Trik Mengerjakan Soal SKD CPNS & FR Paserta Tes Duluan

Trik Mengerjakan Soal SKD CPNS & FR Paserta Tes Duluan - tes CPNS tahun ini mengalami banyak perubahan yang signifikan terutama dari segi soal-soal yang dibuat oleh pemerintah melalui kemenpan RB hal ini menjadi kabar gembira bagi peserta CPNS dikarenakan soal-soal yang diujikan  berkonsep analisa Bukan lagi hafalan seperti dulu.

Terutama pada soal TWK Dimana tahun-tahun  sebelumnya  banyak sekali yang mengeluhkan soal tersebut banyak soal-soal hafalan seperti pasal-pasal tahun-tahun penting  sejarah Indonesia sampai dengan rincian butir butir  Pancasila.



Di tahun ini seperti banyak FR dari peserta CPNS yang sudah mengikuti tes terlebih dahulu di beberapa daerah dimana soal twk berkonsep analisis dan berasa seperti soal TKP  itu benar adanya karena admin sendiri sudah mengikuti tes terlebih dahulu pada tanggal tanggal sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini admin juga akan memberikan FR tes CPNS,  seperti kita ketahui bahwa soal CPNS dibagi menjadi tiga jenis yaitu twk  admin sendiri mendapatkan bentuk soal twk  terdiri penerapan nilai-nilai Pancasila,  kebhinekaan,  sosial budaya,  dan bela negara.

Seandainya ada peserta yang menemukan soal-soal mengenai sejarah maka isi dari sejarah tersebut tidak berjauhan dari konsep pendidikan yang mereka tempuh Seperti contohnya jika pendidikan maka sejarah yang akan muncul kebanyakan di bidang pendidikan ataupun kemerdekaan itu cukup muda untuk dianalisis dan dipahami.

Bahagianya adalah bentuk-bentuk soal tersebut  dicontohkan dalam  kehidupan sehari-hari,  atau contoh antara hubungan mahasiswa dengan dosen di kampus tentunya mobil relevan soal lain terkait dengan Pancasila dan bineka Tunggal Ika  maka contoh soal yang muncul permasalahan jadi saat ini.

Jadi pada saat kita membaca contoh tersebut sudah bisa dibayangkan dan menemukan jawabannya.  sementara untuk TKP berbeda dari tahun-tahun sebelumnya hanya saja soal yang dibuat lebih pendek maksimal tidak lebih dari 3 baris membuat kita lebih cepat membaca dan tidak menghabiskan banyak waktu mudah dimengerti.

Jika dulu pada saat tes CPNS para peserta banyak yang tidak lulus pada soal twk ini hal itu tidak terjadi lagi karena jika dilihat sepintas antara TKP dan twk hampir mirip,  sementara untuk soal Tiu memang tidak terlalu sulit tetapi banyak soal-soal dalam bentuk matematika sederhana yang  banyak memakan waktu dalam pengerjaan.  seperti deret hanya sedikit kemudian dilanjutkan dengan matematika dalam bentuk soal cerita serta beberapa bentuk matematika yang lainnya.  jika peserta tidak menyukai soal-soal Matematik maka tes CPNS   biru banyak  menjadi kendala yang tidak lulus passing grade hal itu dikarenakan soal tiu didominasi oleh matematika kemudian dilanjutkan dengan soal gambar seperti silogisme perbedaan ataupun lainnya.

Selain itu ada juga soal bahasa Indonesia didalam Tiu seperti  menyempurnakan tanda baca lainnya memang muda tetapi pilihan ABCDE Yang ada  memiliki pola yang mirip membuat kita jika mengerjakannya dalam tekanan cukup membingungkan.

Sebab itu ada banyak peserta yang tidak mencapai nilai TIU karena masalah manajemen waktu.  tantangan terbesar bagi peserta CPNS tahun ini bukan lagi dari sulitnya soal tetapi dari segi pengaturan manajemen waktu Di mana? Peserta harus memaksimalkan sisa waktu pengerjaan dari soal TKP dan twk untuk mengerjakan soal-soal tiu yang cukup menguras banyak waktu.

Terkadang peserta terpancing dengan kemudahan soal yang disajikan namun tanpa disadari soal tersebut banyak memakan waktu karena meski terlihat muda jika di cari jawabannya akan memakan lebih dari 50 detik.   sementara rata-rata pengerjaan soal hanya berkisar 50 detik sampai 55 detik setiap soalnya.

Artinya jika kita membaca soal dua kali  Sudah pasti waktu untuk menjawab 1 soal lebih dari rincian waktu tersebut. Akibatnya soal-soal lainnnya  kurang maksimal dikerjakan karena kehabisan waktu. Nah untuk kalian yang belum tes CPNS sebaiknya mengatur strategi agar waktu yang ada  cukup untuk mengerjakan semua soal dengan maksimal berikut yang harus diperhatikan pada saat tes CPNS berdasar pengalaman admin.
Persiapan Sebelum Tes SKD
  1. Paling utama adalah belajar namun jika waktu belajar Anda cukup singkat jangan gunakan buku-buku soal CPNS untuk belajar  karena buku-buku tersebut sifatnya untuk latihan dan dalam jangka waktu yang cukup panjang.  Anda bisa menggunakan media sosial seperti YouTube untuk belajar dalam waktu singkat kita akan cepat menyerap trik-trik menjawab soal.
  2. Bagi yang lemah pada soal TIU matematika sebaiknya belajar karena soal yang akan keluar cukup banyak. Tidak ada pilihan karena hampir 10-15 soal terdiri dari matematika.
  3. Nah kita juga Selain itu Usahakan mengakses pembahasan mengenai soal-soal yang ada di YouTube dan baca komentar-komentar peserta yang sudah mengikuti tes terlebih dahulu kita bisa mengira-ngira soal CPNS  yang akan keluar ,  meski kita sudah mengetahui soal-soal yang akan keluar tetapi tipe soal ada banyak entah kita dapat yang mana? Tetapi kita harus persiapkan segala kemungkinan yang akan keluar pada saat tes baca dan pelajari semua FR atau ulasan peserta yang sudah mengikuti ujian lebih dulu bisa kit ketahui dari kolom komentar.
  4. Yang paling akurat adalah bertanya kepada teman yang sudah terlebih dahulu tes pada lokasi atau tempat yang sama misalnya satu hari sebelumnya atau mereka yang tes pada sesi pertama. Hal itu bisa menjadi referensi bagi kita untuk memprediksi soal yang keluar hanya saja bertanyalah kepada peserta CPNS yang sudah lulus skd dan mendapatkan nilai yang besar pasti mereka akan memberikan bocoran kira2 soal seperti apa.

Itu tadi pembahasan persiapan tes CPNS sebelum namun jika kita sudah berada di dalam ruangan sebaiknya menggunakan trik manajemen waktu seperti:


Trik Mengerjakan Soal SKD
  1. Pastikan kalian mengerjakan soal nomor 70 sampai dengan 100 terlebih dahulu dimana soal tersebut berisi soal-soal TKP yang udah alokasikan waktu 30 menit untuk menjawab soal tersebut Jika waktu 30 menit belum cukup soal yang belum terjawab Tinggalkan saja.
  2. Setelah itu lanjut ke bagian nomor 1 sampai dengan nomor 35 kerjakan tentang soal.twk terlebih dahulu karena Akan lebih mudah dikerjakan kalau kasihkan Pulau waktu sekitar 30 menit untuk mengerjakan soal-soal twk. Jika dalam waktu yang sudah kita batasi soal masih belum terjawab semua maka sama dengan cara sebelumnya soal tersebut Tinggalkan saja.
  3. lanjut pada soal nomor 36 sampai dengan 69 di mana soal tersebut adalah soal-soal tiu untuk pemilihan soal-soal Tiu usahakan untuk mengerjakan soal-soal gambar terlebih dahulu karena lebih mudah dan cepat dianalisa baru dilanjutkan dengan soal-soal bahasa Indonesia yang pendek-pendek seperti sinonim antonim dan lain-lainnya.  selanjutnya Kerjakan soal-soal matematika yang lebih mudah seperti deret  soal logika cerita dan lainnya,  terakhir jawab soal-soal bahasa Indonesia tersisa.
  4. Alokasikan waktu sekitar 30 menit untuk mengerjakan soal tiu sama seperti soal-soal sebelumnya, jika sudah pasti ada sisa waktu dari Pengertian tersebut gunakan untuk menjawab soal soal yang belum terjawab.
  5. Jangan membaca soal maupun jawaban berulang-ulang pastikan membaca hanya 1 kali saja.
  6. Selanjutnya jangan buru-buru untuk melakukan selesai bila perlu biarkan aplikasi menutup sendiri pada saat waktu sudah habis. Gunakan sisa waktu meski hanya detikan untuk melakukan pengecekan secepat mungkin.
  7. Pastikan kalian sudah mengklik simpan dan lanjutkan setiap soalnya diikuti dengan tanda warna hijau pada bagian kanan monitor kalian karena jika tidak dilakukan hal tersebut sama saja kalian belum menjawab soal.

Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda ada yang memiliki kecerdasan mengerjakan soal dengan cepat Ada pula yang mengerjakan soal lambat yang menjadi kendala adalah mereka yang memiliki kemampuan membaca dan menganalisis dengan lambat yang terjadi adalah waktu yang ada tidak akan cukup untuk menyelesaikan soal yang sudah ditentukan.

Sesuai dengan pengalaman admin  memiliki kemampuan yang lambat dalam menganalisa soal hal  jadi sebisa mungkin Tanamkan dalam diri untuk mengerjakan hanya 50 detik dari setiap soalnya. Kendala lain yang kita hadapi biasanya terkait dengan suasana pada saat tes Di mana  membuat kita sangat gugup dan pada akhirnya meski pekerjaannya tiap hari menggunakan komputer tes CPNS CAT seperti orang gaptek.  untuk mengatasinya biasanya panitia sebelum tes akan memberikan candaan kepada peserta untuk mencairkan suasana namun jika tidak berhasil perlu ada dorongan dari dalam diri kita sendiri  arti melawan rasa tersebut.

Ada banyak peserta yang tanpa disadari mengalami demam lapangan istilah orang awam nya tes CPNS yang membuat pola pikir kita tidak maksimal  yang dapat mengatasi hal tersebut adalah diri kita sendiri dengan cara semangat bisa diperoleh dari membayangkan hal-hal yang membuat diri kita bahagia atau mengingat sesuatu mungkin seseorang yang kita cintai Yang sedang berharap dan menunggu hasil yang lebih baik dari tahun ini,  Karena kita tidak ingin mengecewakan orang-orang tercinta yang ada di sekitar kita.

Terakhir  biasanya peserta CPNS memiliki beban Sendiri setelah tes di mana? Kita akan ditanya oleh orang-orang sekitar terutama keluarga terkait dengan nilai  paling tidak jika kita tidak lulus hasil yang diperoleh cukup baik seperti hanya kurang beberapa soal untuk lolos skd. Dan bisa menjadi  alasan tahun depan  untuk belajar lebih sungguh-sungguh lagi dan lebih semangat karena nilai yang diperoleh pada saat tes skd tahun lalu kurang sedikit  membuat kita lebih percaya diri dan pada akhirnya semangat itulah yang membawa kita lulus CPNS meski kita bukan orang pintar.

Tetapi hal yang buruk akan terjadi jika nilai yang kita peroleh tahun ini pada saat tes skd sangat kecil maka akan semakin down dan tanpa kita sadari, Kita akan menerima bahwa kita memang benar-benar bodoh tanpa berfikir dari sudut pandang lainnya. Sebab faktor suasana kadang yang menjadi penutup potensi diri kita, jangan biarkan hal itu terjadi pada diri anda.

Paling tidak kita punya target dalam diri kita minimal nilai yang di dapat tahun ini tidak jauh dari passing grade syukur-syukur lulus passing grade dan bisa lanjut ke tes SKB demikian informasi yang bisa kami berikan Semoga orang-orang yang memiliki pola pikir yang sama dengan saya dapat diberikan kelancaran kemudahan pada saat mengikuti tes CPNS tahun ini.