Cara Pendaftaran Online Akun SNPMB SNBT 2024/2025


Cara Pendaftaran Online Akun SNPMB SNBT 2024/2025 -  Persiapan pendaftaran SNBT dan SNPMB sudah dimulai meski SNBP masih belum selesai, tahap awal yang perlu kalian perhatikan  membuat akun SNPMB,  perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya pendaftaran akun dengan pendaftaran SNBT terpisah.

Kesempatan kali ini admin akan membahas secara rinci mengenai proses atau prosedur pembuatan akun SNPMB yang dilaksanakan secara online saat ini sudah bisa diakses jika kalian salah satu peserta SNBT mungkin sudah familiar dengan proses-proses ini karena tidak jauh berbeda dari tahun lalu.



Selain proses pendaftaran akun Kami juga akan menjelaskan beberapa cara pendaftaran utbk,  pelaksanaan utbk,  hasil dan jadwal pelaksanaan tes utbk untuk lebih jelas kita akan membahas satu persatu.

Pada dasarnya tidak ada perubahan yang signifikan hanya SNBT sebagai tes tertulis, sementara pendaftaran SNBT ditujukan untuk pengisian data data diri dan lainnya Jadi pada intinya SNBT Itulah sebenarnya tes SNBT. jika nilai kalian besar di UTBK kemungkinan akan lulus SNBT. fokus pada ujian jika ingin lulus SNBT.

Berdasarkan siaran pers yang disampaikan melalui akun resmi snpmb.bpp.kemdikbud.go.id proses pembuatan akun SNBT khusus untuk SNBT  tahu pembuatan akun SNPMB tahap kedua  hanya diperuntukkan untuk mereka yang ingin mendaftar utbk dan SNBT Adapun ketentuan registrasi sebagai berikut :


Persyaratan Pendaftaran
  1. Siswa lulusan sekolah SMA SMK Ma termasuk di dalamnya takipci atau sekolah Republik Indonesia yang ada di luar negeri lulusan tahun ini.
  2. Selain lulusan tahun ini bagi mereka yang lulusan 2 tahun sebelumnya terhitung dari tahun ini bisa juga mengikuti SNBT.  tidak hanya untuk lulusan tahun ini saja
  3. Bagi peserta yang sudah pernah mendaftar namun belum selesai  tidak perlu mendaftar baru Cukup menyelesaikan pembuatan akun yang sudah pernah dilakukan panitia tidak pernah mengizinkan dua akun SNPMB dengan data yang sama artinya.  1 peserta utbk dan SNBT hanya diizinkan memiliki 1 akun.
  4. Peserta yang pernah melakukan pendaftaran akun ltmpt pada tahap 1 namun belum menyelesaikan proses pendaftaran tersebut diwajibkan melakukan pembuatan akun kembali atau melengkapi data pembuatan akun yang lama.
  5. Bagi mereka yang berstatus sekolah di luar negeri atau sekolah Republik Indonesia yang berada di luar negeri harus memiliki surat keterangan pernyataan ijasah dari Kemendikbud.

Siswa yang mengalami kendala pada saat proses registrasi akun SNPMB pada tahap 2 dapat menghubungi layanan contact center snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Bagi yang masih bingung cara mendaftar akun SNBT tahap 2 berikut  kami akan memberikan tata cara pendaftaran akun tersebut lebih jelas  di bawah ini :


Pendaftaran Akun

  1. Buka  buka link resmi snpmb.bppp.kemdikbud.go.id  klik menu daftar.  akan tampil menu registrasi akun siswa di mana setiap siswa harus memasukkan NISN NPSN dan tanggal lahir jika sudah selesai harap klik lanjut.  pastikan NISN dan NPSN Anda  benar karena sistem tersebut terkoneksi langsung dengan data Dapodik Kemendikbud.
  2. Selanjutnya Isi data diri seperti data-data yang masih kosong meliputi nama email password dan data-data lainnya yang dibutuhkan pada saat mendaftar jika semua data sudah terisi dengan benar ikan kalian melakukan registrasi sampai dengan selesai.
  3. Biasanya akan ada email konfirmasi yang akan dikirim melalui email terdaftar anda beberapa keterangan menjelaskan bahwa proses pendaftaran akun Anda telah selesai selanjutnya tinggal menunggu prosedur pendaftaran utbk SNBT.
  4. Semua data yang sudah lengkap Dianggap memenuhi syarat namun bagi yang belum melengkapi semua data akan dianggap belum melakukan registrasi akun.

Berikut juga kami akan memberikan informasi mengenai cara pendaftaran SNBT

Pendaftaran SNBT
  1. Buka  situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id  gunakan email dan password yang sudah dibuat klip masuk.
  2. Melakukan pengisian data, mengunggah pas foto berwarna, memilih  kelompok tes sesi ujian dan lokasi  utbk di PTN terdekat.
  3. Setelah semua data di isi dengan benar silakan kirim data dan simpan nantinya peserta akan mendapatkan slip pembayaran utbk.  peserta yang mengikuti tes SNBT diwajibkan membayar sejumlah biaya pendaftaran yang ditetapkan oleh panitia  melalui Bank Mandiri, BNI, BTN.
  4. Bagi peserta KIP mendapat pengecualian jika lulus tidak akan  dipungut biaya.
  5. Setelah melakukan pembayaran  peserta harus melakukan login kembali melalui situs resmi utbk seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kemudian melakukan Cetak kartu peserta SNBT.
  6. Pelaksanaan SNBT sesuai dengan hari sesi dan lokasi yang sudah anda tentukan pada saat pendaftaran.


Pengumuman Hasil
  1. Setelah mengikuti tes utbk hasil utbk dapat dilihat melalui situs resmi  snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  2. Tata cara pengecekannya cukup mudah silakan masukkan nomor peserta SNBT Anda diikuti dengan tanggal lahir kemudian lihat hasil.
  3. Nilai SNBT akan muncul setelah dilakukan pengecekan, nilai ini digunakan untuk perayaratan pendaftaran SNBT, sampai disini ini proses SNBT selesai.

Perayaratan Pendaftaran
  1. Lulusan SMA/SMK/MA tahun ini 1 tahun sebelumnya atau 2 tahun sebelumnya memiliki ijazah atau surat keterangan lulus dari sekolah asal.
  2. Sudah memiliki nilai SNBT.
  3. Harus menyesuaikan diri saat pemilihan program studi terutama bagi teman-teman yang berkebutuhan khusus jangan sampai kekurangan fisik maupun psikis menghambat proses kelancaran studi anda.
  4. Semua biaya pendaftaran yang timbul di tanggung oleh peserta  kecuali peserta lulus Bidikmisi.

Pendaftaran SNBT
  1. Mengisi dan Melakukan input data data biodata kecuali bagi peserta yang sudah karena ikut SNBP
  2. Bebas Memilih PTN dan program studi maksimal 2.
  3. Mengupload Borang portofolio bagi peserta yang memilih jurusan atau program studi olahraga atau Seni untuk Tata caranya dapat di lihat melalui situs snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  4. Mengunggah persyaratan pendaftaran SNPMB yang dibutuhkan sesuai intruksi pendaftaran.
  5. Pemilihan jenis kelompok tes dapat diikuti sesuai dengan kelompok tes pada saat memilih program studi jika kedua program studi pilihan IPA maka harus ikut  saintek.  namun jika ingin memilih jurusan IPS pada saat program pemilihan program studi silakan mengikuti kelompok ujian soshum. Perlu diingat pemilihan jenis kelompok ujian bukan berdasarkan jurusan Pada saat Anda sekolah tetapi sesui pemilihan program studi.  namun jika anda memiliki rencana memilih jurusan IPA dan IPS dari dua pilihan yang tersedia maka disarankan untuk mengikuti kelompok ujian campuran dimana kedua jurusan tersebut bisa dipilih secara bersamaan.
  6. Pastikan kalian sudah melakukan pengecekan sebelum melakukan finalisasi data melakukan finalisasi tidak akan dapat dirubah kembali.
  7. Anggap saja semua data sudah benar silakan klik finalisasi atau selesai setelah itu akan muncul beberapa hal yang bisa didownload simpan bukti pendaftaran.

Pengumuman

Prosedur pengumuman dilaksanakan melalui situs resmi snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan masukan nomor peserta dan tanggal lahir, selanjutnya lihat hasil.


Bagi yang dinyatakan lulus SNBT harus memperisapkan diri untuk mengikuti daftar ulang dan menyiapkan biaya UKT pertama, semantara bagi yang tidak lulus jangan berkecil hati karena masih ada jalur mandiri, bagi kalian yang ingin masuk PTS dapat menggunakan nilai SNBT sebagai syarat pendaftaran PTS tanpa tes, ini merupakan kebijakan baru pemerintah.