Pendaftaran Pengumuman CPNS BANTEN 2019/2020

SSCN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Banten 2019/2020 - Pendaftaran pengumuman CPNS Prov Banten akhirnya kembali di buka. Ya, untuk memenuhi kebutuhan PNS di beberapa instansi pemerintahan Provinsi Banten, pemerintah telah memutuskan untuk membuka lowongan CPNS. Formasi pembukaan CPNS ini masih belum ditentukan.

Walaupun begitu, formasinya akan diutamakan untuk instansi pendidikan, yaitu untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar, serta untuk instansi kesehatan, yaitu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Karena jumlah penduduknya yang besar, angka kebutuhan layanan pendidikan dan kesehatan di provinsi ini juga sangat besar.



Setiap tahunnya, selalu ada saja tenaga PNS di Provinsi Banten yang masuk ke masa pensiun. Padahal di waktu yang sama, tenaga mereka masih dibutuhkan oleh instansi terkait. Nah, untuk menanggulangi kekosongan ini, pemerintah akhirnya membuka lowongan CPNS.

Lantas, seperti apa sih tata cara pendaftaran pengumuman CPNS Prov Banten? Bagaimanakah tesnya akan dijalankan? Dan bagaimanakah cara mengecek pengumuman hasil seleksinya? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Sedikit informasi tambahan mengenai daftar daerah yang ada di provinsi banten yang menerima CPNS pada tahun ini adalah, beberapa formasi yang akan dibuka akan dipusatkan pada CPNS daerah terutama daerah yang masuk dalam 3 T seperti berikut :

Provinsi Banten: 
  • Kab. Pandeglang
  • Kab. Lebak.

Tata Cara Pendaftaran Pengumuman CPNS Prov Banten

Tata cara pendaftaran CPNS Provinsi Banten pada dasarnya tergolong cukup mudah. Hanya saja, langkah – langkahnya cenderung berbeda dengan langkah pendaftaran CPNS prov Banten di tahun – tahun yang sebelumnya. Jika di tahun – tahun yang sebelumnya proses pengumpulan berkas pendaftarannya masih dilakukan secara manual, saat ini semuanya sudah dilakukan secara online.

Tidak hanya itu, proses pendaftarannya pun tidak lagi melalui halaman situs web milik pemerintah provinsi banten, melainkan melalui halaman situs web bilik Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu di bagian portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

Perubahan sistem ini sengaja dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi tindak – tanduk KKN yang marak terjadi dalam proses seleksi CPNS selama ini. Dalam prakteknya nanti, secara keseluruhan proses pendaftaran CPNS Prov Banten terdiri dari tiga tahap, yaitu:


1. Buat Akun SSCN

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh setiap calon peserta seleksi CPNS Provinsi Banten adalah membuat akun SSCN. Untuk membuat akun ini, setiap calon peserta seleksi harus memiliki NIK dan NIK KK yang terdaftar di dinas DUKCAPIL. Jika NIK dan NIK KK yang digunakan untuk mendaftar belum terdaftar di dinas DUKCAPIL, maka proses pendaftarannya akan langsung gagal. Jika dijabarkan secara rinci, langkah – langkah pembuatan akun SSCN adalah sebagai berikut:
  • Buka halaman situs web sscn.bkn.go.id
  • Klik menu daftar atau sign – up
  • Di menu tersebut, silahkan isi form yang ada di layar komputer Anda. Khusus untuk alamat email, pastikan alamat email tersebut masih aktif dan valid
  • Jika proses pendaftarannya berhasil, silahkan lanjutkan proses pendaftaran dengan cara masuk ke menu login

2. Isi Biodata

Tahap pendaftaran pengumuman CPNS Prov Banten yang kedua adalah mengisi biodata. Biasanya, setelah mengklik menu login, Anda akan langsung dialihkan ke halaman personal milik Anda. Nah, di halaman personal tersebut, silahkan cari opsi input data dan input dokumen.

Di bagian input data, silahkan isi seluruh informasi yang terkait dengan data pribadi Anda. Sedangkan di bagian input dokumen, silahkan unggah seluruh file dokumen (hasil scan / foto) yang diminta pada halaman tersebut.

Satu hal yang harus Anda ingat, jika proses pengisiannya sudah selesai, sebelum dikirim, pastikan seluruh data yang Anda masukkan sudah benar. Hal ini penting untuk dilakukan karena data yang sudah dikirim tidak dapat dimodifikasi ataupun diperbaiki lagi.


3. Daftar ke Instansi yang Anda Inginkan

Setelah biodata Anda lengkap, langkah pendaftaran pengumuman CPNS Prov Banten yang selanjutnya adalah mendaftar ke instansi yang Anda inginkan. Biasanya, di halaman pendaftaran Anda akan melihat daftar instansi mana saja yang sedang membuka lowongan.

Nah, klik pada instansi yang ingin Anda masuki, lalu isi form pendaftaran yang ada pada halaman tersebut. Jika proses pengisiannya telah selesai, data Anda akan diverifikasi oleh instansi terkait. Jika data yang Anda masukkan benar dan kualifikasi yang Anda miliki sesuai dengan kualifikasi tenaga kerja yang mereka butuhkan, data Anda akan diteruskan ke sistem CAT, dan Anda akan diijinkan untuk mencetak kartu ujian CAT.

Untuk mencetak kartu ujian CAT, Anda tinggal mencari opsi “Cetak Kartu Ujian” di halaman personal milik Anda. Nantinya kartu ini harus dibawa saat Anda hendak mengikuti proses ujian seleksi CPNS di tempat yang telah ditentukan.


Jenis Tes dan Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Prov Banten

Jenis tes yang diberlakukan pada proses seleksi pendaftaran pengumuman CPNS Prov Banten adalah tes berstandar komputer yang disingkat dengan CAT. Seluruh rangkaian proses seleksi nantinya akan dijalankan dengan menggunakan perangkat komputer. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes, Anda dianjurkan untuk menguasai teknik pengoperasian komputer.

Karena proses ujian seleksinya dijalankan secara online, maka proses pengumumannya pun juga akan dilakukan secara online, yaitu di halaman situs web sscn.bkn.go.id. Biasanya, pengumuman akan dilakukan beberapa hari setelah ujian seleksi CPNS telah selesai digelar.

Hasil pengumuman biasanya akan ditampilkan dalam bentuk tabel peserta yang berhasil lolos. Artinya, setelah pengumuman hasil seleksinya keluar, Anda tinggal mengunduh file tabel peserta tersebut dan kemudian mencari nama Anda di sana. 

Jika nama Anda ada di daftar tersebut, maka selamat Anda telah berhasil menjadi seorang CPNS. Itulah sedikit informasi mengenai panduan pendaftaran pengumuman CPNS Prov Banten yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

0 Response to "Pendaftaran Pengumuman CPNS BANTEN 2019/2020"

Posting Komentar