Pendaftaran CPNS dari PPG Prajabatan 2022-2023

Info Penting CPNS

Pendaftaran CPNS dari PPG Prajabatan 2022-2023 - Banyak yang masih tidak mau ikut PPG Prajabatan dengan alasan malas karena hanya akan bertatus sebagai PPPK, padahal dari program inilah kita bisa diangkat menjadi seorang CASN/CPNS. Mengapa pembukaan CPNS tidak dibuka sepanjang tahun, alasanya selain pemerintah mau menghemat anggaran disaat ekonomi negara sulit tentu ada maksud dan tujuan lain.

Keadaan kondisi ekonomi negara dan dunia tidak selamanya akan seperti ini, disetiap krisis yang terjadi akan ada titik balik atau titik bangkit disuatu negara, saat ini pemerintah tidak membuka CPNS bukan berarti tidak ada, seperti contoh tahun ini semua pendaftaran CPNS ditiadakan di ganti dengan jalur honorer P3K.

 


Sementara yang belum bertatus sebagai guru bisa mengikuti program PPG Prajabatan dimana sarajana pendidikan yang tidak terdaftar di dapodik bisa ikut, ini akan menjadi masa depan yang cerah bagi seorang guru, peminat PPG Prajabatan sangat kecil dan jauh lebih besar kuota penerimaan. Ditambah dengan tidak ada soal SKD yang cukup menyulitkan pelamar.

Pelamar bisa langsung tes SKB sesuai dengan jurusan program studi. Ini merupakan kesempatan besar sekitar 70 rb orang setiap tahapan dengan kuoata penerimaan sebesar 40 rb. Artinya kuota yang diterima sangat besar dan soal tes tidak sesulit CPNS Umum. Terus apalagi alasan kita tidak mau ikut PPG Prajabatan.

Kendala terbesar yang tidak mau ikut PPG karena harus kembali kuliah 2 semester, itu artinya harus meninggalkan pekerjaan selama 1 tahun yang menjadi sumber penghasilan, bagi yang sudah memiliki istri dan anak atau tanggungan akan sangat berat untuk dijalani sebab harus rela tidak bekerja selama satu tahun untuk mendapatkan sertifikat pendidik.

Saat ini sertifikat pendidik menjadi salah satu syarat mutlak untuk mengisi jabatan fungsional seperti menjadi seorang CPNS, jika sudah ada penjelasan seperti itu, lambat laun pemegang sertifikat pendidik akan diangkat CPNS. Tentunya memang tidak sekarang menunggu ekonomi negara pulih. Tidak lama lagi presiden ganti, dipastikan pembatasan penerimaan CPNS akan dicabut, dan mereka yang sudah memiliki sertifikat pendidik bisa memiliki kesempatan diangkat.

Admin akan menguraikan beberapa infromasi mengenai mengapa PPG Prajabatan bisa diangkat CPNS berikut informasi berdasarkan analisis data yang beredar secara resmi :

 

Pendaftaran CPNS dari PPG Prajabatan

  1. Pemilik sertifikat PPG melalui PPG Prajabatan akan otomatis mendapatkan penempatan selama 2 tahun, apabila bisa bertahan seterusnya pemerintah akan memastikan diangkat menjadi CPNS.
  2. Apabila pelamar yang memiliki sertifikat pendidik, cukup lulus SKD dengan batas minimal dan SKB akan otomas nilai 100 maka jika mengikuti seleksi CPNS umum otomatis lulus jadi CPNS.
  3. Salah satu pejabat tinggi BKN dan kementerian telah memberikan bocoran untuk mengisi jabatan fungsional/ menjadi CPNS dibutuhkan sertifikat pendidik sebagai syarat utama.
  4. Seiring pergantian presiden tentu aturan terkait dengan CPNS akan berubah terutama pembatasan tidak akan lagi ada pembatasan pengangkatan.
  5. Sementara untuk status PPPK ini merupakan produk dari pemerintahan sekarang yang akan mungkin direvisi atau dihapuskan dan membuat status PPPK saat ini berubah otomatas ke CPNS.

Meski tahun ini pembukaan CPNS tidak ada, secara tidak langsung pemerintah telah memberikan bocoran bahwa melalui PPG Prajabatan inilah secara tersembunyi akan diangkat menjadi CPNS untuk mekanisme pendaftaran dapat dilihat dibawah ini  :

 

Cara Daftar PPG Prajabatan

  1. Buka website resmi https://ppg.kemdikbud.go.id/
  2. Klik menu Daftar PPG Prajabatan
  3. Daftar sebagai peserta 
  4. Masukan email
  5. Lakukan verifikasi
  6. Buat akun SIMPKB
  7. Login ke ppg-prajab.simpkb.id/
  8. Masukan email dan password yang sudah dibuat
  9. Klik mneu Program/Layanana pilih PPG Prajabatan
  10. Baca dan Setujui Fakta Integritas
  11. Lengkapi Biodata
  12. Isi informasi umum
  13. Isi Biodata Kemahasiswaan
  14. Bidang PPG
  15. Pengalaman Berorganisasi
  16. Pengalaman Menjadi Sukarelawan
  17. Pengalaman Melatih dan Mengembangkan Orang Lain
  18. Hobi
  19. Nomor Kontak Darurat
  20. Dokumen Penting
  21. Kirim
  22. Jangan lupa isi esai
  23. Apabila sudah submit dokumen
  24. Langkah selanjutnya menunggu menu pembayaran
  25. Lakukan pembayaran
  26. Upload Bukti Pembayaran
  27. Pada jadwal yang sudah ditentukan cetak kartu
  28. Ikuti Ujian 

 

Pengorbanan terbesar untuk menjadi seorang guru adalah saat merelakan untuk tidak bekerja selama satu tahun untuk ikut PPG Prajabatan, apalagi seorang tulang punggung keluarga akan sangat berat untuk mengorbankan hal tersebut, belum tentu juga pasangan kita bisa menerima selama satu tahun kedepan tidak ada penghasilan karena harus ikut PPG Prajabatan.

Sementara kebutuha pokok harus terus dipenuhi akan terasa sulit untuk dijalani, apalagi bagi mereka yang sudah memiliki anak yang bersekolah harus siap untuk berkorban, satu sisi lainnya usia kita tidak lagi muda dan akan sampai pada usia maksimal yaitu 32 tahun dan setelah itu tidak akan bisa ikut PPG Prajabatan lagi.

Itulah yang juga admin rasakan saat ini, namun jika kita tidak berkorban sekarang akan lebih sulit lagi kedepannya karena jika tidak berkorban sekarang kehidupan dimasa depan semakin tidak pasti, karena kita hanya berkutat pada pekerjaan kontrak dan tidak tetap. Satu-satu jalan untuk bisa ikut PPG Prajabatan adalah menitipkan sementara anak dan istri ke mertua atau orang tua selama satu tahun untuk bisa fokus PPG Prajabatan.

Karena kalau tidak seperti itu akan sulit untuk memutuskan ikut PPG terlebih biaya selama PPG Prajabatan tidak ditanggung artinya untuk biaya hidup harus ditanggung sendiri. Pengorbanan besar untuk menjadi guru, bagi yang belum menikah atau yang baru lulus sarajan pendidikan jangan tunda waktu untuk ikut PPG Prajabatan sebab jika sudah menikah akan semakin sulit untuk mengikutinya.

Semoga informasi ini bisa membantu menjawab kegalauan yang sedang anda rasakan saat ini, atau bagi yang belum memutuskan apakah ikut PPG Prajabatan atau tidak, kalau menerut admin sebaiknya ikut saja berkorban sekarang lebih baik dari pada menderita masa tua.