Cara Pendaftaran Rekrutmenbersama.fhcibumn.id 2023-2024

Info Penting CPNS

Cara Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN rekrutmenbersama.fhcibumn.id 2023-2024 - Pemerintah melalui kementerian BUMN membuka integrasi rekrutmen karyawan BUMN lebih dari 2700 loker dibuka serentak dari 40 BUMN yang ada di Indonesia melalui sistem rekrutmen bersama BUMN tahun ini, dengan adanya sistem yang terigerasi dalam satu website pelamar dapat dengan mudah mengecek loker apa saja yang sedang dibuka tanpa harus berganti-ganti website.

Tidak hanya itu saja sistem rekrutmen BUMN kedepan akan setara dengan PNS dimana PNS maupun BUMN dapat berpindah-pinda baik PNS ke BUMN atau BUMN Ke PNS bebas memilih, tentu sistem ini akan sangat memudahkan para pencari kerja. Jadi tidak ada kejadian ketinggalan info bukaan lowongan kerja lagi.

Apabila sebelumnya kita susah sekali untuk mengakses banyak website untuk mendaftar kini sudah bisa dilakukan dengan satu portal seleksi bersama BUMN, yang perlu di persiapkan juga banyak pelamar mengeluh harus membuat SKCK, jadi beberapa wilayah yang sudah support pembuatan SKCK secara online malalui polres atau poltabes terdekat dapat membuat SKCK secara online.

Jadi tidak ada alasan lagi berkas tidak lengkap jika pendaftaran SKCK sebagai syarat pendaftaran rekrutmen BUMN bisa dilakukan secara online, sebelum mendaftar pastikan setiap pelamar membaca persyaratan dan sudah melengkapi sejak awal selain persyaratan ada beberapa dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan agar memudahkan dalam proses registrasi online.

Apabila sudah jelas admin sudah membuatkan rangkuman mengenai cara pendaftaran online rekrutmen Bersama BUMN mulai dari persyaratan, dokumen yang disiapkan, registrasi online, jadwal lengkap dan informasi pengumuman seperti dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

 

Persyaratan

  1. Warga Negara Indonesia 
  2. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.
  3. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  4. Usia maksimal untuk jenjang pendidikan diploma 1/2/3 usia 27 tahun, Sarjana S1/DIV usia 30 tahun dan S2 35 tahun.
  5. IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi.
  6. Apabila ada, Sertifikat pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja.
  7. Apabila ada, rekomendasi komunitas berprestasi di bidang olahraga/seni/digital creator/Start Up).

Sebelum mendaftar setiap pelamar membaca syarat dan ketentuan pendaftaran setelah memenuhi syarat baru kemudian mulai mendaftar, untuk mekanisme pendaftaran seperti dibawah ini :

 

Dokumen yang Harus Dipersiapkan 

  1. Mengisi form pendaftaran seperti alamat e-mail pribadi, nomor hp masih aktif, setiap pelamar hanya diperbolehkan menggunakan email atau nomor pribadi bukan nomor orang lain atau kantor.
  2. Sebelum mendaftar pastikan setiap peserta mempersiapkan dokumen seperti foto profil
  3. KTP
  4. Ijasah/Surat Keterangan Lulus
  5. Transkrip Nilai
  6. SKCK
  7. Dokumen lain seperti sertifikat bahasa inggris atau pelatihan apabila ada.
  8. Surat rekomendasi apabila ada, templet surat rekomendasi dapat di download sebagai referensi di link https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.
  9. Semua dokumen dapat dijadikan satu file.

 

Untuk lebih jelas berikut  berikut rincian mengenai cara registrasi online BUMN sampai dengan selesai untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

 

Cara Registrasi Online

1. Proses pendaftaran dilaksanakan secara online melalui link https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/ klik menu "Registrasi"


2. Langkah selanjutnya lakukan registrasi akun menggunakan akun Gmail anda, dapat langsung login menggunakan akun gmail, isi nama lengkap, no kTP, alamat email aktif milik pribadi, kompirmasi alamat email, buat password yang unik menggunakan kombinasi angka dan huruf yang mudah diingat jangan lupa untuk ceklist saya bukan robot. Selanjutnya klik dan lakukan aktivasi akun.


3. Lengkapi data diri  CV (Curriculum Vitae) anda dengan mengisi data yang belum lengkap seperti tempat lahir, jenis kelamin, agama, tanggal lahir, status perkawinan suku, media sosial anda beserta username, data lain seperti NIK, Nama lengkap, email, nomor kontak harap diperiksa pastikan sudah benar sesuai data identitas. Anda juga dapat menambahkan lebih dari satu media sosial apabila selesai jangan lupa Save.


4. Lanjut pada menu lainnya isi form melamar pada posisi bisa dicari secara manual satu persatu atau berdasarkan jenis posisi, perushaan, bidang dan jenjang pendidikan yang akan diikuti jangan lupa pilih salah satu lowongan kerja yang akan diikuti simpan.

5. Lanjut pada tahap akhir pendaftaran semua data dapat dilihat melalui menu applicant journey, terdapat pesan masuk yang menjelaskan bahwa proses pendaftaran online dan seleksi adminstrasi sudah selesai tinggal menggunggu jadwal TKD & Core Value BUMN, TKB, Wawancara &MCU, Belanegara, dan integated. Dapat juga melihat detail jadwal yang akan diikuti pastikan mengikuti semua tahapan hingga selesai.

 

Pengumuman 

Hasil seleksi dan pengumuan dapat diakses melalui website resmi https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/  sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh kementerian BUMN :

  1. Pengumuman Tahap 1: Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
  2. Pengumuman Tahap 2: TKD dan Core Values
  3. Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN

 

Pembuatan SKCK Online

Untuk pembuatan SKCK dapat dilaksanakan secara online melalui link https://skck.polri.go.id/ pilih tujuan membuat skck yaitu melamar BUMN provinsi atau Nasional setelah itu dapat melakukan pembayaran melalui loket secara tunai dengan melampirkan persyaratan seperti berikut :

  1. Warga Negara Indonesia 
  2. Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli. 
  3. Fotokopi Paspor. 
  4. Fotokopi akte lahir (surat kenal lahir, ijasah, surat nikah). 
  5. Dokumen Sidik Jari dan rumus sidik jari Fotokopi kartu indentitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP. 
  6. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, foto berpakaian sopan dan berkerah, Foto tidak menggunakan aksesoris wajah, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh. 

Datang ke loket pembayaran bawa bukti pendaftaran dari online ikuti sampai selesai jika sudah selesai bisa langsung mendaftar Rekrutmen BUMN. Semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat jangan lupa untuk membaca secara teliti mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran rekrutmen BUMN online dan selamat mencoba.