli dengan kebijakan tersebut karena saat ini yang paling kita kwatirkan adalah nasib kita sendiri dimana batasan usia menjadi kendala dalam menggapai cita-cita menjadi seorang abdi negara. Batasan maksimal adalah 35 tahun dan setelah itu ucapkan selamat tinggal pada impian menjadi PNS.

Ini adalah keresaan saya pribadi dimana saat ini usia sudah menginjak 31 tahun, itu artinya tidak lama lagi sudah tidak bisa menjadi CPNS, jika 5 tahun kedepan tidak ada pembukaan CASN maka dipastikan saya harus mengubur mimpi tersebut. Ini mungkin tidak terjadi pada saya sendiri ada jutaan orang yang memiliki latar belakang lulusan dan usia yang sama dengan saya.




Harapan ini hanya bisa terjadi jika tahun ini dan tahun depan CPNS dibuka, masa jabatan 5 tahun presiden akan menentukan nasib kita kedepan. Jika memang moratorium ini terus berlanjut pada presiden berikutnya sudah dipastikan tidak akan ada lagi harapan menjadi PNS. Sejak tahun 2014 silam saya hanya mengikuti sekitar 3 kali pendaftaran CNPS. Banyak orang sekitar terutama keluarga dan sahabat memberi nasehat mengapa tidak ikut melamar CPNS.

Padahal tanpa mereka ketahui dijaman presiden sekarang tidak ada pembukaan CPNS, selama kurun waktu hampir 10 tahun hanya ikut 3 kali itupun kuota yang dibuka sangat kecil, dari 5 ribu yang lulus SKD hanya ada 2 orang yang lolos tes SKB. Kebijakan ini memang berdampak besar pada ekonomi negara seperti pembangunan infrastukur, dan masyarakat kelas bawah yang terus mendapatkan bantuan subsidi.

Namun kita sebagai masyarakat yang tidak masuk katagori kelas bawah, namun tidak juga masuk pada katagori kelas menangah atau atas menjadi sangat terdampak dalam kebijakan ini, karena mimpi menjadi seorang PNS tidak akan bisa terpenuhi, jika dibuka CPNS juga belum tentu langsung lulus karena tes yang akan dilalui sangat sulit.

Tahun ini bukaan CPNS kapan dibuka, minat untuk menjadi seorang PNS di Indonesia masih sangat tinggi sekitar 70% orang bercita-cita menjadi PNS, dengan jumlah 10 juta peminat setiap kali dbuka dan terus bertambah hingga menyentuh 15 juta orang. Ini merupakan kebijakan yang populer jika diambil dalam waktu mendekati pemilu.

Berdasarkan pengalaman apabila mendekati pemilu maka akan ada pembukaan CPNS besar besaran, itu artinya tahun ini dan tahun depan menjadi kesempatan terakhir bagi mereka yang berusia mendekati 35 tahun admin akan membahas secara rinci informasi pendaftaran CPNS dibawah ini :

Bukaan CPNS 2023/2024 Kapan ?

Berdasarkan sumber dari Kemenpan dan dimuat banyak berita online yang kredibel seperti situs resmi Menpan, Detik, Kompas, Suara dan sumber lainnya pembukaan CPNS tahun ini terkompirmasi benar dan akan dibuka serta diumumkan sekitar bulan September sembari menunggu penetapan formasi sekitar 1 juta formasi akan dibuka. 

Tetapi pemerintah tidak menjelaskan secara rinci kapan tanggal pastinnya, bisa jadi seperti pembukaan CPNS tahun sebelumnya tidak menutup kemungkinan diundur sampai akhir tahun. Jika memang pembukaan CPNS akhir tahun itu artinya dalam dua tahun ini hanya akan ada satu kali pendaftaran CPNS, itu artinya bukan kabar baik, tetapi kita perlu syukuri karena masih ada bukaan CPNS tahun ini.

Pelamar harus mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari karena sistem tes CPNS ini memang sulit sekali bukaan juga belum tentu langsung lulus, perlu menyisihkan uang untuk ikut kelas tryout online dari beberapa platfom belajar online.

Dampak Rekrutmen PPPK Terhadap Kuota CPNS 

Adanya pengangkatan dari PPPK terutama honorer membuat tidak dibuka CPNS setiap tahun, jika dibuka sudah pasti kuota formasi CPNS akan sedikit jika dibandingkan sebelum ada PPPK karena kebutuhan formasi sebagian besar diisi oleh PPPK. Jika sebelumnya CPNS Guru dan CPNS Kesehatan, CPNS Teknis menjadi formasi yang paling banyak dibutuhkan saat ini sudah berkurang drastis.

Akan ada perubahan kebutuhan CPNS yang cukup drastis, kabar baiknya PPPK saat ini masih menjadi polemik yang menimbulkan masalah baru, karena berdasarkan penelusuran kami ke Pemda daerah kabupaten kota, terutama untuk kabupaten pemekaran masih enggan menerima pegawai PPPK sepenuhnya dikarenakan terkait dengan kwalitasnya tidak sebaik lulus CPNS umum.

Selain itu kabupaten kota masih merasa terbebani terkait gaji yang harus dibayar langsung dari APBD, sementara untuk kabupaten baru anggaran APBD masih terbatas mereka perlu SDM yang berkualitas meski jumlahnya sedikit akan lebih baik untuk percepatan pembangunana karena baru berdiri sebagai kabupaten baru.

Ini cukup menjadi kabar baik karena masih ada peluang besar untuk CPNS umum, hanya saja tidak semua daerah mengalami hal ini, beberapa provinsi, kota dan kabupaten yang sudah mapan secara APBD sebagian besar merekrutm PPPK untuk memenuhi kebutuhan pegawai.

Formasi CPNS Dibuka Sedikat Bagaimana Strateginya agar bisa Lulus ?

Karena formasi CPNS hampir semua bidang saat ini jauh lebih sedikit dibandingkan sebelum ada PPPK maka kita sebagai peserta harus pandai mensiasati hal tersebut, saat ini pembangunan infrastrukur terjadi secara merata membuat isolasi dan akses ke wilayah tertentu terbuka, ini berdampak pada ekonomi baru.

Banyak usulan pemekaran provinsi dan kabuten serta kota baru yang ada di Indonesia membuat peluang formasi CPNS terbuka kembali karena biasanya daerah baru akan banyak membutuhkan CPNS tentu pemerintah pusat akan membuka besar-besaran formasi CPNS pada daerah baru tersebut, kita terutama yang usia sudah mendekati batas maksimal 35 tahun perlu memanfaatkan peluang saat ini mengingat batasan usia akan menjadi penghalang menjadi CPNS kedepan.

Keuntungan Mendaftar CPNS Provinsi, Kabupaten, Kota Baru 

Masih banyak yang enggan mengikuti rekrutemen CPNS di kabupaten baru karena alasan masih sepi dan sulit dijangkau, selain itu beberapa wilayah yang terlihat sangat tidak bersahabat seperti rawan kejatahan dan lainnya membuat banyak orang enggan ikut seleksi CPNS di daerah baru tersebut padahal itu hanya awal saja ini berdasarkan pengalaman keluarga admin sendiri dimana rinciannya sebagai berikut :
  1. Pengalaman ini terjadi tidak sengaja pada saudara kandung admin dimana pada awal pendaftaran CPNS beliau masih mendaftar di kabupaten Musi Rawas salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Selatan dan mendapatkan penempatan di daerah tepencil perbatasan dengan akses yang sangat sulit dijangkau.
  2. Selain itu tingkat kriminal sangat tinggi, dan sebagian besar tidak mau disana karena peluang lulusnya tinggi jadi ikut dan akhirnya lulus.
  3. Selama 2 tahun mengajar sebagai kabupaten yang sama dan akhirnya mendapatkan pemekaran dan berdiri sebagai Kabupaten baru Musi Rawas Utara, apa yang terjadi sebelumnya daerah tersebut tidak layak untuk dihuni saat ini menjadi daerah dengan perkembangan tercepat.
  4. Karena saudara saya sudah dulu menjadi PNS disana beliau memiliki tempat tinggal yang berada di Ibukota Kabupaten dimana jauh lebih ramai, berkembang dan maju bahkan jika dibandingkan ditempat kami dulu yang sudah menjadi kabupaten lama.
  5. Dari pengalaman itu admin belajar banyak jangan ragu untuk ambil tes CPNS di kabupaten baru malah akan menjadi peluang besar.
  6. Semakin awal kita masuk maka kesempatan untuk kita mendapatkan lokasi tempat tinggal strategis ditengah pusat pemerintahan semakin besar.
  7. Selain nilai aset yang kita bisa dapatkan yang dibeli dengan harga murah dan kedepan akan semakin mahal.
  8. Untuk yang baru mau ikut seleksi di Kabupaten baru mereka tidak akan seberuntung yang duluan.
  9. Jika cerdas bisa buka usaha dan membeli banyak tanah dengan harga murah, selain menjadi CPNS kita bisa menjadi orang kaya dikabupaten, kota baru.
  10. Kita perlu memilih formasi yang banyak bukaan dengan sedikit peminat karena dengan nilai minimal masuk passing grade saja bisa lulus.
Kekurangan Memilih Tes dan Bertahan di Daerah Domisili
  1. Alasan terbesar yang membuat kita ingin ikut CPNS di daerah domisili karena alasan dekat tempat tinggal.
  2. Selain itu formasi yang dibuka akan sangat sedikit sebaliknya peserta semakin tinggi.
  3. Dengan banyaknya pendaftar kita harus memperoleh nilai tinggi yang sulit diperoleh.
  4. Jika ada bukaan formasi banyak pasti berada di ujung-ujung bahkan dekat perbatasan yang aksesnya sangat jauh dari tempat tinggal.
  5. Itulah sebabnyak kita harus mencari peluang dimana daerah yang membuka formasi CPNS yang banyak, utamanya bagi mereka yang berusia sudah menjelang 35 tahun.
Ada beberapa wilayah di Indonesia yang sudah resmi menjadi provinsi, kabupaten, kota baru yang bisa dijadikan sebagai referennsi untuk memilih formasi apabila pendaftaran CPNS dibuka dinatanya sebagai berikut :

4 Provinsi Baru di Papua Membuka Formasi CPNS Besar-Besaran

Sudah terkompirmasi oleh pemerintah pusat akan ada provinsi, kabupaten, kota baru hasil pemekaran yang ada di papua persiapkan diri anda karena bakal ada banyak formasi yang akan dibuka yang bisa diikuti jika CPNS dibuka di antaranya 
  1. Provinsi Papua Tengah Ibu Kota: Nabire; Cakupan wilayah: Nabire, Paniai, Mimika, Dogiyai, Deyiai, Intan Jaya, Puncak dan Kabupaten Puncak Jaya; Penanggung jawab Gubernur: Ribka Haluk. 
  2. Provinsi Papua Selatan Ibu Kota: Merauke; Cakupan wilayah: Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel; Penanggung jawab Gubernur: Apolo Safanpo. 
  3. Provinsi Papua Pegunungan Ibu Kota: Jayawijaya; Cakupan wilayah: Jayawijaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo dan Kabupaten Pegunungan Bintang; Penanggung jawab Gubernur: Nikolaus Kondomo. 
  4. Provinsi Papua Barat Daya Ibu Kota: Kota Sorong; Cakupan wilayah: Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Mamberamo.
Kalimantan Timur Calon Ibukota Negara Baru 

Pemindahan Ibukota baru akan berdampak pada mobilisasi CPNS di ibukota lama hanya saja pilihan ini tidak mengikat ada opsi yang ditawarkan tidak perlu pindah jika tidak setuju, itu artinya pemerintah pasti butuh lebih banyak CPNS untuk mengisi Ibukota baru, tidak hanya berdampak pada Ibukota baru beberapa wilayah yang ada di satu provinsi akan semakin meningkat baik sektor pendidikan, kesehatan dan lainnya itu artinya perlu banyak CPNS baru berikut daftar nama kaputen kota yang akan membuka formasi terbanyak :
  1. Ibukota Nusantara
  2. Balikpapan
  3. Utamanya kabupaten yang langsung berbatasan langsung dengan Nusantara.
Sumatera Selatan Meski Bukan Kabupaten Baru Banyak Formasi dibutuhkan

Sumsel juga memiliki beberapa kabupaten yang masih baru walaupun bukan kabupaten yang beru berdiri tetapi masih banyak dibutuhkan CPNS diantaranya sebagai berikut :
  1. Muratara
  2. Empat Lawang
  3. Pali
  4. Banyu Asin sebagai kabupaten terluas akan melakukan pemusatan pembangunan kecamatan yang belum maksimal akan dibutuhkan banyak formasi.
Untuk wilayah lain sebagai masyarakat yang berdomisili disana kita sudah pasti tau mana wilayah yang akan membuka formasi CPNS banyak biasanya beberapa daerah yang baru mekar sebagai kabupaten atau kota baru, selain itu beberapa daerah dengan luas wilayah terbesar juga akan menyerap formasi CPNS terbanyak.

Khusus Usia 20 Tahun - 32 Tahun Bisa Ikut PPG Prajabatan

Sembari menunggu bukaan CPNS tahun ini untuk mahasiswa baru lulusan guru maupun bidang lain diluar dari guru seperti sosiologi, MIPA, IPS, komputer, keguruan dengan rentang usia 20 Tahun - 32 Tahun bisa ikut mendaftar PPG Prajabatan apa saja keuntungan yang akan didapat :
  1. Sertifikat Pendidik diigunakan untuk mendaftarn gaji sertifikasi 1 kali gaji pokok setiap bulan.
  2. Jika ikut tes CPNS cukup lulus SKD langsung auto lulus tanpa tes SKB lagi.
  3. Langsung diangkat PPPK dengan gaji setara PNS.
  4. Biaya Kuliah 2 Semester Gratis.
  5. Setiap tahun dibuka 1-2 kali PPG Prajabatan 
  6. Melamar sesuai pendidikan terakhir dan nama tidak terdaftar di dapodik.
Bagaimana Untuk Usia 35 Tahun Keatas Yang Tidak bisa Daftar CPNS

Khusus untuk yang usianya 35 tahun keatas harus memilih opsi untuk honor disekolah negeri karena kedepan honorer akan dihapus berganti menjadi ASN Part Time, apa kelebihanya :
  1. Daripada honorer jauh lebih besar gaji ASN Part Time
  2. Bisa ikut PPG Dalam Jabatan jika memiliki sertifikat akan mendapatkan gaji sertifikasi
  3. Waktu kerja 4 Jam sekaligus bisa mengajar ditempat lain seperti sekolah swasta untuk menambah penghasilan.
Bagi yang mengajar di swasta, perlu dingat bahwa apabila ingin mengajar cari sekolah dengan gaji besar meski tidak bisa ikut PPG Dalam Jabatan gaji diterima bisa mencukupi untuk kebutuhan, sementara untuk yang mengajar di sekolah swasta dengan gaji kecil pastikan mencari sekolah yang mendukung program PPG Dalam Jabatan utamanya sekolah swasta yang bekerjasama dengan dinas pendidikan biasanya ditandai dengan sekolah swasta tapi memiliki guru PNS.

Sementara untuk sektor lain bisa ikut ASN Part Time atau mencari pekerjaan lain, jika memiliki biaya ikut program profesi atau kuliah S2. Sisanya pulang ke kampung usaha atau buka kebun. Semoga informasi yang admin berikan bisa menjadi jawaban yang sedang galau menentukan pilihan harus kemana.