Bimbel Online Persiapan UTBK Ruangguru atau Zenius ?


Bimbel Online Persiapan UTBK Ruangguru atau Zenius ? - Bingung mau pilih kursus online untuk persiapan UTBK karena ada banyak sekali tawaran iklan baik dari sekolah maupun media online ataupun TV, seringkali kita mencari produk kursusu online termakan oleh iklan bukan mencari sesuai kebutuhan. Belum lagi ditambah dengan tawaran kursusu online dari sekolah yang saat ini sangat banyak.
 
Ini merupakan kisah pengalaman admin memberikan arahan kepada keponakan yang ikut SNBP tahun lalu, permasalahan yang sama terjadi pada keponakan dimana dia bingung mau cari kursus online jangan sampai salah pilih karena kita sudah bayar cukup mahal sangat disayangkan jika tidak efektif. Setiap kursus online yang ditawarkan memiliki karateristik masig-masing.
 
Sebaiknya apabila mau pilih kursus online harus disesuaikan dengan tipe belajar dimana cepat atau lambatnya siswa dalam memahami materi soal UTBK akan sangat berpengaruh, karena beberapa kursus hanya cocok untuk siswa yang memiliki kemampuan cepat belajar, sementara sisanya malah cocok untuk yang agak lambat dalam belajar.
 
 

 
Jangan sampai mereka yang cepat memahami materi ikut kursus online yang penyajian materinya lambat karena akan sangat bosen, sebaliknya juga sama mereka yang lambat jangan memilih tempat kursus yang cepat dalam penyajiannya materinya. Untuk memastikan apakah pembelajaran cocok atau tidak silahkan instal aplikasi kursus online kemudian coba menu trial beberapa kali.
 
Selain itu kerjakan soal gratisan apabila dirasa cocok maka bisa berlangganan atau memilih paket try out, pembahasan kali ini admin akan berbagi pengalaman pada studi kasus tahun lalu dimana admin juga merasakan hal yang sama dalam memberikan arahan kepada keponakan kursus online mana yang cocok untuk dia.
 
Beberapa kali admin mengarahkan untuk menginstal beberapa aplikasi kemudian jika dirasa aplikasi dengan tingkat kesulitan paling tinggi itulah yang dipilih karena tipe belajar keponakan yang cukup cepat maka tidak terlalu sulit. Pengalaman yang admin bagikan ini sudah terbukti karena pada tahun yang sama keponakan lulus di salah satu PTN terbaik sumatera selatan Universitas Sriwijaya dengan pilihan jurusan yang passing grade diatas 600.
 
Sebelum memilih kita tentu sudah tau tipe belajar kita masuk dalam katagori cepat, sedang atau lambat untuk yang cepat saran admin tidak perlu mengambil paket belajar khsusus cukup ikut semua sesi try out sampai menjelang tes UTBK saja sudah cukup, sementara untuk yang memiliki tipe belajar dalam memahami materi sedang dan lambat sebaiknya dipersiapkan 3-6 bulan sebelum tes karena perlu persiapan lebih panjang.
 
Setelah mencoba beberapa kali soal gratisan akhirnya admin menyimpulkan untuk memilih ruangguru dengan catatan cara belajar yang cepat, namun jika sedang atau lambat sebaiknya pilih tempat kursus lain seperti Zenius atau lainnya, tetapi jika menginginkan tetap kursus di ruangguru masih bisa tetapi ambil yang kursus 3-6 bulan.
 
Analisis awal yang admin lakukan sebelum memilih harus mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut :
  1. Materi Try out harus terbaru dan sesuai dengan perubahan sistem UTBK saat ini.
  2. Hindari kursus online yang menyajikan materi tahun lalu kemudian hanya diperbarui tampa ada kesesuaian dengan sistem UTBK terbaru.
  3. Saat ini sistem UTBK memiliki sistem baru dimana siswa tidak hanya memilih sial A,B,C,D,E saja tetapi ada beberapa soal lain seperti menyimpulkan, memilih 2 jawaban atau lebih, benar salah, mencocokan dan lainnya semua materi itu harus memiliki penjelasan yang sesuai.
  4. Biaya yang ditawarkan harus cukup terjangkau karena saat itu admin tidak memiliki banyak biaya jadi nyari yang lebih murah.
  5. Kursus online harus bisa diakses melalui laptop selain latihan soal juga harus melatih kebiasaan untuk mengerjakan tes agar simulasi sesuai pada saat tes.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal yang sudah admin jelaskan kita harus memperhatikan apakah kursus online sesuai atau tidak, kita juga harus mempertimbangkan keunggulan dari materi yang diberikan, itulah alasan admin merekomendasikan ruangguru untuk mereka yang memiliki cara belajar yang cepat karena keunggulan materi dan tryout seperti berikut :

 

Keunggulan Kursus Online UTBK Ruangguru

  1. Tryout Ruangguru memiliki tingkat kesulitan 2 kali lipat dari tes asli, dengan jenis soal yang sama tentu akan berdampak bagus saat mengikuti tes sesungguhnya.
  2. Keponakan yang lulus UTBK hanya memiliki paket Tryout biasa dan premium yang dibuka setiap sesi mingguan.
  3. Bisa memilih tryout IPA dan IPS sesuai dengan jurusan yang akan dipilih.
  4. Laporan peringkat dan rata-rata nilai passing grade akan otomatis muncul jika sudah menyelesaikan tryout atau latihan soal, kita akan mengetahui berapa skor latihan UTBK kita apakah sudah sesuai target atau belum.
  5. Dapat memilih jurusan yang akan terlampir jika sudah mencapai target passing grade. Ada notif kelulusan jika hasil tryout melewati passing grade sesuai program studi yang dipilih.
  6. Try out ruang guru sudah terbukti memberi kelulusan pada kasus keponakan admin jadi tidak perlu ditertanyakan lagi.
  7. Harga tryout bisa dibayar sesuai denga season yang diikuti dan terjangkau bagi pelajar. 
  8. Banyak materi gratis yang berkualitas.
  9. Bisa mengerjakan misi untuk mengumpulkan poin dan rangking layaknya seperti games.
  10. Materi yang disajikan sangat sesuai dengan

 

Kekurangan Kursus Online UTBK Ruangguru

  1. Paket soal tryout setiap season baik IPA maupun IPS sama, jadi jika kita sudah memilih salah satu sangat tidak disarankan untuk memilih jurusan berbeda karena materi TPS akan sama.
  2. Setiap materi Tryout hanya ada satu jenis soal saja yang diberikan.
  3. Perlu mengikuti sesi tryout dari season 1 hingga akhir baru semua ragam materi lengkap jika tidak maka akan sia-sia.
  4. Diperlukan biaya yang cukup menguras kantong para pelajar dari mulai ribuan sampai puluhan ribu untuk sekali tryout.
  5. Paket berlangganan untuk belajar 3-6 bulan mahal.
  6. Penawaran produk yang sangat menganggu dari sales melalui wa hampir setiap minggu.
  7. Rekomendasi hanya untuk pelajar yang memiliki tipe belajar dengan cepat, untuk tipe sedang dan lambat kurang cocok karena penyajian materi lebih kompleks.
  8. Bagi yang berencana untuk tes gabungan IPA dan IPS pada UTBK tidak bisa ambil tryout pada season yang sama, contoh season 1 tryout UTBK sudah mengerjakan soal IPS mau nyoba tryout IPA akan rugi karena soalnya sama.
  9. Sebaiknya yang mau ikut tes IPA dan IPS atau katagori campuran memilih tryout season 1 IPA kalau mau IPSnya di season 2. Intinya soalnya TPS Skolastiknya sama setiap season.
Penting bagi pelajar untuk memilih Kursus Online yang tepat karena jika tidak akan sia-sia saja, bagi siswa yang bisa belajar dengan cepat persiapan 1 bulan cukup namun jika cara belajar sedang dan lambat sebaiknya belajar 3-6 bulan bahkan 1 tahun lebih baik. Tahun ini akan menjadi tahun yang berbeda karena UTBK tidak hanya menghadirkan soal A,B,C,D,E saja tetapi soalnya kompleks seperti benar salah, mencocokan, menyimpulkan memilih lebih dari 2 jawaban atau lebih.

Kesimpulannya jika anda belum memiliki alternatif untuk kursus online untuk persiapan UTBK bisa memilih Ruangguru bagi yang memiliki kemampuan belajar cepat namun jika tidak begitu cepat seperti sedang atau lambat bisa pilih aplikasi belajar lainnya seperti Zenius atau ambil paket langganan. Semoga bermanfaat.

Untuk latihan bentuk soal bisa UTBK bisa mencoba simulasi gratis https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/, saran admin