Pengumuman UTBK SBMPTN UNSULBAR 2023-2024

Info Penting CPNS

Pengumuman UTBK SBMPTN UNSULBAR 2023-2024 - Setelah melalui proses yang panjang dari mulai pendaftaran, hingga korban uang, waktu dan tenaga untuk mengikuti tes, kini tiba yang saat ditunggu oleh para peserta UTBK setelah menunggu hampir satu bulan, kini akan mengetahui hasil pengumuman UTBK, terhitung pada pertengahan tahun pengumuman UTBK akan dilaksanakan secara daring.
 
Tepatnya pertengahan Mei hingga awal Juni adalah waktu yang sangat penting bagi para pejuang perguruan tinggi negeri jalur SBMPTN, karena diwaktu-waktu inilah mereka bertarung mengerahkan seluruh pengetahuan dan hasil belajarnya dalam sebuah ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk mencapai nilai terbaik agar dapat masuk ke perguruan tinggi negeri impian.
 

 
Hampir di seluruh wilayah Indonesia sudah memiliki kampus atau perguruan tinggi berstatus negeri salah satunya adalah UNSULBAR. Perguruan tinggi ini resmi berstatus negeri pada tahun 2013 melalui peraturan presiden RI No 36 Tahun 2013 tentang pendirian Sulawesi Barat yang kemudian pada 19 Desember 2013 Dr. Ir Akhsan, MS. dilantik menjadi rector UNSULBAR dengan didasarkan pada surat keputusan no 04/MPK.A4/KP/2013 oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu UNSULBAR kini telah mengalami banyak perkembangan yang cukup pesat terlebih pada fasilitas-fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswanya untuk terus mengembangkan kemampuan diri. Beberapa keunggulan fasilitas UNSULBAR adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki ruang kuliah yang nyaman dan lengkap mulai dari AC, Infocus dan layar proyeksi hingga jaringan internet yang sangat lancar.
  2. Memiliki Laboratorium Teknologi Informasi  yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan penelitian dan pengembangan.
  3. Memiliki perpustakaan dengan sumber bacaan yang beragam 
  4. Memiliki Laboratorium Bahasa untuk mendukung mahasiswanya mengembangkan keterampilan berbahasa. Lab ini dilengkapi dengan repeater language learning machine, tape recorder, DVD player, video monitor, headset dan student’s booth yang dipasang dalam satu ruang kedap suara.
  5. Laboratorium Dasar yang biasanya digunakan untuk kebutuhan riset, bahkan lab ini kerap bekerjasama dengan pihak kampus luar seperti IPB dan UNHAS.
  6. Asrama kampus yang nyaman sehingga mahasiswa tidak perlu pusing mencari kosan.
  7. Kafetaria dengan jenis makanan yang lengkap dan terjangkau
  8. Memiliki lokasi kampus yang strategis karena berada di wilayah segitiga emas yang menghubungkan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur

Tidak lama lagi fasilitas-fasilitas keren tersebut bisa saja akan segera kalian nikmati karena  pada tanggal yang sudah ditentukan nanti pengumuman Hasil UTBK SBMPTN akan segera dirilis dan kalian dapat mengaksesnya dengan cara membuka website resmi LTMPT di pengumuman-sbmptn.sbmptn.ac.id

setelah itu memasukkan nomor pendaftaran serta tanggal lahir dan klik lihat hasil. Di sinilah pengumuman diterima atau tidaknya akan terlihat. Tentu Langkah selanjutnya adalah mencetak atau mengunduh sertifikat UTBK karena bisa jadi suatu saat nanti sertifikat ini bisa berguna untuk mendaftar ke jalur lain jika pada jalur UTBK SBMPTN dinyatakan tidak lolos.

Apabila pada hasil pengumuman UTBK SBMPTN kalian dinyatakan lolos maka Langkah selanjutnya adalah registrasi atau daftar ulang. Merujuk pada informasi resmi tahapan registrasi ulang peserta lulus UTBK SBMPTN UNSULBAR tahun ini, pendaftaran ulang dilakukan dengan beberapa Langkah berikut: pertama, 

  1. Registrasi Online dengan cara login ke website https://unsulbar.ac.id/ , lalu mengisi biodata dan mengupload beberapa dokumen penting yang merupakan hasil scan aslinya, 
  2. Mencetak formular data registrasi, dan terakhir adalah menyimak informasi UKT melalui website https://unsulbar.ac.id/  serta mempersiapkan biaya untuk proses perkuliahan.

Adapun beberapa dokumen penting yang harus diupload adalah:

  1. Melampirkan Kartu Pendaftaran UTBK SBMPTN
  2. Salinan/scan ljazah SMA/SMK/MA untuk Lulusan dua tahun lalu atau Surat Keterangan Lulus (dilengkapi foto) untuk Lulusan ini
  3. Foto formal baik file maupun cetak dengan latar merah
  4. Sertifikat/bukti prestasi akademik yang pernah diupload
  5. KTP atau Kartu Tanda Siswa biasanya lulusan sekolah sudah memiliki KTP karena sudah lebih dari 17 tahun
  6. Akte Kelahiran
  7. Kartu Keluarga
  8. Bagi yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), dan sejenisnya (abagikan bagi yang tidak memiliki)
  9. Bukti Gaji/penghasilan orang tua atau rekening koran.
  10. Bukti pengisian token terbaru selama tiga sampai sebulan terakhir atau bukti pembayaran Rekening listrik.
  11. Bagi yang berlangganan sumber air lampirkan Rekening PDAM (Jika ada)
  12. Laporan pajak PBB kepemilikan rumah dan tanah (2 tahun terakhir)
  13. STNK kepemilikan kendaraan (mencakup semua kendaraan)
  14. Foto rumah dari luar (sisi depan, samping, dan belakang) dan dari dalam (ruang tamu dan dapur)
  15. Kartu Peserta/Formulir Pendaftaran KIP-Kuliah (bagi calon maba yang terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah)
  16. Denah lokasi rumah yaitu jalur dari Rektorat Universitas Sulawesi Barat hingga ke alamat peserta (bagi calon maba yang terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah)
  17. Surat Keterangan Sehat dari dokter rumah sakit pemerintah/Puskesmas (disertai riwayat sakit jika ada) bisa dilakukan di klinik universitas.

Pelaksanaan daftar ulang untuk tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan Langkah di atas. Namun bagi kalian yang dinyatakan belum berhasil masuk UNSULBAR dengan jalur UTBK SBMPTN, silahkan bersedihlah secukupnya lalu segera lanjutkan perjuangan kalian ke jalur lainnya. Karena di UNSULBAR masih memiliki jalur mandiri yang bisa kalian ikuti dengan cara mendaftar melalui website PMB mandiri UNSULBAR di  https://pmb-mandiri.unsulbar.ac.id/ serta membayar biaya pendaftaran sebesar dua ratus ribu rupiah melalui bank atau ATM.