Pendaftaran Pengumuman CPNS GORONTALO 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Provinsi Gorontalo 2018/2019 - Siapa diantara Anda yang tidak ingin menjadi PNS? Tentunya pekerjaan ini sangatlah diminati oleh banyak orang. Karena pekerjaan ini memberikan banyak fasilitas untuk pekerja dan keluarganya. Dan tahun ini, kesempatan untuk menjadi PNS terbuka dengan lebar. Karena, pendaftaran CPNS akan segera dibuka.

Tidak hanya untuk Jakarta, pendaftaran CPNS dibuka untuk semua daerah di Indonesia, termasuk untuk daerah Gorontalo. Sayangnya, pendaftaran pengumuman CPNS Provinsi Gorontalo belum dibuka secara resmi. Walaupun demikian, penting untuk menyiapkan beberapa persyaratan untuk pendaftaran. Syarat apa sajakah yang harus dipersiapkan?



Pengenalan Daerah Provinsi Gorontalo

Provinsi Gorontalo adalah salah satu daerah yang terkenal di Indonesia. Provinsi ini memiliki ibukota provinsi Kota Gorontalo. Jadi, untuk Anda yang ingin mendatangi tempat ini sebaiknya sediakan waktu yang cukup panjang. Karena, banyak pilihan tempat wisata di tempat ini, contohnya Pulau Cinta dan yang lainnya. Hal inilah yang menjadi alasan, mengapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan di tempat ini.

Tidak hanya kekayaan alam laut, daerah Gorontalo juga dikelilingi oleh perkebunan dan hutan yang cukup rimbun. Karenanya, hasil dari perkebunan dan hutan ini menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat Gorontalo. Dapat dikatakan bahwa Gorontalo diapit oleh gunung dan laut, sehingga cocok untuk dijadikan tempat pariwisata. Tidak hanya kekayaan alam, terdapat nilai-nilai budaya yang masih dipegang erat di tempat ini. Sehingga dapat menjadi salah satu penarik bagi wisatawan dan memajukan perekonomian masyarakat.

Untuk dapat menjaga semua kekayaan alam, perekonomian dan kebudayaan masyarakat, dibutuhkan tenaga yang profesional untuk mengerjakan semuanya itu. Hal inilah yang menyebabkan dibukanya pendaftaran pengumuman CPNS Provinsi Gorontalo. Dan semua masyarakat diberikan kesempatan untuk mendaftarkan diri menjadi PNS. Namun sebelumnya, penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi persyaratan untuk pendaftaran CPNS tersebut.


Formasi CPNS 2018

Walaupun belum terdapat pengumuman resmi tentang formasi yang kosong di daerah Gorontalo, terdapat informasi yang beredar bahwa terdapat 3 formasi yang kosong. Adapun informasi formasi tersebut, dapat Anda simak di bawah ini.

1. Tenaga Pendidik

Salah satu formasi yang akan dibuka dalam jumlah besar adalah tenaga pendidik. Formasi ini memang dibuka cukup besar mengingat program nasional yang membutuhkan banyak tenaga pendidik. Karenanya, untuk Anda yang memiliki basic pendidikan yang sama dengan hal ini. Sebaiknya langsung mendaftarkan diri untuk formasi ini.


2. Tenaga Ahli

Berikutnya adalah tenaga ahli yang dibutuhkan oleh banyak dinas dan kementrian. Biasanya untuk mengisi formasi ini, dibutuhkan pendidikan yang tinggi. Jadi, yang bisa mendaftar untuk formasi ini adalah lulusan S1 atau lebih. Untuk Anda yang memiliki tingkat pendidikan akhir ini, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan ini dan segera daftarkan diri.


3. Tenaga Medis

Sejalan dengan tenaga pendidik, formasi tenaga medis dibuka dalam jumlah yang besar. Karena pemerintah sedang mengalakkan program kesehatan untuk semua orang. Dan sedang membangun banyak fasilitas kesehatan di berbagai daerah, termasuk di Gorontalo. Untuk itu, tingkat pendidikan yang dibutuhkan untuk formasi ini adalah S1 untuk kedokteran, ners dan yang lainnya.


Syarat Pendaftaran Pengumuman CPNS Provinsi Gorontalo

Jadi, adakah formasi yang cocok untuk Anda? Jika ada, maka penting untuk mempersiapkan beberapa persyaratan setelahnya. Karena tanpa persyaratan ini, tahapan administrasi tidak dapat dilakukan. Berikut informasi persyaratan CPNS untuk formasi di atas,


1. Kartu Keluarga dan KTP

Salah satu persyaratan umum untuk mendaftarkan diri menjadi PNS adalah seorang warga negara asli. Jadi, hal ini dibuktikan deengan keberadaan KTP dan KK. Untuk berkas yang diberikan, maka dimilikki fotokopi KTP dan KK. Dari kedua kartu ini, akan didapatkan sebuah nomor penduduk atau NIK. Dan nomor inilah yang akan dikroscek kebenaranya, untuk dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.


2. Ijazah Pendidikan Terakhir

Berikutnya adalah menyiapkan beberapa berkas pendukung. Salah satunya, memiliki ijazah pendidikan terakhir. Jika pendidikan terakhir S1 ataupun S2, maka siapkanlah fotokopi berkas tersebut. Karena dokumen inilah yang akan diupload dan diserahkan saat melakukan validasi data.


3. Legalisir Akreditasi Universitas atau Jurusan

Masih berhubungan dengan universitas, selain ijazah dibutuhkan legalisir untuk melengkapi dokumen yang akan diupload. Untuk mendapatkan data ini, Anda harus mengurusnya di universitas. Ataupun akreditasi biasanya diberikan pada saat kelulusan. Jadi, bisa didapatkan secara percuma. Namun karena jumlah yang diberikan terbatas, maka diperlukan fotokopi tambahan untuk dijadikan berkas simpanan.


4. Pas Foto Terbaru

Selain beberapa persyaratan tersebut, dibutuhkan persyaratan pendukung lainnya. Adapun persyaratan yang dimaksud adalah kebutuhan pas foto terbaru. Usahakan, berikan foto yang terbaik karena nantinya foto akan digunakan untuk seterusnya. Biasanya, background foto yang dibutuhkan adalah berwarna merah. Karenanya, pastikan berfoto dengan bacground tersebut agar tidak mengalami kesalahan nantinya.

Persyaratan diatas adalah persyaratan yang dibutuhkan oleh pendidikan sarjana ataupun master. Dan tentunya akan berbeda dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh pendidikan SMA/MA/SMK. Untuk mengetahui informasi persyaratan bagi lulusan SMA sederajat, simaklah informasi berikut ini.


1.  Materai 6000

Untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, diperlukan beberapa buah materai 6000. Materai ini digunakan untuk menjaga kelegalan dari setiap dokumen yang akan diberikan. Karena dibutuhkan dalam beberapa buah, sebaiknya siapkan beberapa buah lainnya. Agar tidak kesulitan jika membutuhkan prangko. Terutama saat akan melakukan pengisian data.


2. Ijazah Selama Menjalani Pendidikan

Berbeda dengan pendidikan S1 ataupun S2, dibutuhkan persyaratan yang lebih banyak untuk pendidikan SMA. Karena, peserta diharuskan mengumpulkan semua ijazah mereka selama menjalani pendidikan. Artinya, dibutuhkan legalisir ijazah sejak SD, SMP hingga SMA. Dan nilai yang dimilikki tidak boleh dibawah 7. Karenanya, penting untuk melakukan pengecekan sebelum memasukkan berkas tersebut.


3. Memiliki SKCK

Dokumen penting lainnya adalah kepemilikan berkas atau dokumen SKCK. Dokumen ini dibutuhkan untuk menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki masalah hukum, sebelum mendaftarkan diri. Atau dapat dikatakan, bahwa selama ini tidak pernah berkelakuan baik. Pengurusan surat ini cukup mudah, dimana dapat dibuat di POLRES terdekat dalam beberapa hari.


Itulah beberapa persyaratan yang harus Anda milikki sebelum melakukan pendaftaran menjadi PNS. Jika belum memilikinya, persiapkanlah sejak dini. Agar saat pendaftaran pengumuman CPNS Provinsi Gorontalo tidak lagi terjadi kerepotan. Selain itu, jangan lupa untuk belajar agar dapat lolos seleksi CAT dengan mudah!

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS GORONTALO 2018/2019"

Posting Komentar