Hati-Hati KIP Kuliah Bisa Dicabut Tiba-Tiba ! Hindari Kesalahan Ini

Info Penting CPNS

Hati-Hati KIP Kuliah Bisa Dicabut Tiba-Tiba ! Hindari Kesalahan Ini - Hati-Hati Penerima KIP Selama Kuliah Dapat Dicabut - Status Penerima KIP Kuliah Tidak akan aman karena sewaktu-waktu KIP Kuliah bisa dicabut. Bagi penerima KIP Kuliah tentu tidak akan bisa santai-santai hanya berkuliah menunaikan kewajiban sebagai penerima beasiswa masuk dan pulang kuliah saja seperti mahasiswa normal, menunaikan tugas kuliah rasanya tidak cukup bagi mahasiswa yang mendapatkan KIP Kuliah.
 
Ada mahasiswa baru yang bertanya kepada saya, apakah KIP Kuliah bisa dicabut sewaktu-waktu ? jawabanya tentu bisa karena pemerintah memberikan beasiswa untuk yang memenuhi syarat, jika dikemudian hari persyaratan tersebut tidak lagi terpenuhi maka dipastikan KIP Kuliah akan dicabut, jika dicabut apabila ingin melanjutkan studi harus membayar uang UKT dan tidak akan ada lagi biaya hidup.
 

 
Mahasiswa baru penerima KIP Kuliah harus membuang jauh-jauh kebiasaan cara belajar di sekolah karena kuliah itu berbeda dengan sekolah. Jika saat sekolah mereka yang memiliki nilai tinggi adalah siswa/i yang dapat mengerjakan semua tugas atau ujian yang diberikan oleh guru, maka pada akhir semester dipastikan nilai akan tinggi sesuai dengan harapan.
 
Berbeda dengan kuliah mengerjakan tugas, mengumpul tugas tepat waktu selalu menjadi yang paling bagus mengerjakan semua tugas dan ujian itu tidak akan cukup karena selain mengerjakan tugas setiap mahasiswa dituntut untuk aktif diperkuliahan, meski kita tidak cukup pintar secara akademik tetapi memiliki keaktifan setiap kuliah maka nilai yang akan di dapat akan tinggi jika dibandingkan dengan mahasiswa yang hanya duduk, diam, dan menegrjakan tugas.
 
Banyak dari mahasiswa semester satu yang terkejut saat pembagian nilai diakhir semester karena tidak sesuai dengan harapan, padahal mereka merasa sudah mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal, inilah salah satu ancaman terbesar mahasiswa penerima KIP Kuliah yang jarang di sadari.

Selain yang sudah dibahas ada beberapa ancaman pencabutan KIP Kuliah yang benar-benar harus hindari jika ingin status beasiswa tidak ingin dicabut, untuk lebih jelas admin akan membahasnya secara rinci dan jelas sekaligus bisa menjadi arahan agar tidak terjadi pada mahasiswa baru ataupun lama untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

Penyebab KIP Kuliah Dicabut 

Pembatalan Pada Akun KIP Kuliah

  1. Sebelum pencairan pertama biaya Hidup, di akun KIP Kuliah pada bagian Seleksi ada tombol pembatalan biasanya bertuliskan warna kuning, jika di klik baik tanpa sengaja atau dengan sengaja maka dipastikan status KIP Kuliah dari jalur masuk yang sudah lulus dibatalkan. Hati-Hati saat login ke akun KIP Kuliah.
  2. Jangan bagikan ke siapapun login akun KIP Kuliah, atau hindari kebocoran data karena kadang ada orang jahat yang login dan membatalkan status KIP Kuliah kalian namun hal ini hanya sampai batas pencairan pertama setelah itu tidak akan ada lagi opsi pembatalan

 

IPK Dibawah Standar

  1. Setiap perguruan tinggi memiliki standar batas minimal IPK yang berbeda untuk penerima KIP Kuliah rata-rata tidak boleh kurang dari 3.00 jika dibawah itu maka dipastikan status KIP Kuliah akan dicabut.
  2. Menerapkan cara belajar yang sama saat sekolah tidak akan membantu IPK menjadi tinggi karena cara belajar kuliah lebih menekankan keaktifan bukan sekedar duduk, diam dan mengerjakan tugas, pastikan kalian menjadi mahasiswa aktif untuk mendapatkan IPK tinggi.
  3. Beberapa kampus akan menuntut penerima KIP Kuliah agar berprestasi secara akademik, bagi yang tidak berprestasi akademik bisa dengan prestasi non akademik.

 

Ekonomi Keluarga Meningkat

  1. Syarat penerima KIP Kuliah keluarga dengan penghasilan kotor tidak lebih dari 4 juta, jika dikemudian hari ternyata ekonomi keluarga membaik dan hal itu diketahui oleh kampus maka status KIP Kuliah akan dicabut biasanya terjadi pada keluarga yang memiliki usaha atau wirawasta.
  2. Perhitungan batas penghasilan menjadi salah satu penyebab alasan KIP Kuliah dicabut, pada awal pendaftaran KIP Kuliah gaji orang tua lebih dari 4 juta tetapi karena dipotong hutang, dipertengahan perkuliahan ternyata hutang tersebut lunas maka hitungan batas gaji tidak akan memenuhi syarat lagi, jika kampus mengetahui maka otomatis akan dicabut.
  3. Selain orang tua, salah satu perhitungan KIP Kuliah dalam hal ini masalah ekonomi adalah wali yang bertanggung jawab selama kuliah, ternyata walinya salah satu orang kaya dan ikut berkontribusi besar dalam urusan kuliah akan bisa menjadi pertimbangan pencabutan KIP Kuliah karena dianggap memiliki sumber pendanaan lain.

 

Ketahuan Membawa Kendaraan Roda 4

  1. Dibeberapa kampus menyediakan asrama khusus mahasiswa/i KIP Kuliah jika ketahuan memiliki mobil model apapun dipastikan KIP Kuliah akan dicabut.
  2. Parkir dan Membawa mobil dipastikan KIP akan dicabut.
  3. Berbeda dengan Motor, penerima KIP Kuliah diperbolehkan membawa kendaraan roda 2 tapi bukan roda 4.

 

Menikah & Hamil Saat Kuliah

  1. Dibeberapa kampus atau perguruan tinggi tidak mentoleransi pernikahan dan hamil baik menikah atau diluar menikah akan dikenakan sangsi pencabutan KIP Kuliah. Selama kuliah tidak diiznkan untuk menikah atau hamil hingga selesai.
  2. Terlepas boleh atau tidak hal tersebut sebaiknya dihindari selagi masih menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah, pemerintah memberikan biaya kuliah untuk bisa fokus menyelesaikan kuliah.

 

Kuliah Lebih dari 8 Semester

  1. Maksimal beasiswa KIP Kuliah sampai semester 8 jika sampai batas semester akhir belum selesai maka dipastikan beasiswa KIP Kuliah dicabut.
  2. Dilarang Stop Out karena akan mengganggu proses perkuliahan dengan alasan apapun.

 

Apabila status KIP Kuliah dicabut, tidak hanya sampai itu saja akan ada sangsi denda mengembalikan dana yang sudah diterima atau bahkan dua kali lipat dari yang sudah diterima bahkan tidak menutup kemungkinan akan sampai pada meja hijau. Kesimpulannya bagi para penerima KIP Kuliah sebaiknya fokus kuliah jangan melakukan hal yang aneh-aneh jika tidak tidak ingin KIP dicabut.

Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat, intinya status KIP Kuliah tidak akan aman sampai lulus akan ada selalu kemungkinan bisa dicabut dengan berbagai alasan yang mungkin tidak diperhitungkan sebelumnya.