Pendaftaran Pengumuman CPNS SUMBAR 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Sumatera Barat 2018/2019 Untuk bisa memenuhi kebutuhan tenaga Pegawai Negeri Sipil di daerah Provinsi Sumatera Barat, Tahun 2018 ini, Pemerintah Prov Sumatera Barat dikabarkan akan membuka lowongan CPNS. Secara keseluruhan ada tiga formasi CPNS yang akan diprioritaskan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Ketiga formasi tersebut adalah tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga konstruksi.

Jika merujuk pada kondisi geografi dan demografi di Provinsi Sumatera Barat, angka kebutuhan CPNS di Provinsi Sumatera Barat kemungkinan akan cukup besar. kenapa? Karena Provinsi Sumatera Barat memiliki wilayah yang cukup luas, yaitu mencapai 42 ribu km persegi. Tidak hanya itu, jumlah penduduk yang tinggal di provinsi ini juga tergolong luar biasa banyak, yaitu mencapai 4,8 juta jiwa.



Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk sebanyak itu, akan sangat wajar jika Provinsi Sumatera Barat membutuhkan tenaga PNS yang besar. Terlebih Provinsi Sumatera Barat juga masih memiliki banyak potensi sumber daya yang belum termanfaatkan dengan maksimal. Harapannya, dengan tambahan tenaga PNS ini, Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak ke 11 di Indonesia ini bisa lebih maksimal lagi dalam memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki.

Lantas, seperti apakah tata cara pendaftaran CPNS Prov Sumatera Barat? Dan bagaimanakah cara cek pengumuman CPNS Prov Sumatera Barat? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:


Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov Sumatera Barat

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai langkah – langkah cara mendaftar CPNS Prov Sumatera Barat, ada satu hal penting yang harus Anda ketahui. Mulai Tahun 2018 ini, proses pendaftaran CPNS Prov Sumatera Barat dan provinsi – provinsi lainnya akan dilakukan dengan menggunakan situs web tunggal, yaitu sscn.bkn.go.id. Jadi, jika ada situs lain yang mengaku sebagai tempat pendaftaran CPNS, dapat dipastikan situs tersebut adalah situs palsu.

Penggunaan situs pendaftaran tunggal ini sengaja dilakukan oleh pemerintah pusat untuk mengurangi angka KKN yang notabene kerap terjadi dalam proses seleksi CPNS di tingkat daerah. Harapannya, dengan menggunakan sistem yang baru, proses seleksi CPNS Provinsi Sumatera Barat dan provinsi – provinsi yang lainnya bisa berjalan dengan lebih kondusif, lebih bersih, dan juga lebih transparan.

Nah, lantas bagaimanakah cara pendaftaran CPNS Prov Sumatera Barat di situs sscn.bkn.go.id? Berikut panduan langkah pendaftarannya telah kami siapkan untuk Anda:


1. Daftar di Situs SSCN

Langkah pendaftaran CPNS Provinsi Sumbar yang pertama adalah mendaftar atau membuat akun SSCN terlebih dahulu. Akun ini nantinya akan digunakan sebagai akun seleksi. Oleh sebab itu, data yang digunakan untuk membuat akun ini harus data pribadi milik calon peserta seleksi. Dalam prakteknya, untuk membuat akun SSCN, calon peserta seleksi dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Siapkan data yang dibutuhkan untuk mendaftar, yaitu NIK, NIK KK (nomor kartu keluarga), akun email yang masih aktif / valid
  • Kunjungi halaman portal SSCN (alamatnya di sscn.bkn.go.id)
  • Masuk ke bagian pendaftaran
  • Isi seluruh formulir yang ada pada halaman tersebut
  • Klik opsi “kirim” atau “daftar”
  • Tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi bahwa proses pendaftaran akun Anda sudah berhasil / sukses

2. Lengkapi Data Personal di Akun SSCN Anda

Tahap pendaftaran CPNS Prov Sumbar yang kedua adalah melengkapi data personal di akun SSCN. Kelengkapan data personal di akun SSCN benar – benar sangat penting. Kenapa? Karena data yang ada pada akun SSCN nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk seleksi administrasi. Untuk itu, Anda harus mengisinya dengan data yang sebenar – benarnya.

Dalam prakteknya nanti, selain harus mengisi data pada halaman form yang tersedia, Anda juga akan diminta untuk mengunggah file dokumen persyaratan yang diminta oleh pihak panitia seleksi pendaftaran. Beberapa dokumen yang diminta adalah dokumen KTP, dokumen Ijazah, dokumen KK, dll.

Seluruh dokumen tersebut harus diunggah dalam bentuk file jpg atau jpeg. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah menyiapkannya (dengan cara melakukan scan atau memfoto dokumen yang dibutuhkan).


3. Daftar ke Institusi yang Anda Mau

Setelah data personal di Akun SSCN Anda lengkap, selanjutnya Anda dapat mendaftar ke institusi yang Anda inginkan. Di tahap ini Anda diperbolehkan untuk mengambil keputusan atas beberapa opsi, seperti: instansi tempat Anda ingin mendaftar, posisi jabatan yang Anda inginkan, daerah penempatan yang Anda inginkan, tempat ujian yang Anda inginkan, dll.

Setelah proses pendaftarannya selesai, data Anda akan segera diperiksa oleh tim panitia seleksi dari institusi terkait. Jika data Anda dinyatakan valid dan kualifikasi Anda dinyatakan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh instansi tersebut, maka data Anda akan diteruskan ke sistem CAT. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mencetak kartu ujian CAT dan mengikuti ujian seleksi CAT di tempat dan waktu yang telah ditentukan.


Cara Cek Pengumuman CPNS Prov Sumatera Barat

Jika merujuk pada pengalaman di tahun – tahun yang sebelumnya, pengumuman CPNS Prov Sumatera Barat biasanya baru dilakukan beberapa hari setelah proses seleksi selesai dilangsungkan. Nah, karena saat ini proses seleksinya sudah dilakukan dengan menggunakan sistem CAT, menurut informasi yang beredar, pengumuman hasil seleksinya akan dilangsungkan begitu proses seleksi selesai dilaksanakan.

Biasanya, aktivitas pengumuman hasil seleksi akan diumumkan melalui halaman situs tempat mendaftar. Artinya, kemungkinan besar pengumuman seleksi CPNS Prov Sumatera Barat tahun ini akan dilakukan melalui halaman situs web sscn.bkn.go.id. Jadi, untuk mengetahui pengumuman hasil seleksinya, Anda hanya perlu rutin mengunjungi halaman situs tersebut. Itulah sedikit informasi mengenai pendaftaran pengumuman CPNS Prov Sumatera Barat yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS SUMBAR 2018/2019"

Posting Komentar