Pendaftaran PPPK PUPR 2022/2023

Info Penting CPNS

Pendaftaran PPPK PUPR 2022/2023 - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakayat (PU) masuk dalam salah satu instansi yang mengusulkan pendataan calon PPPK terbanyak, dari beberapa instansi lainnya saat ini PU menjadi salah satu instansi sekaligus badan usaha milik negara yang menjadi ujung tombak dalam perbaikan, pembangunan dan pembuatan infrastruktur negara, mulai dari jalan, perumahan, jalan tol, perbaikan dan lainnya.

Kementerian PUPR membutuhkan banyak pegawai, hanya saja proses rekrutmen tidak bisa otomatis dilakukan pengangkatan PPPK, perlu melalui proses seleksi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kebutuhan pengangkatan PPPK dilakukan karena alasan urgensi tidak hanya sektor vital saja yang membutuhakn banyak pewagai, Kementerian PUPR juga banyak membutuhkan pegawai.

 


Karena Urgensi tersebut PUPR mendata puluhan honorer yang selama ini mengabdi di bawah Kementerian PUPR dengan masa jabatan lebih dari 3 tahun. Atas dasar kebutuhan mendesak pegawai di PUPR telah mempersiapkan melalui pendataan non ASN. Tidak hanya sektor krusial seperti pendidikan dan kesehatan saja yang membutuhkan banyak pegawai baru.

Kebutuhan mendesak juga ada di PUPR, seiring banyaknya pegawai ASN lama yang pensiun, banyak formasi yang kosong, harus segera diisi, jika tidak kedepan akan sangat kesulitan untuk memenuhi target dari pemerintah, adapun rincian formasi PPPK yang banyak dibutuhkan oleh Kementerian PUPR seperti berikut :

Formasi PPPK Kementerian PUPR

  1. Teknik Penyehatan Lingkungan Terampil
  2. Teknik Tata Bangunan Ahli Muda
  3. Teknik Tata Bangunan Terampil
  4. Analis Pembiayaan dan Risiko Keuangan Ahli Madya
  5. Pranata Komputer Terampil
  6. Arsiparis Terampil
  7. Analis Kepegawaian Terampil
  8. Bidan Terampil
  9. Radiografer Terampil.
  10. Teknik Pengairan Ahli Muda
  11. Teknik Pengairan Terampil
  12. Teknik Jalan dan Jembatan Ahli Muda
  13. Teknik Jalan dan Jembatan Terampil
  14. Teknik Penyehatan Lingkungan Ahli Muda

Selain itu untuk menyelesaikan dan penghapusan tenaga honorer sesuai dengan PP No 49 tahun 2018 tentu PUPR harus mulai melakukan pendatan hingga batas akhir tidak ada lagi tenaga honorer di lingkungan Kementerian PUPR dan PU, dan tidak akan ada pengangkatan melalui sistem rekrutmen pegawai honorer.

Tahap awal instansi akan melakukan pendataan ke BKN, setelah semua data masuk yang bersangkutan dapat melakukan pendaftaran pendataan sesuai dengan peraturan BKN, bagi yang sudah melengkapi pendataan tinggal tunggu proses pendaftaran PPPK, untuk persiapan berikut panduan daftar PPPK Kementerian PUPR seperti berikut :

Pendaftaran Akun

  1. Pelamar melakukan pendaftaran melalui portal SSCASN PPPK
  2. Membuat akun terlebih dahulu dengan mengisi data NIK dan KK
  3. Melakukan verifikasi pendaftaran ke email terdaftar.
Pengisian Data Pendaftaran
  1. Login SSCASN PPPK
  2. Masukan username dan password yang sudah dibaut
  3. Mengisi Data
  4. Upload foto dan Persyaratan Pendaftaran
  5. Bagi pelamar lama tidak perlu mengupload persyaratan
  6. Memilih formasi sesuai dengan pendataan
  7. Kirim Berkas
  8. Verifikasi Berkas
  9. Sanggahan Berkas
  10. Pengumuman seleksi berkas 
  11. Cetak Kartu Ujian

Seleksi Kompetensi

Seleksi komptensi menggunakan sistem CAT dengan ketentuan tes sebagai berikut :

  1. Kompetensi Teknis
  2. Komptensi Menejerial
  3. Kompetensi Sosial Kultural
  4. Wawancara
  5. Pengumuman Seleksi Kompetensi

Demikian informasi seputar PPPK Kementerian PUPR semoga infomrasi dapat membantu calon peserta PPPK yang akan mengikuti tes, dan melakukan persiapan dari awal hingga akhir. Selamat mencoba admin doakan semoga lulus PPPK sesuai dengan yang diharapkan amin.