Pendaftaran Pengumuman CPNS SULTRA 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Sulawesi Tenggara 2018/2019 Memiliki pekerjaan sebagai PNS tentunya dambaan dari semua orang. Karena pekerjaan ini dapat menunjang PNS tersebut beserta keluarganya. Hal inilah yang menjadi poin positif pekerjaan ini dibandingkan pekerjaan lain. Hal ini pula yang mungkin menjadi impian dari warga Sulawesi Tenggara.

Sependapat dengan ini? Jika demikian, informasi pendaftaran pengumuman CPNS Sulawesi Tenggara ini penting untuk disimak. Karena dengan membaca informasi ini, semua persyaratan dan alur seleksi akan dibahas dengan detail. Sehingga tidak terjadi masalah ataupun kesalahan di kemudian hari.



Sulawesi Tenggara adalah salah satu daerah yang ada di Indonesia. Daerah ini, memiliki keindahan alam yang tidak kalah dibandingkan dengan daerah lain. Selain itu, tersedia pula bisnis yang terus berkembang hingga saat ini. Lebih dari itu, terdapat ladang pertanian, pertambangan, perkembunan yang sangat kaya. Sebagai salah satu provinsi, Sulawesi Tenggara menjadikan Baubau sebagai ibukotanya.

Dan semua aktivitas politik, ekonomi, keamanan dan yang lainnya dijalankan ditempat ini. Atau dapat dikatakan, bahwa Baubau adalah pusat administrasi dari Sulawesi Tenggara. Hal inilah yang menyebabkan, dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang bekerja dibawah dinas ataupun kementrian. Sayangnya, ketersediaan tenaga ahli kian berkurang setiap tahunnya. Karena alasan pensiun ataupun terjadinya perpindahan tempat bekerja.

Mengingat semua hal tersebut, akhirnya akan segera dilaksanakan pendaftaran CPNS dalam waktu dekat. Pendaftaran pengumuman CPNS Sulawesi Tenggara yang akan dibuka sebentar lagi, membutuhkan banyak calon tenaga kerja. Karenanya, semua masyarakat Sulawesi Tenggara ataupun daerah lain dapat mendaftarkan diri.

Untuk dapat menjadi PNS yang siap bekerja pada dinas idaman, peserta diharuskan mengikuti beberapa tahapan sebelumnya. Tahapan-tahapan inilah yang akan menentukan, apakah peserta layak menjadi PNS atau tidak. Lantas, tahapan apa saja yang harus dilewati oleh peserta? Ketahui informasinya dengan membaca poin dibawah ini.


Mekanisme Pendaftaran CPNS Sulawesi Tenggara

Inilah beberapa tahapan yang harus Anda lalui, agar dapat menjadi PNS seutuhnya. Dalam setiap tahapan, tentunya dibutuhkan persyaratan. Namun, penting untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja tahapan yang harus dilewati. Berikut informasinya,


1. Tahapan Pendaftaran

Sebagai langkah awal, Anda harus melewati tahapan pendaftaran. Tahapan ini biasanya diawali dengan adanya pengumuman secara serentak. Untuk pengumuman akan diedarkan dibanyak media, baik media sosial ataupun media massa. Namun, untuk mendapatkan informasi resminya, sebaiknya langsung membuka website dari BKN. Untuk melewati tahapan pendaftaran, perlu disiapkan beberapa persyaratan. Semua persyaratan ini akan diseleksi dan jika lolos peserta diperkenankan untuk ikuti tahapan selanjutnya.


2. Tahapan Tes CAT

Setelah lolos dari seleksi administrasi, bukan berarti perjuangan Anda usai. Karena inilah awal dari usaha. Ditahapan ini, peserta diminta untuk mengisi cukup banyak pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan meliputi, wawasan kebangsaan, kepribadian dan pertanyaan lainnya. Sehingga penting untuk mengetahui hal-hal tersebut, jika benar-benar ingin untuk mendapatkan pekerjaan sebagai PNS

Banyak informasi beredar, jika berhasil menjalankan tes ini, peserta akan diikutkan tes kembali. Namun, tes ini hanya ditujukan untuk beberapa kementrian atau dinas. Jadi, penting untuk mengetahui apakah dinas yang dituju memiliki tes khusus lanjutan. Tes ini dikenal dengan nama tes bidang atau kebidangan. Karena pertanyaan yang diajukan, seputar masalah dinas ataupun pekerjaan yang diinginkan.


3. Pengumuman Hasil

Setelah semua tes berhasil dilewati, maka nama peserta akan muncul dibeberapa media massa. Untuk amannya, segeralah buka website sscn.bkn untuk mendapatkan informasi utuh. Sehingga tidak terjadi kesalahan ataupun keraguan jika membaca melalui media lain. Jika nama tercantum pada pengumuman tersebut, maka Anda dinyatakan telah lulus ujian dan dapat melanjutkan tahapan selanjutnya.

Untuk tahapan lanjutan, peserta akan diminta mendatangi kantor dan menyerahkan beberapa berkas. Penyerahan berkas dilakukan untuk validasi data serta memberikan pengumuman lanjutan yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun pengumuman lainnya. Setelah dinyatakan lulus, maka tahapan pendaftaran pengumuman CPNS Sulawesi Tenggara telah usai sepenuhnya.

Dan waktunya bersiap, untuk melakukan pekerjaan setelah urusan administrasi usai. Itulah beberapa tahapan yang harus dilalui peserta untuk dapat menjadi seorang PNS. Untuk melewati semua tahapan, diperlukan beberapa persyaratan. Dan persyaratan tersebut, akan dibahas sesaat lagi.


Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS

Sudah memahami beberapa tahapan di atas? Waktunya untuk mengetahui persyaratan yang harus dimilikki untuk mendaftar sebagai PNS. Sehingga ketika waktu pendaftaran tiba, semua persyaratan sudah tersedia. Berikut informasinya,


1. Merupakan Warga Negara Indonesia

Syarat utama dan terutama melakukan pendaftaran adalah warga negara Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan keberadaan Kartu Tanda Penduduk dan KK. Pada kedua kartu tersebut terdapat NIK. Nomor inilah yang menjunjukkan bahwa Anda benar-benar warga negara ataupun tidak. Hal ini perlu dicek kebenarannya, karena mungkin saja nomor pada kedua kartu berbeda. Dan membuat kesulitan pada saat waktu pendaftaran.


2. Tidak Terafiliasi dengan Partai Politik

Untuk menjadi PNS, peserta diwajibkan tidak berafiliasi dengan partai politik. Biasanya hal ini dibuktikan dengan keberadaan surat pernyataan yang dibubuhi tanda tangan dan materai. Jadi, selagi membuatnya Anda tidak dapat bermain-main ataupun asal-asalan. Karena jika terbukti, peserta dapat dihukum sesuai dengan peraturan yang berlaku.


3. Tidak Pernah Dihukum Penjara

Persyaratan berikutnya adalah peserta tidak pernah dihukum penjara. Hal ini dibuktikan dengan adanya SKCK atau Surat Keterangan Kelakuan Baik. Untuk membuatnya dapat dilakukan di Polres terdekat atau disesuaikan dengan KTP. Jika persyaratan ini tidak ada, biasanya peserta tidak akan diloloskan ke tahapan selanjtunya. Karenanya, pastikan untuk memilikinya sebelum waktu pendafataran benar-benar dibuka.


4. Tidak Pernah Diberhentikan Secara Tidak Hormat

Poin ini dimaksudkan untuk Anda yang pernah menjadi PNS dan pernah diberhentikan tidak hormat dari jabatan. Jadi, jika pernah mengalami hal ini, sebaiknya hentikan pendaftaran karena setiap yang Anda lakukan pasti akan diketahui oleh pengawas seleksi. Hal ini juga berlaku untuk peserta yang mendaftarkan diri saat sedang menjadi PNS. Poin ini diberlakukan, agar memberikan kesempatan untuk semua orang yang ingin menjadi PNS.


Masih terdapat beberapa persyaratan lain yang harus dimilikki oleh peserta. Namun, persyaratan tersebut akan disesuaikan dengan pendidikan terkahir yang dimilikki oleh peserta. Dan untuk mengetahui persyaratan pendaftaran pengumuman CPNS Sulawesi Tenggara tersebut dengan lebih detail, jangan ragu untuk mengeceknya melalui sscn.bkn.go.id. Sehingga akan didapatkan informasi lebih lengkap dan membantu untuk mengikuti pendaftaran tersebut.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS SULTRA 2018/2019"

Posting Komentar