Pendaftaran Pengumuman CPNS SULBAR 2018/2019

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Sulawesi Barat 2018/2019 - Pembukaan pendaftaran CPNS sesaat lagi akan dibuka serentak. Tidak hanya kota besar yang membuka peluang tersebut, daerah Sulawesi Barat pun memberikan peluang besar untuk masyarakatnya. Peluang yang akan dibuka cukup besar, karena hampir 100.000 formasi dibuka untuk semua daerah.

Namun, sayangnya formasi khusus untuk setiap daerah belum dibuka dengan jelas. Karenanya, penting untuk memperhatikan informasi pendaftaran pengumuman CPNS Sulawesi Barat secara berkala. Terdapat beberapa media yang dapat dibuka untuk mendapatkan informasi tersebut. Namun, yang terbaik adalah membuka sscn.bkn.go.id. Karena semua informasi yang berkaitan dengan pendaftaran terdapat di website ini.



Pengenalan Daerah Sulawesi Barat

Sebelum membahas pendaftaran terlalu jauh, penting untuk Anda mengetahui secara detail tentang daerah ini. Sehingga dapat mengetahui, bidang apa saja yang cocok untuk ditempati. Sulawesi Barat adalah salah satu daerah di Pulau Sulawesi. Letaknya, tidak jauh dari Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya merupakan pemekaran dari Sulawesi Selatan. Dan yang menjadi ibukota provinsi ini adalah Kota Mamuju. Daerah ini dimekarkan pada tahun 2004, sesuai dengan UU No 26 Tahun 2004.

Sulawesi Barat memiliki wilayah yang cukup luas, yaitu 16.787,18km persegi. Artinya, terdapat banyak pilihan tempat wisata dan hasil bumi lainnya. Sebut saja, diantaranya terdapat pilihan tempat wisata, seperti pantai, hutan dan gunung. Karenanya, banyak orang yang memilih mengunjungi tempat ini dibandingkan bepergian ke luar negeri. Selain pariwisata, daerah ini mengedepankan pula sektor perkebunan. Salah satu hasil buminya adalah Kakao, Kopi Robusta, Cengkeh dan yang lainnya.

Kekayaan Sulawesi Barat tidak berhenti sampai disitu, karena masyarakat daerah pesisir menjadikan laut sebagai sumber pendapatan. Sumber daya ini pula yang menjadi pendapatan yang besar, karena banyak sumber daya ini yang diekspor hingga keluar negeri. Inilah yang menjadi alasan, Sulawesi Barat memiliki pendapatan yang cukup besar.

Karena semua hal inilah, dibutuhkan orang-orang ahli untuk mengelolanya. Tidak hanya dalam sektor pemerintahan, namun juga untuk sektor lain. Tidak heran, jika akhirnya akan dibuka pendaftaran pengumuman CPNS Sulawesi Barat. Sehingga akan didapatkan banyak orang yang memiliki keahlian maksimal.


Mekasnisme Pendaftaran Pengumuman CPNS Sulawesi Barat

Sebagai langkah awal untuk mendaftarkan diri sebagai PNS. Tentu dibutuhkan dokumen-dokumen persyaratan dan melalui tahapan yang lainnya. Untuk itu, penting untuk mengetahui beberapa alur seperti dibawah ini,
  1. Melakukan pendaftaran pada laman yang disediakan. Halaman yang dimaksud adalah halaman sscn.bkn.go.id. Tidak hanya pendaftaran di tempat ini, Anda dapat mengetahui beberapa informasi lain yang berkaitan dengan pendaftaran CPNS. Untuk yang ingin mendaftar, langsung memilih menu pendaftaran yang ada pada halaman. Sehingga, akan masuk pada laman berisikan borang-borang formulir.
  2. Pada bagian ini, akan dibutuhkan beberapa data terkait kependudukan. Karenanya, siapkanlah beberapa dokumen yang berkaitan dengan hal tersebut. contohnya, persiapkanlah NIK, KK dan KTP. Karena, pertanyaan seputar inilah yang akan ditanyakan. Jangan lupa untuk memasukkan email aktif Anda sebagai media untuk berkomunikasi selama menjalankan pendaftaran. Setelahnya, isikan dengan password yang mudah diingat.
  3. Berikutnya, Anda hanya perlu mencetak kartu informasi tersebut. simpan kartu untuk dijadikan sebagai dokumen. Jika diperlukan dapat diberikan atau jika tidak dapat dijadikan dokumen untuk berkas.
  4. Selanjutnya, masuk lagi pada website SSCN. Untuk masuk ke tempat ini, menggunakan NIK dan password yang telah dibuat. Karenanya, penting untuk mengingat password yang telah dibuat. Setelahnya, Anda diharuskan untuk mengisikan beberapa data yang ada pada formulir. Biasanya akan berisikan nama, tempat tanggal lahir dan beberapa biodata lainnya. Jika sudah diselesaikan, maka waktunya untuk mencetak kartu pendaftaran SSCN.
  5. Langkah berikutnya adalah menjalankan pengumpulan berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas yang dibutuhkan tentu disesuaikan dengan latar belakang pendidikan Anda. Karena latar pendidikan menentukan syarat apa saja yang harus dilampirkan. Karenanya, untuk lebih aman, sebaiknya menyesuaikannya dengan dokumen yang harus disiapkan menurut webiste. Jangan lupa, untuk melampirkan fotokopi bukti pendaftaran. Karena surat ini salah satu syarat wajib untuk dilampirkan.
  6. Inilah langkah akhir yang harus dijalankan oleh peserta untuk tahapan administrasi. Tidak banyak pekerjaan yang harus dilakukan peserta, karena cukup menunggu pengumuman. Dan tim verifikasi yang akan menyeleksi apakah peserta pantas lolos ataupun tidak. Jika dirasa sudah memenuhi semua persyaratan. Maka, peserta dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tahap lanjutan.
  7. Tahap lanjutan yang dimaksud adalah tahap ujian. Dimana, semua peserta diharuskan mengikuti beberapa tes untuk menentukan apakah cocok untuk dibidang tersebut atau sebelumnya. Namun, sebelum itu peserta diharuskan untuk mencetak karta peserta ujian. Karena kartu ini dibutuhkan untuk menjelaskan nomor peserta dan posisi ujian si peserta tersebut.
  8. Tahapan tes, biasanya akan diikuti oleh banyak peserta. Jadi, bagi Anda yang ingin lolos, sebaiknya belajar dari saat ini. Tes yang akan diujikan berisikan ujian TPA beserta wawasan kebangsaan. Belajar dari tahun-tahun ujian sebelumnya, sebaiknya memperbanyak bacaan tentang wawasan kebangsaan.
  9. Bagi beberapa kementrian, akan diadakan tes lanjutan untuk pegawainya. Ujian ini, berupa tes kebidangan. Jadi, yang mengadakan bukan lagi sscn ataupun BKN. Melainkan yang mengadakan adalah kementrian atau dinas tersebut. Terdapat beberapa kementrian yang mengadakan ujian untuk calon pegawainya, seperti kementrian keuangan dan kementrian lain.
  10. Setelah lulus menlewati serangkaian ujian tersebut. Inilah waktunya, untuk menunggu pengumuman. Biasanya pengumuman akan diumukan melalui berbagai media massa. Namun, untuk amannya, lebih baik membacanya melalui sscn.bkn.go.id. Jadi, informasi yang diterima merupakan informasi resmi dan dapat dipercaya. Jika terdapat nama Anda dalam pengumuman tersebut, maka dinyatakan peserta telah lolos dan siap menjalankan tugas sebagai PNS.
  11. Sebagai langkah terakhir, akan diadakan pertemuan ataupun pengumpulan berkas data. Untuk pengumpulan berkas, pastikan untuk memperhatikan tanggal. Sehingga tidak terjadi kesalahan informasi. Karena, jika tidak mengikuti jadwal yang telah dibuat, biasanya peserta akan ditolak dan dianggap gugur. Jadi, penting untuk berhati-hati dalam mengambil langkah untuk mengikuti tes ini.

Alur yang harus diikuti memanglah cukup panjang. Namun, jika semua sudah dijalani, hasil yang didapat tentu tidak membohongi hasil. Sedikit saran, untuk peserta yang ingin mengikuti pendaftaran pengumuman CPNS Sulawesi Barat, sebaiknya melakukan persiapan sejak dini. Agar dapat mengikuti tahapan demi tahapan dengan baik dan memperoleh apa yang diinginkan.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS SULBAR 2018/2019"

Posting Komentar