Pendaftaran Pengumuman CPNS SUMSEL 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Sumatera Selatan 2018/2019 Untuk mengisi posisi PNS yang telah masuk ke masa pensiun, di Tahun 2018 ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membuka lowongan pendaftaran CPNS Prov Sumatera Selatan. Formasi lowongan CPNS yang akan dibuka kabarnya akan difokuskan pada dua instansi yang dianggap paling urgent, yaitu instansi pendidikan dan instansi kesehatan.

Sampai artikel ini ditulis, masih belum ada informasi resmi mengenai berapa banyak jumlah lowongan CPNS yang akan dibuka oleh Prov Sumatera Selatan. Walaupun begitu, jika merujuk pada luas wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang mencapai 91,5 ribu km persegi, maka kemungkinan besar jumlah lowongan CPNS yang dibuka akan sangat besar.



Provinsi Sumatera Selatan sendiri merupakan salah satu provinsi terbesar di Pulau Sumatera. Provinsi yang ber – ibu kota Palembang ini ditinggali oleh sekitar 8,1 juta penduduk. Walaupun jumlah penduduknya tergolong kecil, namun komposisi etnis dan agama yang penduduknya tergolong sangat beragam.

Nah, jika Anda merupakan seorang warga Provinsi Sumatera Selatan dan tertarik untuk mengikuti proses seleksi pendaftaran CPNS Prov Sumatera Selatan, berikut merupakan sedikit informasi mengenai tata cara pendaftaran dan cara cek pengumuman CPNS Prov Sumatera Selatan yang bisa Anda jadikan sebagai sumber informasi:


Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov Sumatera Selatan

Tata cara pendaftaran CPNS Provinsi Sumatera Selatan tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, hanya ada tiga tahap pendaftaran yang perlu Anda lalui. Ketiga tahap pendaftaran tersebut adalah: pendaftaran akun SSCN, pengisian biodata pribadi, dan pendaftaran ke instansi yang diinginkan.

Berbeda dengan tahun – tahun yang sebelumnya dimana aktivitas pendaftaran CPNS Prov Sumsel cenderung dilakukan di halaman situs web milik instansi yang membuka lowongan pendaftaran CPNS, tahun ini, proses pendaftaran CNPS Provinsi Sumsel akan dilakukan di halaman situs web milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), tepatnya di portal SSCN, yaitu di sscn.bkn.go.id.

Pemindahan tempat pendaftaran ini sengaja dilakukan oleh pemerintah pusat untuk meminimalisir tindak – tanduk KKN yang notabene sangat rawan terjadi dalam proses seleksi CPNS. Selain itu, dengan sistem pendaftaran yang baru ini, harapannya proses seleksi CPNS Prov Sumatera Selatan dan provinsi – provinsi yang lainnya bisa berjalan dengan lebih cepat, lebih efektif, dan lebih hemat biaya. Lantas, bagaimanakah cara mendaftar CPNS Prov Sumsel? Berikut panduan lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


1. Daftar Akun SSCN

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar / membuat akun SSCN. Untuk membuat akun SSCN, Anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini:
  • Siapkan data – data yang dibutuhkan (mencakup data NIK, data nomor kartu keluarga, dan data email yang masih aktif)
  • Kunjungi portal SSCN di sscn.bkn.go.id 
  • Masuk ke bagian menu pendaftaran
  • Isi seluruh form pendaftaran yang ada pada halaman tersebut
  • Klik opsi “daftar” atau “kirim” lalu tunggu beberapa saat
  • Jika proses pendaftarannya sukses, Anda dapat melanjutkan ke tahap yang selanjutnya

Bila Anda tidak berhasil / gagal dalam membuat akun SSCN, coba segera identifikasi dimana letak kegagalannya. Jika letak kegagalannya ada pada NIK dan NIK KK yang tidak terdaftar di sistem DUKCAPIL, Anda kami sarankan untuk mengunjungi kantor dinas DUKCAPIL terdekat di daerah Anda.


2. Lengkapi Biodata Pribadi Anda

Tahap pendaftaran CPNS Prov Sumatera Selatan yang kedua adalah melengkapi biodata pribadi. Di tahap ini, ada dua aktivitas yang harus Anda lakukan, yaitu mengisi form data pribadi yang ada pada halaman personal dan mengunggah data dokumen persyaratan yang diminta oleh pihak panitia.

Penting untuk diingat, setelah terkirim, data yang Anda inputkan di tahap ini nantinya tidak akan bisa dimodifikasi. Untuk itu sebelum data yang Anda inputkan Anda kirim, sebisa mungkin coba periksa terlebih dahulu kebenarannya. Jangan sampai hanya karena terburu – buru, Anda jadi salah memasukkan data yang pada akhirnya malah menyebabkan kegagalan.


3. Daftar ke Instansi yang Anda Inginkan

Jika data pribadi di akun SSCN milik Anda sudah lengkap, selanjutnya Anda dapat mendaftar ke instansi yang Anda inginkan. Biasanya, lowongan CPNS akan dibuka untuk beberapa instansi sekaligus. Setiap peserta seleksi hanya diperbolehkan untuk memilih satu lowongan posisi pada satu instansi saja.

Setelah Anda menentukan instansi yang ingin Anda masuki, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran instansi. Formulir ini biasanya memuat beberapa hal berikut ini: posisi yang Anda inginkan, lokasi ujian yang Anda inginkan, dan wilayah tempat Anda ingin ditugaskan.

Jika proses pendaftarannya sudah selesai, panitia seleksi dari instansi terkait akan segera memeriksa data pribadi Anda. Jika data Anda dinyatakan valid dan kualifikasi Anda dinyatakan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh instansi tersebut, Anda akan diminta untuk mencetak kartu ujian. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti ujian seleksi di tempat dan waktu yang telah ditentukan oleh panitia.


Cara Cek Pengumuman CPNS Prov Sumatera Selatan

Cara cek pengumuman CPNS Prov Sumatera Selatan tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu rutin mengunjungi halaman situs web sscn.bkn.go.id. Pengumuman hasil seleksi kemungkinan besar akan dipublikasi di halaman tersebut. Biasanya aktivitas publikasi hasil seleksi akan dilakukan dengan menggunakan file pdf yang berisi daftar peserta yang berhasil lolos seleksi.

Nah, tugas Anda adalah mengunduh file tersebut, lalu mencari nama dan nomor ujian Anda di daftar yang ada pada file pdf tersebut. Jika nama dan nomor ujian Anda terdaftar pada file tersebut, maka selamat, Anda telah berhasil menjadi CPNS. Itulah sedikit informasi mengenai panduan pendaftaran dan pengumuman CPNS Prov Sumatera Selatan yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS SUMSEL 2018/2019"

Posting Komentar