Pendaftaran Online Pengumuman CPNS SUMUT 2024/2025


Pendaftaran Online Pengumuman CPNS Prov Sumatera Utara 2024/2025 - Kabar gembira untuk Anda yang tinggal di Kota Medan dan sekitarnya. Tahun ini, pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah memastikan akan membuka lowongan CPNS untuk mengisi posisi PNS yang sudah pensiun. Harapannya, dengan tambahan tenaga PNS yang baru, pemerintah Provinsi Sumatera Utara bisa memberikan pelayanan yang lebih memuaskan pada masyarakat.

Formasi lowongan CPNS Prov Sumut sampai saat ini masih belum ditentukan. Walaupun begitu, jika merujuk pada pernyataan Menpan RB yang menyebutkan bahwa formasi penerimaan CPNS Tahun ini akan difokuskan pada tenaga pendidikan dan kesehatan, maka formasi lowongan CPNS di Sumut juga tidak akan jauh – jauh dari dua instansi tersebut.


Untuk jumlah lowongannya sendiri, jika melihat pada data luas daerah Sumatera Utara yang mencapai 72,9 ribu km persegi dan data jumlah penduduk yang mencapai 13,9 juta jiwa, maka kemungkinan besar jumlah lowongan yang tersedia akan sangat banyak. Terlebih, provinsi ini juga memiliki jumlah wilayah kabupaten dan kota yang tidak sedikit, yaitu 25 kabupaten dan 8 kota.

Lantas, seperti apakah tata cara pendaftaran CPNS Prov Sumatera Utara? Dan bagaimanakah cara mengecek pengumuman CPNS Prov Sumatera Utara? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov Sumatera Utara

Sebelum masuk ke tata cara pendaftaran CPNS Prov Sumut, pertama – tama ada satu informasi penting yang harus Anda ketahui. Informasi penting tersebut adalah mengenai tempat dan sistem pendaftaran CPNS yang diberlakukan oleh pemerintah pusat.

Jadi, sejak tahun ini, proses pendaftaran CPNS Provinsi Sumatera Utara tidak lagi dilakukan melalui halaman situs milik instansi pemerintah Sumut. Proses pendaftarannya akan dipindahkan ke halaman situs milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), tepatnya di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCASN), yaitu di alamat situs sscasn.bkn.go.id.

Pemindahan situs web tempat mendaftar ini sengaja dilakukan oleh pemerintah pusat untuk meminimalisir tindak KKN yang notabene sangat rawan terjadi dalam proses seleksi CPNS di tingkat provinsi. Selain itu, dengan pemusatan seperti ini, harapannya, setiap calon peserta seleksi CPNS dari provinsi manapun akan bisa mendapatkan pelayanan yang sama. Dengan begitu, proses seleksi akan berjalan dengan lebih adil, lebih bersih, dan lebih transparan.

Nah, untuk bisa mendaftar menjadi peserta seleksi CPNS Prov Sumatera Utara sendiri, ada tiga tahapan pendaftaran yang harus ditempuh oleh setiap calon peserta. Ketiga tahapan pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut:


1. Daftar Akun SSCASN

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftar menjadi peserta seleksi pendaftaran CPNS Prov Sumatera Utara adalah membuat akun SSCASN. Di tahap ini, Anda membutuhkan tiga buah data, yaitu data email yang masih aktif, data NIK yang sudah terdaftar di DUKCAPIL, dan data nomor kartu keluarga yang juga harus sudah terdaftar di DUKCAPIL. Jika datanya sudah tersedia, selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah pendaftaran di bawah ini:
  • Buka halaman situs sscasn.bkn.go.id
  • Masuk ke bagian menu pendaftaran
  • Isi seluruh form pendaftaran yang ada pada menu pendaftaran tersebut
  • Cek kebenaran data Anda
  • Terakhir, klik opsi “daftar”
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pendaftarannya sukses

2. Lengkapi Biodata dan Dokumen Pribadi Anda
  1. Langkah pendaftaran CPNS Prov Sumatera Utara yang kedua adalah melengkapi biodata dan dokumen pribadi. 
  2. Di tahap ini Anda perlu melakukan dua hal, yaitu mengisi form biodata yang ada pada halaman personal SSCASN Anda dan mengunggah dokumen persyaratan yang diminta oleh panitia seleksi.
  3. Khusus untuk dokumen persyaratan, pihak panitia biasanya meminta dokumen persyaratan dikirimkan dalam bentuk file jpg atau jpeg, atau pdf. 
  4. Untuk itu, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen persyaratan dalam bentuk file tersebut (silahkan buat sendiri dengan cara meng – scan / memfoto dokumen – dokumen milik Anda).


3. Daftar ke Instansi yang Anda Inginkan

  1. Terakhir, jika data dan dokumen pribadi di akun SSCASN Anda sudah lengkap. Anda dapat melanjutkan ke tahap pendaftaran CPNS Prov Sumatera Utara yang selanjutnya, yaitu mendaftar ke instansi yang Anda inginkan. 
  2. Di tahap ini, Anda akan diminta untuk menentukan di instansi mana Anda ingin mendaftar, di wilayah mana Anda ingin ditempatkan, di posisi apa Anda ingin dipekerjakan, dan dimana Anda ingin mengikuti ujian CAT.
  3. Setelah Anda mendaftar ke instansi yang Anda inginkan, tim panitia seleksi dari instansi tersebut akan memeriksa data dan kualifikasi Anda. 
  4. Jika kualifikasi Anda dinyatakan layak, data Anda akan dikirimkan ke sistem CAT. Selanjutnya Anda tinggal mencetak kartu ujian CAT dan mengikuti proses seleksi ujian CAT di waktu dan tempat yang telah ditetapkan oleh panitia.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Prov Sumatera Utara

  1. Cara cek pengumuman hasil seleksi CPNS Prov Sumatera Utara tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengunduh file pengumuman hasil seleksi CPNS yang dirilis oleh BKN di situs sscasn.bkn.go.id
  2. File pengumuman ini biasanya berbentuk file pdf yang isinya memuat daftar peserta seleksi yang berhasil lolos.

Nah, setelah filenya ter - unduh, selanjutnya Anda tinggal mencari nama dan nomor ujian Anda di daftar yang ada pada file pdf tersebut. Jika nama dan nomor ujian Anda bisa ditemukan pada daftar tersebut, maka selamat, berarti Anda telah berhasil menjadi seorang CPNS. 
 
Selanjutnya Anda tinggal mengikuti proses tes kesehatan serta mengikuti diklat prajabatan. Itulah sedikit informasi mengenai pendaftaran dan pengumuman CPNS Prov Sumatera Utara yang bisa kami bagikan kepada Anda. Akhir kata, selamat berjuang dan semoga sukses ya!