Pendaftaran Pengumuman CPNS BENGKULU 2019/2020

SSCN.BKN.go.idPendaftaran Pengumuman CPNS Prov Bengkulu 2019/2020 Kabar gembira untuk Anda para muda – mudi yang tinggal di Provinsi Bengkulu. Tahun ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah memastikan akan membuka lowongan CPNS. Pembukaan lowongan CPNS ini ditujukan untuk mengisi kekosongan posisi PNS yang sebelumnya telah masuk pada masa pensiun.

Sampai artikel ini ditulis, formasi pendaftaran pengumuman CPNS Prov Bengkulu masih belum ditentukan. Walaupun begitu, jika merujuk pada informasi yang dilontarkan oleh Menpan RB, maka kemungkinan besar formasi penerimaan CPNS tahun ini akan difokuskan untuk tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.



Provinsi Bengkulu sendiri merupakan provinsi yang terletak di bagian sebelah barat daya Pulau Sumatera. Provinsi yang memiliki luas sekitar 19 ribu km persegi ini ditinggali oleh sekitar 2 juta penduduk. Karena jumlah penduduk di Provinsi Bengkulu tergolong sedikit, maka tingkat persaingan seleksi CPNS di provinsi ini kemungkinan besar tidak akan terlalu ketat.

Sedikit tambahan informasi berikut daftar daerah yang ada di wilayah Bengkulu yang membuka CPNS untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

Provinsi Bengkulu: 
  • Kab. Seluma.

Jika Anda merupakan putra / putri daerah Provinsi Bengkulu dan ingin ikut serta dalam proses seleksi CPNS Prov Bengkulu, berikut merupakan informasi lengkap mengenai panduan pendaftaran pengumuman CPNS Prov Bengkulu yang bisa Anda jadikan sebagai sumber rujukan informasi:

Tata Cara Pendaftaran CPNS Prov Bengkulu

Tata cara pendaftaran CPNS Prov Bengkulu tergolong cukup mudah. Secara keseluruhan ada tiga tahap pendaftaran yang perlu Anda lalui. Ketiga tahap pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut:


1. Tahap Pembuatan Akun SSCN

Tahap pendaftaran pengumuman CPNS Prov Bengkulu yang pertama adalah tahap pembuatan akun SSCN. Untuk bisa membuat akun SSCN, ada tiga data yang harus disiapkan oleh calon peserta seleksi CPNS Prov Bengkulu, yaitu alamat email yang masih valid dan aktif, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Nomor Induk Kependudukan Kepala Keluarga (NIK KK / Nomor Kartu Keluarga).

Jika semua data tersebut sudah Anda miliki, untuk membuat akun, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:
  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id 
  • Masuk ke menu pendaftaran akun / sign up
  • Isi seluruh form yang dibutuhkan di halaman tersebut
  • Tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul
  • Jika pendaftarannya sukses, selanjutnya Anda dapat langsung masuk ke menu login

Penting untuk diketahui, data NIK dan NIK KK yang bisa digunakan untuk mendaftar adalah data NIK dan NIK KK yang telah terdaftar di dinas DUKCAPIL. Jika mengacu pada pengalaman di tahun – tahun yang sebelumnya, jika data NIK dan NIK KK yang digunakan untuk mendaftar masih belum terdaftar di dinas DUKCAPIL, maka proses pendaftaran akun akan langsung gagal. Jika Anda mengalami hal ini, Anda dapat mengunjungi dinas DUKCAPIL setempat untuk meminta keterangan ke petugas yang ada di sana.


2. Tahap Pengisian Biodata

Tahap pendaftaran pengumuman CPNS Prov Bengkulu yang selanjutnya adalah tahap pengisian biodata. Di tahap ini, Anda diminta untuk mengisi form biodata yang terkait dengan usia, data pendidikan, data keluarga, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, di tahap ini Anda juga diminta untuk mengunggah / mengupload hasil scan / foto dokumen yang terkait dengan data pribadi Anda, seperti scan KTP, scan Ijazah terakhir, Scan Foto, Scan KK, dan lain sebagainya.

Penting untuk diingat, jika proses pengisian datanya sudah selesai, sebisa mungkin jangan langsung dikirim / didaftarkan. Sebelum dikirim, coba periksa kembali data Anda dua sampai tiga kali. Hal ini perlu dilakukan agar data yang Anda inputkan ke sistem pendaftaran tidak salah. Pasalnya, jika data yang Anda masukkan salah, maka data tersebut tidak akan bisa diperbaiki ataupun dimodifikasi lagi.


3. Tahap Pendaftaran ke Instansi dan Tahap Pencetakan Kartu Ujian

Setelah data pribadi Anda lengkap, selanjutnya Anda dapat masuk ke tahap pendaftaran pengumuman CPNS Prov Bengkulu yang ketiga, yaitu tahap pendaftaran ke instansi yang diinginkan dan tahap pencetakan kartu ujian. Saat Anda mendaftar nanti, kemungkinan besar akan ada beberapa instansi sekaligus yang membuka lowongan CPNS.

Nah, jika proses seleksinya berbarengan, maka Anda hanya bisa mendaftar di satu instansi saja. Selain itu, di setiap instansi, Anda juga hanya diperbolehkan untuk mendaftar pada satu jabatan ataupun posisi saja. Saat proses pendaftaran nanti, Anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran yang terkait dengan pendidikan, posisi jabatan yang diinginkan, dan tempat ujian yang Anda pilih.

Setelah proses pendaftarannya selesai, data Anda akan diverifikasi oleh tim dari instansi terkait. Jika data Anda dianggap layak dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh instansi tersebut, data Anda akan diteruskan ke sistem CAT dan Anda akan diminta untuk mencetak Kartu Ujian CAT. Penting untuk diingat, kartu Ujian CAT ini nantinya harus dibawa saat Anda hendak mengikuti proses seleksi ujian di tempat yang telah Anda tentukan sebelumnya.


Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Prov Bengkulu

Karena proses pendaftaran CPNS Prov Bengkulu dilakukan secara online, maka secara otomatis aktivitas pengumuman hasil seleksinya pun juga akan dilakukan secara online. Proses pengumumannya sendiri kemungkinan besar akan dilakukan melalui halaman situs web sscn.bkn.go.id.

Untuk mengecek apakah Anda lulus atau tidak, Anda dapat mengunjungi halaman situs sscn.bkn.go.id. Di halaman situs tersebut, cari informasi seputar pengumuman hasil seleksi CPNS yang Anda ikuti. Unduh file pengumumannya. File pengumuman ini biasanya akan berbentuk file pdf. Nah, di file pdf tersebut, coba cari nama atau pun nomor ujian Anda. Jika nama dan nomor ujian Anda ada di daftar tersebut, maka selamat, Anda telah berhasil lolos menjadi CPNS Prov Bengkulu.

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS BENGKULU 2019/2020"

Posting Komentar